Manfaat Dan Langkah Merawat Ikan Oscar

0
gambar via: Wikipedia

Ikan Oscar, pasti sudah banyak dari Anda yang cukup familiar dengan diantara jenis ikan hias ini kan? Ya, ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan yang dikenal langka serta mahal, dan cukup sering dipelihara sebagai salah satu jenis ikan hias yang sangat menarik. Ikan Oscar ini mempunyai corak warna yang unik. Umumnya, ikan Oscar memilki warna dasar hitam dengan tambahan corak di bagian tubuhnya berwarna kuning, merah serta oranye. Selain mempunyai warna dasar hitam, ikan Oscar juga memilki spesies Oscar albino, dengan warna dasar kulitnya yang berwarna putih.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai ikan oscar, mulai dari asal mulanya, jenis, dan juga manfaat memelihara ikan oscar.

Asal Mula Ikan Oscar

Ikan Oscar bisa tumbuh sampai mencapai ukuran 35 cm. Namun, umumnya dari beberapa jenis ikan Oscar ukurannya hanya mencapai 30 cm saja. Ikan Oscar juga ternyata bisa dilatih, saat telah terlatih dengan baik, ikan Oscar bisa melompat keluar dari permukaan air sampai ketinggian 15 cm. Dari segi penyebarannya, walau cukup terkenal di Indonesia, ikan Oscar bukanlah merupakan salah satu jenis ikan yang berasal asli dari Indonesia. Ikan Oscar adalah jenis spesies dari ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan, terutama dari sungai Amazon. Ikan Oscar mempunyai nama latin yang umum dikenal dengan nama genus Astronotus, yang terbagi dalam banyak sekali spesiesnya. gambar via: Oscarfishlover.com

Ikan Oscar bisa tumbuh sampai mencapai ukuran 35 cm. Namun, umumnya dari beberapa jenis ikan Oscar ukurannya hanya mencapai 30 cm saja. Ikan Oscar juga ternyata bisa dilatih, saat telah terlatih dengan baik, ikan Oscar bisa melompat keluar dari permukaan air sampai ketinggian 15 cm.

Dari segi penyebarannya, walau cukup terkenal di Indonesia, ikan Oscar bukanlah merupakan salah satu jenis ikan yang berasal asli dari Indonesia. Ikan Oscar adalah jenis spesies dari ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan, terutama dari sungai Amazon. Ikan Oscar mempunyai nama latin yang umum dikenal dengan nama genus Astronotus, yang terbagi dalam banyak sekali spesiesnya. Walau datang dari sungai amazon, tetapi diketahui, jenis ikan ini adalah jenis ikan yang bisa menoleransi berbagai jenis air.

Mengenal Jenis Ikan Oscar

Ikan oscar mempunyai beberapa jenis, jenis- jenis ikan Oscar diperoleh dari hasil persilangan dari beberapa varian, seperti lemon oscar, lutino oscar, Yello oscar serta banyak varian yang lain. Namun dari sekian banyak jenis ikan oscar, ada yang paling utama sebagai pilihan untuk dipelihara oleh para penggemarnya. Jenis ikan Oscar yang paling banyak dipelihara ada 3 jenis yaitu ikan oscar red, ikan oscar albino, dan ikan oscar tiger.  gambar via: Jurnal Aquascape

Ikan oscar mempunyai beberapa jenis, jenis- jenis ikan Oscar diperoleh dari hasil persilangan dari beberapa varian, seperti lemon oscar, lutino oscar, Yello oscar serta banyak varian yang lain. Namun dari sekian banyak jenis ikan oscar, ada yang paling utama sebagai pilihan untuk dipelihara oleh para penggemarnya. Jenis ikan Oscar yang paling banyak dipelihara ada 3 style, yaitu:

