8 Manfaat Dan Tata Cara Shalat Dhuha

0
gambar via: Satu Jam

Pengertian Shalat Sunnah Dhuha yaitu Shalat Sunnah yang dilaksanakan minimal dua Rakaat sampai 12 Rakaat serta waktu melakukan Shalat Dhuha ini yaitu pada pagi hari tepatnya sekitar jam tujuh pagi sampai sebelum masuk saat Shalat Dhuhur. Langkah melakukan Shalat Dhuha ini juga seperti melakukan Shalat Wajib, yang dilakukan atau dilakukan dengan diawali niat Shalat Dhuha serta di akhiri dengan kalimat Salam.

Manfaat Shalat Dhuha

Sholat dhuha dilaksanakan ketika masih pagi hari yakni sekitaran pukul 08.00 sampai dengan menjelang dhuhur, dan jam – jam itu adalah waktu yang sangat baik untuk olahraga, oleh karenanya melakukan sholat dhuha sama juga dengan berolahraga karena nantinya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut serta kaki. Manfaat gerakan sholat memang bisa memberi efek olahraga tanpa di sadari. gambar via: Satu Jam

Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan dari shalat dhuha.

1. Olahraga Tanpa di Sadari

Sholat dhuha dilaksanakan ketika masih pagi hari yakni sekitaran pukul 08.00 sampai dengan menjelang dhuhur, dan jam – jam itu adalah waktu yang sangat baik untuk olahraga, oleh karenanya melakukan sholat dhuha sama juga dengan berolahraga karena nantinya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut serta kaki. Manfaat gerakan sholat memang bisa memberi efek olahraga tanpa di sadari.

2. Memperlancar peredaran darah

Selain itu juga sholat dhuha membantu untuk memperlancar peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam sholat dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, lalu juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibanding tubuh serta darah itu juga mengalir ke kepala lalu ketika duduk aliran darah dinormalkan kembali.

3. Menormalkan Produksi Hormon

Selain itu juga sangat berguna untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi sholat dhuha memang sangat berguna serta efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan serta hormon dalam tubuh.

4. Membuat jiwa lebih tenang

Selain berguna untuk menjaga kesehatan karena beberapa gerakan yang sangat mempengaruhi keadaan tubuh, sholat dhuha juga sangat berguna untuk menjaga rohani, yang mana nantinya jiwa akan jadi lebih tenang, terlebih lagi bila rejeki memang telah dibukakan serta dipermudah di dalam memperoleh rejeki.

5. Menghilangkan Stress

Selain itu sholat dhuha ataupun sholat yang lain akan membantu umat muslim untuk dapat memperoleh ketenangan batin sehingga terhindar dari stress. Stress sendiri adalah salah satu hal yang sangat mengganggu serta dapat menyebabkan kemungkinan terserang beragam macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya telah dapat membuat batin serta pikiran menjadi tenang tetapi bila di tambah dengan sholat dhuha sudah pasti akan jauh lebih tenang. Jadi menurut sebagian besar orang, melakukan sholat dhuha sendiri memanglah akan mendapatkan ketenangan serta rejekinya lancar sehingga beberapa umat muslim melakukan ataumenjalankan sholat dhuha sehari-hari.

6. Kebersihan Muka

Selain beberapa manfaat di atas, sholat dhuha juga sangat berguna untuk kecantikan yang mana ketika berwudhu wajah akan dibilas dengan air bersih sehingga kulit akan selalu terjaga kebersihannya. Lalu juga ketika berwudhu serta saat membasuh wajah dengan tepat sudah pasti kulit akan kencang sehingga tak mudah kendur serta memberi manfaat agar awet muda.

7. Wajah Berseri

Selain itu juga dengan menjalankan sholat dhuha dan sholat 5 waktu tentu saja kecantikan akan terpancar secara alami dengan sendirinya sehingga setelah berwudhu dan menjalankan sholat umumnya wajah seseorang akan terlihat lebih berseri. Serta hal tersebut juga telah banyak yang membuktikannya.

8. Membuka Pintau Rejeki

Pada dasarnya sholat dhuha memang sangat berguna untuk membukakan pintu rejeki, tidak hanya itu namun akan membantu dalam memperoleh kesuksesan. Tetapi keberhasilan juga tak dapat diperoleh hanya dengan berdoa tanpa ada usaha, oleh karenanya agar lebih seimbang serta menjadi berkah, semua harus dilakukan yakni dengan berusaha serta ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan sholat dhuha itu. Jadi itulah beberapa yang perlu diketahui oleh semua umat muslim tentang manfaat sholat dhuha.

Tata Cara Melakukan Shalat Dhuha

Pertama, yaitu membaca niat di dalam hati sembari takbiratul ihram, dapat mengucapkan niat memakai bahasa Arab ataupun bahasa sendiri yang terpenting merupakan memang niat untuk melakukan sholat dhuha. Lalu untuk langkah selanjutnya yaitu membaca doa iftitah dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah. Kemudian bila sudah selesai dalam membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat pendek. Tetapi akan lebih afdol bila membaca surat Asysyams pada rakaat yang pertama serta pada rakaat yang kedua membaca surat Al Lail. gambar via: Santrigaul

Pertama, yaitu membaca niat di dalam hati sembari takbiratul ihram, dapat mengucapkan niat memakai bahasa Arab ataupun bahasa sendiri yang terpenting merupakan memang niat untuk melakukan sholat dhuha.

Lalu untuk langkah selanjutnya yaitu membaca doa iftitah dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah. Kemudian bila sudah selesai dalam membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat pendek. Tetapi akan lebih afdol bila membaca surat Asysyams pada rakaat yang pertama serta pada rakaat yang kedua membaca surat Al Lail. Tetapi bila memang belum hafal, maka dapat membaca surat pendek yang lain.

Kemudian lakukan gerakan ruku’ serta membaca bacaan tasbih sejumlah tiga kali, lalu dilanjutkan dengan gerakan I’tidal dan membacakan bacaannya.

Selanjutnya lakukan gerakan sujud dan membaca tasbih sejumlah tiga kali serta diikuti dengan gerakan duduk di antara dua sujud dan membacakan bacaannya. Lanjutkan dengan gerakan sujud kembali sambil membaca bacaan saat sujud.

Sesudah semua gerakan itu usai, berarti rakaat pertama telah selesai, serta pada rakaat kedua, tata caranya sama juga dengan rakaat pertama. Setelah rakaat kedua usai, ketika tasyahhud akhir selesai, maka ucapkan salam sejumlah dua kali. Apabila memang di dalam melaksanakan sholat dhuha memilih lebih dari dua rakaat, maka tata caranya juga tetaplah sama serta di dalam mengerjakannya juga bila sudah dua rakaat usai maka salam begitu pun seterusnya.

Baca juga: 10 Keutamaan Melakukan Sholat Tahajud

LEAVE A REPLY