15 Manfaat Air Hangat yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
Manfaat Air Hangat

Manfaat minum air hangat cukup banyak dan cukup bagi kesehatan tubuh. Air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, apa lagi banyak ahli kesehatan untuk menyarankan meminum air minimal delapan gelas dalam satu hari. Khasiat air memang sangat banyak, tetapi ada satu hal yang jarang diketahui banyak orang yaitu manfaat air hangat untuk tubuh.

Air memang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh. Apa lagi air hangat, memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Asalkan kamu dapat meminum air hangat secara rutin dan konsisten tiap harinya.

Memang sangat mudah untuk mendapatkan air hangat. Saat ini selain dengan memasaknya, kamu bisa mendaptkannya dari dispenser yang dapat menghangatkan tubuh. Kamu hanya perlu untuk mencolokan dispenser tersebut.

Air hangat sangat bermanfaat ketika kamu mengkonsumsinya di pagi dan malam hari. Tepatnya sih saat ingin tidur dan bangun tidur. Kamu juga bisa menikmati air hangat ketika siang hari. Jangan hanya minum teh hangat dan kopi hangat saja, tetapi kamu juga harus mengkonsumsi air hangat untuk tubuh kamu.

Berikut manfaat air hangat untuk tubuh kamu:

1. Manfaat Air Hangat Untuk Diet

Air Hangat Membantu Diet
Air Hangat Membantu Diet

Kamu memiliki kelebihan berat badan? Dan ingin mengurangi berat badanmu? maka sudah seharusnya kamu banyak meminum air hangat. Daripada berat badan mu selalu bertambah, ada baiknya kan kamu mengkonsumsi air hangat. Bukan hanya sekedar air putih biasa. Air hangat sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat air hangat amat baik untuk melindungi metabolisme yang sehat, terlebih untuk anda yang mau menurunkan beberapa kilogram berat badan. Cara terbaik buat melakukan hal tersebut yaitu memulai metabolisme anda pada pagi hari dengan satu gelas air hangat serta lemon. Sebagai bonus pelengkap, air hangat bakal membantu untuk memecah jaringan adiposa (dengan sebutan lain lemak tubuh) dalam tubuh anda.

2. Manfaat Air Hangat Untuk Meringankan Hidung serta Tenggorokan yang Terhambat

Air Hangat Membantu Meredakan Air Hangat
Air Hangat Membantu Meredakan Air Hangat

Jika kamu sedang menderita flu atau hidung tersumbat dan tenggorokanmu sedang tidak bersahabat, maka kamu bisa mengkonsumsi air hangat untuk meredakan hidung dan tenggorokan. Biasakan saja untuk mengkonsumsi air hangat tersebut agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih segar dan lebih baik.

Minum air hangat merupakan obat alami yang amat baik untuk pilek, batuk serta sakit tenggorokan. Air hangat bakal melarutkan dahak serta bantu untuk menghilangkannya dari saluran pernafasan anda, maka bisa membantu membantu sakit tenggorokan. Air hangat juga bantu dalam bersihkan hidung yang terhalang.

3. Air Hangat Mampu Meredakan Nyeri Haid

Air Hangat Membantu Meredakan Nyeri Haid
Air Hangat Membantu Meredakan Nyeri Haid

Bagi para wanita yang sedang datang bulan, terkadang membuat perut terasa sakit. Rasa sakit dan nyeri pada perut tersebut bisa membuat diri kita segan untuk melakukan apapun. Rasanya hanya ingin berada di tempat tidur saja, tidak ingin banyak bergerak sama sekali.

Jika kamu mengalami hal ini. Ada baiknya kamu mencoba untuk banyak mengkonsumsi air hangat. Karena air hangat banyak mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh kamu, serta dapat membantu kamu untuk meredakan rasa nyeri akibat haid tersebut.

Air hangat dapat juga bantu mengurangi kram menstruasi. Panas air memiliki dampak menenangkan pada otot-otot perut, yang akhirnya bisa bantu untuk mengobati kram serta kejang.

4. Manfaat Air Hangat untuk Detoksifikasi tubuh

Air hangat Membantu detoksifikasi
Air hangat Membantu detoksifikasi

Detoksifikasi adalah satu proses membersihkan racun dalam tubuh dan melakukan pembersihan pada tubuh. Biasanya racun pada tubuh datang akibat terlalu seringnya kita mengkonsumsi alkohol dan makanan yang memiliki bakteri jahat.