Ikan Oscar Red

Jenis ikan Oscar yang pertama ini bernama ikan oscar red. Jenis ikan Oscar ini adalah salah satu yang paling populer serta sering diperjual belikan di pasar ikan hias biasanya. Jenis ikan Oscar ini sering ditemui dengan warna merah yang mempunyai daya tarik yang luar biasa. Sebab itulah jenis ikan Oscar ini disebut dengan ikan oscar red. gambar via: Mancing Alam

Jenis ikan Oscar yang pertama ini bernama ikan oscar red. Jenis ikan Oscar ini adalah salah satu yang paling populer serta sering diperjual belikan di pasar ikan hias biasanya. Jenis ikan Oscar ini sering ditemui dengan warna merah yang mempunyai daya tarik yang luar biasa. Sebab itulah jenis ikan Oscar ini disebut dengan ikan oscar red.

Ikan Oscar Albino

Setelah itu style ikan Oscar yang kedua ini yaitu ikan oscar Albino. Jenis ikan Oscar ini mempunyai ciri khusus yaitu dengan sisik putih yang mengkilap serta tampilan warna beludru yang indah. Umumnya jenis ikan Oscar ini bewarna dasar putih, namun seringkali jenis ikan Oscar ini dapat ditemukan dengan kombinasi warna merah serta oranye. gambar via: Pinterest

Setelah itu style ikan Oscar yang kedua ini yaitu ikan oscar Albino. Jenis ikan Oscar ini mempunyai ciri khusus yaitu dengan sisik putih yang mengkilap serta tampilan warna beludru yang indah. Umumnya jenis ikan Oscar ini bewarna dasar putih, namun seringkali jenis ikan Oscar ini dapat ditemukan dengan kombinasi warna merah serta oranye.

Ikan Oscar Tiger

Jenis ikan Oscar yang terakhir yang banyak dicari orang ini yaitu ikan oscar tiger. Jenis ikan Oscar ini memiliki warna merah, oranye dengan dasar abu-abu atau coklat. Jenis ikan Oscar ini berkembang biak dengan cara murni serta sangat baik bila dipelihara. Karena jenis ikan Oscar ini mempunyai karakteristik oscar alami. Karena itu, jenis ikan oscar tiger dianggap sebagai ikan oscar asli. gambar via: Mancing Alam

Jenis ikan Oscar yang terakhir yang banyak dicari orang ini yaitu ikan oscar tiger. Jenis ikan Oscar ini memiliki warna merah, oranye dengan dasar abu-abu atau coklat. Jenis ikan Oscar ini berkembang biak dengan cara murni serta sangat baik bila dipelihara. Karena jenis ikan Oscar ini mempunyai karakteristik oscar alami. Karena itu, jenis ikan oscar tiger dianggap sebagai ikan oscar asli.

Harga Ikan Oscar

Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ikan Oscar, Anda dapat membelinya dengan harga yang sangat beragam, tergantung dari jenis serta ukuran ikannya. Namun, umumnya harga ikan oscar dipasaran yang dewasa dengan ukuran sekitar 15-20 cm berkisar pada Rp.50.000 – Rp.100.000. Sedangkan untuk harga jenis ikan Oscar yang masih anak, berkisar pada Rp.5000 Sampai Rp.10.000. gambar via: akuariumhiasku

Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ikan Oscar, Anda dapat membelinya dengan harga yang sangat beragam, tergantung dari jenis serta ukuran ikannya. Namun, umumnya harga ikan oscar dipasaran yang dewasa dengan ukuran sekitar 15-20 cm berkisar pada Rp.50.000 – Rp.100.000. Sedangkan untuk harga jenis ikan Oscar yang masih anak, berkisar pada Rp.5000 Sampai Rp.10.000.

