Kamu Penyuka Kopi? Lantas, Apakah Kopi Baik atau Bahkan Buruk untuk Hati (Liver)?

0

Seruni – Hati adalah organ padat paling besar yang berada di dalam tubuh manusia. Pada dasarnya, hati adalah organ yang sangat tangguh karena dapat terus bekerja meski ia sedang dalam keadaan rusak. Hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri sampai organ ini benar-benar rusak dan tidak bisa berfungsi lagi. Lalu, bagaimana cara mencegah organ hati dari kerusakan? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu minum kopi.

Lho, bukannya kopi berbahaya untuk hati seseorang? Eits, jangan salah! Ini dia berbagai pertimbangan ilmiahnya apakah kopi bahaya untuk hati atau bahkan malah bermanfaat.

Apa Manfaat Kopi untuk Hati?

Related image
northern-coffee.ca

Penyakit hati ada di peringkat ke-12 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya karena sering meminum alkohol.

Menurut sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Hepatology, kopi bisa mencegah Anda untuk terkena fibrosis hati. Fibrosis hati adalah tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi diyakini oleh para ahli dalam penelitian ini mampu melindungi organ hati Anda dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian adalah 45 tahun keatas.

Setiap peserta penelitian akan menjalani pemeriksaan fisik secara lengkap seperti indeks massa tubuh (IMT), tinggi badan, tes darah, dan pemindaian perut untuk memeriksa kondisi organ hati dan melihat perkembangan fibrosis hati pada masing-masing peserta penelitian. Mereka juga diberikan 389 pertanyaan mengenai kebiasaan makan dan minum untuk mengetahui asupan kopi yang mereka minum. Penelitian ini untuk menganalisis manfaat kopi untuk hati.

Kopi Melindungi Organ Hati dari Kerusakan?

Image result for kopi
hellosehat.com

Peserta penelitian dibagi ke dalam tiga kategori sesuai dengan pola minum kopi mereka. Kategori pertama tidak mengonsumsi kopi, kategori ke dua konsumsi kopi moderat yang artinya peserta penelitian yang minum kopi tiga cangkir per hari, dan terakhir konsumsi kopi sering, yaitu peserta penelitian yang minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari.

Lalu, para peneliti menganalisis hubungan antara minum kopi dan fibrosis hati. Para peneliti juga meneliti berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, serta aktivitas fisik dan pola makan yang sehat.

Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa peserta penelitian yang masuk ke dalam kategori konsumsi kopi sering menurunkan risiko mereka untuk terkena fibrosis hati dan sirosis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan Anda minum kopi memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah jaringan parut hati atau sirosis bahkan sebelum penyakit ini berkembang. Manfaat kopi untuk hati adalah kopi mampu melindungi organ hati dari kerusakan.

Sebuah penelitian terbaru mengenai manfaat kopi untuk hati lainnya yang dipimpin oleh Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute telah menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi secara rutin setiap hari memiliki 25 persen tingkat enzim hati lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Namun, Meski Bermanfaat, Orang yang Punya Penyakit dengan Organ Hatinya, Harus Membatasi Jumlah Minum Kopi

Minum kopi secara rutin memang terbukti baik untuk menjaga fungsi hati. Akan tetapi, manfaat ini hanya bisa Anda dapatkan kalau Anda minum kopi secukupnya saja, tidak berlebihan. Berapa cangkir kopi yang aman buat hati? Jawabannya berbeda-beda, karena setiap orang punya tingkat toleransi terhadap kafein yang berbeda-beda.

Kandungan kafein dalam kopi bukanlah nutrisi seperti vitamin dan mineral, melainkan dianggap sebagai zat stimulan dalam tubuh. Karena itu, hati akan bekerja lebih keras untuk “membersihkan” kafein dari sistem Anda, tidak diserap dan dimetabolisme seperti zat gizi lainnya. Karena itu, kalau Anda kebanyakan minum kopi, tentu hati jadi dipaksa bekerja keras terus-terusan. Lama-lama, hal ini bisa menyebabkan kerusakan hati atau bahkan penyakit yang tidak bisa disembuhkan lagi.

Related image
thehealthsite.com

Menurut para ahli, orang dewasa yang sehat sebaiknya tidak minum kopi lebih dari 200 sampai 300 miligram kopi dalam sehari. Ini setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi hitam. Namun, lagi-lagi ini tergantung pada jenis kopi, cara pengolahan, dan tingkat toleransi masing-masing terhadap kafein. Lebih jelasnya, sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda berapa banyak Anda boleh minum kopi sehari. Terutama bagi Anda yang punya masalah hati.

LEAVE A REPLY