Detoksifikasi berfungsi untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh, memulihkan energi, dan juga membersihkan darah. Detoksifikasi biasa dilakukan secara alami oleh tubuh, dan juga dengan membantu tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan untuk detoksifikasi dan juga minuman. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi air hangat yang bisa mendetoksifikasi tubuh.

Air hangat fantastis dalam bantu detoksifikasi tubuh anda. Apabila anda minum air hangat, suhu tubuh anda mulai bertambah, yang lantas membuahkan keringat. Keringat bakal bantu melepas toksin dari tubuh anda serta membersihkannya secara benar. Untuk hasil yang maksimal, berikan perasan lemon pada air hangat.

5. Air Hangat Berguna Menghindari Penuaan Dini

Air Hangat Membantu Menghindari Penuaan Dini

Banyak orang yang memiliki umur masih muda, namun di wajahnya sudah tampak akan kerutan yang ada. Sehingga membuat tubuh tampak lebih tua dan hal ini tentunya sangat menganggu dan mengurangi rasa percaya diri.

Apa lagi jika penuaan dini terjadi terhadap kamu yang selalu berbicara di depan. Tentunya bisa membuat kamu lebih gugup ketika melakukan presentasi di depan. Maka untuk menghindari penuaan dini, kamu harus lebih sering untuk mengkonsumsi air hangat setiap harinya.

Sebenarnya kerutan tersebut bisa hilang dengan cara sering mengkonsumsi air hangat. Ini menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan kerutan pada tubuh. Seiring bertambahnya usia maka jaringan kolagen dan pada kulit manusia melemah dengan sendirinya.

Ada alasan mengapa anda mesti membersihkan tubuh anda dari racun : mereka buat usia anda lebih cepat. Minum air hangat juga bantu buat melakukan perbaikan beberapa sel kulit yang di pengaruhi oleh radikal bebas beresiko hingga tingkatkan elastisitas kulit anda. Berikutnya, kulit anda yang rusak jadi halus kembali.

6. Air Hangat Bisa Menghindari Jerawat

Air Hangat Membantu Menghilangkan Jerawat
Air Hangat Membantu Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah dimana pori-pori pada kulit tersumbat sehingga menyebabkan benjolan yang timbul pada wajah. Benjolan tersebut adalah kantong nanah yang sudah meradang. Hampir semua orang pernah memiliki jerawat, dan ini membuat siapapun tampak kurang percaya diri.

Banyak hal yang menyebabkan timbulnya jerawat.

– Produksi Minyak Berlebih

Jerawat tidak selamanya muncul karena kita kurang menjaga kebersihan wajah, namun juga dapat dipengaruhi faktor internal atau dari dalam tubuh. Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang berkolaborasi dengan bakteri pada kulit wajah.

– Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya. Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

– Sel-Sel Kulit Mati

Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.

– Faktor Hormon

Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%. Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.

– Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Apa hubungannya jerawat diwajah dengan rambut? Ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut. Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.

– Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Meminum minuman bersoda juga memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.

Jerawat memang menjadi salah satu masalah besar bagi siapapun. Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat adalah meminum air hangat. Manfaat Air hangat yang kita minum bakal bersihkan tubuh dari dalam, termasuk juga menyingkirkan akar penyebabnya infeksi jerawat.

7. Manfaat Air Hangat untuk Kesehatan serta Vitalitas Rambut

Air hangat Membantu menjaga kesehatan rambut
Air hangat Membantu menjaga kesehatan rambut

Rambut dapat dikatakan sebagai mahkota. Apa lagi bagi seorang perempuan, rambut menjadi salah satu hal terpenting dalam setiap keindahannya. Tidak mudah memang merawat dan menjaga kesehatan rambut.

Rambut yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Memiliki rambut sehat tidaklah semudah membalikan telapak tangan, karena biaya perawatan pun cukup mahal. Apa lagi bagi seorang wanita. Ada baiknya sering lah untuk meminum air hangat.

Minum air hangat juga baik untuk mendapat rambut yang lembut serta bercahaya. Air hangat bakal berikan daya pada ujung saraf di akar rambut anda serta bikin mereka aktif. Hal semacam ini berguna untuk mendapat kembali vitalitas alami rambut anda serta menjaganya supaya tetap sehat.

8. Air Hangat Membantu Perkembangan Rambut

Air hangat membantu perkembangan rambut
Air hangat membantu perkembangan rambut

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan rambut. Bisa secara alami atau menggunakan obat. Tetapi untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut, ada baiknya kamu menggunakan cara alami untuk membantu perkembangan rambut. Salah satunya memanfaatkan air hangat.

