23 Makanan dan Minuman yang Katanya Sehat, Namun Ternyata Tidak

0
gambar via: Tips Menjaga Hidup Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dipilih banyak orang untuk membuat tubuh mereka terhindar dari penyakit. Namun bagaimana jika makanan yang katanya sehat, namun ternyata bisa berbahaya untuk tubuh?

Ternyata ada lho makanan dan minuman yang sebenarnya dianggap sehat namun malah beresiko tidak baik untuk tubuh. Di bawah ini adalah makanan dan minuman yang katanya sehat namun ternyata berbahaya.

1. Roti Putih

Beberapa negara, banyak yang makanan pokoknya adalah roti putih. Tetapi sebenarnya roti putih mempunyai kandungan gula yang sangat banyak, serta tetap tidak akan dapat mengenyangkan yang mengkonsumsinya. gambar via: Hijabkeren.com

Beberapa negara, banyak yang makanan pokoknya adalah roti putih. Tetapi sebenarnya roti putih mempunyai kandungan gula yang sangat banyak, serta tetap tidak akan dapat mengenyangkan yang mengkonsumsinya.

Dari pada roti putih, lebih baik konsumsi saja roti gandum, karena roti gandum memiliki kandungan serat lebih banyak sehingga Anda akan kenyang lebih lama. Oleh karena itu roti gandum memang sangat disarankan untuk orang yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan.

2. Buah Kering

Beberapa orang banyak yang menjadikan buah kering sebagai camilan sehatnya. Sebenarnya pikiran ini salah. Kalau buah segar sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat, tetapi berbeda halnya dengan buah kering. gambar via: Breakthrough Generation

Beberapa orang banyak yang menjadikan buah kering sebagai camilan sehatnya. Sebenarnya pikiran ini salah. Kalau buah segar sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat, tetapi berbeda halnya dengan buah kering.

Buah yang sudah diproses menjadi kering ini ternyata memiliki kandungan 1/3 kalori dari satu kaleng keripik kentang. Belum lagi minyak serta gula yang dipakai untuk mengawetkan makanan itu, karena bisa memberikan tambahan sampai 18 persen lemak tidak jenuh.

3. Salad Dengan Saus Krim

Banyak orang yang berpindah mengkonsumsi salad saat mereka memutuskan untuk melakukan gaya hidup sehat. Salad memang mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, karena terbagi dalam sayuran serta buah-buahan. Walau demikian beberapa orang jarang memperhatikan saus yang dipakai pada salad itu. gambar via: Dairy Goodness

Banyak orang yang berpindah mengkonsumsi salad saat mereka memutuskan untuk melakukan gaya hidup sehat. Salad memang mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, karena terbagi dalam sayuran serta buah-buahan. Walau demikian beberapa orang jarang memperhatikan saus yang dipakai pada salad itu. Dalam saus krim salad ternyata memiliki kandungan banyak lemak serta kalori. Sedikit saus saja dapat mengandung lebih banyak kalori dibanding dengan seisi mangkuk salad.

Bila ingin tetap mengkonsumsi salad, Anda dapat memakai saus berbahan minyak sayur. Selain ringan untuk pencernaan, saus yang satu ini memiliki kalori yang lebih sedikit.

4. Sirup Jagung

Sampai sekarang, masih banyak perdebatan tentang pemakaian sirup jagung sebagai pengganti gula, karena dinilai kadar kalori pada sirup jagung termasuk rendah. Tetapi, sebenarnya sirup jagung bisa mempercepat penambahan berat badan secara drastis. gambar via: WatchFit

Sampai sekarang, masih banyak perdebatan tentang pemakaian sirup jagung sebagai pengganti gula, karena dinilai kadar kalori pada sirup jagung termasuk rendah. Tetapi, sebenarnya sirup jagung bisa mempercepat penambahan berat badan secara drastis.

Selain itu, dengan konsumsi sirup jagung, dapat membuat peluang seseorang untuk makan makanan manis yang lain. Walau sebenarnya mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah besar akan menyebabkan resiko diabetes. Karenanya, banyak ahli medis yang merekomendasikan penggunaan buah atau madu sebagai bahan untuk mengganti gula.

