Yuk Jaga Kesehatan Mata Dengan Melakukan Cara-Cara Ini

0
gambar via: Perawat Ilmiah

Mata adalah organ penting bagi manusia. Mata juga merupakan panca indera yang paling penting. Olah karena itu, kita harus menjaga kesehatan dari mata kita, untuk membuat fungsinya tetap terjaga. Karena kalau tidak, banyak sekali penyakit yang bisa menyerang paca indera penglihatan kita ini, seperti katarak, mata minus, penglihatan kabur dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

1. Teratur Memeriksakan Mata

gambar via: SumutMedia
Tua, muda, pria, wanita harus teratur memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat serta terlindungi. Orang dewasa yang telah berusia lebih dari 40 tahun bahkan juga dianjurkan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali. Ini bermanfaat untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan umur, seperti glaukoma serta katarak. gambar via: SumutMedia

Tua, muda, pria, wanita harus teratur memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat serta terlindungi. Orang dewasa yang telah berusia lebih dari 40 tahun bahkan juga dianjurkan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali. Ini bermanfaat untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan umur, seperti glaukoma serta katarak. Bahkan juga pada umur antara 6-12 bulan, mata anak seharusnya diperiksa untuk mendeteksi permasalahan penglihatan yang mungkin saja bisa mempengaruhi kemampuan belajarnya.

Cari tahu juga mengenai riwayat kesehatan mata keluarga. Kenapa? Karena banyak penyakit atau permasalahan mata yang diturunkan dari orangtua ke anak. Selain itu, ada penyakit yang bisa dideteksi dengan pemeriksaan mata, misalnya diabetes serta tekanan darah tinggi. Dengan pemeriksaan teratur, beragam penyakit mata serta gejalanya bisa terdeteksi lebih awal. Penyembuhannya juga pasti semakin lebih mudah.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

gambar via: Heydeerahma
Riset menunjukkan bila vitamin C serta E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 diduga bisa membantu mencegah permasalahan mata terkait umur seperti katarak serta degenerasi makula mata. gambar via: Heydeerahma

Riset menunjukkan bila vitamin C serta E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 diduga bisa membantu mencegah permasalahan mata terkait umur seperti katarak serta degenerasi makula mata. Sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, serta jeruk bila dikonsumsi dengan teratur bisa membantu menjaga kesehatan mata.

3. Jangan Terlalu Lama Menatap Komputer

gambar via: Perawat Ilmiah
Menatap layar komputer sangat lama bisa mengakibatkan sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu serta punggung, mata kering serta tegang, sulit konsentrasi menatap kejauhan, serta pandangan jadi kabur. Bila Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, setiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. gambar via: Perawat Ilmiah

Menatap layar komputer sangat lama bisa mengakibatkan sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu serta punggung, mata kering serta tegang, sulit konsentrasi menatap kejauhan, serta pandangan jadi kabur. Bila Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, setiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau dapat pula mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Apabila mata Anda terasa kering, sering-seringlah mengedipkan mata.

4. Menggunakan Kacamata Hitam

gambar via: Madu Bina Apiari
Bukan hanya kulit yang perlu dilindungi dari dampak berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu. Terus menerus terkena sinar ultraviolet bisa mengakibatkan katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, bahkan juga kanker kelopak mata. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata yang bisa memblokir sinar UVA serta UVB atau menggunakan topi saat berjalan-jalan di siang hari. gambar via: Madu Bina Apiari

Bukan hanya kulit yang perlu dilindungi dari dampak berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu. Terus menerus terkena sinar ultraviolet bisa mengakibatkan katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, bahkan juga kanker kelopak mata. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata yang bisa memblokir sinar UVA serta UVB atau menggunakan topi saat berjalan-jalan di siang hari.

5. Tidak Merokok

gambar via: rita herawati blog
Merokok bisa meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makula, serta rusaknya saraf optik yang dapat mengakibatkan kebutaan dan mengakibatkan kerusakan retina. Merokok dapat juga menumbuhkan plak di aliran darah serta melemahkan arteri sampai menyebabkan resiko serangan jantung. gambar via: rita herawati blog

Merokok bisa meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makula, serta rusaknya saraf optik yang dapat mengakibatkan kebutaan dan mengakibatkan kerusakan retina. Merokok dapat juga menumbuhkan plak di aliran darah serta melemahkan arteri sampai menyebabkan resiko serangan jantung.