Air hangat menjadi salah satu faktor alami untuk perkembangan rambut. Dengan mengkonsumsi air hangat secara konsisten akan membantu rambut memiliki perkembangan yang cukup alami, dan juga tentunya tanpa efek samping.

Membantu akar rambut anda untuk tumbuh keluar. Air hangat bantu perkembangan teratur akar rambut untuk lantas mempercepat perkembangan rambut anda. Asalkan kamu benar-benar mengkonsumsi dan menjaga rambut dengan baik. Manfaat ini memang tidak akan terasa dalam waktu singkat. Tetapi dalam waktu yang agak lama.

9. Air Hangat Membantu Menghilangkan Ketombe

Air Hangat Membantu Menghilangkan Ketombe
Air Hangat Membantu Menghilangkan Ketombe

Ketombe yaitu gangguan kulit kepala yang umum. Penyebabnya tentu dari ketombe masih belum di ketahui para pakar medis. Sementara kulit kepala berminyak yaitu aspek umum yang mengarah ke ketombe, orang dengan kulit kering mengalami persoalan kulit kepala yang sama di kali. Beberapa riset yang dikerjakan pada ketombe sudah membuahkan rangkuman kalau ada beragam bentuk ketombe.

Kulit kering. Kulit kering yaitu banyak penyebabnya kegatalan serta kerontokan kulit kepala. Serpihan dari kulit kering secara umum lebih kecil serta sedikit berminyak dari pada masalah lain dari ketombe.

• Iritasi, kulit berminyak (seborrheic dermatitis). Keadaan ini kerap mengakibatkan ketombe. Ditandai dengan kemerahan, kulit berminyak yang tertutup serpihan putih atau sisik kuning. Seborrheic dermatitis menyebabkan tidak cuma pada kulit kepala namun juga daerah lain yang mempunyai banyak kelenjar minyak, seperti alis mata, segi hidung serta di belakang telinga, dada serta kadang-kadang pada ketiak.

• Kerap tidak memakai shampo. Bila anda tidak bersihkan rambut secara teratur, minyak serta sel kulit pada kulit kepala bisa terbentuk, yang mengakibatkan ketombe.

• Psoriaris. Penyakit kulit ini mengakibatkan akumulasi sel kulit yang mati membuat sisik perak. Psoriaris umumnya terjadi pada lutut, siku, serta sisi tubuh lain, namun dapat juga terjadi pada kulit kepala.

• Eksim. Bila anda mempunyai eksim pada kulit kepala, peluang anda bakal terserang ketombe.

• Sensitivitas pada produk perawatan rambut. Kadang-kadang sensitivitas pada produk perawatan rambut spesifik atau cat rambut bisa mengakibatkan kemerahan, gatal, serta kerontokan kulit kepala. Membersihkan rambut dengan sampo terus-terusan atau memakai sangat banyak produk untuk rambut dapat juga mengakibatkan iritasi pada kulit kepala, yang mengakibatkan ketombe.

• Ragi-seperti jamur (malassezia). Malassezia hidup di kulit kepala pada beberapa orang dewasa tanpa mengakibatkan masalah. Namun kadangkala jamur ini tumbuh di luar kendali serta mengonsumsi minyak yang keluar dari pori-pori kepala. Ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala serta mengakibatkan banyak sel kulit tumbuh. Keunggulan sel kulit bakal mengakibatkan beberapa sel itu mati serta jatuh.

Kalau kamu memiliki ketombe yang membandel, dan sudah mencoba untuk menggunakan obat dan shampo anti ketombe, maka kamu bisa sering memanfaatkan air hangat. Air hangat bikin kulit kepala anda terhidrasi serta bantu melawan kulit kepala yang kering serta berketombe.

10. Manfaat Air Hangat Untuk Tingkatkan Aliran Darah serta Sistem Saraf yang Sehat

Air hangat Membantu Memperlancar darah
Air hangat Membantu Memperlancar darah

Banyak penyebab yang bisa meningkatkan sistem aliran darah. Salah satu caranya adalah dengan meminum air hangat. Air hangat sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem saraf dan menyehatkan.

Khasiat lain yang perlu dari minum air hangat yaitu kalau hal semacam itu bisa tingkatkan aliran darah anda, yang perlu untuk kerja otot serta kesibukan saraf. Tidak hanya itu, air hangat bakal bikin sistem saraf anda sehat dengan memecah timbunan lemak di sekelilingnya.

11. Air Hangat Sangat Membantu Proses Pencernaan

Air hangat membantu pencernaan
Air hangat membantu pencernaan

Air hangat amat berguna untuk pencernaan. Riset sudah memperlihatkan kalau minum air dingin sepanjang atau sesudah makan bisa mengeraskan minyak yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi.

Hal semacam ini bisa bikin deposit lemak pada dinding dalam usus anda, yang peluang terburuk bisa mengakibatkan kanker usus selanjutnya. Tetapi, bila anda ganti satu gelas air dingin dengan hangat, anda bisa hindari permasalahan ini. Tidak hanya itu, air hangat berguna untuk pencernaan, yang jelas saja adalah hal yang anda kehendaki sesudah makan.

12. Air Hangat Sangat Baik Untuk Gerakan Usus

Air hangat membantu pergerakan usus
Air hangat membantu pergerakan usus

Bicara pencernaan, air hangat bisa bantu gerakan usus anda hingga tetap sehat serta bebas nyeri. Dehidrasi bisa menyebabkan permasalahan kritis lewat sembelit. Lantaran tinja terakumulasi dalam usus anda, gerakan usus jadi lebih lambat.

Jadi senantiasa dianjurkan buat anda mengonsumsi satu gelas air panas atau hangat tiap pagi ketika perut anda kosong, yang bakal bantu menguraikan tiap bahan makanan yang tersisa serta bikin gerakan partikel jadi lebih lembut serta tidak menyakitkan lewat usus. Mulai besok pagi kamu sudah wajib untuk mengkonsumsi air hangat di pagi hari.

13. Air Hangat Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Air hangat membantu mengangkat sel kulit mati
Air hangat membantu mengangkat sel kulit mati

Bagi kamu yang jarang melakukan olahraga, cara terbaik untuk menggeluarkan keringat adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa membantu untuk menggeluarkan keringat. Tetapi lebih baik kamu berolahraga, dibandingkan hanya sekedar meminum air hangat.

Kamu bisa meminum air hangat setiap pagi. Dengan begitu, kamu akan merasakan manfaat yang luar biasa dari air hangat. Air hangat bisa membantu kamu untuk meningkatkan jumlah keringat yang keluar saat olahraga.

Jelas Anda sudah menyadari kalau apabila tubuh mengeluarkan keringat akan membersihkan beberapa sel kulit mati, sama dengan melakukan olahraga ketika Anda meminum air hangat suhu tubuh bakal naik, lantas tubuh mencoba mendinginkan suhu lewat berkeringat.

14. Minum Air Hangat Bisa Menenangkan Pikiran

Air hangat bisa membantu menenangkan pikiran
Air hangat bisa membantu menenangkan pikiran

Mungkin anda saat ini tengah stres akibat banyak pikiran. Ada baiknya jika pikiran anda sedang suntuk, ada baiknya kamu meminum air hangat. Dalam sebuah penelitian, bahwa air hangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran.

Kamu bisa meminum air hangat ketika kamu memang dalam keadaan stress. Sehingga membantu kamu untuk menyegarkan pikiran. Banyak orang yang salah meminum ketika stres, mereka lebih sering mengkonsumsi yang dingin. Padahal itu kurang baik.

Ternyata minum air hangat juga memiliki khasiat secara psikologis. Ambilah satu gelas air hangat di saat pagi hari serta minum dengan perlahan. Anda bakal rasakan satu ketenangan didalam pikiran. Coba lakukan saja ketika pagi, siang dan malam hari untuk merasakan manfaat dari air hangat.

15. Air Hangat Membantu Menyembuhkan Sembelit

Air hangat membantu meredakan sembelit
Air hangat membantu meredakan sembelit

Ini yaitu permasalahan perut umum yang terjadi lantaran kurangnya air dalam tubuh, hingga kurangi gerakan usus. Minum satu gelas air hangat ketika perut kosong pada pagi hari bisa tingkatkan gerakan usus serta mengobati sembelit. Air panas atau hangat bisa memecah partikel makanan serta melewatinya lewat usus. Sehingga memperlancar, sehingga kamu bisa menghilangkan sembelit.

Begitu banyaknya manfaat air hangat yang harus kamu ketahui. Dengan lebih sering mengkonsumsi air hangat di setiap hari, itu akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.

LEAVE A REPLY