Ladies, Yuks Lakukan 7 Kebiasaan Ini agar Tetap Menawan Meskipun Usia Bertambah

0

Seruni.id – Ladies, dalam keseharian kita, mungkin pernah menemukan seseorang yang terlihat tetap menawan, muda, dan segar meskipun usianya tidak lagi muda. Kita pun mungkin saja berpikir orang tersebut nampak awet muda karena dia memiliki gen awet muda.

Ternyata tidak selamanya apa yang kita pikirkan tersebut benar loh, ladies. Olahraga, diet, dan perilaku kita bisa menjadi suatu hal yang sama pentingnya seperti genetik untuk bisa tumbuh tua dengan tetap menawan.

Yup, benar sekali, ketika kita menua, hal itu akan mempengaruhi hampir seluruh tubuhmu. Mulai dari rambut, kulit, otot, dan masih banyak lagi. Namun, kita tetap bisa tampil memukau walaupun umur kita bertambah tua.

Bagaimana caranya agar dapat tetap menawan di usia yang terus bertambah? Yuks disimak tips berikut ini.

Seperti dilansir dari Health, berikut ini adalah tujuh (7) kebiasaan yang bisa tetap buat kita menawan meskipun usia bertambah.

1. Selalu Berpikir dan Berperilaku Positif

Dirimu adalah cerminan dari apa yang kamu pikir. Ternyata berlaku juga terkait dengan penuaan loh, ladies. Dirimu merupakan cerminan dari apa yang kamu pikirkan tentang penuaan.

Menurut The Journal of the American Medical Association, orang lanjut usia yang berpikir bahwa umur adalah suatu proses menuju kebijaksanaan dan kebahagiaan, 40 persen lebih memungkinkan untuk sembuh dari suatu disabilitas, dibandingkan dengan mereka yang melihat penuaan sebagai ketidakberdayaan atau ketidakgunaan.

Nah, berpikir positif untuk mendapatkan hasil yang tentu saja kita inginkan, bahagia ditambah nampak awet muda.

2. Perhatikan Apa Saja Makanan yang Kamu Konsumsi

Salah satu faktor penting bagaimana tubuh kita menua adalah nutrisi. Nutrisi memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana tubuhmu akan menua.

Menurut Dr. Jeffrey Benabio, seorang Physician Director dari Healthcare Transformation, berdasarkan riset terakhirnya, ia menemukan bahwa mengkonsumsi banyak buah-buahan segar, sayuran, gandum, dan protein tanpa lemak adalah makanan yang paling sehat.

Dr. Jeffrey Benabio juga menyatakan bahwa makanan yang kaya akan lemak omega-3, seperti, kacang-kacangan, salmon, biji-bijian, membantu kulitmu untuk terlihat lebih muda. Sedangkan, makanan yang mengandung banyak gula buatan, karbohidrat yang berat, dan makanan penuh lemak, dapat mempercepat proses penuaan.

3. Perhatikan Juga Kuantitas Makanan yang Kamu Konsumsi

Wah, makan terlalu banyak ternyata dapat memperpendek umur kita loh. Agar kita dapat menua dengan baik dan berumur panjang, coba jalankan diet yang seimbang dengan mengkonsumsi 2,5 mangkuk sayuran, 1,5 mangkuk buah-buahan, 6 ons gandum, tiga gelas susu, dan 5 ons protein setiap harinya.

4. Rutin Berolahraga

Tetap aktif adalah hal yang penting agar tumbuh tua dengan baik. Hal tersebut dikarenakan rata-rata wanita dapat kehilangan 23 persen dari masa ototnya saat berada di usia 30 sampai 70 tahun.

Kita akan kehilangan massa otot dengan cepat seiring bertambahnya usia. Namun untungnya dengan berolahraga, dapat menambah masa dan kekuatan otot kita loh.

Yuks mulai lakukan olahraga secara rutin.

5. Bersosialisasi

Teman dan kerabat dapat memperpanjang umur kita. Seseorang yang memiliki koneksi sosial yang besar terbukti 50 persen memiliki kemungkinan untuk hidup lebih panjang, dibandingkan dengan seseorang yang tidak suka bersosialisasi.

6. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Semakin sering kulitmu terekspos pada matahari, hal itu dapat menyebabkan keriput, bahkan kanker. Oleh karena itu, gunakan pelindung kulit seperti sunscreen. Dengan menggunakan sunscreen, bisa memperlambat kulit dari menua dengan cepat.

Karena pada kenyataannya, menurut Dr. Jeffrey Benabio, setelah beberapa menit dibawah matahari, kulitmu berhenti membentuk Vitamin D, dan justru mulai timbul kanker kulit.

7. Tidur yang Cukup

Kita pasti tahu kan bahwa normalnya setiap orang harus mendapatkan tidur tujuh sampai sembilan jam tiap harinya? Yup. benar, menurut National Sleep Foundation, karena kurang tidur dapat menyebabkan kita mengalami obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Ternyata, tidur siang dapat menambah memorimu. Karena selama tidur, tubuh kita akan mengeluarkan berbagai hormon pertumbuhan, termasuk memperbaharui kolagen dan elastin, yang dapat membantumu untuk tampil muda dan memiliki kulit yang sehat.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu siap untuk mengikuti kebiasaan baik yang bisa membuat dirimu awet muda ini?

Tidak percaya? Simak dan lakukan dulu deh, lihat hasilnya.

 

-Arumadewi-

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY