Masih Suka Kram Perut Saat PMS? Coba 5 Makanan Enak ini yang Bisa Meredakannya!

0

Seruni – Anda berada dalam suasana hati yang buruk, perut kram dan kembung karena sindrom pramenstruasi, atau PMS. Anda tahu bahwa obat penghilang rasa sakit dapat meringankan kram dan sakit kepala karena PMS tapi salah satu senjata terbaik melawan gejala PMS mungkin saja berasal dari apa yang Anda makan.

Related image
maalaimalar.com

“Apakah gejala PMS Anda berat atau ringan, gizi yang baik dapat membantu meringankannya, meningkatkan energi, dan membuat Anda lebih sehat secara keseluruhan,” kata Joy Bauer, MS, RD, CDN, pakar gizi untuk acara Today, pendiri JoyBauer.com, dan penulis Joy Bauer Food Cures: Eat Right to Get Healthier, Look Younger, and Add Years to Your Life.

Jadi lupakan keripik kentang sarat garam karena mereka dapat memperburuk kembung dengan cara menahan cairan tubuh. Kafein juga dapat membuat Anda lebih gelisah dan mudah marah. Sebaliknya, makanlah makanan ramah PMS ini.

Yogurt Rendah Lemak

Image result for Yogurt Rendah Lemak
tribunnews.com

Ketika Anda lapar dan butuh camilan bergizi tinggi, pilihlah yogurt. Secangkir atau delapan ons yogurt rendah atau bebas lemak merupakan sumber kalsium yang sangat baik, memberikan 25 persen atau lebih dari kebutuhan harian Anda. “Saya menganggap makanan yang kaya kalsium mutlak harus untuk wanita dengan PMS,” kata Bauer. Telitilah memilih yogurt. Pastikan yogurt yang Anda konsumsi berkualitas baik.

Salmon

Image result for Salmon
onceuponachef.com

Perempuan akan mendapat manfaat sehat dari mengonsumsi lebih banyak vitamin D, kata para peneliti dari University of Massachusetts. Di antara 186 peserta berusia antara 18 dan 30, orang-orang dengan PMS melaporkan gejala yang lebih sedikit ketika mereka mengonsumsi setidaknya 100 IU vitamin D dalam sehari. Salah satu sumber makanan terbaik dari vitamin D adalah salmon liar (juga sumber vitamin B6 yang baik, yang dapat membantu mengurangi iritabilitas dan nyeri payudara). Manfaat yang sama bisa Anda dapat dari mackerel, sarden, atau herring.

Brokoli

Image result for Brokoli
hellosehat.com

Brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan dan beberapa nutrisi di dalamnya telah terbukti mampu membantu wanita berjuang melawan PMS. Nutrisi-nutrisi itu adalah kalsium, vitamin A, C, B6, dan E; dan mineral kalsium, kalium, dan magnesium. Seperti beberapa vitamin lain, vitamin A dapat membantu mengatur efek fluktuasi hormon, kata Mache Seibel, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of Massachusetts Medical School. Brokoli juga merupakan sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu mengatur kadar estrogen dan sistem pencernaan.

Biji Labu

Image result for biji labu
khasiat.co.id

Ketika Anda sedang PMS, Bauer menyarankan Anda mengonsunsi segenggam biji labu. Biji labu kaya akan sejumlah nutrisi yang telah terbukti mengurangi gejala PMS, dan memenuhi hingga 75 persen jumlah harian magnesium yang disarankan dan 85 persen dari jumlah harian mangan yang disarankan. Magnesium dapat membantu mengangkat mood Anda dan melawan retensi air, sedangkan mangan telah terbukti mengurangi iritabilitas dan ketegangan emosi yang datang karena PMS.

Kacang

Related image
alodokter.com

Kacang tanah dan selai kacang adalah salah satu umber terbaik vitamin B6 dan magnesium. “Makanan kaya magnesium dan kalsium mampu mengurangi risiko Anda mengalami gejala PMS,” kata Bauer. Magnesium membantu mengatur serotonin, salah satu zat kimia di otak Anda yang menimbulkan perasaan bahagia. Magnesium dapat membantu mengangkat suasana hati dan mencegah kembung, Seibel menambahkan. Tapi, jangan pilih kacang asin untuk menghindari retensi air yang dapat membuat perut semakin kembung.

LEAVE A REPLY