Ingin Liburan Murah ? Lakukan 24 Cara Ini Saja Agar Kamu Bisa Berlibur Dengan Budget Pas-Pas-an

0
Liburan murah

Liburan murah tentunya menjadi incaran para penyuka traveling. Banyak orang yang merasa kalau mereka pergi berlibur, selalu menggeluarkan budget besar. Padahal saat liburan bisa diakali dengan biaya yang murah meriah.

Tidak mudah memang untuk bisa melakukan liburan murah. Bahkan tidak semua orang bisa berlibur murah. Ada strategi khusus agar kamu bisa mendapatkan liburan murah. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua. Tentunya trik ini sudah sering dilakukan oleh para Backpacker yang sudah berpengalaman dalam berlibur dengan budget yang sedikit.

Apa lagi buat kamu yang suka datang ke lokasi-lokasi baru, tentunya selalu ingin berlibur kesana dengan murah meriah bukan? Apa lagi Indonesia ini sangat luas, kalau kamu ingin berlibur ke Indonesia Timur, seperti Raja Ampat. Biasanya dengan biaya normal kamu bisa menghabiskan sekitar 15-20 juta untuk sekali pergi kesana.

Padahal jika kamu mengetahui strateginya, kamu bisa mendapatkan liburan ke wilayah Indonesia Timur dengan budget yang tidak terlalu menekan. Hal terpenting jika kamu mau liburan murah adalah dengan cara mengirit segala penggeluaran dan mau hidup dalam keadaan apapun.

Kalau kamu tidak bisa hidup dalam keadaan apapun, kamu pasti tidak akan pernah bisa mendapatkan liburan murah.

Kamu pernah mendengar kan ada orang yang bisa pergi dari Jakarta ke Bali hanya dengan bekal uang Rp. 1 juta. Padahal kalau dipikir dengan akal sehat, itu tidak mungkin. Ongkos untuk pergi ke Pulau Dewata dari Jakarta saja bisa lebih dari Rp 1 juta, bagaimana mungkin itu orang bisa terbang kesana dengan biaya hanya Rp 1 juta.

Ternyata hal itu benar bisa dilakukan oleh siapapun. Kamu pasti penasaran bukan, bagaimana caranya mendapatkan liburan murah seperti itu. Mungkin trik berikut ini bisa menjadi panduan kamu dalam mendapatkan liburan murah.

1. Lakukan Survei Tempat Liburan

Survei tempat liburan
Survei tempat liburan

Beberapa orang melakukan perjalanan wisata, tetapi bingung begitu sampai ditempat tujuan. Hal semacam itu terjadi lantaran saat sebelum pergi mereka tidak mencari tahu kota atau negara yang bakal dikunjungi. Walau sebenarnya, beberapa tempat wisata itu tentu dapat dilihat di internet atau di buku-buku wisata.

Survei melalui internet atau persiapan jauh di awal amat perlu dikerjakan lantaran kamu dapat tahu adakah potongan harga atau potongan harga, dari mulai tiket pesawat atau hotel. Atau mencari tempat berbelanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional.

Hal ini tentunya sangat membantu kamu dalam mendapatkan liburan dengan murah meriah. Rajin-rajinlah melakukan survei dan sering-sering bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman.

2. Membawa Uang Dengan Jumlah yang Cukup Saat Liburan

Membawa Uang yang cukup untuk liburan
Membawa Uang yang cukup untuk liburan

Jangan pernah kamu kehabisan uang ketika di perjalanan. Jadi, pastikan dulu mempunyai uang yang cukup supaya kamu tidak bingung. Jelas saja bukan untuk dibelanjakan semua. Kamu mesti tetap mengawasi pengeluaran dengan mencatatnya. Sekaligus menahan diri serta bertanggung jawab atas apa yang sudah dibelanjakan.

Ketika kita pergi ke tempat yang baru, biasanya kita ingin mendapatkan barang-barang khas dari tempat tersebut. Namun jika budget yang kita miliki hanya pas-pasan, kamu harus bisa menahan untuk tidak membeli barang-barang mewah.

3. Mencari Tiket Pesawat

Mendapatkan tiket pesawat
Mendapatkan tiket pesawat

Pastikan dulu kamu peroleh informasi pariwisata selengkap mungkin saja. Awalilah memeriksa harga tiket murah atau promo. Bila kamu belum meyakini dengan harga nya, periksa lagi setiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Ketika harga turun segera lakukan pemesanan. Bila keberangkatan masih lama, janganlah lupa mencatatnya. Sekaligus kamu bisa mengumpulkan uang lebih untuk liburan murah mu.

