Liburan, Ketahui dan Waspadai 5 Modus Kejahatan di Sekitarmu

0

Seruni.id – Liburan pasti membuat kita sekeluarga merasa senang. Bisa berkumpul bersama bahkan bisa pergi berlibur ke tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, di dalam ataupun luar negeri.

Ketika liburan, memang waktunya untuk kita bersama keluarga bersenang-senang. Namun, jangan sampai lengah dan terkena modus penipuan di lingkungan asing atau tujuan wisata ya Moms.

Berikut ini modus-modus kejahatan yang harus diwaspadai ketika berlibur:

1. Modus Anak Hilang

Jika menemukan anak menangis di tempat wisatamu dan menunjukkan sebuah alamat atau mengarahkanmu ke suatu tempat, jangan langsung mengikuti anak itu ya Moms, apalagi ketika kita mengikuti anak tersebut sendirian. Lihat sekitarmu apakah ada orang yang mencurigakan, dan lebih baik langsung membawanya ke pos polisi terdekat untuk dibantu oleh pihak berwenang jika memang anak tersebut benar-benar anak yang terpisah dari orangtuanya.

2. Modus Gelang

Kasus dengan modus gelang ini pernah terjadi di sekitaran daerah wisata Cina dan Paris. Modusnya, orang akan datang kepada kita dan mengikatkan gelang di pergelangan tangan. Namun, gelang yang dipasang orang yang tidak kita kenal tersebut dipasangkan terlalu ketat dipergelangan tangan kita sampai tidak bisa dilepas.

Karena tidak bisa dilepas, lantas, mereka akan menuntut kita untuk membeli gelang tersebut. Cara menghindarinya, jika tidak tertarik, sebisa mungkin menghindar untuk dipasangkan gelang. Atau kita pergi menjauh dan menghindarkan tangan dari genggamannya. 

3. Modus Polisi Gadungan

Modus polisi gadungan ini sangat mungkin dan beberapa kali terjadi. Seseorang mungkin akan mengaku dirinya sebagai polisi dan meminta kita memperlihatkan visa atau paspor. Setelah itu, polisi gadungan tersebut akan mencoba untuk mencari ada atau tidak kesalahan pada visa atau paspor kita dan meminta uang suap atau membayar denda. Jadi, sebelum pergi ke luar negeri, pastikan visa atau paspormu tidak bermasalah.

4. Penipuan Supir Taksi

Beberapa taksi akan mengantar kita dari bandara menuju hotel atau tujuan lain. Namun, ada pula beberapa taksi yang tidak mengambil rute langsung menuju tujuanmu, dan akhirnya ongkos jadi lebih mahal. Jadi, sebisa mungkin ketahui rute tujuan atau menggunakan aplikasi map dan gunakan taksi resmi.

5. Modus Memberi Makanan dan Minuman

Untuk modus ini, kita pasti sering mendengar atau membacanya. Bahkan bisa jadi pernah melihat modus kejahatan seperti ini. Waspada ya Moms, saat ada seseorang yang tidak kita kenal menawarkan makanan atau minuman kepada kita. Sebaiknya sih tidak usah kita terima. Tolak dengan cara yang baik, tidak menyakitkan hati.

 

-Arumadewi-

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY