Kamu Gemukan Setelah Kerja Kantoran? 6 Hal ini Alasannya, lho. Kamu Lakuin Juga Gak?

0

Seruni – Apakah kamu seorang pekerja kantoran atau dikelilingi mereka yang bekerja di kantoran? Hmm, jika kamu amati, para pekerja kantoran cenderung memiliki tubuh yang gemuk atau bahkan obesitas. Kebanyakan berpendapat bahwa pola makan tidak sehatlah yang jadi penyebabnya.

Namun, selain faktor tersebut, berikut adalah alasan lain kenapa tubuh pekerja kantoran cenderung lebih mudah gemuk, lho.

Makan untuk menemani

Image result for makan di kantor
lifestyle.kompas.com

Makan untuk menemani terkadang terjadi ketika kamu tidak ingin makan namun terpaksa menemani rekan kerjamu. Meskipun hanya 1-2 buah gorengan, tetap saja makanan tersebut bisa menambah kalori dalam tubuh. Selain itu, ketika rekan kerjamu menawarimu makanan tentu kamu tak enak untuk menolaknya. Sehingga kamu terpaksa untuk mengonsumsinya.

Emotional eating

Image result for emotional eating
matchpoint.nyc

Bekerja bisa jadi melelahkan dan membuatmu stres. Dan untuk meredakan stres tersebut, kamu beralih pada makanan. Sebab mengonsumsi makanan adalah cara yang paling mudah nan efektif untuk membuatmu sejenak beralih dari stres yang sedang kamu alami.

Tidak mindful eating

Related image
hellosehat.com

Mindful eating berarti kamu berkonsentrasi pada makanan yang kamu konsumsi. Namun karena tuntutan pekerjaan, kamu jadi tidak berkonsentrasi dan menikmati makanan yang kamu konsumsi. Hal ini membuatmu tak menyadari seberapa banyak makanan yang kamu konsumsi sehingga tahu-tahu berat badan bertambah.

Lingkungan kerja

Image result for ruangan kerja ber ac
genmuda.com

Terus-menerus berada dalam ruangan ber-AC terkadang membuat napsu makan jadi salah kaprah. Alhasil kamu jadi tidak bisa mengontrol kuantitas makanan yang kamu konsumsi.

Lembur

Image result for lembur
wartawanita.com

Kerja lembur mampu mengacaukan jam tubuh. Termasuk dengan sistem metabolisme tubuh. Tubuh kehilangan kemampuannya untuk mencerna makanan dengan baik. Hasilnya, lemak akan bertumpuk dan berat badan meningkat.

Duduk terlalu lama

Image result for duduk terlalu lama
hellosehat.com

Duduk dalam waktu yang terlalu lama bisa mengakibatkan penumpukkan lemak di area pinggang dan pantat. Sehingga tubuhmu pun menggemuk.

LEAVE A REPLY