4. Pilih Perjalanan Liburan yang Nyaman

Pilih perjalanan yang nyaman
Pilih perjalanan yang nyaman

Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, tetapi biaya yang perlu di keluarkan lebih mahal. Tetapi, bila kamu menikmati perjalanan darat menggunakan mobil, ini bakal jadi pilihan yang mengasyikkan. Sepanjang perjalanan kamu dapat menikmati panorama sekalian menambah pengetahuan mengenai daerah tersebut . Untuk itu ketika kamu ingin liburan murah, cobalah berlibur jangan selalu menggunakan pesawat. Kali-kali naik transportasi yang lebih murah tidak masalah bukan.

5. Berlibur Bukan Di Musim Liburan

Berlibur bukan di tempat liburan
Berlibur bukan di tempat liburan

Biaya perjalanan semakin lebih murah bila pergi di ketika bukan musim liburan, atau di awal serta akhir liburan. Tidak hanya itu, bila kamu menikmati situasi yang tidak sangat riuh karena banyak orang, ini saat yang tepat. Pergi di musim liburan, bikin tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang.

Coba kamu manfaatkan waktu cutimu untuk melakukan liburan bukan di musim libur. Bukankah itu akan mengasyikan? Dibandingkan kamu harus berlibur saat liburan. Cara ini tentunya sangat baik bukan.

6. Manfaatkan Layanan Gratis Liburan

Cara mendapatkan penginapan murah
Cara mendapatkan penginapan murah

Tidak hanya mencari hotel yang bagus, lihat juga tarif kamarnya, siapa tahu ada penawaran khusus, seperti menginap dua malam, bakal mendapat gratis satu malam. Atau layanan spa gratis untuk yang udah pesan kamar. Di pastikan berlibur kamu pasti akan jauh lebih menarik.

Untuk mendapatkan harga spesial dan layanan seperti ini, tentunya kamu harus sering-sering melakukan survei dengan internet.

7. Sewa Mobil Agar Budget Lebih Murah

Sewa mobil agar lebih low budget
Sewa mobil agar lebih low budget

Sebaiknya mencari data lebih dulu mengenai daerah yang bakal dikunjungi. Salah satunya moda transportasi, umpamanya, dari bandara ke hotel. Siapa tahu ada bus yang melalui hotel tempat kamu bermalam. Jadi, tidak butuh keluarkan biaya mahal untuk taksi.

Untuk menghemat biaya, kamu juga dapat menyewa mobil sepanjang berwisata. Sangat banyak penyedia sewa mobil yang mempromosikan harga terjangkau. Kamu dapat bebas memilihnya dengan memohon rujukan dari hotel atau rekan yang pernah berkunjung kesana.

8. Teliti Memilih Lokasi Untuk Liburan

Teliti mencari tempat berlibur
Teliti mencari tempat berlibur

Pastikan tempat wisata yang benar-benar unik, bagus, serta ada ciri khasnya. Jangan pernah kamu pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang disukai orang, serta biayanya mahal. Bisa-bisa kamu tidak menikmati, namun malah kecewa. Pastikan banyak bertanya mengenai tempat yang sesuai dengan budget.

9. Berburu Langsung Cendramata

Bebruru cendramata
Bebruru cendramata

Cenderamata memanglah terlihat remeh, namun tidak ada salahnya kamu membeli sebagai kenang-kenangan bila kamu udah pernah ke tempat tersebut . Pasar tradisional atau berburu langsung ke tempat membuatnya, ternyata miliki kesan sendiri. Tidak hanya dapat lihat langsung langkah membuatnya, harga nya juga umumnya lebih murah, di banding apabila udah masuk ke toko souvenir.

10. Liburan Menarik Di Dalam Kota

Berlibur di dalam kota
Berlibur di dalam kota

Tidak butuh memaksakan diri liburan ke luar negeri. Banyak, kok, beberapa tempat di Indonesia yang menakjubkan serta tidak kalah menarik dengan diluar negeri. Atau jadi berlibur didalam kota tempat kamu tinggal.

Coba kamu jelajah kota tempat tinggalmu dahulu, sebelum kamu pergi ke luar negeri. Andai saja kamu bisa menjelajah kota tempat tinggalmu, bisa-bisa ke depannya kamu bisa menjadi guide bukan?

11. Booking Jauh-Jauh Hari

Booking akomodasi jauh-jauh hari
Booking akomodasi jauh-jauh hari

Rencanakan liburan jauh-jauh hari. Karena advanced booking sangat mungkin kamu peroleh harga yang jauh lebih murah. Tidak hanya itu, banyak promo tahunan, travel fair yang menawarkan tiket murah untuk keberangkatan beberapa bulan di awal. Demikian halnya untuk hotel. Gunakan beragam situs booking hotel yang menyediakan harga promosi. Semakin awal kamu berencana berlibur, makin miring harga yang kamu peroleh. Tidak hanya itu, kamu jadi miliki semakin banyak saat untuk menabung menyatukan uang saku kan?