5. Energy Bar

gambar via: Babble

Makanan yang satu ini memang dipakai untuk mengganjal perut yang lapar untuk menunggu jam makan selanjutnya. Walau sebenarnya energy bar ini tinggi kandungan lemak serta garam. Dalam energy bar berukuran sedang saja, ada sekitaran 450 kalori di dalamnya. Walau sebenarnya mungkin saja Anda umumnya mengkonsumsi energy bar ini bisa 2 hingga 3 bungkus. Cobalah bayangkan berapakah banyak kalori yang akan masuk ke dalam tubuh Anda.

6. Nasi Putih

Di beberapa negara Asia, termasuk juga Indonesia, nasi putih memang dijadikan makanan pokok. Sehingga banyak yang berasumsi, nasi putih merupakan makanan yang cocok serta sehat untuk tubuh. Tetapi sesungguhnya nasi putih membuat tubuh menyimpan lemak yang tidak diperlukan. gambar via: kotaBSD.com

Nah, tentu Anda sempat bingung serta kaget, kenapa ada makanan pokok kita di dalam daftar makanan yang katanya sehat?

Di beberapa negara Asia, termasuk juga Indonesia, nasi putih memang dijadikan makanan pokok. Sehingga banyak yang berasumsi, nasi putih merupakan makanan yang cocok serta sehat untuk tubuh. Tetapi sesungguhnya nasi putih membuat tubuh menyimpan lemak yang tidak diperlukan. Di dalam nasi putih hanya terdapat karbohidrat, serta tak ada kandungan gizi yang lain.

Lalu bagaimana jalan keluar untuk Anda yang umum mengkonsumsi nasi putih? Anda dapat beralih mengkonsumsi nasi merah, karena nasi merah kaya akan serat, serta memiliki kandungan lebih banyak vitamin serta nutrisi. Selain itu, nasi merah membuat orang yang mengkonsumsinya akan kenyang lebih lama, sehingga nasi merah ini dapat sangat cocok untuk mereka yang tengah melakukan program diet.

7. Susu Almond

Ternyata, bila anda sering membeli susu almond, cobalah cek pada bagian bahan-bahan pembuatannya. Banyak dari susu almond memiliki kandungan zat Carrageenan yang punya pengaruh buruk untuk sistem gula dalam tubuh. gambar via: MetodeSehat.Com

Ternyata, bila anda sering membeli susu almond, cobalah cek pada bagian bahan-bahan pembuatannya. Banyak dari susu almond memiliki kandungan zat Carrageenan yang punya pengaruh buruk untuk sistem gula dalam tubuh. Bila anda mau, tambah baik cari yang tidak ada zat itu atau lebih baik lagi bila anda membuat susu almond sendiri dengan bahan alami.

8. Sushi

Sebenarnya, sushi ini menyehatkan. Sayang, nasi ketan yang dipakai memiliki kandungan banyak gula serta dapat menambah kadar gula dan insulin begitu cepat, yang tidak baik untuk tubuh. Bila ingin tetap makan sushi, lebih baik konsumsi sashimi, atau lebih baik lagi konsumsi hanya ikan dari sushi itu saja. gambar via: YouTube

Sebenarnya, sushi ini menyehatkan. Sayang, nasi ketan yang dipakai memiliki kandungan banyak gula serta dapat menambah kadar gula dan insulin begitu cepat, yang tidak baik untuk tubuh. Bila ingin tetap makan sushi, lebih baik konsumsi sashimi, atau lebih baik lagi konsumsi hanya ikan dari sushi itu saja.

9. Granola

Banyak orang mengatakan bahwa granola sangat baik untuk tubuh. Walau sebenarnya, kandungan gula dan minyaknya begitu banyak. Bila ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi sereal gandum utuh. gambar via: The Pioneer Woman

Banyak orang mengatakan bahwa granola sangat baik untuk tubuh. Walau sebenarnya, kandungan gula dan minyaknya begitu banyak. Bila ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi sereal gandum utuh.

Kebiasaan menaburkan granola (camilan yang terdiri dalam gandum, kacang, madu, buah kering, kismis, dan sebagainya, serta dipanggang hingga renyah) di atas yoghurt tawar dapat membuat diet Anda sia-sia. Satu setengah cangkir dapat mengandung 12 gr gula.

Granola tawar atau tanpa ada rasa pilihan yang lebih baik, namun rasanya tak enak. Alih-alih tetap menjadikan granola sebagai camilan, lebih baik bila Anda menggantinya dengan kacang kaya protein seperti almond.

