22 Manfaat Cokelat yang Wajib Kamu Ketahui

0
Manfaat cokelat bisa menghilangkan rasa lelah

Manfaat coklat bagi kesehatan manusia cukup berlimpah. Cokelat tidak hanya disukai karena rasanya yang manis dan melezatkan. Coklat memiliki kandungan yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan didalam cokelat memiliki banyak manfaat yang menyehatkan.

Coklat pada awalnya bukan menjadi sebuah makanan, melainkan sebuah minuman. Dari dahulu kala, cokelat memang sudah dikonsumsi oleh masyarakat Amerika Selatan. Cokelat pun pertama kali dibudidayakan di wilayah ini. Saat itu coklat dianggap sebagai barang yang cukup mewah. Dimana coklat sellau menjadi alat barter penduduk Amerika Latin.

Namun coklat sebenarnya sudah lama di konsumsi oleh penduduk suku Maya. Mereka sudah mengkonsumsi coklat sejak tahun 400 sebelum masehi.

Oleh suku maya cokelat dikenal sebagai ‘Kakawa’ dan buahnya dikonsumsi sebagai minuman yang dikenal sebagai ‘Xocolati’ yang memiliki arti minuman pahit. Sejak dahulu memang tidak diketahui untuk apa suku Maya mengkonsumsi cokelat. Karena mereka hampir setiap hari diharuskan untuk meminum coklat.

Cokelat juga dianggap sebagai minuman para bangsawan, bahkan sejak dulu cokelat juga sudah sering digunakan sebagai hadiah.

Wah ternyata sejak dahulu cokelat sudah sering dikonsumsi yah guys. Apa lagi saat ini, kamu selalu berharap untuk diberikan cokelat oleh gebetan atau pacarmu kan? Cokelat memang sangat melezatkan yah guys. Kalau kamu pernah makan buahnya juga itu cukup lezat lho.

Cokelat memiliki berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga itu yang membuat cokelat sangat baik untuk kamu konsumsi. Cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan alkanoid.

Manfaat Cokelat yang Luar Biasa Bagi Manusia

1. Manfaat Coklat Memiliki kandungan Anti-oksidan yang tinggi

Manfaat Cokelat Sebagai Antioksidan
Manfaat Cokelat Sebagai Antioksidan

Benar sekali tidak hanya rasanya yang enak nyatanya coklat memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi. Kandungan coklat yakni flavanols, semacam flavanoid yang ada pada coklat adalah anti-oksidan yang baik untuk tubuh. Flavanoid yaitu senyawa yang terbentuk secara alamiah pada makanan nabati serta bertindak sebagai anti-oksidan serta membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

2. Manfaat Coklat Menghindari serta Melawan Kanker

Cokelat Bermanfaat untuk Mencegah Kanker
Cokelat Bermanfaat untuk Mencegah Kanker

Kanker saat ini menjadi penyakit yang cukup berbahay di dunia. Tetapi sebenarnya sudah cukup banyak obat yang tersedia di alam sebagai obat anti kanker. Seperti halnya cokelat yang bisa menghindari dan mencegah sel penyebab kanker.

Coklat bisa pula melawan dan menghindari kanker seperti buah anggur merah, bawang putih, blueberry serta teh. Bagaimana coklat bisa melawan serta menghindari kanker. Dari riset itu coklat bisa menghalangi pemisahan sel kanker serta mengurangi peradangan.

3. Manfaat Coklat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Cokelat bisa menuruni tekanan darah
Cokelat bisa menuruni tekanan darah

Kalau kamu memiliki sikap darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi cokelat untuk menurukan tekanan darah kamu. Karena cokelat dikenal cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Coklat adalah zat yang memiliki kandungan senyawa yang berfungsi untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang. Dengan konsumsi coklat perasaan seorang dapat menjadi lebih rileks, oleh karenanya dengan konsumsi coklat dapat menurunkan tekanan darah. Dark chocolate sudah ditunjukkan dalam studi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Serta makan coklat hitam secara teratur sudah dapat dibuktikan menurunkan kolesterol LDL sejumlah 10 %.

4. Manfaat Coklat Bikin Panjang Umur

Cokelat Bisa Membuat Panjang umur
Cokelat Bisa Membuat Panjang umur

Coklat juga memiliki kandungan zat yang dapat memperlambat penuaan yang berarti menjadikan kita panjang umur. Mengkonsumsi coklat secara teratur bisa mengurangi keriput serta melindungi kulit dari terbakar cahaya matahari.

Tidak cuma itu hasil riset yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria diatas 20 tahun, mendapatkan kalau beberapa pria yang mengonsumsi beberapa besar coklat, baik itu berbentuk cokelat susu serta dark chocolate, hidup lebih lama serta sudah menurunkan tingkat penyakit keseluruhnya dari pada pria yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak sekalipun.

Jadi kalau kamu mau memiliki umur panjang, sering-sering deh beli dan makan cokelat. Jangan cuma beli cokelat buat dikasih ke orang. Coba kamu konsumsi cokelat itu sendiri biar merasakan manfaat coklat yang luar biasa.

5. Manfaat Coklat Tingkatkan Gairah/libido

Manfaat Cokelat yang bisa meningkatkan gairah seksual

Coklat juga merupakan afrodisiak, yakni sebagai peningkat libido seseorang. Menurut riset, wanita penggemar coklat mempunyai gairah seksual lebih tinggi daripada wanita yang tidak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkap, konsumsi sebatang coklat saat sebelum bercinta bisa memberi rasa santai serta kenikmatan dalam kegiatan seksual seorang.

Tapi itu untuk kamu yang sudah menikah yah guys. Kalo kamu belum menikah jangan sampai kamu makan cokelat untuk meningkatkan gairah. Masih banyak manfaat cokelat yang lain. Sehingga kamu bisa memanfaatkan cokelat untuk itu.

6. Manfaat Coklat Bisa Menyingkirkan Stress

Manfaat coklat untuk menurunkan stress
Manfaat coklat untuk menurunkan stress

Kamu sedang merasakan stres akibat tugas kuliah ataupun pekerjaan di kantor? Ada baiknya jika hal itu sedang kamu alami, kamu harus mengkonsumsi cokelat. Cokelat bisa menyingkirkan stress yang ada dalam diri. Dengan begitu kamu bisa merasakan perasaan yang lebih bahagia setelah mengkonsumsi cokelat.

Cokelat juga memiliki kandungan molekul psikoaktif yang pastinya bikin pengkonsumsi cokelat terasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine serta phenylethylalanine diakui bisa memperbaiki mood, kurangi kelelahan hingga dapat difungsikan sebagai obat anti-depresi.

7. Manfaat Coklat Bisa Menghindari Rusaknya Gigi

Manfaat cokelat untuk mencegah kerusakan gigi

Kalau orang tua sering melarang anaknya untuk mengkonsumsi cokelat. Karena cokelat dianggap sebagai perusak gigi. Padahal itu salah besar, cokelat adalah obat yang baik untuk menghindari kerusakan gigi.

Banyak orang yang berpikiran kalau dengan mekakan coklat itu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Sesungguhnya yang bikin rusaknya pada gigi bukanlah coklatnya namun gula yang ada pada penganan coklat.

Jadi tidak masalah jika kamu konsumsi coklat asalkan disiplin gosok gigi. Hasil riset sudah menemukan kalau dalam cokelat ada zat theobromine yang dapat menghindari rusaknya gigi dengan menyingkirkan streptokokus mutans, yakni bakteri yang memberi peran pada rusaknya gigi pada rongga mulut. Jadi kata siapa coklat beresiko? malah khasiat coklat untuk kesehatan gigi itu bagus ya.

Bilamana gigi rusak akibat sering mengkonsumsi cokelat. Mungkin itu karena cokelat yang dikonsumsi bukanlah cokelat yang dibuat dari bahan alami. Melainkan itu terbuat dari bahan yang sudah dicampurkan oleh gula yang berlebihan.

8. Manfaat Cokelat untuk Tingkatkan Produksi Hormon Insulin

Manfaat cokelat untuk meningkatkan hormon insulin
Manfaat cokelat untuk meningkatkan hormon insulin

Hormon insulin adalah hormon yang di hasilkan atau di buat dari pankeras, hormone insulin ini berperan melindungi kandungan gula darah tubuh tetap seimbang supaya tidak terlampau tinggi ataupun rendah, hingga membantu menghindari terkenanya kemungkinan diabetes. Hal semacam ini di tunjukkan oleh beberapa peneliti di Italia yang melakukan percobaan mengonsumsi 3 ons coklat yang tidak memiliki kandungan phytochemical dapat dibuktikan tingkatkan hormone insulin pada tubuh.

