Ada Anggota Keluargamu yang Gampang Lupa? Mungkin Mereka Perlu Minuman Berkafein. Cek di Sini!

0

Seruni – Apakah Anda termasuk orang yang mudah lupa? Jika ya, ada kabar baik buat Anda. Penelitian terbaru mengungkap bahwa kandungan kafein yang ada di minuman dan makanan Anda bisa membantu meningkatkan daya ingat. Bagaimana kafein bisa meningkatkan daya ingat seseorang? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sumber Kafein dalam Makanan dan Minuman

Image result for makanan minuman mengandung kafein
balitapedia.com

Kafein dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Mungkin Anda tahu sumber kafein yang paling umum, yaitu kopi dan teh. Namun, masih banyak makanan lain seperti kacang-kacangan dan biji cokelat yang juga mengandung kafein. Kafein juga terdapat di beberapa obat yang sering kita gunakan, seperti obat pereda nyeri dan obat flu.

Kafein Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Image result for makanan minuman mengandung kafein
upstation.id

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menganalisis sebanyak 160 peserta yang berusia antara 18-30 tahun untuk mempelajari pengaruh kafein terhadap daya ingat.

Pada hari pertama penelitian, para peserta diperlihatkan sebuah gambar benda yang berbeda-beda dan diminta untuk mengenali benda tersebut sebagai benda “dalam ruangan” atau “luar ruangan”.

Segera setelah tugas tersebut, peserta dibagi ke dalam dua kelompok secara acak. Kelompok pertama menerima 200 miligram (mg) kafein dalam bentuk pil. Kelompok kedua minum pil plasebo (obat kosong, tanpa kandungan atau zat apa pun).

Keesokan harinya, peserta yang sama diperlihatkan serangkaian foto lainnya yang sama dengan hari sebelumnya, dengan tambahan beberapa foto yang baru serta foto yang mirip dengan gambar asli. Kemudian mereka diminta untuk menggolongkan foto benda tersebut sebagai “foto baru”, “foto lama”, atau “mirip dengan gambar asli”.

Peserta yang mendapatkan pil kafein pada hari sebelumnya, lebih mampu mengenali gambar mana yang “mirip dengan gambar asli” dibandingkan dengan peserta yang mendapatkan pil plasebo.

Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini yaitu peserta yang minum pil kafein memang mengalami peningkatan daya ingat dibandingkan orang yang tidak minum kafein sama sekali.

Harus Minum Berapa Banyak Kafein untuk Meningkatkan Daya Ingat?

Image result for makanan minuman mengandung kafein
hellosehat.com

Tim ahli melakukan penelitian lebih lanjut untuk membedakan dosis kafein yang diberikan. Peneliti menemukan bahwa peserta yang mendapatkan 200 miligram kafein memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan peserta yang mendapatkan 100 miligram kafein.

Namun, ketika peserta mendapatkan 300 miligram kafein, daya ingatnya tidak lantas meningkat seperti waktu mereka mengonsumsi 200 miligram kafein.

Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa dosis kafein yang tepat untuk meningkatkan daya ingat adalah 200 miligram. Anda bisa mendapatkan 200 miligram kafein dari kira-kira dua cangkir kopi hitam atau sekitar empat cangkir teh hitam.

Bagaimana Kafein Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

Image result for daya ingat
http://terapiotak.com

Dalam penelitian tersebut, para ahli menjabarkan bahwa kafein mampu memblokir suatu molekul berama adenosin. Molekul tersebut bisa mengganggu fungsi neurotransmitter (sel saraf) dalam otak. Padahal, untuk bisa menyimpan informasi baru ke dalam ingatan, sel-sel saraf otak Anda harus bekerja sama secara kompak.

Selain itu, kafein juga telah terbukti meningkatkan komunikasi antar neuron di otak, yaitu daerah CA2 di hippocampus, yang merupakan bagian otak yang berperan dalam ingatan.

Namun, setiap orang bisa memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap kafein. Anda bisa sangat sensitif terhadap efeknya sehingga menjadi gelisah, gemetar, atau jantung berdebar cepat. Ada juga orang yang sudah sering minum kafein dari kopi dan teh sehingga efeknya bagi tubuh sudah tidak terlalu terasa lagi.

LEAVE A REPLY