Bayi Kamu Mengalami Kulit Gatal? Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

0

Seruni – Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kulit mulus dan lembut. Namun, ada beberapa hal yang bisa mengganggu kesehatan kulitnya, bahkan hingga menyebabkan kulit bayi gatal. Kulit bayi gatal akan membuatnya rewel dan tidak tenang setiap hari. Lalu apa yang menyebabkan kulit bayi gatal? Apakah ini berbahaya bagi kesehatan si kecil? Bagaimana menanganinya?

Berbagai Hal yang Bikin Kulit Bayi Gatal

Mungkin Anda sebagai orangtua khawatir, melihat kulit bayi yang gatal dan memerah. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, dari masalah yang ringan hingga cukup parah. Berikut adalah penyebab dari kulit gatal pada bayi.

1. Kulit Kering

Related image
pictures.doccheck.com

Dari kulit yang kering bisa timbul rasa gatal. Biasanya kulit bayi menjadi kering akibat perawatan kulit bayi tak dilakukan dengan baik atau karena menggunakan produk yang tidak sesuai bagi kulit bayi Anda.

Misalnya sabun bayi yang memiliki kandungan parfum atau bahan-bahan kimia tambahan lainnya. Masalahnya, kulit bayi masih sangat sensitif terhadap bahan-bahan yang asing di kulitnya.

Lingkungan sekitar juga bisa bikin kulit bayi kering kemudian terasa gatal. Bila Anda menggunakan pendingin udara (AC), pastikan si kecil menggunakan pelembap khusus agar kulitnya selalu terlindungi. Jika memang kulit gatal akibat udara kering, masalah kulit gatal akan hilang dalam beberapa waktu setelah bayi dipakaikan pelembap atau krim khusus bayi.

2. Alergi

Image result for kulit bayi alergi
propolis4life.wordpress.com

Gatal-gatal yang dirasakan bayi Anda bisa jadi akibat alergi yang ia miliki. Misalnya, alergi terhadap debu. Ketika berada di tempat yang berdebu, maka kulit bayi akan terpapar debu dan kemudian muncul reaksi alergi. Rasa gatal di kulit bayi adalah salah satu dari reaksi tersebut.

Selain itu, makanannya juga bisa menjadi penyebab alergi pada bayi. Bila Anda memberikan suatu jenis makanan dan beberapa saat kemudian kulit bayi memerah, bisa jadi makanan tersebut adalah alergen (penyebab alergi).

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut.

3. Infeksi

Related image
linkedin.com

Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan infeksi kulit yang bisa bikin gatal. Contoh bakteri yang menjadi penyebab infeksi kulit yaitu Staphylococcus aureus dan beberapa jenis dari bakteri Streptococcus.

Biasanya, infeksi ini ditularkan oleh orang yang sebelumnya telah terinfeksi atau akibat kurangnya kebersihan lingkungan serta diri sendiri.

Kondisi ini biasanya juga disertai dengan masalah lainnya seperti kulit merah dan beberapa bagian tubuh membengkak. Bila Anda menemukan hal ini pada si kecil, jangan tunda untuk membawanya ke pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana Menangani Kulit Bayi Gatal?

Related image
tribunnews.com

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meringankan rasa gatal yang bayi Anda rasakan, seperti:

  • Mandikan si kecil dengan air dengan suhu ruangan, hindari menggunakan air yang hangat karena akan membuat kulit semakin kering dan rasa gatalnya semakin parah.
  • Keringkan tubuh bayi setelah dimandikan sampai tuntas, tapi jangan menggosok-gosok kulitnya agar tidak iritasi.
  • Pilih pakaian bayi yang nyaman, sejuk, dan lembut supaya tidak membuat kulitnya semakin tidak nyaman.
  • Oleskan pelembap pada kulitnya agar selalu sehat dan mengurangi rasa gatal yang ia rasakan.

LEAVE A REPLY