Panduan Lamaran Kerja Online dan Situs Online Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

0
421
Lamaran Kerja Online

Lowongan kerja online saat ini menjadi salah satu hal yang diminati oleh banyak orang. Apa lagi bagi para fresh graduate yang sangat menginginkan pekerjaan. Tetapi animo masyarakat untuk mencari pekerjaan secara door to door sudah sangat jarang dilakukan lagi.

Apa lagi saat ini, orang lebih memilih untuk mencari pekerjaan secara online. Dibandingkan dengan mencari door to door. Melamar kerja secara online akan lebih efektif dibandingkan dengan dengan door to door.

Mencari pekerjaan memanglah hal yang dapat disebut susah-susah gampang. Apa lagi bila belum mempunyai pengalaman kerja, dengan kata lain fresh graduate. Mencari kerja bakal merasa begitu susah. Ditambah lagi, bila anda mesti mondar-mandir dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bawa-bawa surat lamaran kerja, namun akhirnya tidak diterima.

Jadi kadang-kadang, ada lowongan pekerjaan yang bukanlah bagianmu, namun ketimbang menganggur, pada akhirnya diambil juga.

Namun tenang saja, era telah modern. Mencari lowongan tidak bakal sesedih itu lagi. Teknologi dapat mempertemukan kamu dengan jodohmu, di bagian pekerjaan yang anda idam-idamkan pastinya. Bila dahulu anda tahunya internet untuk terhubung Facebook saja, saat ini internet dapat untuk mencari pekerjaan. Praktis banget.

Sangat banyak beberapa situs internet yang dapat membantumu mendapatkan pekerjaan. Situs biro pekerjaan ini begitu gampang dibuka serta dicoba oleh beberapa pemula yang menginginkan memperoleh pekerjaan. Banyak media online yang sediakan portal untuk spesialis pencari lowongan kerja. Cuma perlu koneksi internet, seperangkat alat tempur, serta kemauan yang besar. Insya Allah, pekerjaan bakal mendekat padamu.

Nah, tersebut panduan mencari lowongan pekerjaan lewat Internet supaya anda dapat temukan lowongan pekerjaan yang diimpikanmu.

Di bawah ini sebagian Panduan mencari lowongan kerja yang benar ada melalui internet :

1. Perhatikan Info Perusahaan

Profil Perusahaan Mesti di baca dengan cara terang, Alamat kantor perusahaan bisa diliat lewat peta resmi atau situs pencari tempat, kantor dari perusahaan yang bona fide umumnya mempunyai kantor yang permanen di gedung sendiri atau dalam satu lantai gedung bukanlah di Rumah/Toko (Ruko).

2. Kontak Person Perusahaan

Situs Perusahaan serta E-mail Maksud Pengiriman Lamaran

Cermati Situs/E-mail Perusahaan

Pada umumnya lowongan pekerjaan diberitakan lewat situs resmi perusahaan serta korespondensi lewat telephone resmi perusahaan atau lewat e-mail HRD/SDM bukanlah e-mail pribadi (personal) serta bukanlah lewat :

– Lewat SMS. – Host gratisan.

Contoh : Perusahaan Besar seperti PT. Pertamina (Pesero), mereka mempunyai e-mail Spesial untuk lakukan tiap-tiap rekrutmen dengan host e-mail yang sama juga dengan Situs mereka. (Situs www. pertamina. com jadi e-mail mereka nama_email@pertamina. com) jangan sampai anda mengunggah data diri Anda ke e-mail yang tidak cocok dengan e-mail Perusahaan.

Bila Juga mereka memakai e-mail dengan Host Gratisan Cek dahulu email itu apakah perusahaan itu mempunyai situs atau tak, bila tak mungin saja mereka menggugunakan e-mail gratisan seperti Gmail serta Yahoomail

3. Tiap-tiap Perusahaan yang melaksanakan Rekrutmen Dengan cara Online tentu menerangkan kalau tak dipungut biaya Apa pun pada tiap-tiap Pelamar. Jadi kamu jangan sampai mengeluarkan uang yang tidak diduga-duga ketika mencari pekerjaan.

4. Janganlah Pernah kirim Imbalan berbentuk apa pun pada HRD maupun yang mengatasnamakan Perusahaan, Seperti Ongkos Tiket Travel, Ongkos Penginapan serta Akomodasi yang lain, Sebab tiap-tiap perusahaan yang melaksanakan rekrutmen umumnya sudah menghimbau pada Calon Peserta bila Seluruh ongkos Akomodasi tak ditanggung oleh Perusahan.

