Wow, Ternyata Kacang Hijau Memiliki 18 Manfaat Ini Lho!

0
gambar via: Boston Magazine

Semua orang tentu mengenal yang namanya kacang hijau. Banyak juga olahan kacang hijau yang dijual di pasaran dan enak untuk dijadikan pengisi perut. Kacang yang kaya akan serat serta rendah kalori ini sangat berguna untuk kesehatan. Kandungan protein, karbohidrat, vitamin serta nutrisi yang dimiliki kacang hijau bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Dalam secangkir kacang hijau memiliki kandungan sekitar 60 kalori, rendah kolesterol, serta sumber vitamin A, vitamin C, magnesium, tembaga, besi yang baik untuk tubuh. Kacang hijau termasuk juga salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan.

Terdapat banyak jenis kacang hijau, tetapi kandungan nutrisi serta nilai gizi yang dimilikinya nyaris sama. Selain kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan, dapat juga dipakai untuk menjaga serta merawat kecantikan wanita.

Kandungan beragam nutrisi yang dimiliki kacang hijau sangat berguna serta dibutuhkan oleh tubuh. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki kacang hijau yang baik untuk kesehatan.

VITAMIN A

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin A yang banyak yang mempunyai sifat anti-oksidan untuk membantu menurunkan kolesterol, mengobati penyakit jantung serta kanker. Vitamin A dapat juga mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kulit kusam, garis-garis halus, bintik-bintik gelap serta kulit kering.

VITAMIN C

Vitamin C merupakan vitamin penting yang juga ditemukan dalam kacang hijau. Vitamin C bisa membantu mengobati luka serta mencegah penyakit kanker. Sifat anti-oksidan yang dimiliki vitamin C bisa membantu mengurangi resiko terkena berbagai jenis penyakit.

VITAMIN K

Vitamin K sangat diperlukan tubuh untuk mempercepat sistem pertumbuhan. Vitamin K dapat juga merangsang pembekuan darah setiap kali ada luka atau cedera untuk mencegah kehilangan darah lebih banyak. Vitamin ini dapat juga meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh yang akan membantu meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang. Orang yang mempunyai resiko terserang osteoporosis sangat baik bila mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang cukup.

MANGAN

Mangan adalah salah satu senyawa penting yang diperlukan oleh tubuh. Mangan juga ditemukan dalam kacang hijau yang berguna untuk mengurangi tanda-tanda osteoporosis serta membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

SERAT

Kacang hijau yang memiliki kandungan banyak serat makanan ini bisa membantu memperlancar proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta membantu mengatur kandungan gula darah untuk penderita diabetes.

SILICON

Kacang hijau dikenal juga mempunyai kandungan silikon sehat yang diperlukan oleh tubuh. Silikon adalah salah satu jenis mineral yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jaringan ikat serta kekuatan tulang.

Kaya Serat

Dalam kacang hijau mendungan serat yang tinggi yakni sekitar 7, 6 gr/100 gr, bisa membantu mengatasi permasalahan sembelit serta dapat menjadi pilihan dalam menu diet.

Sumber Protein

Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang memiliki kandungan protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Selain itu, protein yang terdapat dalam kacang hijau mempunyai asam amino yang lengkap.

Rendah Karbohidrat

Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat kurang lebih sekitar 19 gr/100 gr. Sehingga sangat baik untuk program diet serta pembentukan tubuh atau muscle building.

Memiliki Kandungan Lemak Sehat

Asam lemak esensial yang terdapat dalam kacang hijau yaitu omega-3 (0, 9 mg/100 gr) serta omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 adalah asam lemak yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada banyak sekali manfaat kacang hijau bagi tubuh manusia. Apa sajakah manfaatnya?

1. Mengobati Anemia (kurang darah)

gambar via: Tips Menjaga Hidup Sehat
Kacang yang satu ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga begitu bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan juga diantara jenis kacang-kacangan yang lain, kandungan zat besi pada kacang hijau adalah yang tertinggi. gambar via: Tips Menjaga Hidup Sehat

Kacang yang satu ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga begitu bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan juga diantara jenis kacang-kacangan yang lain, kandungan zat besi pada kacang hijau adalah yang tertinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

gambar via: BanyakCerita.com
Kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam masa diet. Kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak membuat makanan ini pas untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun jangan lupa diimbangi dengan berolahraga teratur agar tubuh tetap sehat. gambar via: BanyakCerita.com

Kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam masa diet. Kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak membuat makanan ini pas untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun jangan lupa diimbangi dengan berolahraga teratur agar tubuh tetap sehat.

3. Untuk Ibu Hamil Serta Janin

gambar via: Zwitsal Indonesia - Bayi Riang Ibu Senang
Orang-orang jaman dulu menyarankan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Saran itu diamini oleh medis lantaran berdasarkan riset kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk perkembangan sel. Wanita yang sepanjang kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi dengan rambut lebat. gambar via: Zwitsal Indonesia – Bayi Riang Ibu Senang

Orang-orang jaman dulu menyarankan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Saran itu diamini oleh medis lantaran berdasarkan riset kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk perkembangan sel. Wanita yang sepanjang kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi dengan rambut lebat.

