Haru! Anak yang Jadi Model ini Bagikan Cerita Sedih di Balik Senyumnya yang Begitu Mempesona

0

Seruni – Seorang penderita down syndrome telah menjadi model terbaru brand fashion terkemuka Inggris, River Island (RI), untuk busana anak-anak. Joseph Hale pun dipuji sebagai sosok inspiratif karena ia mengampanyekan kesempatan yang sama bagi anak-anak di seluruh negeri.

Bocah berusia 11 tahun itu terlihat memukau saat pemotretan dengan senyum cerah di antara model lainnya. Sebuah iklan yang diluncurkan menunjukkan Joseph yang berasal dari Grimsby, menari memakai pakaian “konservatif” untuk RI Kids Squad. Orangtuanya, Andrew dan Karen, menuturkan tentang dyspraxia dan keterlambatan pengembangan anak mereka, juga down syndrome.

“Disabilitas seharusnya tidak membatasi mereka. Joseph adalah pribadi yang kuat. Down syndrome hanyalah sebagian kecil dari dirinya. Masih banyak yang bisa dilihat daripada penampilan luarnya,” terang Karen (48) kepada The Telegraph, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, para penderita down syndrome memang memiliki keterbatasan diri tapi orang lain terkadang memiliki prasangka berlebihan. Bahkan terkesan meremehkan, beberapa lagi malah enggan berdekatan. Itulah yang kerap dialami Joseph dalam pergaulannya sehari-hari, yang cukup membuat bocah itu sedih.

“Ada banyak hal yang bisa mereka ajarkan kepada orang lain untuk tidak menerima hal-hal sepele. Mereka tidak menghakimi siapa pun. Mereka masih memiliki pikiran dan perasaan dan impian yang sama,” lanjutnya.

Joseph merasa senang mengetahui tanggapan positif masyarakat terhadap aktivitasnya dalam iklan tersebut. Bahkan Joseph antusias menunjukkan video itu kepada teman-temannya di sekolah.

“Orang-orang bisa selfie denganku sekarang,” katanya tertawa.

Dia merasa nyaman bergabung dengan brand River Island.

“Saya mencoba mengajak semua orang berdansa dengan musik. Ini adalah hal baik untuk memperjuangkan disabilitas. Akan sangat bagus melakukan pemotretan dengan Jaffa Cakes atau Batman atau dengan mainan Smyths,” tuturnya merujuk beberapa brand terkemuka lain.

Joseph tidak asing menjadi pusat perhatian setelah dia menjadi bintang dengan sesama anggota Zedebee Performing Arts Group saat dia mengikuti audisi untuk Britain’s Got Talent pada bulan lalu. Direktur Agensi Zedebee, Zoe Proctor, menyatakan senang bisa bekerja sama dengan bocah tersebut.

“Dia telah melakukannya dengan sangat baik dan kami sangat bangga padanya. Ini adalah cara yang bagus untuk merayakan keragaman di dunia fashion,” tutur Zoe.

Agensi yang dipimpin Zoe memiliki banyak model kanak-kanak berbakat. Namun, dia menilai sesuatu yang spesial menjadikan anak-anak lokal sebagai model di daerah asal masing-masing. Pemilik River Island, Ashleigh Skinner, mengatakan Joseph adalah anak yang sangat istimewa.

“Dari Batman sampai Jaffa Cakes, Joseph adalah penggemar berat hal klasik. Cerdas dengan nuansa santai, dia suka menjaga hal-hal tradisional,” tutur Ashleigh.

Joseph telah mengantongi tiket untuk memulai kiprah baru di dunia modeling. Salut untuknya!

LEAVE A REPLY