Dengan kata lain Tiap-tiap ongkos yang di keluarkan Oleh peserta artinya tanggung jawab peserta itu waktu mereka di panggil oleh Perusahaan itu untuk seleksi kelanjutan bukanlah Diantar pada Orang lain.

5. Cari Info Lowongan Kerja yang tidak pernah memohon imbalan apa pun pada anda sebagai anggota, Baca lah tiap-tiap info lowongan pekerjaan yang dipublikasikan mempunyai Link Asli di mana sumber Info itu didapat atau Segera buka Link Sumber yang diterakan di bawah tulisan Website itu, seperti yang aada pada beberapa website pencarian kerja.

6. Bila Anda merasa curiga dengan Info yang didapat pada situs penyedia info lowongan kerja seperti situs ini, selekasnya hubungi Kotak Personnya untuk bertanya sumber asli info itu didapat. Bila Penyedia Situs Info itu tak menjawab, tambah baik Anda mencari info yang akurat dulu sebelumnya daftarkan diri sebagai calon karyawan.

Selain itu beragam panduan lain yang perlu anda siapkan saat ingin melamar kerja yaitu dengan beragam persiapan tersebut :

1. Mencari situs lowongan kerja yang akurat serta terpercaya.

Sangat banyak website pencari kerja di Indonesia. Dari yang populer, hingga anda sukai lihat iklannya di tubuh bus, sampai website yang tidak sangat populer namun tetaplah nampak di Google Search. Nah, saat anda browse di Google pekerjaan yang anda kehendaki, lalu bakal nampak beratus-ratus daftar lowongan kerja. Nah, disinilah anda mesti berhati-hati supaya tidak terperdaya.

Soalnya sangat banyak bebrapa website yang tidak resmi. Website ini bahkan juga memberi info yang salah. Kerapkali mereka menempatkan iklan lowongan kerja dari perusahaan populer. Namun saat anda periksa situs resmi perusahaan itu, mereka sesungguhnya belum buka lowongan! Maka dari itu anda mesti hati-hati.

2. Pakai media sosial pribadi untuk kebutuhan profesional

Anda harus juga mempromosikan dirimu sendiri. Langkahnya dengan bikin account di sebagian sosial media spesial untuk masalah profesional. Seperti LinkedIn, MeetUp. com serta yang lain. Banyak, kok, bila anda mencari. Dengan mempunyai account di sosial media ini, anda dapat bangun koneksi dengan beberapa orang yang bekerja di bagian sama denganmu. Atau sama-sama bertukar info mengenai lowongan pekerjaan dengan mereka. Beberapa orang dapat juga lihat latar belakang serta kekuatan yang anda punyai lewat profilmu.

3. Pakai mailing list

Mungkin saja memanglah terdengar kuno. Namun, memakai mailing list begitu membantumu untuk memperoleh info lowongan kerja. Langkah tersebut begitu efektif lantaran saat ada lowongan pekerjaan yang anda kehendaki, anda segera memperoleh e-mail. Serta anda cuma tinggal kirim CV saja.

Tiga panduan itu dapat jadi tips anda supaya tak salah saat anda ingin melamar kerja lewat online. Mungkin saja anda juga baru pertama kalinya kirim lamaran dengan cara online.

Lantas Saat ini apa yang perlu anda buat persiapan? Tersebut beberapa hal yang perlu anda sediakan saat menginginkan kirim lowongan pekerjaan dengan cara online.

4. Persiapkan CV Kamu

Sebelumnya kamu mengawali perang untuk mencari pekerjaan. Hal paling utama yang perlu anda kerjakan yaitu mempersiapkan perlengkapan tempurmu. Namun alat tempurnya bukanlah berbentuk amunisi, senjata, atau bom, ya. Anda butuh mempersiapkan kelengkapan yang diperlukan untuk melamar kerja.

Seperti CV (Curriculum Vitae), dokumen-dokumen utama seperti ijazah, KTP, serta sertifikat. Untuk melamar lewat online, anda mesti mempersiapkan dokumen-dokumen itu berbentuk soft copy. Scan semua peralatan itu dengan scan warna supaya tampak sama juga dengan aslinya.

Isilah info pada CV selengkap mungkin saja. Jangan pernah ada salah penulisan kata atau salah info. Perusahaan bakal lihat apa kemampuanmu, pengalaman yang pernah didapat, serta totalitasmu dalam bekerja.

