27 Manfaat Air Hujan yang Baik Bagi Kehidupan Alam Raya

0
Hujan membantu perekonomian manusia

Hujan yang beberapa waktu terakhir ini kita rasakan nikmatnya dari Allah Ta’ala, serta jadi percakapan banyak orang, mempunyai kandungan banyak manfaat untuk makhluk-makhluk Allah Ta’ala yang bermukim di bumi ini. Manfaat hujan tentunya tidak hanya manusia yang merasakan, namun juga makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan.

Meskipun terkadang hujan dianggap sebagai penyebab bencana. Padahal hujan adalah nikmat dari Allah yang begitu besar. Bencana terjadi akibat dari ulah tangan-tangan kita sendiri yang tidak bisa menjaga alam raya ini.

Air hujan yaitu air yang terbentuk melalui cara alamiah dari proses alam. Proses awal pembentukan air hujan diawali ketika uap air yang datang dari sumber air di daratan alami penguapan. Uap air yang naik ke atas langit akan membuat awan.

Awan yang sama-sama menumpuk akan mengangkat butir-butir air sebab terbawa oleh angin. Efeknya butir-butir air ini akan alami gravitasi yang membikin air dapat turun ke bawah. Ketika proses butir-butir air jatuh ke bumi ada beberapa air yang kembali menguap ke awan. Air yang jatuh ke permukaan bumi disebut sebagai air hujan.

Sehabis semua selesai ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat tentang air hujan, yakni tentang musim hujan. Sebaiknya bagi Anda untuk menghindari guyuran hujan pertama. Satu diantara alasannya karena hujan pertama biasanya bersifat membersihkan pencemaran atmosfer. Jadi, apabila hujan sudah secara berkelanjutan sepanjang seminggu, itu yaitu tanda aman bagi Anda untuk rasakan manfaat air hujan.

Ini dia beberapa manfaat dari air hujan:

1. Air Hujan Memiliki Efek Bahagia

Air hujan bisa membahagiakan
Air hujan bisa membahagiakan

Yakin atau tidak, nyatanya nilai emosional dari air hujan itu tentu ada. Barangkali secara kimiawi ini sangat tidak masuk akal, namun secara emosional air hujan hujan dapat mendatangkan efek bahagia. Hal tersebut dapat kamu rasakan ketika tetesan air hujan mengenai wajah kamu, hingga menimbulkan perasaan suka serta bahagia akan menghampiri Anda.

Jadi untuk Anda yang masih ingin melakukan aktifitas ini, jangan sampai memikirkan mengenai kandungan kimia yang bakal mengakibatkan kerusakan kulit. Lantaran hal itu cuma dapat menyingkirkan dampak emosional bahagia dalam diri Anda.

2. Air Hujan untuk Membantu Perekonomian Manusia

Hujan membantu perekonomian manusia
Hujan membantu perekonomian manusia

Air hujan amat berpotensi untuk kenasiban manusia tergolong pengaruhnya untuk ekonomi manusia. Melalui cara biasa air hujan sudah menjadi sumber penting untuk beberapa pekerjaan manusia semacam pertanian, perikanan dan pengolahan sumber daya hutan.

Kamu tahu bahwa kegunaaan hutan amat perlu untuk kehidupan manusia. Pada musim kemarau panjang manusia akan merasakan ketiadaan akan air yang memicu kegagalan panen pada pertanian. Bahkan juga kekurangan air. Hujan sebagai sumber air dalam kehidupan dapat mengakibatkan masalah pada ekonomi perikanan.

3. Air Hujan Mendukung Kesuksesan Pertanian

Hujan membantu pertanian
Hujan membantu pertanian

Secara umum pertanian dengan beberapa tipe tanaman semacam padi, tanaman sayuran dan buah amat bergantung pada air hujan. Kekeringan panjang dapat mengakibatkan hasil panen tidak optimal. Air hujan dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan proses pertumbuhan tumbuhan untuk lebih berkembang.

Tanpa hujan, dapat dibilang pertanian tidak akan pernah berkembang dan tanaman akan mati. Petani pun akan mengalami kerugian yang cukup besar. Kita sering mendengar berita mengenai gagal panen di beberapa wilayah yang diakibatkan hujan tak pernah turun.