6. Membuang Make up Lama

gambar via: Manfaat dan Khasiat Herbal
Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri bisa tumbuh dengan mudah. Buang serta ganti make up Anda bila telah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam serta meminjamkan make up dari dan kepada orang lain. Dan pastikan untuk membersihkan wajah sampai bersih sebelum serta sesudah menggunakan make up. gambar via: Manfaat dan Khasiat Herbal

Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri bisa tumbuh dengan mudah. Buang serta ganti make up Anda bila telah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam serta meminjamkan make up dari dan kepada orang lain. Dan pastikan untuk membersihkan wajah sampai bersih sebelum serta sesudah menggunakan make up. Bila mengalami infeksi saat mengenakan make up, hapus riasan serta lekas jumpai dokter.

7. Rajin Olahraga

gambar via: Laksani
Riset mengungkapkan bila berolahraga mungkin bisa mengurangi resiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, serta penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. gambar via: Laksani

Riset mengungkapkan bila berolahraga mungkin bisa mengurangi resiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, serta penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

8. Melatih Mata serta Membuat Santai

gambar via: Cara Hidup Sehat
Coba fokuskan mata di suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangilah proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda serta ulangilah seperlunya. gambar via: Cara Hidup Sehat

Coba fokuskan mata di suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangilah proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda serta ulangilah seperlunya.

9. Jaga Jarak Pandang

gambar via: Ruana Sagita
Jagalah jarak pandang saat sedang menonton TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100 cm. Seperti juga halnya saat sedang membaca buku, jarak yang ideal saat membaca buku kurang lebih 30 cm. Hal semacam ini dimaksudkan agar bisa terbebas dari miopi atau rabun dekat. gambar via: Ruana Sagita

Jagalah jarak pandang saat sedang menonton TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100 cm. Seperti juga halnya saat sedang membaca buku, jarak yang ideal saat membaca buku kurang lebih 30 cm. Hal semacam ini dimaksudkan agar bisa terbebas dari miopi atau rabun dekat.

10. Hindari Mengucek Mata

gambar via: Best Health Magazine Canada
Jangan sering mengucek mata saat mata merasa gatal. Saat tangan Anda kotor setelah memegang suatu benda, bisa menginfeksi organ mata yang bisa menyebabkan sangat buruk untuk kesehatan mata. gambar via: Best Health Magazine Canada

Jangan sering mengucek mata saat mata merasa gatal. Saat tangan Anda kotor setelah memegang suatu benda, bisa menginfeksi organ mata yang bisa menyebabkan sangat buruk untuk kesehatan mata.

11. Menjaga Berat Badan

gambar via: Sanova Dermatology
Kelebihan berat badan ternyata juga bisa meningkatkan resiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, seperti menyebabkan kehilangan penglihatan. Berat badan yang berlebih ditemukan juga menjadi faktor resiko katarak. gambar via: Sanova Dermatology

Kelebihan berat badan ternyata juga bisa meningkatkan resiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, seperti menyebabkan kehilangan penglihatan. Berat badan yang berlebih ditemukan juga menjadi faktor resiko katarak.

12. Tidur Cukup

gambar via: Verywell
Kurangnya istirahat ternyata bisa menjadi berbahaya bagi penglihatan kita. Riset menunjukkan bahwa mata membutuhkan sekitar lima jam tidur per malam. Jika tidak terpenuhi, efek samping dari kurang istirahat adalah ada rasa kejang di mata. Lama kelamaan, kurang tidur dapat menyebabkan konsekuensi serius pada penglihatan. Kurang tidur juga dapat membuat mata menjadi kering, dan akan mengakibatkan mata menjadi sakit, sensitif terhadap cahaya, gatal, kemerahan, bahkan penglihatan kabur. gambar via: Verywell

Kurangnya istirahat ternyata bisa menjadi berbahaya bagi penglihatan kita. Riset menunjukkan bahwa mata membutuhkan sekitar lima jam tidur per malam. Jika tidak terpenuhi, efek samping dari kurang istirahat adalah ada rasa kejang di mata. Lama kelamaan, kurang tidur dapat menyebabkan konsekuensi serius pada penglihatan. Kurang tidur juga dapat membuat mata menjadi kering, dan akan mengakibatkan mata menjadi sakit, sensitif terhadap cahaya, gatal, kemerahan, bahkan penglihatan kabur.

13. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

gambar via: The Health Journal
Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen karena efek langsung alkohol pada saraf optik. Selain itu alkohol juga dapat memperlambat laju komunikasi antara neurotransmitter di otak. Neurotransmitter ini adalah utusan kimia yang mengkomunikasikan segala informasi di sekitar otak dan tubuh. gambar via: The Health Journal

Konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen karena efek langsung alkohol pada saraf optik. Selain itu alkohol juga dapat memperlambat laju komunikasi antara neurotransmitter di otak. Neurotransmitter ini adalah utusan kimia yang mengkomunikasikan segala informasi di sekitar otak dan tubuh.

Keterlambatan komunikasi antara otak dan mata ini merupakan tanda bahwa keduanya tidak berfungsi secara efektif yang melemahkan koordinasi otot mata. Selain itu alkohol dapat mempengaruhi penyerapan vitamin dalam hati, vitamin yang diperlukan untuk mempertahankan penglihatan, seperti misalnya vitamin B-1.

Cara melindungi kesehatan mata dapat juga dilakukan dengan tak mengabaikan beragam permasalahan pada mata. Bila terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau berubah merah, atasinya dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Segera periksakan ke dokter mata bila tanda-tanda seperti di atas selalu berlanjut. Atau bila mata merasa sakit, bengkak, sensitif pada sinar, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang saat melihat, atau setiap kali Anda tidak bisa melihat dengan cara normal.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata Anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Berikut ini adalah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda.

  • Wortel

Banyak orang yang sudah tahu tentang tanaman yang satu ini, karena hampir setiap orang pernah makan tanaman ini. Selain sebagai makanan kelinci, ternyata wortel sangat baik sebagai vitamin untuk mata lantaran banyak terkandung betakaroten. Dimana betakaroten akan di proses oleh tubuh menjadi Vitamin A yang begitu baik untuk mata.

  • Tomat

Buah yang satu ini Anda juga telah tak asing lantaran buah ini banyak dijual di pasar ataupun di warung-warung. Selain kaya Vitamin C, buah tomat juga kaya Vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan mata manusia. Jadi tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini, apa lagi harga nya cukup murah serta mudah ditemukan dimana-mana.

  • Telur

Telur bukan hanya kaya Vitamin B12 serta Vitamin D, namun juga kaya Vitamin A yang begitu baik untuk kesehatan mata manusia. Kandungan Lutein serta zeaxanthin yang ada dalam putih telur diakui bisa mencegah penyakit katarak. Telur juga adalah salah satu jenis makanan yang sangat mudah ditemukan dimana-mana serta mempunyai rasa yang enak.

  • Coklat hitam

Untuk Anda yang tidak suka pada wortel, Anda dapat menggantinya dengan coklat hitam karena coklat hitam diakui bisa melindungi mata dari kebutaan karena ada flavonoid yang berperan melindungi pembuluh darah mata serta menguatkan kornea mata dan retina.

  • Sayur bayam

Daunnya hijau serta mempunyai rasa yang enak, itulah bayam sebagai sumber kekuatan Popay sang pelaut dalam film kartun favorit anak-anak. Seperti diketahui kalau bayam juga kaya Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Itu berkat ada kandungan Lutein serta Zeaxanthin yang sangat di perlukan oleh mata manusia.

  • Biji Bunga Matahari

Siapa sangka makanan ringan yang umum kita gunakan sebagai pengganti popcorn ini berguna untuk melindungi kesehatan mata kita. Kuaci memiliki kandungan selenium, zinc serta vitamin E yang dapat mencegah masalah pada mata seperti katarak serta masalah pada mata yang dikarenakan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga mata hari juga memiliki kandungan vitamin B2 yang berperan untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata pada cahaya atau sering dikenal dengan istilah “photophobia”.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon mempunyai kandungan omega-3 lebih banyak bila dibanding dengan jenis ikan atau makanan laut yang lain. Beberapa riset menunjukan kalau orang yang teratur mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terlepas dari masalah mata kering sehingga mata akan tetap sehat.

  • Alpukat

Buah alpukat merupakan jenis buah yang mempunyai kandungan lutein paling banyak bila dibanding dengan buah yang lain. Fungsi Lutein sendiri yakni mencegah degenerasi makular serta mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi yang penting seperti alfa serta beta-karoten yang berfungsi dalam membuat vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.

  • Kol/Brokoli

Sayuran ini juga adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga serta melindungi kesehatan mata karena brokoli atau kol ini memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan bayam yakni lutein serta zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berperan untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Bukan hanya itu lho, mengkonsumsi kol terbukti bisa menurunkan kemungkinan terserang katarak.

Baca juga: Segala Hal Penyebab Asam Urat Yang Harus Anda Ketahui

LEAVE A REPLY