9. Manfaat Cokelat untuk Tingkatkan Aliran Darah

Cokelat untuk meningkatkan aliran darah
Cokelat untuk meningkatkan aliran darah

Aliran darah yang lancar memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Banyak orang yang ingin mendapatkan aliran darah yang bisa memperlancar darah. Cokelat sangat efektif untuk meningkatkan aliran darah.

Senyawa Flavonoid yang terdapat dalam coklat sangat berfungsi penting untuk melindungi peredaran darah atau aliran darah pada tubuh kita, senyawa ini dapat memperlebar pembuluh darah pada otak. Oleh karenanya mengonsumsi coklat secara teratur dapat membantu menaikkan aliran darah hingga bebas dari berbagai masalah penyakit dikarenakan peredaran darah yang tidak lancar.

10. Manfaat Cokelat Bisa Menangani Sindrom Kelelahan Kronis

Manfaat cokelat bisa menghilangkan rasa lelah
Manfaat cokelat bisa menghilangkan rasa lelah

Sindrom kelehan kronis adalah penyakit yang menyebabkan si penderita kerap sekali merasa lelah dan nyeri otot serta sulit sekali berkonsentrasi hingga menggangu kegiatan sehari–hari. Coklat dapat di jadikan pilihan untuk menangani bentuk penyakit ini lantaran menurut penelitian oleh beberapa peneliti di Inggris yakin kalau coklat dapat meningkatkan tindakan neurotransmitter, serotonin yang bantu mengatur situasi hati serta tidur.

Buat kamu yang sering merasa lelah, maka kamu wajib untuk lebih sering dalam mengkonsumsi cokelat. Karena manfaat cokelat sangat baik untuk tubuh. Agar tubuh bisa lebih sehat dan badan merasa selalu lebih fit, ada baiknya kamu sering mengkonsumsi cokelat.

11. Manfaat Cokelat Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Cokelat bisa menurunkan kadar kolesterol

Khasiat dari teratur mengonsumsi coklat dapat juga di menjadikan jalan keluar untuk orang yang mengidap penyakit kolesterol. Dikarenakan dengan mengkonsumsi coklat dapat membantu proses pengobatan kolesterol di dikarenakan biji dari pohon coklat ini mempunyai kandungan lemak tidak jenuh atau lemak baik dalam tubuh.

12. Manfaat Cokelat untuk Menghindari Kemungkinan Terserang Serangan Jantung

Manfaat cokelat untuk menghindari serangan jantung
Manfaat cokelat untuk menghindari serangan jantung

Coklat dapat juga bantu menurukan resiko terkena serangan jantung dengan catatan tidak berlebihan saat mengkonsumsinya. John Hopkins seseorang peneliti yang melakukan riset serta menunjukkan kalau coklat hitam dapat membantu mengurangi resiko terserang serangan jantung sejumlah 50% di karenakan pembekuan trombosit akan melambat bila tubuh mengonsumsi coklat hitam secara teratur. Lantaran satu diantara penyebabnya terjadinya serangan jantung yaitu ada pembekuan darah dengan cepat didalam tubuh.

13. Manfaat Cokelat Sebagai Obat Anti Stres serta Depresi

Manfaat cokelat untuk obat anti stress dan depresi
Manfaat cokelat untuk obat anti stress dan depresi

Tidak cuma bualan belaka bila coklat dapat kurangi stress maupun depresi lantaran kandungan yang ada pada coklat seperti serotonin berperan sebagai obat anti depresan yang alami mengonsumsi coklat dapat bikin emosi seorang jadi terkontrol sehinga mengurangi resiko stres serta depresi.

14. Manfaat Cokelat Bisa Mengatasi Diare

Cokelat bisa menyembuhkan diare
Cokelat bisa menyembuhkan diare

Diare memanglah umum dihadapi lantaran keadaan kesehatan pencernaan pada tubuh terganggu penyakit ini dapat menyerang orang dewasa ataupun anak – anak kamu dapat juga membaca langkah atau pertolongan pertama menangani diare pada anak. Sangat banyak obat – obatan alami untuk menangani diare satu diantaranya coklat, karena kandungan flavonoid yang pada coklat dapat bantu mengikat protein hingga dapat bantu proses penyembuhan.