4. Air Hujan untuk Kebaikan Manusia

Hujan untuk kebaikan manusia
Hujan untuk kebaikan manusia

Manusia membutuhkan air hujan sebagai satu diantara sumber kebaikan yang amat besar. Air hujan yang jatuh ke tanah akan masuk dan meresap menjadi air tanah. Berikutnya manusia akan memakai air tanah sebagai sumber untuk memasak, membersihkan, dan beberapa keperluan hidup lainnya.

Air hujan menjadi salah satu komponen sumber air yang terbesar manusia termasuk untuk peroleh makanan dari tanaman dan sayuran. Jika air hujan dalam waktu yang cukup lama tidak turun, kita dapat merasakan bahwa air dari dalam sumur akan keluar lebih kecil.

5. Air Hujan sebagai Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik

Hujan sebagai penggerak PLTA
Hujan sebagai penggerak PLTA

Pembangkit listrik tenaga air atau seringkali disebut juga dengan PLTA akan menggantungkan sumber air dari air hujan. Walau pada proses PLTA umumnya menggunakan sumber air melalui cara langsung dari laut alias serta buatan, air hujan tetap jadi penyuplai paling utama.

Air hujan yang jatuh ke laut akan jadi sumber daya yang amat penting. Air hujan yang masuk dalam penampungan akan dirubah menjadi sumber listrik dengan beberapa peralatan teknologi mutakhir.

6. Air Hujan untuk Kenasiban Sumber Perikanan

hujan bermanfaat bagi perikanan
hujan bermanfaat bagi perikanan

Ikan yaitu satu diantara sumber pangan yang penting untuk manusia. ikan menjadi salah satu asupan gizi yang amat besar. Beberapa jenis ikan yang tinggal di air tawar dan air laut memiliki kandungan gizi yang tidak sama.

Beberapa jeniz zat gizi yang terdapat dalam ikan diantaranya yaitu protein, lemak, karbohidrat, mineral dan air. Ikan cuma dapat ditemukan pada media air baik di laut ataupun perairan tawar. Air hujan menyumbang nyaris 80 persen persediaan air untuk kehidupan ikan.

Tanpa adanya air hujan, dijamin kita tidak akan pernah bisa mudah untuk menyantap ikan. Dengan air hujan yang turun, maka itu dapat membantu perkembangan dari ikan itu sendiri.

7. Air Hujan untuk Melestarikan Lingkungan

Hujan baik untuk lingkungan
Hujan baik untuk lingkungan

Lingkungan alam terbagi dalam beberapa jenis media seperti daratan, lautan dan pegunungan. Menjaga kelestarian alam yaitu satu diantara kewajiban manusia. Namun seluruh jenis media ini perlu memperoleh asupan air yang berasal dari air hujan.

Air hujan dapat membantu pohon-pohon untuk melakukan proses fotosintesis, menyerap sumber air hujan menjadi air tanah dan menjaga kontruksi tanah. Melalui cara umum air hujan akan mempertahankan kenhidupan alam semesta dengan beberapa kegunaaan yang saling terkait.

8. Air Hujan Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan

Hujan bermanfaat untuk hutan
Hujan bermanfaat untuk hutan

Kehidupan hutan biasanya kita kenal sebagai tempat tinggal bagi banyak pohon dan beberapa tipe fauna liar. Pohon yang tumbuh di hutan mempunyai peran yang amat penting untuk lingkungan. Pohon menjadi salah satu penyedia sumber udara yang bersih untuk manusia.

Pohon pasti akan membantu menjaga kekuatan tanah jadi tidak mudah longsor. Tidak hanya itu pohon pasti juga menyerap air hujan untuk mencegah bencana banjir. Seluruh jenis makhluk hidup yang ada pada ekosistem hutan akan berlangsung seimbang dengan kebutuhan air yang cukup. Aspek ini membuat air hujan yang datang dari alam amat penting untuk keberlangsungan hutan.

9. Air Hujan Berkegunaaan untuk Menjaga Sumber Air Tanah

Hujan bermanfaat untuk air tanah
Hujan bermanfaat untuk air tanah

Sumber air tanah jadi sumber kenasiban untuk manusia. Tanpa air tanah, manusia akan alami beberapa kesulitan untuk menjalani kehidupan. Air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu. Manusia dapat mengunakan air tanah sebagai sumber kehidupan dengan cara menggunakan sumur bor, ataupun pengelolaan dari PAM.

Manusia dapat menggunakann air dari tanah untuk beberapa kebutuhan seperti mencuci, memasak, menyiram tanaman dan beberapa kegunaaan lain.

10. Air Hujan Mengurangi Erosi Tanah

Hujan baik untuk menjaga erosi tanah
Hujan baik untuk menjaga erosi tanah

Tanah jadi tempat kehidupan untuk manusia. Susunan tanah membutuhkan air untuk menjaga kekuatan tanah. Salah satu bencana yang dipicu sebab menurunnya kegunaaan kekuatan tanah yaitu erosi.

Erosi dapat menyebabkan bencana yang amat besar untuk manusia. faktor ini umumnya karena sebab penebangan pohon liar dan pembangunan rumah di pegunungan. Pada dasarnya sistem kontruksi tanah dapat kokoh, sebab tanah menerima air hujan dan mampu menyerap air hujan melalui cara maksimal yang dibantu oleh pohon-pohon. Kekeringan panjang yang dikarenakan sebab musim kemarau dapat membikin susunan tanah jadi lebih lemah jadi tanah gampang longsor.

11. Air Hujan Melindungi Lingkungan dari Bencana Alam

Hujan menghindari bencana alam
Hujan menghindari bencana alam

Bencana alam yaitu satu diantara aspek yang mengakibatkan kekacauan pada kehidupan manusia. Air hujan memiliki peran yang penting untuk merawat keseimbangan alam untuk manusia. air hujan akan diserap oleh pohon dan kemudian pohon memanfaatkannya untuk proses fotosintesis.

Berikutnya pohon menjadi sumber energi yang perlu untuk manusia. Air hujan yang diserap oleh pohon juga menolong manusia dalam melindungi alam agar tidak terkena bencana alam.

12. Air Hujan Bisa Berfungsi untuk Kecantikan

Hujan baik untuk kecantikan
Hujan baik untuk kecantikan

Air hujan yang sudah lama turun memiliki beberapa kandungan zat yang amat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Beberapa tipe mineral dimiliki oleh air hujan, tidak hanya itu air hujan juga memiliki kandungan garam dan ph netral yang amat baik.

Faktor ini nyatanya membikin air hujan dapat digunakan untuk menjaga akar rambut jadi bisa menghindari masalah rambut rontok. Jadi mulai sekarang jangan takut kebasahan akibat terkena air hujan yah guys.

13. Air Hujan Mengatur Kondisi Udara untuk Manusia

Air hujan mengatur kondisi udara
Air hujan mengatur kondisi udara

Air hujan yang turun pertama kalinya umumnya tidak sedikit mengandung kotoran dari beberapa jenis zat polutan. Efeknya air hujan yang pada pertama kali turun biasanya tak jarang mengakibatkan penyakit pada manusia.

Tetapi air hujan yang sudah seringkali turun nyatanya dapat membantu manusia untuk mendapatkan udara yang lebih baik. Beberapa jenis kandungan polutan dalam udara akan dibersihkan oleh air hujan. Faktor berikut yang membikin kamu dapat menghirup udara segar seusai air hujan turun ke bumi.

14. Air Hujan sebagai Air minum

Air hujan dimanfaatkan sebagai air minum
Air hujan dimanfaatkan sebagai air minum

Pernahkah Kamu mendengar kalau air hujan dapat gunakan sebagai air minum? Secara prinsip air hujan yang turun dari atas terbukti tidak bisa dikonsumsi melalui cara langsung. Proses pemurnian air hujan saat ini sudah dikembangkan oleh beberapa ahli.

Air hujan akan ditampung dalam galon dengan kata lain penampungan khusus. Seusai itu air hujan akan diteliti untuk melihat beberapa kandungan zat yang berbahaya. Proses pemurnian akan diperbuat untuk menghapus seluruh zat yang berbahaya untuk manusia. selesai itu air hujan dapat dikonsumsi oleh manusia tanpa harus dimasak. Dengan cara ini air hujan dapat menjadi sumber air yang sehat untuk manusia.

