Inilah 31 Manfaat Buah Naga Merah

0
416
gambar via: BuahDaun.Com

Siapa yang tidak kenal buah naga? Buah yang disebut buah naga ini memang bentuknya seperti bentuk tubuh seekor naga. Buah ini juga ternyata memiliki banyak jenisnya. Selain jenisnya yang beragam, manfaat yang dihasilkan oleh buah yang berasa manis ini juga banyak.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah naga dan juga manfaat yang dihasilkannya untuk tubuh manusia. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan kulit, dan kesehatan gigi.

Jenis-jenis Buah Naga

Buah naga ini banyak sekali ragamnya, sepertiJenis pertama adalah buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus costaricensis. Buah ini adalah salah satu jenis buah naga dengan warna kulit yang berwarna merah muda serta dagingnya mempunyai warna merah sangat terang. Jenis kedua yaitu buah naga yang mempunyai nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah naga ini yaitu salah satu jenis yang mempunyai warna kulit merah muda serta dagingnya mempunyai warna merah tidak terlalu terang. jenis yang terakhir atau yang keempat yaitu buah naga dengan nama latin Selenicereus megalanthus. Buah ini merupakan salah satu jenis buah naga yang mempunyai warna kulit dengan warna kuning serta daging mempunyai warna putih. gambar via: Khasiat.co.id

Jenis pertama adalah buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus costaricensis. Buah ini adalah salah satu jenis buah naga dengan warna kulit yang berwarna merah muda serta dagingnya mempunyai warna merah sangat terang.

Jenis kedua yaitu buah naga yang mempunyai nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah naga ini yaitu salah satu jenis yang mempunyai warna kulit merah muda serta dagingnya mempunyai warna merah tidak terlalu terang.

Jenis yang ketiga yaitu buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus undatus. Buah ini adalah salah satu jenis buah naga yang warna kulitnya mempunyai warna merah akan tetapi warna dagingnya putih.

Jenis yang terakhir atau yang keempat yaitu buah naga dengan nama latin Selenicereus megalanthus. Buah ini merupakan salah satu jenis buah naga yang mempunyai warna kulit dengan warna kuning serta daging mempunyai warna putih.

Khasiat Buah Naga Merah

Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, serta dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning. Keempat jenis buah naga ini pada dasarnya sama-sama mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja di antara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya. Seperti Penyakit kanker termasuk juga penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Pepatah menyampaikan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Nah, Anda dapat berusaha mencegah kanker salah satunya dengan cara rutin mengkonsumsi buah naga merah ini. gambar via: BuahDaun.Com

Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, serta dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning. Keempat jenis buah naga ini pada dasarnya sama-sama mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja di antara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya. Lalu apa sajakah khasiat serta manfaat buah naga merah ini?

1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker termasuk juga penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Pepatah menyampaikan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Nah, Anda dapat berusaha mencegah kanker salah satunya dengan cara rutin mengkonsumsi buah naga merah ini. Buah ini sangat kaya vitamin C yang merupakan salah satu anti-oksidan utama, yang dapat mencegah rusaknya sel atau DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga bisa memenuhi 20% keperluan vitamin C harian, meskipun sebenarnya satu buah naga umumnya mempunyai berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

2. Bagus untuk Jantung

Manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Buah naga memiliki khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat serta menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Sebagai informasi, zat Phytochemical Captin umumnya digunakan untuk pengobatan masalah jantung, serta pada buah ini Anda dapat memperolehnya secara alami. Bila Anda memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi maupun permasalahan jantung, cobalah untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur.

3. Mencegah serta Mengatasi Diabetes

Walau buah naga merah mengandung gula, tetapi karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi hingga tetap berguna untuk mencegah serta mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk memperlancar pencernaan, walau sebenarnya ada manfaat penting yang lain sebagai pengatur serta mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga bisa membantu mencegah serta mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 serta 2, yang disebut tipe diabetes yang seringkali terjadi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Buah ini memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya memenuhi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah, dibanding dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Tetapi buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah lumayan. Perlu diingat kalau zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga ada 8% kebutuhan harian zat besi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga cukup efektif untuk melindungi kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang terdapat dalam buah naga merah ini sangat berguna untuk mata. Oleh karenanya buah naga dapat Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata jika Anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber beta-karoten yang lain. Anda dapat mengkonsumsi buah naga dengan cara langsung atau dengan diolah terlebih dulu menjadi jus buah.