10. Skim Milk

Katanya, mengkonsumsi susu tanpa lemak itu lebih sehat. Tetapi, sebuah studi menunjukkan kalau orang-orang yang mengkonsumsi lemak sehat, berat badannya lebih terjaga. gambar via: Spoon University

Katanya, mengkonsumsi susu tanpa lemak itu lebih sehat. Tetapi, sebuah studi menunjukkan kalau orang-orang yang mengkonsumsi lemak sehat, berat badannya lebih terjaga.

11. Frozen Yoghurt

Konon, orang mengatakan kalau frozen yoghurt lebih baik dari pada es krim biasa. Tetapi, sebenarnya frozen yoghurt mengandung sangat banyak gula sekaligus bahan lain ketika diolah, yang membuatnya jadi kurang baik. Kalau bisa, buat saja frozen yoghurt sendiri dengan bahan-bahan alami. gambar via: www.swirledpeace.com

Konon, orang mengatakan kalau frozen yoghurt lebih baik dari pada es krim biasa. Tetapi, sebenarnya frozen yoghurt mengandung sangat banyak gula sekaligus bahan lain ketika diolah, yang membuatnya jadi kurang baik. Kalau bisa, buat saja frozen yoghurt sendiri dengan bahan-bahan alami.

Saat bicara gula, yoghurt dapat benar-benar mengandung banyak gula. Khususnya yoghurt dengan rasa atau bahkan juga yang berlabel low fat, dapat memiliki kandungan sekitar 29 gr gula per takaran saji.

Pertahankan yoghurt sebagai pilihan makanan sehat, namun hindari jenis yang mempunyai rasa serta label low fat karena keduanya memiliki kandungan lebih banyak gula dibandingkan yoghurt tawar. Anda dapat juga membuatnya terasa manis dengan hanya memberikan satu sendok teh gula, madu, atau sirup maple. Dengan langkah tersebut, kontrol asupan gula seutuhnya di tangan Anda.

12. Sayur Dalam Kaleng

Tidak semua sayur ternyata sehat. Bila sayur-sayuran itu sudah diolah serta diawetkan dalam kaleng, maka sayur telah mengandung banyak zat kimia, BPA, bahkan juga dapat mengakibatkan penyakit kanker. gambar via: Cloud Computing Buzz News

Tidak semua sayur ternyata sehat. Bila sayur-sayuran itu sudah diolah serta diawetkan dalam kaleng, maka sayur telah mengandung banyak zat kimia, BPA, bahkan juga dapat mengakibatkan penyakit kanker. Jadi, sebisa mungkin jauhi pembelian sayur maupun buah kaleng, belilah buah serta sayur yang masih segar.

13. Minyak Sayur

Makanan yang dimasak memakai minyak sayur seperti minyak jagung, bakal menyingkirkan zat omega-6 sampai omega-3 dari makanan. Bahkan juga, kolesterol baik dapat dirubah jadi kolestrol jahat oleh minyak sayur dalam temperatur tinggi. gambar via: DailyWuz

Makanan yang dimasak memakai minyak sayur seperti minyak jagung, bakal menyingkirkan zat omega-6 sampai omega-3 dari makanan. Bahkan juga, kolesterol baik dapat dirubah jadi kolestrol jahat oleh minyak sayur dalam temperatur tinggi.

14. Minuman Olahraga Serta Jus Buah

Berpikirlah dua kali sebelum mengambil keputusan mengatasi rasa haus dengan mengkonsumsi minuman olahraga atau jus buah. Berdasar pada riset yang dilakukan Universitas Harvard, dalam satu kemasan, minuman olahraga dapat memiliki kandungan 5 sendok teh gula. gambar via: Futuready

Berpikirlah dua kali sebelum mengambil keputusan mengatasi rasa haus dengan mengkonsumsi minuman olahraga atau jus buah. Berdasar pada riset yang dilakukan Universitas Harvard, dalam satu kemasan, minuman olahraga dapat memiliki kandungan 5 sendok teh gula. Jus jeruk botolan bahkan juga lebih buruk, karena dapat memiliki kandungan 10 sendok teh gula, hampir sama juga dengan satu kaleng minuman soda.

Jadi, setiap kali Anda merasa betul-betul haus sekalipun, upayakan meminum air putih saja. Bila Anda ingin suatu hal yang memiliki rasa, pilih jus buah segar tanpa ada gula tambahan sekalipun.