15. Manfaat Cokelat Membantu Meningkatkan Daya Kerja Otak

Manfaat cokelat untuk meningkatkan kerja otak
Manfaat cokelat untuk meningkatkan kerja otak

Bila pekerjaan kamu dituntut terus-terusan untuk memeras otak hingga seringkali otak akan kelehan serta menurunya intelijen karena otak sudah kelelahan. Meminum atau mengonsumsi coklat dapat di jadikan pilihan sebagi camilan atau minuman di selang jam kerja anda untuk bantu tingkatkan kerja otak yang sebelumnya kelelahan, karena coklat juga salah satu makanan yang diperlukan untuk memberikan nutrisi otak.

16. Manfaat Coklat dapat Menurunkan berat Badan

Manfaat cokelat untuk obat diet
Manfaat cokelat untuk obat diet

Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk melindungi berat tubuh, mengonsumsi coklat terkadang menjadi ketakutan sendiri untuk orang yang tengah melakukan program diet. Mungkin mereka berpikir bahwa cokelat memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, sehingga bukan menurunkan berat badan, tetapi malah menambah.

Pada riset yang dikerjakan oleh University of Copenhagen ini membuahkan penemuan kalau coklat hitam memberi perasaan yang lebih kenyang seperti khasiat jambu biji serta manfaat apel, dari pada coklat putih. Ini berarti cukup efektif untuk bantu menurunkan berat tubuh.

Kalau kamu memang sedang dalam menjalani program diet ada baiknya kamu memasukan coklat sebagai daftar makanan mu untuk diet. Sehingga membuat kamu lebih rileks dan lebih merasa baik dalam program diet.

Manfaat Coklat Berguna juga Untuk ibu Hamil

Manfaat Cokelat bagi ibu hamil
Manfaat Cokelat bagi ibu hamil

17. Manfaat Cokelat untuk Menghindari Pre Eklampsia

Pre-eklampsia yaitu salah satu pemicu persalinan prematur serta ditandai oleh tekanan serta protein tingkat darah tinggi dalam urin Anda sepanjang kehamilan. Saat tekanan darah bertambah, itu mengarah ke kejang serta juga dapat mengakibatkan pembekuan darah serta rusaknya hati.

Nah, kandungan zat theobromine pada cokelat dapat menghindari hal tersebut, seperti yang dapat dikatakan dalam laporan Annals of Epidemiology.

18. Manfaat Cokelat Bisa Memberi Dampak Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan selama kehamilan bakal membuat ibu hamil jadi tidak nyaman. Beraneka bentuk masalah yang berhubungan dengan masalah kehamilan, dapat membuat ibu hamil rawan pada stres. Perihal ini pula yang membuat ibu hamil tidak bahagia serta membuat janin juga alami perasaan yang sama.

Mengonsumsi coklat beberapa gram selama sehari ternyata dapat dibuktikan menurunkan resiko stres pada janin serta ibu hamil. Keadaan ini pernah di teliti oleh tim penelitian dari majalah kesehatan ibu hamil di Finlandia.

19. Manfaat Coklat Bisa Meningkatkan Respon Bayi

Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan ternyata memberi efek yang amat baik pada respon bayi saat sudah lahir maupun dalam pertumbuhan. Bayi bakal jadi lebih santai serta tenang hingga mempunyai tanggapan yang amat baik pada orang tua serta beragam keadaan lingkungan. Hal semacam ini disebabkan coklat memiliki kandungan phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.

Manfaat Cokelat Cukup Baik Untuk Kulit

Manfaat Cokelat untuk kecantikan
Manfaat Cokelat untuk kecantikan

20. Manfaat Coklat untuk Melembabkan kulit

kalsium, Zat besi, serta vitamin A, C, B1, D, serta E yaitu kandungan nutrisi yang dapat ditemukan dalam cokelat hitam. Jika secara rutin memanfaatkan masker cokelat hitam nutrisi pada coklat dapat melindungi kulit lebih lembap serta mengangkat beberapa sel kulit mati. Lantaran vitamin E memiliki manfaat sangat perlu untuk kesehatan kulit, yakni dengan merawat, memberi kelembaban serta elastisitas kulit, menghalangi proses penuaan dini, dan mempersingkat proses penyembuhan luka.