Karenanya, bila kamu miliki sertifikat-sertifikat kepanitiaan selama di universitas, jaga baik-baik, siapa tahu perusahaan bakal jadikan itu sebagai bahan rujukan.

5. Mencari Lowongan Kerja Di Situs Lowongan Kerja Terpercaya

Media internet bakal bermanfaat untuk menghubungkan anda dengan perusahaan-perusahaan yang tengah memerlukan tenaga kerja. Sangat banyak portal untuk lowongan pekerjaan. Walau demikian, anda mesti selektif untuk mendaftar.

Keuntungan yang anda bisa dari situs itu, anda dapat sesuaikan pekerjaan yang anda kehendaki dengan pekerja seperti apa yang diperlukan oleh perusahaan-perusahaan. Di sinilah kecocokan pada anda serta perusahaan bakal diuji.

Pertama, waktu anda buka bebrapa website lowongan pekerjaan itu, umumnya anda bakal disuruh bikin account. Data yang perlu anda isi salah satunya nama komplit, e-mail, serta password. Akun yang kamu bikin bermanfaat untuk beberapa informasi update dari situs itu serta log in ke situs yang bakal anda tentukan untuk mencari pekerjaan.

Beberapa Situs Lamaran Kerja Terpecaya:

1. Jobstreet

Berdiri mulai sejak tahun 1995, JobStreet mengklaim sebagai satu diantara situs rekrutmen online terkemuka—bahkan di tingkat Asia Pasifik. Jobstreet yaitu situs pencari kerja sebagai rujukan pertama untuk beberapa pelamar kerja, tidak cuma di Indonesia namun di Asia. Lantaran memanglah situs ini telah buka cabang di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, SIngapura, Vietnam serta Indonesia pastinya.

Jobstreet sendiri telah beroperasi mulai sejak tahun 1997 di Malaysia, sampai sekarang ini terdaftar ada sekitaran 800 tim profesional yang meningkatkan situs ini jadi untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun datang dari Malaysia, JobStreet juga menyediakan info lowongan pekerjaan di sebagian negara yang lain yakni Singapura, Filipina, Jepang, Vietnam, serta sudah pasti Indonesia.

Lantaran jobstreet beroperasi di beberapa negara, otomatis dukungan/support untuk setiap negara juga jadi tambah baik, lantaran ada tim khusus yang mengatasi setiap negara.

2. Karir.com

Nampaknya klaim Loker sebagai pionir lokal dalam penyedia info lowongan pekerjaan mulai sejak 20 Maret 2007 terpatahkan oleh Karir. Karier. com ini dapat disebutkan sebagai website pencari kerja tertua di Indonesia. Bagaimana tak? Website ini berdiri mulai sejak tahun 1999 di Berada di Jakarta bawah naungan oleh PT. Trinet Pacific International. Karier terlihat dikerjakan profesional lihat kerja samanya dengan beragam perusahaan besar serta kampus terkenal dalam sediakan info loker.

Dari sisi penampilannya, karier. com cukup profesional. Penampilannya sederhana, serta begitu mempermudah untuk beberapa pencari kerja. Karier ini dikerjakan dengan cara serius serta profesional, dilihat dari kerjasamanya dengan Bank Panin, BNP, dan lain-lain.

3. JobsDB

Tiga tahun sesudah JobStreet berdiri, lahirlah JobsDB di Hongkong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim sebagai portal lowongan kerja terfavorit di Asia untuk pencari kerja di Cina, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, serta sudah pasti Indonesia. Menariknya, untuk anda pemakai asal Indonesia yang mengidamkan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan cara spesial JobsDB sediakan beragam info lowongan pekerjaan berkaitan PNS.

4. Kompas Karier

Kompas karir yaitu situs pencari kerja yang di buat oleh perusahaan populer yakni Kompas. Mungkin saja sebelumnya ada Kompaskarier.com, Kompas telah sediakan lowongan kerja di koran-koran punya mereka. Bahkan juga sampai saat ini iklan lowongan kerja masihlah menghiasi koran Kompas terlebih koran edisi Sabtu-Minggu.

Kompas sendiri seperti yang kita ketahui yaitu satu diantara perusahaan media paling besar di Indonesia. Jadi, dari sisi kualitas kompas karier tidak butuh diragukan lagi.

Kompas karir sendiri berdiri mulai sejak tahun 2010, hingga telah banyak database-database pekerjaan yang ada di kompas karier.

5. Indeed

Indeed adalah situs pencarian loker global yang sudah beroperasi di enam puluh negara, termasuk juga Indonesia. Terkecuali meyediakan lowongan yang dipasang oleh partnernya, Indeed juga mempunyai feature agregator yang sangat mungkin pencarian dari website loker lain, surat berita, laman karier di situs perusahaan, dsb. Sama dengan Jora, Indeed juga mengambil penampilan yang sederhana ala Google.

6. Jobs.id

Jobs. ID adalah portal online untuk mencari kerja dan pilihan karier dari beragam bagian pekerjaan umpamanya finansial, IT dan perbankan.

Diluar itu, jobs.id dapat juga untuk tempat melamar pekerjaan. Jadi, kita dapat kirim surat lamaran dan CV kita ke perusahaan berkaitan lewat JOBS. ID.

7. OLX.co.id

Siapa yang tidak paham dengan OLX? Dahulu namanya yaitu tokobagus, dengan tagline populer “Klik, ketemuan, deal”.

Situs ini yaitu satu diantara marketplace paling besar di Indonesia, konsepnya seperti bukalapak serta tokopedia. Namun, OLX tak sediakan sarana pembayaran. Jadi, cuma menghubungkan pada penjual serta konsumen saja.

Untuk sistem transaksi itu telah jadi masalah penjual serta konsumen. Tak seperti tokopedia serta bukalapak, yang notabene mereka jadi sejenis “rekber” yang menjembatani pada penjual serta konsumen.

OLX juga mempersiapkan satu kelompok spesial untuk beberapa pencari kerja. Hingga anda dapat berusaha untuk mencari kerja di website OLX. co. id untuk mencari kerja.

8. Job Finder

Jobfinder sendiri konsepnya nyaris sama juga dengan jora, namun databasenya kelihatannya dari jobfinder sendiri.

Dari penampilan depannya kita dapat pilih kelompok berdasarkan jenis pekerjaan, daerahnya sampai nama perusahaan-perusahaan.

Jobfinder sendiri berpusat di Jerman, namun dilihat dari halaman depannya memanglah kelihatannya membidik pasar Indonesia. Belum di ketahui tentu kenapa jobfinder mengincar pasar Indonesia.

9. Jobscdc

Tidak sama dari beberapa situs terlebih dulu, jobscdc ini lebih seperti situs (blog). Lantaran dari sisi penampilan serta penyajian kontennya memanglah lebih menjurus ke portal situs berita.

Satu diantara kelebihan di situs ini yaitu kateogir spesial untuk CPNS, yang mana di Indonesia sendiri profesi jadi PNS masihlah disebut tinggi yang berminat.

10. Jora

Saya mengetahui situs jora ini belum lama sesudah membaca penjelasan di techinasia indonesia.

Jora yaitu website pencari kerja yang dapat menghadirkan beragam informasi lowongan kerja dari banyak situs penyedia kerja.

Umpamanya begini, kita ketahui terdapat beberapa situs pencari kerja umpamanya tadi jobsd serta jobstreet. Nah, dengan jora kita dapat mencari pekerjaan dari kedua situs itu.

Dapat disebutkan jora yaitu mesin pencari spesial untuk pekerjaan. Jadi, kita tidak butuh bebrapa ribet buka banyak situs untuk mencari pekerjaan. Cukup buka jora, serta search pekerjaan yang menginginkan di cari. Jadi lowongan dari beragam situs pencari kerjapun bakal nampak disitu.

11. Jobfinder

Jobfinder sendiri rencananya nyaris sama juga dengan jora, namun databasenya kelihatannya dari jobfinder sendiri.

Dari penampilan depannya kita dapat pilih kelompok berdasarkan jenis pekerjaan, daerahnya sampai nama perusahaan-perusahaan.

Jobfinder sendiri berpusat di Jerman, namun diliat dari halaman depannya memanglah kelihatannya membidik pasar Indonesia. Belum diketahui tentu kenapa jobfinder mengincar pasar Indonesia.

12. JobLike

Sedikit info mengenai situs ini, namun dilihat dari penampilannya website ini kelihatannya asli buatan Indonesia.

Diliat dari pemakaian bahasa, tagline dan menu tempat yang detil meliputi 33 propinsi. hal semacam ini memperjelas kalau ini memanglah buatan lokal. Website ini sendiri mengklaim sudah mempunyai kian lebih 60. 000 database lowongan pekerjaan.

loading...

LEAVE A REPLY