15. Kegunaaan Air Hujan sebagai Obat

air hujan sebagai obat
air hujan sebagai obat

Analisis air hujan sebagai obat hingga saat ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Namun beberapa pihak berbicara bahwa air hujan memiliki kandungan alamiah yang dapat digunakan sebagai obat.

Salah satu dampak dari air hujan ini yaitu saat manusia terasa tenang mendengar air hujan yang jatuh ke bumi. Manusia dapat rasakan dampak kesegaran dan kehidupan alam dengan cara yang amat dekat. Pada intinya manfaat berikut kegunaaan air hujan yang dapat jadi obat ketenangan untuk manusia.

16. Air Hujan sebagai Sumber Air Bersih untuk Kehidupan Manusia

Air hujan sebagai pasokan air bersih
Air hujan sebagai pasokan air bersih

Jauh saat sebelum beberapa jenis sumber air bersih ditemukan, manusia mengunakan air hujan dengan cara memakainya langsung. Namun saat ini manusia dapat menggunakan teknologi modern untuk menampung air hujan.

Air hujan akan di bersihkan dengan beberapa kali proses. Setelah itu air hujan disimpan jangka waktu yang lama, air murni dapat menjadi sumber air bersih untuk manusia. Sehingga menciptakan inovasi baru yah guys.

17. Air Hujan sebagai Sumber Energi

Air hujan sebagai sumber energi
Air hujan sebagai sumber energi

Sempatkah Anda melihat air hujan menjadi sumber daya melalui cara langsung. Di Indonesia pemakaian air hujan sebagai sumber daya melalui cara langsung terbukti belum dilakukan.

Namun di salah satu negara bagian di Inggris, orang-orang mulai menggunakan air hujan sebagai sumber daya khususnya untuk lampu taman dan lampu dinding. Sistem ini diperbuat dengan menanam panel khusus yang menyimpan energi dari air hujan. Seusai itu air hujan akan disimpan sebagai cadangan energi. Energi yang dirubah jadi panas akan mengalirkan listrik jadi lampu dapat menyala lewat cara otomatis ketika malam hari.

18. Pemanfaatan Air Hujan untuk Penghematan

hujan dapat digunakan untuk menghemat air bersih
hujan dapat digunakan untuk menghemat air bersih

Apakah Kamu pernah memikirkan untuk menampung air hujan? Lewat cara umum air hujan terbukti amat bermanfaat untuk manusia. Namun pemakaian air hujan sebagai cara untuk menghemat pemakaian air dapat dibuktikan belum layak di terapkan di Indonesia.

Sistem penampungan air hujan yang ditanam dalam tiap rumah kenyataannya dapat digunakan untuk menghemat biaya. Pemakaian air hujan sebagai sumber air bersih dan sumber daya listrik dapat mengurangi biaya untuk pembayaran air bersih dan biaya listrik. Dengan cara umum jika cara ini diterapkan, negara juga bakal mengalami penghematan.

19. Air Hujan Membantu Pemeliharaan Kesehatan Manusia

Air hujan untuk kesehatan manusia

Air jadi satu diantara komponen penting untuk manusia. Kurang lebih melebihi dari 73 persen zat yang terkandung dalam tubuh manusia terdiri dari air. Faktor inilah yang membuat manusia mesti mengkonsumsi air alias minum air dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Air hujan dapat gunakan oleh manusia menjadi cadangan air bersih untuk diminum seusai melalui tahapan pemurnian. Cara ini akan mengurangi konsumsi air yang memiliki kandungan bahan kimia pada air minum olahan. Air minum yang di proses dari air hujan juga amat aman dan tidak memiliki kandungan besi jadi dapat membantu manusia dalam menjaga kesehatan.

20. Air Hujan Mengurangi Konsumsi Penggunaan Air Tanah

Jumlah manusia yang tinggal di bumi selalu mengalami kenaikan. Jumlah populasi manusia dan makhluk hidup lain akan selalu menambah kebutuhan air terutama sumber air yang berasal dari air tanah.

Kandungan air tanah yang terus diserap oleh manusia dari sumur dengan pengolahan air bakal membuat kandungan air tanah selalu menipis. Cara penggunaan air hujan sebagai sumber air untuk manusia akan membantu tanah dalam melakukan proses alam. Aspek ini membuat konsumsi air tanah jadi tidak berlebihan.

