Jangan Abaikan 6 Keluhan ini Jika Tak Ingin Dampaknya Semakin Parah!

0

Seruni – Anda mungkin pernah mengalami sakit atau nyeri yang muncul mendadak. Tidak semua keluhan yang Anda rasakan itu harus ditindaklanjuti dengan pergi ke dokter. Namun, ada beberapa gejala atau keluhan yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Segera hubungi dokter bila Anda menemukan gejala-gejala ini:

Tangan dan Kaki Terasa Lemas

Image result for Tangan dan Kaki Terasa Lemas
meetdoctor.com

Jika lengan, kaki yag perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, pusing, atau kesulitan berjalan. Segera dapatkan bantuan jika Anda tiba-tiba tidak bisa atau wajah Anda terasa lemah atau mati rasa, itu bisa jadi pertanda stroke, terutama jika itu terjadi pada satu sisi tubuh Anda. Selain itu, pertanda stroke lainnya yanmelihat dengan baik, sakit kepala hebat, dan mengalami masalah berbicara atau pemahaman. Jika Anda minum obat pengencer darah dalam 4,5 jam dari gejala pertama, Anda dapat menurunkan risiko cacat jangka panjang dari stroke.

Nyeri Dada

Image result for Nyeri Dada
medicinesia.com

Ketika Anda merasakan nyeri dada, segera hubungi dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Setiap nyeri dada, terutama disertai dengan berkeringat, tekanan, sesak napas atau mual, harus segera dievaluasi oleh seorang profesional medis,” kata Shilpi Agarwal, MD, dengan One Medical Group di Washington, DC. Pasalnya, nyeri dada atau tekanan bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika Anda merasakan gejala ini selama aktivitas atau saat aktif. Namun, bisa jadi nyeri dada pertanda kondisi serius lain, seperti gumpalan darah bergerak ke paru-paru Anda. Jadi, jika dada terasa kencang atau berat itu berlangsung lebih dari beberapa menit, atau berlalu hilang dan kembali lagi, segera ke dokter.

Sakit pada Betis

Related image
santemagazine.fr

Ini bisa menjadi gejala adanya pembekuan darah di kaki Anda. Kondisi ini disebut juga deep vain thrombosis (DVT). Biasanya ini terjadi setelah Anda duduk terlalu lama. Jika itu adalah gumpalan darah, Anda mungkin merasa sakit, terutama ketika Anda berdiri atau berjalan. Kemungkinan juga akan terjadi pembengkakan. Kaki biasanya merah dan terlihat lebih besar dari kaki yang lain. Tanda lain yang juga perlu diperhatikan adalah ketika Anda melenturkan jari-jari Anda ke atas muncul rasa sakit, itu juga kemungkinan karena pembekuan darah. Sangat penting untuk mengatasi gumpalan darah sebelum pecah karena dapat menyumbat aliran darah Anda, yang dapat mengakibatkan komplikasi.

Darah di Urin Anda

Image result for Darah di Urin
penyakitan.com

Jika Anda melihat darah pada urin Anda dan juga merasakan sakit di sisi atau punggung Anda, kemungkinan Anda memiliki batu ginjal. Jika Anda melihat darah dalam urin, disertai dengan peningkatan keinginan untuk buang air kecil, atau merasa terbakar ketika buang air kecil, Anda mungkin memiliki infeksi kandung kemih atau ginjal. Jangan menunggu untuk melihat dokter Anda, terutama jika Anda mengalami demam. Jika Anda melihat darah tapi tidak merasa sakit, itu mungkin merupakan tanda dari ginjal atau kanker kandung kemih, sehingga perlu mengunjungi dokter Anda.

Mengi

Image result for sesak nafas
artikel.co

Napas adalah suara napas abnormal yang terdengar seperti siulan. Masalah pernapasan harus segera diobati. Penyebab mengi bisa karena penyakit paru-paru, alergi parah, atau paparan bahan kimia. Dokter Anda dapat mencari tahu penyebab dan cara mengobatinya. Mengi juga dapat disebabkan oleh pneumonia atau bronkitis. Apakah mengi disertai juga dengan batuk lendir kuning atau hijau? Apakah Anda mengalami demam atau sesak napas? Jika iya, Anda mungkin memiliki bronkitis yang berubah menjadi pneumonia.

Pikiran untuk Bunuh Diri

Image result for suicidal
thehopeline.com

Jika Anda merasa putus asa atau terperangkap, atau berpikir Anda tidak memiliki alasan untuk hidup, segera minta pertolongan. Berbicara dengan seorang profesional dapat membantu Anda dalam melalui krisis. Seorang dokter atau profesional kesehatan mental akan berbicara dengan Anda, membuat Anda aman, dan membantu Anda melalui masa sulit ini.

LEAVE A REPLY