6. Untuk Diet

Untuk Anda yang sedang atau berencana untuk melakukan program diet, buah naga merah ternyata termasuk juga buah yang bagus untuk diet, cocok untuk program menurunkan berat badan. Buah ini kaya nutrisi yang bisa membantu memenuhi asupan gizi harian Anda selama diet. Lalu buah ini sangat sedikit kandungan kalorinya, hanya sekitaran 10% kandungan buah ini yang merupakan karbohidrat. Untuk setiap 100 gram, buah ini hanya memenuhi keperluan karbohidrat harian sebanyak 3%.

Hal selanjutnya yang bisa membantu program diet menurunkan berat badan yaitu kandungan serat pada buah ini. Serat dapat membantu memperlancar pencernaan, membantu penyerapan nutrisi makanan dengan lebih maksimal. Ketika diet, Anda dapat mengkonsumsi lebih sedikit makanan, tetapi tentu saja tetap utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Disini lah pentingnya sistem pencernaan yang bisa bekerja secara lancar.

7. Membantu Penyembuhan Batuk serta Asma

Batuk memang terlihat sepele untuk beberapa orang, tetapi untuk sebagian orang batuk bisa mengakibatkan sesak nafas yang sangat berat. Terutama untuk para penderita asma. Ternyata buah naga bisa membantu penyembuhan batuk serta asma yang sering mengganggu pernapasan dengan meringankan efek dari batuk serta asma itu. Oleh karenanya, penderita asma sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

8. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Buah naga sangat ampuh menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh karena memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

9. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

Sel darah merah (hemoglobin) sangat diperlukan dalam tubuh. Pembentukannya bisa dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga mempunyai kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi buah naga bisa membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

10. Berguna untuk Kesehatan Usus

Saat mengkonsumsi banyak makanan, kerja usus juga akan makin berat. Untuk memperingan kerja usus, diperlukan bantuan serat. Serat yang tinggi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah naga. Oleh karenanya, buah naga sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus.

11. Membantu Pembentukan Trombin serta Protrombin

Buah naga memiliki kandungan fosfor serta kalsium yang sangat tinggi. Fosfor serta kalsium ini mempunyai manfaat yang sangat besar dalam tubuh manusia. Salah satunya manfaatnya yaitu sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin serta protombin dalam darah.

12. Membantu Pembentukan Otot

Protein pada buah naga sangat berguna untuk membantu pembentukan otot untuk Anda, terutama pria yang suka olahraga. Dibanding meminum minuman perangsang pembentukan protein, lebih baik Anda mengkonsumsi buah naga yang lebih aman untuk membantu pembentukan otot anda.

13. Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk

Satu lagi manfaat dari protein dalam buah naga yaitu menetralkan sebagian racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya serta bisa mengancam kesehatan tubuh. Oleh karenanya, mengkonsumsi buah naga sangat disarankan karena bisa meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

14. Menjadi Penambah Tenaga

Buah naga mempunyai kandungan vitamin B1 atau thiamine yang cukup banyak. Vitamin ini sangat berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengkonsumsi buah naga akan mempunyai energi atau tenaga yang lebih banyak.

15. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit anda sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara yang kita hadapi makanlah makanan berantioksidan tinggi. Buah naga adalah buah dengan anti-oksidan yang tinggi serta pastinya bisa mencegah penuaan dini.

16. Berguna untuk Memperpanjang Usia

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi serta pastinya sangat berguna untuk tubuh manusia. Menurut riset, orang yang mengkonsumsi makanan mengandung serat dengan cara teratur bisa mempunyai umur panjang lebih 9 tahun dari orang yang lain.

17. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sekali lagi anti-oksidan dalam buah naga sangat tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah naga bisa mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh.

18. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang dikarenakan oleh penyumbatan arteri. Fungsi buah naga salah satunya adalah untuk memperlancar aliran darah sehingga tekanan diri juga bisa dicegah. Oleh karenanya, penderita penyakit darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

19. Bermanfaat untuk Mencegah Kelumpuhan Otot

Otot tubuh manusia sangat dipengaruhi kerjanya oleh protein. Sehingga untuk melindungi otot tetap sehat serta tak terjadi kelumpuhan, diperlukan makanan dengan kandungan protein yang cukup. Buah naga bisa berguna untuk mencegah kelumpuhan otot dengan kandungan protein.

20. Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi dapat diperoleh dengan kecukupan kalsium serta zat besi dalam tubuh. Buah naga mempunyai kandungan kalsium serta zat besi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karenanya, konsumsilah buah naga untuk memperoleh serta menjaga kesehatan gigi anda.

21. Menghilangkan Jerawat

Salah satu kandungan buah naga yang paling dominan yaitu vitamin. Vitamin itu berguna untuk kesehatan kulit. Salah satunya untuk menyingkirkan jerawat pada kulit wajah. Sehingga untuk anda yang mempunyai masalah jerawat, silakan pakai masker dari buah naga untuk menyingkirkan jerawat.

22. Membantu Pencernaan Bayi

Buah naga sangat berguna untuk manusia setiap umur. Bahkan juga untuk bayi, buah naga bisa membantu sistem pencernaan. Bayi seringkali mengalami permasalahan pencernaan. Jadi sekarang ini anda bisa mudah mengatasinya dengan memakai buah naga.

23. Berguna untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit memerlukan vitamin yang tinggi sebagai nutrisi serta makanan untuk membuatnya tetap sehat serta tak kering. Buah naga mempunyai vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu buah naga juga dilengkapi anti-oksidan, sehingga mengkonsumsi buah naga sangat berguna untuk melindungi kelembaban kulit.

24. Menjaga Kesehatan serta Membantu Kerja Syaraf

Fosfor serta kalsium pada buah naga berperan untuk membantu kerja syaraf. Terutama pada sistem syaraf, dimana mengkonsumsi buah naga bisa membuat fosfor serta kalsium sebagai transimi syaraf. Oleh karenanya, konsumsilah buah naga untuk melindungi kesehatam serta membantu kerja syaraf.

25. Mencegah Peradangan

Peradangan bisa terjadi di beberapa organ tubuh. Kandungan vitamin, serat, serta mineral pada buah naga bisa mencegah peradangan itu berlangsung. Sehingga konsumsilah buah naga untuk menghadapi peradangan.

26. Mengobati Sakit Tenggorokan

Vitamin C pada buah naga sangat berguna untuk mengatasi serta menyembuhkan sakit pada tenggorokkan. Makanlah buah naga dengan cara berkala, untuk mengembalikan keadaan kesehatan tenggorokkan anda.

27. Menyembuhkan Sariawan

Satu lagi manfaat vitamin C pada buah naga. Pasti telah banyak dari kita yang tahu kalau sariawan bisa disembuhkan dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Sehingga mengkonsumsi buah naga bisa menghilangkan sariawan pada mulut anda.

28. Berguna untuk Ibu Menyusui

Buah naga ternyata dapat meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Sehingga ibu menyusui dapat memperoleh manfaat bila mengkonsumsi buah naga.

29. Mengurangi Kram pada Tubuh

Seperti yang sudah diketahui terlebih dulu, kandungan kalsium, fosfor, serta zat besi. Kandungan zat-zat mineral berikut ini sangat berguna untuk mengurangi kram pada tubuh. Oleh karenanya, makanlah buah naga bila anda sering mengalami kram kram.

30. Menjadi Pewarna Makanan Alami

Buah naga yang berwarna merah memiliki kandungan senyawa betalain. Senyawa itu bisa digunakan untuk menjadi pewarna alami untuk makanan. Warnanya lebih indah dari pewarna buatan serta pastinya lebih aman dipakai.

31. Meningkatkan Nafsu Makan

Anak-anak yang susah makan, sering jadi pikiran orangtua. Berikan buah naga pada anak-anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Buah naga dapat memberi asupan vitamin B2 serta B1 yang akan merangsang anak-anak untuk makan lebih banyak.

Itulah 31 manfaat dari buah naga merah untuk tubuh manusia. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulit manusia. Maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah manis satu ini di setiap keseharian kita.

Baca juga: 8 Manfaat Dan Tata Cara Shalat Dhuha

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY