13 Kiat Bangun Rasa Percaya dengan Pasangan Agar Hubungan Tetap Awet

0
Romantisme via Thinkstock

Dalam sebuah hubungan cinta, ternyata kebanyakan pasangan takut untuk mengungkapkan bahwa mereka benar-benar cinta. Pada awalnya, kepercayaan dibentuk dari hal-hal yang kecil. Setelah mereka bisa melewati itu, maka akan mudah percaya kepada pasangan.

Nah, apabila Anda berpikir susah untuk percaya kepada pasangan, mungkin karena pikiran Anda terlalu insecure, terlalu dipenuhi khayalan-khayalan konyol. atau mungkin Anda takut pasangan Anda akan lebih memilih orang lain dibanding Anda. Sederhananya, Anda tidak dapat mempercayainya. Tapi anehnya, Anda ingin berhubungan dengannya.

Baca juga : Jomblo Hanya Status, Dia akan Segera Datang, Asalkan Dirimu Siap

Lalu,  apabila Anda ingin tahu bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan, belajarlah untuk jujur dengan pasangan Anda. Pasangan adalah kekasih Anda, mereka seharusnya menjadi teman terbaik Anda, orang yang mengenal Anda dan memahami Anda lebih baik dari orang lain. Ini dia kiat membangun rasa kepercayaan dengan pasangan agar hubungan Anda tetap awet.

1. Silahkan Mengubah Pola Pikir

jodoh-3Menjadi pasangan yang dapat mengubah pola pikirnya adalah salah satu faktor terbesar dalam  membangun kepercayaan dalam suatu hubungan. Jika Anda memang bernilai dan pantas untuk dicintai, maka seharusnya Anda percaya bahwa dia tidak akan selingkuh. Anda tentu menginginkan hubungan yang seperti taman bunga, bukan penjara. Tidak ada hubungan langgeng yang dibangun di atas ketakutan.

  1. Membiasakan Mulai Dari Hal-hal Kecil

Gambar via: www.thebrunettediaries.com
Gambar via: www.thebrunettediaries.com

Anda harus mulai membiasakan diri untuk percaya pada pasangan dimulai dari hal-hal kecil, seperti tidak melarang dia untuk pergi dengan siapapun. Percaya bahwa dia tidak akan berbohong kepada Anda. Bila tidak bisa, carilah pasangan lain yang bisa Anda percayai.

Berkomunikasi tentang apa yang Anda rasakan dan Anda alami itu salah satu cara membangun kepercayaan dalam hubungan. Jika komunikasi dalam suatu hubungan kurang, maka dapat membuat sebuah hubungan menjadi tidak aman, dan selalu curiga.

  1. Komunikasi yang Baik

Gambar via: www.shutterstock.com
Gambar via: www.shutterstock.com

Komunikasi yang baik, berkualitas serta intens merupakan hal wajib yang harus anda lakukan agar hubungan anda tetap terjaga. Hindarilah komunikasi yang monoton dalam setiap harinya seperti menanyakan sudah makan atau belum dan sebagainya. Bicarakanlah hal-hal yang berkualitas misalkan tentang rencana-rencana anda ataupun pasangan anda. Hal yang paling penting dalam komunikasi yag baik yaitu ketika anda dan pasangan mengadapi masalah dalam perbedaan pendapat akan suatu hal, janganlah dibicarakan dan diselesaikan melalu SMS atau membahasnya melalu telepon karena hal ini sangat rentan dengan kesalah pahaman dan akan memicu pertengkaran yang lebih besar.

  1. Bicarakan Semua Hal Dengan Jujur

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Ini tampak canggung dan aneh jika dibicarakan kepada pasangan, tapi ini adalah salah satu faktor terbesar dalam membangun kepercayaan dalam suatu hubungan.

Salah satu ketidakamanan terbesar dalam suatu hubungan adalah menyukai orang lain secara diam-diam. Tapi jika Anda bicara yang sebenarnya mengakui bahwa Anda tertarik dengan orang lain, itu adalah tindakan yang benar. Dengan jujur tentang hal itu, Anda dapat membangun kepercayaan dalam hubungan dan meningkatkan komunikasi juga.

Kepercayaan pada dasarnya sangat sulit untuk didapatkan, sehingga jika anda sudah mendapatkan kepercayaan dari pasangan anda maka anda harus menjaganya dengan baik dan benar-benar. Kejujuran dalam hubungan dapat membuat jalinan asmara menjadi langgeng dan kuat.

Jujurlah dalam segala hal pada pasangan anda meskipun itu pahit sekalipun, karena jika pasangan anda mengetahui hal-hal yang anda tutupi dan rahasiakan dari pihak-pihak ketiga maka itu akan memicu terjadinya pertengkaran. Segala sesuatu dan tindakan kebohongan akan membuat hubungan anda menjadi tidak harmonis dan akan membuat kandasnya hubungan asamara anda.

  1. Berikanlah Waktu Bebas Kepada Pasangan Anda

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Setiap orang pada umumnya memiliki kegiatan dan kesibukan masing-masing begitu pula dengan anda dan pasangan anda. Untuk itu, janganlah anda meminta dia untuk selalu memprioritaskan anda karena pastinya dia pun membutuhkan waktu untuk melakukan kegiatannya sendiri. Mulai dari sekarang berikanlah setidaknya sedikit waktu kepada pasangan anda, karena ini sangat baik dilakukan agar pasangan anda tidak bosan menjalin hubungan dengan anda.

  1. Lakukanlah Aktivitas dan Hobi Bersama-Sama

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Jika anda memiliki hobi berbeda dengan pasangan anda itu adalah hal yang wajar, namun meskipun begitu anda bisa melakukan kegiatan secara bersama-sama. Janganlah pernah sekali-kali untuk memaksa pasangan anda menyukai hobi anda. Begitu pula dengan anda, janganlah pernah memaksa diri anda sendiri untuk menyukai hobi pasangan anda karena hal tersebut akan membuat tidak nyaman. Lakukanlah kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan bersama seperti, berlibur, traveling, wisata kuliner atau kegiatan sederhana seperti nonton film bersama.

Sering melakukan aktivitas bersama dapat menambah cinta dan rasa kasih sayang dan juga dapat saling belajar untuk memahami hobi dan kesukaaan masing-masing. Anda bisa menggunakan waktu luang atau waktu libur untuk bersama-sama agar hubungan tetap harmonis, romantis dan tetap terjaga.

  1. Selalu Berikan Kejutan yang Menarik

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Biasanya pada awal menjalin hubungan asmara, setiap pasangan di dunia ini selalu mencoba untuk memberikan hal-hal yang terbaik untuk pasangannya. Namun, ketika sudah menjalin hubungan cukup lama hal ini jarang sekali untuk dilakukan. Nah, untuk itu jika anda ingin hubungan anda dan pasangan anda tetap harmonis, romantis dan langgeng anda bisa sesekali memberikannya kejutan atau hadiah namun jangan terlalu sering.

  1. Jangan Pernah Membandingkan Dengan Mantan

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Membanding-bandingkan dengan mantan merupakan salah satu sifat yang sangat rentan memicu pertengkaran sehingga hal tersebut akan membuat hubungan menajdi kandas ditengah jalan. Untuk itu, demi menghindari hal seperti itu maka janganlah pernah sekali-kali untuk membandingkan pasangan anda dengan mantannya. Ya, karena membicarakan mantan merupakan hal yang sangat sensitif apalagi jika harus dibanding-bandingkan.

  1. Mengevaluasi Hubungan Secara Berkala

Romantisme via Thinkstock
Romantisme via Thinkstock

Mengevaluasi hubungan merupakan salah satu cara terbaik agar hubungan tetap terjaga keharmonisanya. Nah, dalam mengevaluasi hubungan anda dan pasangan anda bisa menyuarakan ide-ide atau keinginan masing-masing dimana tujuannnya untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan juga romantis. Cara ini juga bisa dilakukan secara berkala.

  1. Terlihat Menarik

tanda berikutnya bahwa dia mungkin saja jodohmu adalah tanda bahwa dia adalah orang yang selalu untukmu, dan bukan hanya di saat kamu senang, namun juga di saat kamu sedih. gambar via: cariwis.com
tanda berikutnya bahwa dia mungkin saja jodohmu adalah tanda bahwa dia adalah orang yang selalu untukmu, dan bukan hanya di saat kamu senang, namun juga di saat kamu sedih. gambar via: cariwis.com

Anda mungkin tidak akan mendapatkan kata-kata romantis jika anda berpenampilan tidak menarik dihadapan pasangan anda, misalkan dengan mengenakan pakaian yang yang lusuh, tanpa make up atau rambut tidak disisir. Cobalah tarik perhatian pasangan anda dengan menggunakan pakaian yang anggun seperti dress ketika akan kencan bersamannya. Ketika anda berpenampilan menarik pun maka anda sendiri akan merasa percaya diri dan itu akan membuat aura anda terpancar. Pengaruhnya yaitu anda akan mendapatkan sanjungan dan pujian dari pasangan anda.

  1. Ingatlah Komitmen Bersama

Cara termudah buat wanita jatuh cinta, buat mereka tertawa. Gambar via: www.returnofkings.com
Cara termudah buat wanita jatuh cinta, buat mereka tertawa. Gambar via: www.returnofkings.com

Dalam sebuah hubungan tentunya semua pasangan memiliki komitmen masing-masing. Nah, komitmen untuk terus bersama merupakan senjata yang bisa mengatasi jika anda dan pasangan mengalami perselisihan. Jika anda berdua memutuskan untuk berpisah dan mengakhiri hubungan maka cobalah ingat kembali akan komitmen yang telah anda tetapkan bersama.

  1. Jauhi Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Pertengkaran

Pria lebih muda masih penasaran akan banyak hal. Gambar via: www.sbs.com.au
Pria lebih muda masih penasaran akan banyak hal. Gambar via: www.sbs.com.au

Kandasnya hubungan ditengah jalan tentunya disebabkan karena berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Untuk itu jauhilah hal-hal yang dapat memicu pertengkaran seperti tidak menghargai pasangan anda, berhubungan dengan sang mantan, egois atau ingin menang sendiri, menganggap pasangan bukanlah hal yang penting , mengungkit masalah yang sudah terjadi dan lain sebagainya.

  1. Positif Thinking

Gambar via: www.datingloveandsextips.com
Gambar via: www.datingloveandsextips.com

Sikap positif thingking merupakan salah satu sikap wajib yang harus anda miliki agar hubungan asmara yang anda jalani menjadi harmonis, romantis dan langgeng. Hindarilah sikap selalu curiga kepadanya, karena curiga merupakan bentuk negatif thingking yang mungkin akan menghancurkan hubungan kalian berdua.

Orang yang selalu posotif thingking dan optimis akan selalu disenangi oleh orang lain termasuk pasangan anda. Jika anda selama ini selalu menunjukan sifat-sifat negatif kepada pasangan anda mulai dari sekarang rubahlah kebiasaan tersebut agar hubungan tetap terjaga. (DP)

LEAVE A REPLY