12. Ketika Berlibur Usahakan Berbicara dalam Bahasa Lokal

Berbicara dengan bahasa lokal
Berbicara dengan bahasa lokal

Panduan yang satu ini memanglah mungkin saja terdengar aneh. Namun, untuk beberapa daerah di Indonesia yang unsur kedaerahannya masihlah kental, bicara dalam bahasa lokal bisa bangun kesan akrab, hingga beberapa pedagang cenderung melunak ketika tawar-menawar, memberi bonus, dan sebagainya.

Sedangkan bila kamu berlibur ke luar negeri, kuasai bahasa lokal tidak hanya bahasa Inggris bakal membuat kamu membaur lebih mudah. Oknum nakal akan memikirkan dua kali saat sebelum ‘mengerjai’ kamu, lantaran mereka bakal berasumsi kamu bukanlah orang baru di lingkungan ini.

Cara ini memang membutuhkan waktu banyak untuk belajar. Jadi kamu wajib untuk terus belajar bahasa lokal yah guys.

13. Minta Panduan Masyarakat Sekitar

Minta panduan masyarakat lokal
Minta panduan masyarakat lokal

Bila kamu miliki teman atau saudara di tempatmu berlibur, mintalah mereka untuk menemani perjalananmu. Banyak insight dari masyarakat lokal mengenai panduan tempat makanan murah, pusat oleh-oleh berkualitas, sampai tempat yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

Saat ini, banyak tour guide yang diam-diam bekerja sama juga dengan restoran atau tempat tertentu untuk mendapat komisi. Hingga bisa jadi mereka tidak membawamu ke tempat makan paling enak atau penginapan yang paling nyaman.

14. Membawa Bekal Makanan Saat Liburan

Membawa bekal saat liburan
Membawa bekal saat liburan

Tidak hanya penghematan, makanan asing kemungkinan tidak pas di lidah kita. Banyak pula persoalan food poisoning atau keracunan makanan akibat rasa yang sangat pedas, sangat banyak rempah, bahan makanan kurang segar, dan sebagainya.

Sayang sekali bila saat liburanmu mesti diwarnai dengan sakit. Karenanya, cobalah membawa makanan yang awet disimpan serta gampang disajikan seperti mie instan, abon, rendang, sambal, roti, nasi putih, dan sebagainya.

15. Menjadi Petualang Ketika Berlibur

Menjadi petualang
Menjadi petualang

Kerjakan riset mendalam saat sebelum melakukan perjalanan. Pastikan dulu kamu memperhitungkan semua peluang. Umpamanya bila kamu mau ke taman hiburan, janganlah cuma meyakinkan harga tiket namun mencari informasi soal lama antrean. Contoh lain, bila kamu mesti berpindah-pindah kota, tentukan perjalanan malam dengan kereta atau bus malam untuk menghemat biaya penginapan.

Be adventurous, janganlah takut tidur sampai larut malam, duduk di emperan, jalan kaki, keringatan, membersihkan pakaian sendiri, dan sebagainya. Malah berlibur sejenis ini yang betul-betul ‘hidup’ serta memperkaya pengalaman!

16. Menginap di Rumah, bukan Hotel

Menginap di rumah
Menginap di rumah

Biaya bermalam di hotel yaitu salah satunya faktor yang dapat membuat kamu kehilangan banyak uang. Untuk mengakali, wisatawan dapat memilih bermalam di penginapan berupa rumah atau yang biasa disebut dengan homestay.

Banyak langkah yang dapat diambil soal menginap di rumah. Salah satunya adalah dengan tukar rumah. Sekarang beberapa website traveling yang berniat di buat untuk pertukaran rumah antar turis, salah satunya HomeExchange. com.

Dengan mendaftar di website itu, turis dapat bermalam di rumah turis lain yang juga jadi anggota website. Asyiknya, kamu dapat bermalam di rumah ini gratis! Lumayan kan buat menekan budget juga.

17. Trik Pemesanan Tiket Pesawat

Strategi memesan tiket pesawat
Strategi memesan tiket pesawat

Sesudah akomodasi, hal-hal lain yang perlu di perhatikan untuk memperoleh berlibur murah yaitu dengan pesan tiket murah pesawat. Untuk memperolehnya, kamu mesti mempunyai strategi pemesanan.

Umumnya, harga pesawat murah ada di hari Selasa. Lantas, bila pergi dengan dua orang atau lebih, baiknya pesan tiket satu-satu atau secara terpisah. Janganlah pesan sekaligus.

Dengan pesan terpisah, peluang kamu memperoleh tiket murah cukup besar. Bila tidak, mesin pencari bakal memberikannya kamu kursi berderet dan itu tidak selalu berharga murah.