4. Makanan Pendamping ASI

gambar via: Rebel Grain
Makanan Pendamping ASI atau kerap disingkat MP-ASI umumnya diberikan pada bayi berumur 6 bulan. Serta makanan yang paling direferensikan sebagai pendamping ASI yaitu kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya akan membuat perkembangan bayi lebih optimal. gambar via: Rebel Grain

Makanan Pendamping ASI atau kerap disingkat MP-ASI umumnya diberikan pada bayi berumur 6 bulan. Serta makanan yang paling direferensikan sebagai pendamping ASI yaitu kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya akan membuat perkembangan bayi lebih optimal.

5. Mengurangi Kolesterol

gambar via: ABCD's of Cooking
Bila Anda menderita kolesterol yang tinggi, Anda dapat menguranginya dengan cara yang mudah. Pengonsumsian kacang hijau dengan teratur dapat mengurangi kandungan kolesterol yang ada di tubuh. Makanan rendah kolesterol ini mempunyai kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit di cerna. gambar via: ABCD’s of Cooking

Bila Anda menderita kolesterol yang tinggi, Anda dapat menguranginya dengan cara yang mudah. Pengonsumsian kacang hijau dengan teratur dapat mengurangi kandungan kolesterol yang ada di tubuh. Makanan rendah kolesterol ini mempunyai kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit di cerna.

6. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

gambar via: Boston Magazine
Kacang hijau adalah jenis kacang yang memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya perkembangan sel kanker tertentu termasuk juga sel yang ada di kanker payudara. Zat ini juga dapat mencegah terbentuknya sel tumor. gambar via: Boston Magazine

Kacang hijau adalah jenis kacang yang memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya perkembangan sel kanker tertentu termasuk juga sel yang ada di kanker payudara. Zat ini juga dapat mencegah terbentuknya sel tumor.

7. Diabetes

gambar via: Recipes Hubs
Kacang hijau adalah salah satu makanan yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Ini berarti kacang hijau merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi untuk para penderita diabetes. Makanan yang mempunyai kandungan glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula menjadi normal. gambar via: Recipes Hubs

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang mempunyai indeks glikemik yang rendah. Ini berarti kacang hijau merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi untuk para penderita diabetes. Makanan yang mempunyai kandungan glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula menjadi normal.

8. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause

gambar via: Serious Eats
Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi isoflavon, yang merupakan kelompok phytoestrogen yang membuat kacang hijau mempunyai sifat estrogenik alamiah. Pengonsumsian kacang hijausejumlah 90 mg phytoestrogen sehari akan menolong perempuan yang sedang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis lewat cara merangsang pembentukan tulang. gambar via: Serious Eats

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi isoflavon, yang merupakan kelompok phytoestrogen yang membuat kacang hijau mempunyai sifat estrogenik alamiah. Pengonsumsian kacang hijausejumlah 90 mg phytoestrogen sehari akan menolong perempuan yang sedang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis lewat cara merangsang pembentukan tulang.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

gambar via: CabbyCraft
Bukan hanya berolahraga, namun juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau dapat menyerap lemak sehingga tak menjadi flak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung serta stroke. gambar via: CabbyCraft

Sebagai salah satu organ vital, melindungi kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan hanya berolahraga, namun juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau dapat menyerap lemak sehingga tak menjadi flak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung serta stroke.

10. Memperkuat Tulang

gambar via: Keyword Suggestions
Kalsium serta fosfor adalah mineral penting yang bisa menjaga kekuatan tulang serta gigi. Termasuk juga membantu perkembangan tulang serta gigi pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa. gambar via: Keyword Suggestions

Kalsium serta fosfor adalah mineral penting yang bisa menjaga kekuatan tulang serta gigi. Termasuk juga membantu perkembangan tulang serta gigi pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

11. Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan

gambar via: Tri Diamond Agriculture Trading
Sering kali kita lihat beragam produk kecantikan juga memakai kacang hijau sebagai bahan utamanya, bahkan juga untuk lulur di spa-spa kecantikan, kacang hijau ini dapat di jadikan bahan utama. Kacang hijau berguna untuk melembutkan kulit hingga mengambil sel kulit mati yang ada di tubuh, oleh sebab itu ketika Anda selesai memakai kacang hijau sebagai lulur, kulit akan terlihat lebih putih, bersih, dan halus. gambar via: Tri Diamond Agriculture Trading

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, ternyata kacang hijau juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Sering kali kita lihat beragam produk kecantikan juga memakai kacang hijau sebagai bahan utamanya, bahkan juga untuk lulur di spa-spa kecantikan, kacang hijau ini dapat di jadikan bahan utama. Kacang hijau berguna untuk melembutkan kulit hingga mengambil sel kulit mati yang ada di tubuh, oleh sebab itu ketika Anda selesai memakai kacang hijau sebagai lulur, kulit akan terlihat lebih putih, bersih, dan halus.