15. Saus Tomat

Terbuat dari tomat tak lantas menjadikan saus tomat menjadi makanan sehat. Setiap satu sendok makannya memiliki kandungan satu sendok teh gula atau sekitar satu per enam bagian dari batas ambang konsumsi gula setiap hari (50 gr perhari). Gambar via: detikFood

Terbuat dari tomat tak lantas menjadikan saus tomat menjadi makanan sehat. Setiap satu sendok makannya memiliki kandungan satu sendok teh gula atau sekitar satu per enam bagian dari batas ambang konsumsi gula setiap hari (50 gr perhari).

16. Selai Kacang

Anda tidak perlu membeli selai kacang yang rendah lemak maupun bebas lemak, karena lemak dalam kacang itu menyehatkan. Malah selai kacang rendah lemaklah yang mempunyai kandungan gula tambahan. gambar via: Nectura Juice

Anda tidak perlu membeli selai kacang yang rendah lemak maupun bebas lemak, karena lemak dalam kacang itu menyehatkan. Malah selai kacang rendah lemaklah yang mempunyai kandungan gula tambahan.

17. Keripik Pisang

Ternyata, keripik pisang yang digoreng dengan minyak jenuh kurang menyehatkan untuk tubuh lho. Apalagi bila kripik pisang yang anda makan memiliki kandungan pemanis ataupun bahan pengawet buatan yang malah dapat menyebabkan kanker. gambar via: Excite Shop

Siapa yang senang ngemil kripik pisang? Ternyata, keripik pisang yang digoreng dengan minyak jenuh kurang menyehatkan untuk tubuh lho. Apalagi bila kripik pisang yang anda makan memiliki kandungan pemanis ataupun bahan pengawet buatan yang malah dapat menyebabkan kanker.

18. Popcorn

Camilan berbahan dasar jagung ini memang cocok untuk dijadikan teman nonton. Sebenarnya popcorn adalah makanan ringan yang baik. Namun kandungan garam serta gula dan zat aditif lainnya yang berlebihan berbahaya untuk kesehatan tubuh. gambar via: Cuisine & Health

Camilan berbahan dasar jagung ini memang cocok untuk dijadikan teman nonton. Sebenarnya popcorn adalah makanan ringan yang baik. Namun kandungan garam serta gula dan zat aditif lainnya yang berlebihan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

19. Sereal

Makan sereal memang baik, karena sereal adalah umumnya terbuat dari gandum utuh yang rendah lemak. Tetapi saat ini, untuk menarik banyak konsumen beberapa produk sereal yang dipasarkan ditambahkan dengan adanya banyak gula, bahkan juga gula buatan. gambar via: Tips Menjaga Hidup Sehat

Makan sereal memang baik, karena sereal adalah umumnya terbuat dari gandum utuh yang rendah lemak. Tetapi saat ini, untuk menarik banyak konsumen beberapa produk sereal yang dipasarkan ditambahkan dengan adanya banyak gula, bahkan juga gula buatan. Seperti disebutkan gula yang berlebihan bisa mempercepat pembentukan keriput serta membuat Anda menjadi gemuk.

20. Mie Bayam

Pernah menjadi tren aneka varian mie sehat yang dikombinasikan dengan bermacam jenis sayuran, seperti bayam serta wortel. Tetapi, penambahan bayam serta wortel atau sayuran yang lain sebagai bahan olahan dalam pembuatan mie sehat, ternyata makin tak sehat. Gizi dalam bayam serta sayuran yang lain menjadi semakin menurun. gambar via: taman kuliner kalimalang

Pernah menjadi tren aneka varian mie sehat yang dikombinasikan dengan bermacam jenis sayuran, seperti bayam serta wortel. Tetapi, penambahan bayam serta wortel atau sayuran yang lain sebagai bahan olahan dalam pembuatan mie sehat, ternyata makin tak sehat. Gizi dalam bayam serta sayuran yang lain menjadi semakin menurun. Jadi jika memang kepepet makan mie sehat, lebih baik sayurannya segera ditambahkan sebagai toping, serta rebusnya jangan terlalu lama.

