Inilah 10 Manfaat Tidur Saat Sedang Berpuasa

0
gambar via: beritatrendz

Saat berpuasa, biasanya tubuh jadi merasa lemas dan mengantuk. Hal ini disebabkan asupan makanan yang masuk hanyalah saat kita sahur di pagi hari, dan tubuh akan mendapatkan asupan makanan lagi saat waktunya berbuka puasa di sore hari. Namun rasa lemas, mengantuk dan lapar saat berpuasa ini bisa baik untuk kesehatan tubuh lho. Tubuh jadi mendapatkan pembersihan dari makanan-makanan yang tidak sehat.

Saat puasa juga kita sering mendengar ada anjuran untuk tidur sebentar. Atau juga banyak yang mengatakan tidur saat puasa itu adalah ibadah. Sebenarnya apa sih manfaat dari tidur sebentar saat siang hari ketika kita sedang berpuasa? Berikut ini adalah manfaat tidur saat puasa dan cara agar mendapatkan tidur yang berkualitas saat berpuasa.

Manfaat Tidur Saat Puasa

1. Menghindari Maksiat

Berbuat maksiat pasti akan mengurangi bahkan juga membatalkan kesempurnaan puasa kita, sehingga sahur kita saat pagi hari jadi sia-sia. Dari pada tetap terjaga tetapi ada kemungkinan untuk berbuat maksiat, lebih baik kita tidur supaya terbebas dari hal-hal yang akan membatalkan puasa. gambar via: beritatrendz

Berbuat maksiat pasti akan mengurangi bahkan juga membatalkan kesempurnaan puasa kita, sehingga sahur kita saat pagi hari jadi sia-sia. Dari pada tetap terjaga tetapi ada kemungkinan untuk berbuat maksiat, lebih baik kita tidur supaya terbebas dari hal-hal yang akan membatalkan puasa.

2. Terhindar Dari Rasa Lapar

Rasa lapar selain datang dari perut juga datang dari akal pikiran kita. Pastinya dengan tidur ditengah puasa bisa membuat perasaan lapar akan hilang sesaat dari pikiran. gambar via: Atjeh Topik

Rasa lapar selain datang dari perut juga datang dari akal pikiran kita. Pastinya dengan tidur ditengah puasa bisa membuat perasaan lapar akan hilang sesaat dari pikiran.

3. Sumber Tenaga

Bila pada hari-hari biasa makanan serta minuman jadi sumber tenaga, saat puasa, sumber ini hilang selama 14 jam. Dengan tidur sejenak pada siang hari, setidaknya kita bisa menjaga tenaga yang tersisa pada tubuh agar perasaan segar saat bangun tidur akan membuat semangat bekerja kembali. gambar via: Blogois

Bila pada hari-hari biasa makanan serta minuman jadi sumber tenaga, saat puasa, sumber ini hilang selama 14 jam. Dengan tidur sejenak pada siang hari, setidaknya kita bisa menjaga tenaga yang tersisa pada tubuh agar perasaan segar saat bangun tidur akan membuat semangat bekerja kembali.

4. Menenangkan Pikiran

Tidur bukan hanya istirahat untuk tubuh tetapi juga istirahat untuk pikiran kita. Dengan tidur sebentar, pikiran semakin lebih tenang, sehingga lebih jernih dalam berpikir meski dalam keadaan berpuasa. gambar via: Warta Kesehatan

Tidur bukan hanya istirahat untuk tubuh tetapi juga istirahat untuk pikiran kita. Dengan tidur sebentar, pikiran semakin lebih tenang, sehingga lebih jernih dalam berpikir meski dalam keadaan berpuasa.

5. Tidur Menjadi Ibadah

Tidur ketika puasa akan di jadikan sebagai ibadah oleh Allah SWT bila tidurnya tak berlebihan. Maka dari itu ketika berpuasa dianjurkan untuk tidur sebentar. gambar via: Obatrindu.com

Tidur ketika puasa akan di jadikan sebagai ibadah oleh Allah SWT bila tidurnya tak berlebihan. Maka dari itu ketika berpuasa dianjurkan untuk tidur sebentar.

6. Memori jadi Lebih Kuat

Banyak literatur yang mengatakan bila kegiatan istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia jadi lebih kuat. Walaupun berdurasi tidak begitu lama yaitu hanya 20 sampai 30 menit dalam sekali tidur siang, tetapi hal semacam ini akan berdampak pada kemampuan kognitif seseorang dalam mengingat suatu hal. gambar via: Dokter Cewek

Banyak literatur yang mengatakan bila kegiatan istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia jadi lebih kuat. Walaupun berdurasi tidak begitu lama yaitu hanya 20 sampai 30 menit dalam sekali tidur siang, tetapi hal semacam ini akan berdampak pada kemampuan kognitif seseorang dalam mengingat suatu hal.

7. Membuat Tekanan Darah Normal

Ketika orang tertidur akan membuat kardiovaskular dapat mengalami penurunan, serta secara otomatis tekanan darah manusia juga akan menurut setidaknya sampai 37 persen. Hal semacam ini sendiri seperti apa yang dituliskan dalam satu studi berjudul Journal of Applied Physiology. gambar via: Dokter Cewek

Ketika orang tertidur akan membuat kardiovaskular dapat mengalami penurunan, serta secara otomatis tekanan darah manusia juga akan menurut setidaknya sampai 37 persen. Hal semacam ini sendiri seperti apa yang dituliskan dalam satu studi berjudul Journal of Applied Physiology.

