Mahasiswa Delegasi FHUI Menang Dalam Kompetisi di Sri Langka

0

Mahasiswa asal Indonesia menunjukkan kembali bahwa mereka merupakan insan yang unggul. Berita prestasi kembali diperoleh kali ini dari delegasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang sukses memperoleh kemenangan dalam ajang ALSA International Moot Court (AIMCC) yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Agustus 2016 di Kolombo, Sri Lanka.

Seperti dilansir Berita UI, dalam ajang simulasi persidangan itu lima delegasi mahasiswa UI sukses membawa pulang piala Champion serta dinobatkan sebagai Best Memorial for Claimant. Pencapaian ini jadi lebih istimewa lantaran di tahun sebelumnya UI juga membawa pulang kemenangan.

Lima anggota tim FHUI itu terbagi dalam Raoul Aldy Muskitta angkatan 2012, Aldwin Octavianus Wijaya angkatan 2014, Angky Banggaditya angkatan 2014, serta Jovico Nicolaus Honanda dari angkatan 2013. Sedangkan diposisi pelatih yaitu Howard Julio Tigris yang juga mahasiswa FHUI angkatan 2013.

gambar via: ui.ac.id
gambar via: ui.ac.id

Kompetisi simulasi persidangan itu terbagi dalam dua tahap, yaitu tahap memorial serta tahap international oral rounds. Di dalam tahap international oral rounds sendiri terbagi lagi menjadi dua tahap yaitu preliminary round serta final round. Hanya dua tim terbaiklah yang akan masuk dalam tahap final round.

Lawan dari anak-anak bangsa yang berangkat dalam pertandingan itu tak main-main. Dalam babak final, tim FHUI harus berhadapan dengan delegasi dari universitas kebanggaan Singapura, National University of Singapore (NUS). Tetapi akhirnya Merah Putih tetaplah berjaya serta berhak membawa pulang Trophy of Rajah & Tann Asia ke Indonesia.

Ajang AIMCC ini adalah ajang kompetisi peradilan semu tahunan yang diselenggarakan oleh ALSA Internasional suatu organisasi nirlaba yang menaungi mahasiswa Fakultas Hukum dari seluruh Asia. Dalam ajang itu diikuti oleh delegasi-delegasi dari 15 negara yang menjadi anggota.

Jovico, salah seorang peserta mengutarakan kalau mengikuti pertandingan ini memberikan manfaat untuk dirinya sendiri serta tim. Selain memperoleh pengetahuan dirinya juga memperoleh wawasan baru mengenai beragam tema serta isu hukum paling baru, seperti yang menjadi tema AIMCC tahun ini yakni investment law.

“Selain itu, kami juga memperoleh rekan-rekan baru dari beragam penjuru Asia serta relasi yang baik dengan dewan juri,” tutur Jovico.

Sumber: Berita UI

Baca juga: Budiono Sukim, Orang Indonesia Yang Merupakan Kepala Chef Hotel Tertua di Inggris

LEAVE A REPLY