21. Sup Ayam Instan

Makanan berkuah ini sangat praktis untuk dibuat di rumah. Ibu anda hampir setiap minggu menyediakan menu makanan ini. Terlebih bila dikonsumsi ketika musim hujan, sup ayam sangat tepat untuk dikonsumsi. Katanya sup ayam sesuai dikonsumsi ketika mengalami pemulihan. gambar via: Masakan Lezat

Makanan berkuah ini sangat praktis untuk dibuat di rumah. Ibu anda hampir setiap minggu menyediakan menu makanan ini. Terlebih bila dikonsumsi ketika musim hujan, sup ayam sangat tepat untuk dikonsumsi. Katanya sup ayam sesuai dikonsumsi ketika mengalami pemulihan. Sup ayam dengan kandungan yang benar mempunyai kemampuan restoratif yang bisa menyembuhkan pilek, flu serta rasa malas.

Bila anda malas pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan membuat sup ayam, di mini market dekat rumah telah banyak yang jual sup ayam kemasan atau kalengan. Tetapi, sebelum membeli sebaiknya periksa kembali label nutrisinya serta janganlah membeli bila kandungan nutrisinya tidak masuk dalam kualifikasi yang dibutuhkan. Banyak yang tidak tahu kalau sup ayam instan dalam kemasan atau kalengan ternyata memiliki kandungan natrium serta lemak yang tinggi. Satu mangkuk sup ayam memiliki kandungan sampai 940 miligram garam (sodium). Ada baiknya tambahkan sayuran yang banyak ke dalam sup instan, tanpa garam apalagi penambahan penyedap rasa.

22. Teh Hijau Kemasan

Banyak produk teh hijau yang memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi serta bagus untuk tubuh. Namun teh hijau yang disajikan secara alami, bukan teh hijau kemasan yang ada di toko-toko. Memang tak semua teh hijau yang ada dipasaran mempunyai manfaat yang sama dengan teh alami. gambar via: Pondok Ibu

Suka minum teh hijau kemasan? Banyak produk teh hijau yang memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi serta bagus untuk tubuh. Namun teh hijau yang disajikan secara alami, bukan teh hijau kemasan yang ada di toko-toko. Memang tak semua teh hijau yang ada dipasaran mempunyai manfaat yang sama dengan teh alami.

Peneliti menguji 26 jenis minuman teh serta suplemen, menemukan kalau beberapa teh hijau dalam kemasan umumnya memiliki kandungan kadar air-gula yang tinggi dibanding dengan tehnya. Bahkan juga peneliti menemukan 1, 25 mikrogram hingga 2, 5 mikrogram timbal dalam teh celup merk tertentu. Timbal adalah logam yang mendapat perhatian khusus karena sifatnya yang beracun pada manusia. Jika mengkonsumsi teh hijau kemasan sebagai penghilang dahaga, dikonsumsi sesekali saja tidak apa-apa. Bila anda konsumsi teh dengan maksud untuk penyembuhan, sebaiknya rebus teh hijaunya secara alami.

23. Jus Buah Kemasan

Sebagian dari anda, tentu sering konsumsi jus buah kemasan. Bila anda berpikiran konsumsi jus buah kemasan lebih praktis, steril serta (mungkin saja) menyehatkan, sebaiknya anda perlu pikirkan kembali. gambar via: obattradisionalasamlambungtinggi.com

Sebagian dari anda, tentu sering konsumsi jus buah kemasan. Bila anda berpikiran konsumsi jus buah kemasan lebih praktis, steril serta (mungkin saja) menyehatkan, sebaiknya anda perlu pikirkan kembali. Hasil studi yang dilakukan oleh Simon Capewell, peneliti dari University of Liverpool, Inggris, menyarankan pada orangtua untuk waspada dalam memberi konsumsi minuman jus buah kemasan pada anak-anak mereka. Menurut hasil studi itu, kandungan gula yang tinggi pada minuman buah kemasan bisa merusak kontrol asupan gula.

Brigite Zeitlin, seorang pakar diet juga menjelaskan kalau buah yang tinggi gula dikenal sebagai fruktosa. Walau gula itu berasal dari sumber yang sehat, anda perlu membatasi konsumsi jus buah kemasan. Jadi, lebih baik mengkonsumsi buah segar atau membuat jus sendiri di rumah tanpa menggunakan gula.

Baca juga: Inilah Tips Untuk Mendesain Kamar Anak Yang Nyaman

LEAVE A REPLY