12. Menghilangkan Bekas Cacar Serta Jerawat

gambar via: ALL MUSSED UP - WordPress.com
Selain bisa dipakai untuk menghilangkan bekas cacar, kacang hijau dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Langkahnya, rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam. Besok paginya, sesudah mengembang ditumbuk sampai halus. Oleskan di wajah sebagai masker. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya, lalu dicuci sampai bersih. gambar via: ALL MUSSED UP – WordPress.com

Selain bisa dipakai untuk menghilangkan bekas cacar, kacang hijau dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Langkahnya, rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam. Besok paginya, sesudah mengembang ditumbuk sampai halus. Oleskan di wajah sebagai masker. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya, lalu dicuci sampai bersih.

13. Memperlancar Sistem Pencernaan

gambar via: ModernMom
Kacang hijau juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan lho. Hal ini disebabkan karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus. gambar via: ModernMom

Kacang hijau juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan lho. Hal ini disebabkan karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus.

14. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

gambar via: Wikiwand
Protein yang ada dalam kacang hijau bisa membantu pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung peran ini sangat terkait dengan manfaat perbaikan perkembangan tubuh. gambar via: Wikiwand

Protein yang ada dalam kacang hijau bisa membantu pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung peran ini sangat terkait dengan manfaat perbaikan perkembangan tubuh.

15. Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

gambar via: afra cooking - WordPress.com
Kecambah kacang hijau memiliki kandungan enzim-enzim aktif yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada sistem metabolisme tubuh. gambar via: afra cooking – WordPress.com

Kecambah kacang hijau memiliki kandungan enzim-enzim aktif dan kandungan vitamin B1 yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada sistem metabolisme tubuh dan juga membantu kondisi tubuh.

16. Radikal Bebas

gambar via: Maangchi
Kandungan anti-oksidan tinggi yang ada di dalam kacang hijau bertindak untuk mencegah radikal bebas, sehingga terbebas dari resiko terserang penyakit kanker kulit. gambar via: Maangchi

Kandungan anti-oksidan tinggi yang ada di dalam kacang hijau bertindak untuk mencegah radikal bebas, sehingga terbebas dari resiko terserang penyakit kanker kulit.

17. Baik Untuk Kesehatan Mata

gambar via: Tenaw Alehegn Import Export
Bila Anda merasa belakangan ini mengalami masalah dengan penglihatan, misalnya seperti mata lemah serta bayangan menjadi kabur, meminum air rebusan hijau adalah solusinya. Kandungan yang dihasilkan oleh air rebusan ini adalah vitamin A. Zat ini sangat membantu kesehatan mata Anda. gambar via: Tenaw Alehegn Import Export

Bila Anda merasa belakangan ini mengalami masalah dengan penglihatan, misalnya seperti mata lemah serta bayangan menjadi kabur, meminum air rebusan hijau adalah solusinya. Kandungan yang dihasilkan oleh air rebusan ini adalah vitamin A. Zat ini sangat membantu kesehatan mata Anda.

18. Menyehatkan Rambut

gambar via: INRTracker
kandungan zinc didalamnya, bisa membantu untuk menormalkan hormon yang mengatur perkembangan pada rambut. Selain itu juga bisa mengatasi permasalahan rambut yang rontok yang dapat menyebabkan kebotakan. Jadi dengan mengkonsumsi kacang hijau ataupun meminum air rebusan kacang hijaunya juga dapat memberikan nutrisi rambut dari dalam. gambar via: INRTracker

Untuk Anda yang ingin memiliki rambut sehat, Anda bisa teratur untuk mengkonsumsi air rebusan kacang hijau, karena kandungan zinc didalamnya, bisa membantu untuk menormalkan hormon yang mengatur perkembangan pada rambut. Selain itu juga bisa mengatasi permasalahan rambut yang rontok yang dapat menyebabkan kebotakan. Jadi dengan mengkonsumsi kacang hijau ataupun meminum air rebusan kacang hijaunya juga dapat memberikan nutrisi rambut dari dalam.

Kacang hijau memang tidak mempunyai efek samping yang beresiko untuk kesehatan. Tetapi, kacang hijau memiliki kandungan senyawa oksalat, yang juga ditemukan pada jenis tanaman serta hewan tertentu. Saat oksalat ini terakumulasi dalam cairan tubuh akan mengakibatkan komplikasi kesehatan. Oksalat dapat juga menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Oleh karenanya, orang yang mempunyai masalah ginjal atau kandung empedu seharusnya menghindari mengkonsumsi kacang hijau terlalu berlebih. Efek samping mengkonsumsi kacang hijau seharusnya tidak akan mempengaruhi orang yang mempunyai sistem pencernaan yang baik.

Itulah beberapa manfaat dari kacang hijau yang harus Anda ketahui. Walaupun kecil, namun kacang hijau ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Jadi jangan pernah menganggap remeh kacang kecil ini ya. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi kacang hijau ini secara teratur namun tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Virus Zika

LEAVE A REPLY