8. Syaraf jadi Tenang

Ketika seseorang tertidur di siang hari, maka secara otomatis sistem syaraf juga akan bekerja dengan tenang. Pasalnya dalam kondisi tertidur sendiri manusia dipastikan tak mengerjakan atau berfikir mengenai apa pun yang dapat membuat syaraf jadi lebih tegang. Hal semacam ini dikemukan dalam suatu study yang dilakukan oleh University of Barkley. gambar via: Kompasiana

Ketika seseorang tertidur di siang hari, maka secara otomatis sistem syaraf juga akan bekerja dengan tenang. Pasalnya dalam kondisi tertidur sendiri manusia dipastikan tak mengerjakan atau berfikir mengenai apa pun yang dapat membuat syaraf jadi lebih tegang. Hal semacam ini dikemukan dalam suatu study yang dilakukan oleh University of Barkley.

9. Bertambahnya Semangat

Semangat dipastikan akan kembali muncul saat orang tersebut bangkit dari tidurnya atau bangun tidur. Pasalnya tidur sendiri dapat membuat tenaga jadi pulih. Sehingga untuk melakukan kembali pekerjaan tertentu semakin lebih bergairah. gambar via: Hipwee

Semangat dipastikan akan kembali muncul saat orang tersebut bangkit dari tidurnya atau bangun tidur. Pasalnya tidur sendiri dapat membuat tenaga jadi pulih. Sehingga untuk melakukan kembali pekerjaan tertentu semakin lebih bergairah.

10. Konsentrasi Bertambah

Dengan merujuk pada poin dimana syaraf akan tenang ketika orang selesai tidur siang, maka hal semacam ini juga kembali terkait dengan sistem konsentrasi. Bila syaraf tenang, maka konsentrasi seseorang juga dipastikan akan juga bertambah. gambar via: Inovasee

Dengan merujuk pada poin dimana syaraf akan tenang ketika orang selesai tidur siang, maka hal semacam ini juga kembali terkait dengan sistem konsentrasi. Bila syaraf tenang, maka konsentrasi seseorang juga dipastikan akan juga bertambah.

Cara Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa

Tidur saat berpuasa ternyata banyak manfaatnya. Namun pastikan jika Anda tidak kurang tidur saat berpuasa ya. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara bagi Anda untuk menambah kualitas serta kuantitas tidur Anda saat berpuasa: Hindari bergadang. Terlebih apabila Anda mempersiapkan makan sahur, malam harinya tidak boleh bergadang untuk kepentingan yang tidaklah terlalu penting. Setelah waktu makan sahur tak dianjurkan tidur lagi, karena selain tidak ingin melewatkan waktu beribadah shalat Subuh, juga tidur sesudah sahur, terutama apabila terlalu berlebih, malah akan membuat Anda lemas serta dehidrasi saat bangun. Pengecualian untuk yang harus membawa kendaraan menuju tempat kerja, mungkin tidur yang singkat selama 1-2 jam sesudah shalat Subuh malah dianjurkan, agar tak mengantuk di perjalanan.

Tidur saat berpuasa ternyata banyak manfaatnya. Namun pastikan jika Anda tidak kurang tidur saat berpuasa ya. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara bagi Anda untuk menambah kualitas serta kuantitas tidur Anda saat berpuasa:

a. Hindari bergadang. Terlebih apabila Anda mempersiapkan makan sahur, malam harinya tidak boleh bergadang untuk kepentingan yang tidaklah terlalu penting.

b. Setelah waktu makan sahur tak dianjurkan tidur lagi, karena selain tidak ingin melewatkan waktu beribadah shalat Subuh, juga tidur sesudah sahur, terutama apabila terlalu berlebih, malah akan membuat Anda lemas serta dehidrasi saat bangun. Pengecualian untuk yang harus membawa kendaraan menuju tempat kerja, mungkin tidur yang singkat selama 1-2 jam sesudah shalat Subuh malah dianjurkan, agar tak mengantuk di perjalanan.

c. Apabila tidur malam Anda kurang, karena beberapa kepentingan penting, siang harinya Anda dapat menyempatkan diri beberapa menit untuk melakukan power-nap, yakni tidur siang yang singkat namun berkualitas. Setelah shalat siang (Dzuhur) misalnya, power-nap selama 20-30 menit telah cukup untuk memulihkan energi.

d. Tidur siang, bila memang sempat (contoh, untuk beberapa ibu rumah tangga, anak-anak serta pelajar) tentu sangat dianjurkan, karena baik untuk kesehatan.

e. Sepulang kerja, bila Anda mengantuk, janganlah berkendara! Tidur sejenak terlebih dulu di dalam kendaraan Anda. Apabila Anda berkendara sepeda motor, Anda dapat singgah dulu di mini market atau warung terdekat untuk membeli air mineral. Daripada minuman berkafein (seperti teh serta kopi) yang memang menunda rasa kantuk tetapi mungkin tinggi kalori (karena kandungan gulanya) serta diuretik (menyebabkan rasa ingin terus menerus buang air kecil serta rasa haus), lebih baik minum air mineral yang telah jelas berguna untuk tubuh. Terkadang, dehidrasi selama perjalanan dapat juga membuat Anda mengantuk.

f. Untuk para pengendara mobil atau sepeda motor (juga kendaraan angkutan umum), ingat, syarat dapat berkendara dengan baik yaitu tidur minimal 6-8 jam saat malam sebelumnya.

Baca juga: Penyebab, Cara Mengatasi dan Makanan Yang Bisa Mengatasi Rasa Mual Pada Ibu Hamil

LEAVE A REPLY