21. Air Hujan Menjaga Kelangsungan Kenasiban Manusia

Manfaat Air yaitu zat yang terpenting untuk manusia. air dibutuhkan oleh manusia untuk beberapa tipe keperluan baik kenasiban dengan cara langsung ataupun tak langsung. Faktor ini membuat sumber kenasiban manusia tidak sedikit dikendalikan oleh air.

Sumber air hujan yang diperoleh melalui cara alamiah bisa menambah potensi kenasiban manusia. Manusia dapat memperoleh bahan makanan dari tanaman sebab ada air hujan. Manusia juga bisa merawat kebersihan dan kesehatan sebab sumber air yang berasal dari air hujan.

22. Air Hujan Menyehatkan serta Membuat Rambut Bersinar

hujan baik untuk kesehatan rambut
hujan baik untuk kesehatan rambut

Dilansir dari Water Rhapsody, beberapa orang Barat zaman dahulu percaya kalau membasuh rambut dengan air hujan bisa membuat rambut jauh lebih sehat serta bersinar serta sains dapat menjelaskan ini.

Diambil dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini mempunyai kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, serta bebas mineral yang buruk untuk rambut. Bila difilter dengan rapi, air hujan jadi materi paling netral yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut.

23. Air hujan Mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida)

Air hujan mengandung H2O2
Air hujan mengandung H2O2

Air hujan juga mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida). H2O2 bisa dijadikan holistic healing atau “terapi pengobatan”. Ternyata sampai sekarang produk H2O2 yang ada di Indonesia masih impor. Padahal di dalam air hujan ada kandungan H2O2 ini (bersifat anorganik). Sehingga masyarakat Indonesia harusnya bisa mendapatkan hidrogen peroksida secara gratis dan tanpa harus melakukan impor.

24. Air Hujan Mengandung Unsur Nitrogen

Air hujan mengandung nitrogen
Air hujan mengandung nitrogen

Nitrogen adalah faktor utama dalam penciptaan protein penting untuk penciptaan materi genetik dalam tubuh manusia. Nitrogen diperlukan untuk seluruh bentuk kehidupan.

Meminum air hujan memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan nitrogen, mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa dan asam amino yang mempengaruhi pertumbuhan, hormon, fungsi otak serta sistem kekebalan tubuh.

25. Air Hujan Menghilangkan Bau Amis

Air hujan menghilangkan bau amis
Air hujan menghilangkan bau amis

Bila kita habis makan ikan atau daging, terkadang bau amis pada telapak tangan susah untuk hilang meskipun kita cuci tangan pakai sabun. Nah salah satu manfaat air hujan yaitu bisa menghilangkan bau amis. Coba serta buktikan basuh tangan pakai air hujan, tentu bau amis pada jari tangan kita akan hilang meskipun tanpa menggunakan sabun

26. Air Hujan Menyingkirkan Racun pada Tubuh

Air hujan menghilangkan racun pada tubuh
Air hujan menghilangkan racun pada tubuh

Larutkan garam pada air hujan segar, lantas rendamlah telapak kaki kita sepanjang kurang lebih 15 menit. Lakukan secara teratur tiap kali turun hujan. Upayakan air hujan murni yang dipakai. Maksudnya air hujan yang berasal langsung dari langit, bukan yang sudah terkena genting atau pohon.

27. Air Hujan Mampu Menghilangkan Stress

air hujan baik untuk menghilangkan stres
air hujan baik untuk menghilangkan stres

Nyatanya kegiatan hujan-hujanan bisa juga untuk terapi stress baik untuk wanita ataupun pria. Pola dasarnya yaitu pengejutan sistem syaraf yang terdapat di bawah jaringan kulit. Bila kita hujan-hujanan selama 10 menit saja, ribuan butir air hujan bakal memukul kita.

Pukulan air hujan itu bisa mengejutkan beberapa ribu sistem syaraf yang menyebar di semua tubuh. Berdiri atau duduklah di alam terbuka sembari selalu rasakan butiran-butiran air hujan menyentuh kulit, berdoalah untuk ketenangan bathin. Rasakan kesegaran jiwa ataupun raga setelah hujan-hujanan, lebih segar serta menenangkan.

LEAVE A REPLY