21. Manfaat Cokelat Melindungi Sinar UV matahari

Kandungan flavonoid pada cokelat hitam sudah dapat dibuktikan mengobati kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari. Tidak hanya di buat masker, cokelat hitam juga memberi manfaat yang sama ketika di nikmati. Vitamin E pada coklat membuat perlindungan kulit dari rusaknya akibat radiasi sinar ultraviolet.

22. Manfaat Coklat untuk Keriput serta Garis Halus Pada Kulit

Kenikmatan yang dirasa saat makan cokelat hitam jelas mengakibatkan rasa tenang kepada seseorang. Hormon cortisol pemicu stres juga turut berkurang, hingga menghalangi rusaknya kolagen serta melindungi kecantikan serta keindahan kulit. Kulit akan terlepas dari keriput serta garis halus. Karena dengan konsumsi vitamin A yang ada pada coklat bisa menurunkan kemungkinan perkembangan sel kanker, menghalangi rusaknya materi genetik serta yang tidak kalah penting khususnya kaum hawa bisa menghindari proses penuaan dini pada kulit.

Cara Memilih Cokelat yang Baik

1. Pilih bittersweet chocolate atau semi-sweet chocolate yang mengandung kandungan minimum 70% cokelat murni (kakao). Makin tinggi kandungan kakao memiliki arti makin banyak kandungan flavonoid. Jauhi sweet, milk, serta white chocolate lantaran kandungan kakao serta flavonoid-nya rendah atau tidak ada sekalipun.

2. Pastikan Dark Chocolate karena sudah bisa di buktikan memiliki kandungan semakin banyak anti-oksidan di setiap gramnya. Dark chocolate dengan kualitas tinggi biasanya punya kandungan tiga atau empat komposisi bahan. Komponen bahan paling utama yaitu cocoa mass, lemak kakao, serta gula. Hindari cokelat yang memiliki kandungan minyak sayur atau minyak terhidrogenasi dalam komposisi lemak.

3. Tentukan cokelat tanpa gula tambahan. Tetapi bila Anda kurang menyukai, pilih cokelat sedikit manis dengan sedikit gula tambahan. Bittersweet chocolate atau semi-sweet chocolate memiliki kandungan gula tambahan terendah tetapi tetap dengan rasa yang enak.

4. Cocoa butter yaitu lemak baik dalam cokelat. Ia mempunyai kandungan asam stearat yang bermanfaat untuk jantung sehat. Jauhi cokelat palsu dengan produk yang memiliki label atau nama “chocolaty, ” yang disebut arti untuk cokelat palsu. Serta jauhilah beberapa produk yang mempunyai kata “partially hydrogenated” pada daftar komposisinya. Lantaran lemak itu kerap dihubungkan dengan penyakit jantung.

5. Memadukan cokelat dengan buah kaya serat seperti cranberry, kacang serta kismis bakal memberi manfaat coklat. Serat yang didapat dari buah serta kacang-kacangan semakin lebih cepat diolah serta diserap oleh usus. Upayakanlah mengonsumsi cokelat berbarengan dengan buah atau kacang seperti almond, mete serta picthacio.

Ada banyak sekali khasiat dari coklat untuk kebutuhan kesehatan tubuh kita seperti melindungi kesehatan mata, anti kangker, membantu mengurangi berat tubuh serta ada banyak yang lainnya. Demikianlah mengenai manfaat coklat untuk tubuh, semoga dapat memberi wawasan anda mengenai makanan yang sehat untuk tubuh.

Jenis Coklat yang Ada Di Dunia

Dark Chocolate
Dark Chocolate mempunyai kandungan biji coklat (kakao) yang tertinggi yakni paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula serta tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).

White Chocolate
Sedangkan white chocolate cuma memiliki 33% kandungan coklat atau kakao, sisanya yaitu gula, susu serta vanila. Kandungan gula berikut yang dapat memberikan dampak negatif, seperti rusaknya gigi serta penyakit diabetes.

Milk Chocolate atau Coklat Susu
Milk chocolate atau coklat susu adalah campuran kakao dengan susu serta ditambah gula. Coklat bentuk ini dapat sangat digemari lantaran rasanya yang nikmat.

LEAVE A REPLY