18. Datang ke Destinasi Baru

Mengunjungi destinasi baru
Mengunjungi destinasi baru

Coba mencari destinasi wisata baru yang umumnya dijadikan tujuan alternatif banyak turis, bukan yang tengah ramai dikunjungi turis. Kamu dapat mencarinya melalui internet.

Destinasi wisata yang tengah naik daun umumnya bakal menambah harga penginapan dan sebagainya. Ini jelas bakal menggunakan banyak uang kamu. Cobalah cari destinasi yang belum mainstream.

19. Memanfaatkan WiFi

Memanfaatkan wifi gratis
Memanfaatkan wifi gratis

Untuk traveler yang tetap mau memakai telephone seluler sepanjang berada di destinasi tujuan, gunakan saja kartu nomor lokal. Hal semacam ini perlu di perhatikan terlebih untuk turis yang pergi ke luar negeri.

Jauhi memakai nomor di negara asal karena bakal membuat tagihan telephone seluler meledak. Sebagai ganti, gunakan layanan WiFi yang biasanya banyak ditemukan di hotel atau destinasi wisata.

20. Mencari Perbandingan Harga untuk Pesan Tiket Pesawat

Bandingkan tiket pesawat
Bandingkan tiket pesawat

Kesempatan lain untuk memperoleh harga terjangkau dapat diperoleh dengan memakai situs perbandingan harga. Banyak website traveling yang menghadirkan beragam tarif penerbangan. Kamu juga dapat memilih maskapai dengan harga termurah untuk transportasi.

21. Gunakan Website Booking Online yang Loyal

Gunakan website booking yang loyal
Gunakan website booking yang loyal

Bila kamu salah satu traveler yang suka memakai website booking online, pilih situs yang memberi banyak bonus untuk pelanggan. Satu diantara langkahnya yaitu dengan memberikan bonus poin untuk tiap transaksi yang pernah dilakukan. Lantas, poin itu dapat digunakan untuk transaksi lain.

Sistem mendapatkan poin juga sering dilakukan oleh para maskapai untuk menarik para wisatawan yang menggunakan maskapai tersebut. Kamu bisa mencoba berlibur dengan menggunakan satu maskapai setiap tahunnya.

22. Pilih Masyarakat Lokal sebagai Pemandu

menjadikan masyarakat lokal sebagai pemandu
menjadikan masyarakat lokal sebagai pemandu

Traveling ke daerah baru memanglah asyiknya memakai jasa pemandu wisata profesional. Namun ini bakal keluarkan banyak biaya. Karenanya, baiknya pakai saja layanan penduduk lokal. Jasa pemandu lokal jelas lebih murah daripada memakai layanan pemandu profesional.

23. Mengakali Transportasi

Manfaatkan Transportasi Murah
Manfaatkan Transportasi Murah

Janganlah terpaku pada satu alat transportasi saja, umpamanya cuma melancong dengan pesawat. Bila daerah tujuan kamu dapat ditempuh melalui jalur darat, awalilah berhitung. Bila biaya yang di keluarkan untuk transportasi darat lebih murah dari pesawat, baiknya tentukan jalur darat saja.

24. Memperbandingkan Harga

membandingkan harga akomodasi
membandingkan harga akomodasi

Sebuah one day tour yang di tawarkan untuk memberi fasilitas di sebuah kota tidak perlu dihindari bila kita bersikeras bahwa label ‘backpacker’ yaitu sebisa-bisanya jauh-jauh dari paket wisata yang terkadang bernilai mahal. Namun banyak paket wisata di wilayah tujuan berlibur kita yang mungkin saja bisa bikin kita lebih irit. Sebagai contoh, tour delta mekong di Ho Chi Minh City sesudah beberapa kali dihitung ternyata lebih murah dari pada  mesti ke sana sendiri serta membayar semua langsung ditempat tujuan.

Dengan 8 dollar Amerika, kita bakal memperoleh transportasi ke Delta Mekong, makan siang, pemandu gratis, transportasi lokal seperti bersampan, bersepeda serta menuai buah. Bandingkan dengan kalau kita ke sana sendiri serta membayar itu lewat cara ngeteng.

Contoh lain yaitu memperbandingkan menu fast food sebuah negara dengan street food. Kadang-kadang memanglah scam keluar saat kita pilih street food di mana kita dikemplang dengan harga mahal jauh di atas standar. Bertanya saat sebelum pesan yaitu hal yang bijak, bila kita terasa makanan yang kita pesan lebih mahal, baiknya kita makan di fast food yang menempatkan daftar harga seperti McDonald, KFC, atau fast food lokal ditempat tujuan.

Mungkin 24 cara berlibur murah tersebut bisa menjadi panduan kamu ketika mencoba untuk melakukan liburan murah. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat liburan murah. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin liburan.

LEAVE A REPLY