Satu Lagi Orang Indonesia Sukses Yang Menjadi Pendiri Aplikasi Bergengsi di California

0
gambar via: voaindonesia

Banyak diaspora Indonesia yang mempunyai pengaruh besar untuk negara tempat tinggalnya sekarang ini, terlebih di Amerika. Seperti pria asal Indonesia satu ini yang sukses mendirikan aplikasi bisnis bernama iSpionage.com.

Leon Krisnayana merupakan pendiri dari aplikasi software yang bernama iSpionage.com. Leon berhasil mendirikan aplikasi bergengsi iSpionage.com yang berpusat di San Jose, California. Bukan sekedar di San Jose, ia juga mempunyai tim yang saat ini beroperasi di San Diego, Texas serta tim pengembang di Rumania.

Aplikasi yang berdiri sejak tahun 2007 lalu ini bekerja di bagian software service yang menyediakan data untuk pelaku bisnis online. Data-data yang bisa diakses lewat iSpionage.com terkait data competitive intelligence, atau perkembangan dari kompetitor atas jenis usaha yang serupa di basis online.

gambar via: voaindonesia
tampilan ispionage.com gambar via: ispionage.com

Aplikasi iSpionage.com sesungguhnya telah berdiri sejak tahun 2007. Tetapi, aplikasi ini mulai berkembang cepat sejak Leon diperkenalkan oleh rekannya kepada investor. Tak disangka-sangka kalau investor itu tertarik pada iSpionage.com serta memberikannya seed funding. Dalam jangka waktu setahun pengembangan, akhirnya iSpionage.com mulai open to public sekitar tahun 2008.

Dari awal, Leon telah mempunyai segmentasi pelanggan dari kalangan agensi bisnis. Ini karena data dalam aplikasi iSpionage.com sesuai dengan keperluan para agensi bisnis untuk mengetahui peta persaingan di dunia online

“Spesifiknya, kita bergerak di bidang search engine marketing. Jadi bisnis yang kita jalani yaitu untuk ngasih tau orang kalau pesaing mereka ngapain saja, keywordnya yang digunakan apa saja dan copy-nya apa saja, positioningnya itu bagaimana,” terang Leon.

gambar via: voaindonesia
pencarian data melalui kata kunci. gambar via: ispionage.com

Leon menyampaikan bahwa ia pernah berencana untuk membangun kantor di Indonesia. Tetapi usahanya untuk mencari tenaga kerja di negeri sendiri mengalami kendala. Menurutnya, umumnya dari mereka masih mengandalkan instruksi supaya bisa bekerja optimal.

Sedangkan untuk Leon, inovasi penting dikerjakan untuk mereka yang mempunyai bisnis di bidang informasi teknologi, sehingga produk yang dibuat senantiasa menjadi yang terdepan. Karenanya, Leon merasa tidak terlalu takut untuk berkompetisi sesama pesaing yang mempunyai jenis bisnis sama.

Menurut Leon, sekarang ini aplikasi Spionage.com berfokus dalam ranah digital marketing di search engine marketing.

Sumber: voaindonesia

Baca juga: Ini Nih Satu Lagi Yang Membanggakan Dari Anggun C. Sasmi

LEAVE A REPLY