Manfaat Ikan Oscar

Walau bukanlah merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi, ikan Oscar mempunyai beberapa manfaat. Manfaat ikan Oscar yang pasti telah Anda ketahui dengan baik yaitu sebagai salah satu jenis ikan yang dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ya, corak tubuhnya yan begitu menarik serta berbeda dengan jenis ikan yang lain, membuat ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang begitu cantik serta menarik untuk dipelihara di dalam akuarium. Ikan Oscar bisa menambah kecantikan dari ruangan Anda, dikarenakan mempunyai corak yang menarik serta begitu indah. Perawatan dari ikan Oscar sebagai ikan hias juga mudah serta tak perlu ribet. Anda hanya perlu merawat akuarium serta rajin memberi makanan pada ikan Anda, supaya tetap hidup dengan sehat. gambar via: Pinterest

Walau bukanlah merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi, ikan Oscar mempunyai beberapa manfaat. Di bawah ini merupakan sebagian manfaat dari ikan Oscar:

1. Sebagai ikan hias

Manfaat ikan Oscar yang pasti telah Anda ketahui dengan baik yaitu sebagai salah satu jenis ikan yang dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ya, corak tubuhnya yan begitu menarik serta berbeda dengan jenis ikan yang lain, membuat ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang begitu cantik serta menarik untuk dipelihara di dalam akuarium.

Ikan Oscar bisa menambah kecantikan dari ruangan Anda, dikarenakan mempunyai corak yang menarik serta begitu indah. Perawatan dari ikan Oscar sebagai ikan hias juga mudah serta tak perlu ribet. Anda hanya perlu merawat akuarium serta rajin memberi makanan pada ikan Anda, supaya tetap hidup dengan sehat.

2. Sebagai salah satu cara relaksasi serta penghilang stress

Telah sejak lama manfaat ikan hias dipakai sebagai salah satu sumber untuk melakukan relaksasi pada manusia. Begitu pula dengan ikan Oscar. Dengan adanya ikan Oscar sebagai peliharaan, bisa membuat siapa saja yang memandangnya jadi lebih tenang serta rileks.

Ikan hias, termasuk juga di dalamnya yaitu ikan Oscar bisa memberi efek relaksasi pada Anda yang memandangi akuarium itu. Dengan melihat serta mengamati, maka hal semacam ini akan membuat otak serta syaraf kita jadi lebih rileks, sehingga berdampak pada pikiran kita. Hal semacam ini sudah pasti bisa berperan penting juga dalam mencegah serta mengurangi terjadinya stress.

3. Mengisi waktu luang serta sebagai hobi

Walau mempunyai perawatan yang tidak terlalu susah, akan tetapi menjaga ikan hias, seperti ikan oscar juga memerlukan waktu. Jadi, dengan memelihara ikan Oscar ini, secara tidak langsung, Anda bisa mengisi waktu luang Anda di rumah dengan membersihkan akuariaum serta memberi makan ikan Oscar peliharaan Anda.

Hal semacam ini sudah pasti selain bisa mengisi waktu luang Anda, dari pada terbuang percuma. Hal tersebut dapat juga meningkatkan rasa peduli Anda pada hewan, terlebih hewan peliharaan.

4. Sebagai penghasil rupiah

Tidak bisa dipungkiri, ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan yang langka. Dan juga sudah menjadi suatu hukum ekonomi, dimana barang atau komoditi yang langka pastinya mempunyai harga yang sangat tinggi. Begitu halnya ikan Oscar. Dengan kategorinya sebagai salah satu hewan hias yang jarang di pasaran, membuat harga dari ikan Oscar ini jadi begitu tinggi.

Hal semacam ini sudah pasti sangat menguntungkan untuk Anda yang mempunyai jiwa bisnis. Anda bisa membuat suatu peternakan serta pembibitan ikan Oscar. Dengan harga yang begitu tinggi, maka ikan Oscar bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi pendapatan Anda setiap harinya. Sudah pasti hal semacam ini harus diikuti dengan ketekunan serta tekad yang keras dari dalam diri Anda sendiri.

5. Menimbulkan rasa bangga tersendiri untuk pemiliknya

Untuk Anda yang mempunyai hobi tertentu, pastinya Anda akan merasakan bangga akan suatu hal yang Anda miliki. Begitu halnya ikan Oscar. Sebagai salah satu hobi yang disukai oleh banyak kalangan, ikan Oscar bisa meningkatkan dan juga menyebabkan rasa bangga pada setiap individu yang memeliharanya. Rasa bangga ini bisa terlihat saat Anda mempunyai spesies ikan Oscar yang sehat serta sangat cantik.

6. Menambah relasi serta hubungan dengan orang lain.

Ikan Oscar juga ternyata mempunyai manfaat yang penting loh untuk menambah relasi Anda. Bagaimana langkahnya? Anda bisa bergabung ke dalam komunitas pemilik serta pecinta ikan Oscar. Ya, sekarang ini telah ada banyak komunitas tertentu yang merupakan kumpulan dari beberapa orang yang memiliki serta menyukai ikan Oscar. Dengan berkumpul bersama komunitas itu, tentunya dapat memberi relasi serta hubungan Anda dengan orang lain. Selain itu, Anda dapat juga meningkatkan pemahaman serta pengetahuan tentang manfaat ikan Oscar, makanya bisa merawat ikan Oscar dengan lebih baik lagi.

Langkah Merawat Ikan Oscar

Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ikan Oscar. Anda harus tahu bagaimana caranya merawatnya agar jenis ikan Oscar itu dapat hidup dengan baik. Selain itu, Anda dapat juga meningkatkan pemahaman serta pengetahuan tentang fungsi ikan Oscar, makanya bisa merawat ikan Oscar dengan lebih baik lagi. gambar via: Pinterest

Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ikan Oscar. Anda harus tahu bagaimana caranya merawatnya agar jenis ikan Oscar itu dapat hidup dengan baik. Selain itu, Anda dapat juga meningkatkan pemahaman serta pengetahuan tentang fungsi ikan Oscar, makanya bisa merawat ikan Oscar dengan lebih baik lagi.

Pemberian Makan Ikan Oscar

Merawat ikan oscar di akuarium, tidaklah susah,yang paling utama yaitu kualitas air akuarium. Selain keadaan air yang bagus, terdapat banyak tips langkah merawat ikan oscar yang juga tidak kalah penting supaya ikan oscar sehat serta tumbuh dengan baik. Salah satunya yaitu dengan memberi benda-benda atau aksesoris agar dapat menjadi tempat bersembunyi agar ikan merasa nyaman. Karena panjang style ikan Oscar dapat mencapai 40 cm serta karakternya agresif, akan sangat baik bila akuarium untuk tempat jenis ikan Oscar yang dapat menampung air 40-45 galon air. Serta paling penting ada cahaya karena perlu untuk kehidupan. Selain itu bersihkan air dengan bantuan kondensor. gambar via: Wikipedia

Merawat ikan oscar di akuarium, tidaklah susah, yang paling utama yaitu kualitas air akuarium. Selain keadaan air yang bagus, terdapat banyak tips langkah merawat ikan oscar yang juga tidak kalah penting supaya ikan oscar sehat serta tumbuh dengan baik. Salah satunya yaitu dengan memberi benda-benda atau aksesoris agar dapat menjadi tempat bersembunyi agar ikan merasa nyaman.

Karena panjang style ikan Oscar dapat mencapai 40 cm serta karakternya agresif, akan sangat baik bila akuarium untuk tempat jenis ikan Oscar yang dapat menampung air 40-45 galon air. Serta paling penting ada cahaya karena perlu untuk kehidupan. Selain itu bersihkan air dengan bantuan kondensor. Mendaur 10-15% air setiap minggu serta membersihkan kotoran akan membuat ikan lebih nyaman.

Langkah yang harus juga dilakukan untuk memelihara style ikan Oscar ini yaitu dengan suhu yang penting dijaga pada 23 sampai 27 derajat celcius serta jangan menyimpan aquarium di bawah cahaya matahari langsung. Jenis ikan Oscar cara makanannya begitu mudah, ikan melahap serta menikmati setiap makanan yang diberikan khususnya Jangkrik hidup serta cacing sebagai alternatif makanan alami.

Baca juga: 18 Manfaat Dan Fakta Tentang Propolis

LEAVE A REPLY