Inilah 18 Manfaat Vitamin B3 Untuk Tubuh Manusia

0
256
gambar via: Friedreich's Ataxia News

Tubuh memerlukan vitamin untuk asupan tubuh, salah satunya adalah vitamin B3. Vitamin B3 bisa di dapat dari berbagai jenis makanan yang kita makan sehari-hari. Berikut ini adalah manfaat dan juga makanan apa saja yang bisa menjadi sumber vitamin B3 bagi tubuh.

Manfaat Vitamin B3

B3 bisa menurunkan kolesterol pada darah dengan mengkonsumsi B3 setiap harinya. Maksud dari kolesterol ini yaitu kolesterol buruk yang dibunuhnya serta dapat meningkatkan kolesterol baik. Karena kolesterol baik dapat berguna untuk tubuh. Menurut riset vitamin B dalam ukuran 1100 gram yang dikonsumsi sehari-harinya sudah efektif untuk membunuh kolesterol buruk serta mengembalikan kolesterol baik. Bukan hanya itu vitamin B3 ini bisa mencegah terjadinya penebalan plak pada dinding arteri. gambar via: So Good

Terdapat banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh vitamin B3 untuk tubuh manusia. Bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B3.

Membantu menghilangkan bekas kemerahan pada kulit

Kulit adalah bagian tubuh yang sering terserang polusi serta kuman yang lain. Kulit sangat sensitif pada kuman serta lain sebagiannya. Oleh karena itu kulit membutuhkan perawatan yang khusus terutama pada bakteri. Ketika kulit terkena bakteri, kulit akan berubah warna jadi kemerahan, serta itu semua dapat disembuhkan dengan konsumsi vitamin B3 ini.

Membantu menambah nafsu makan

Nafsu makan saat sedang sakit biasanyaakan menyusut. Bahkan juga banyak orang yang tidak nafsu untuk makan saat sedang tak enak badan. Karenanya beberapa dokter akan merekomendasikan untuk konsumsi B3 agar stamina serta nafsu makan dapat kembali.

Menghaluskan kulit

Selain untuk kesehatan, B3 ini telah diformulasikan untuk mengobati kulit. Terlebih untuk mengobati kulit yang kasar hingga kulit menjadi halus kembali. Jadi tidak salah jika vitamin ini banyak dipakai untuk produk kecantikan.

Menyembuhkan diare

Selain untuk kecantikan, vitamin B3 juga berguna untuk menyembuhkan diare. Karena ia bekerja langsung untuk menambah metabolisme tubuh terutama menyembuhkan penyakit.

Menyembuhkan pembengkakan

Manfaat B3 yang lain yaitu bisa mengobati pembengkakan yang terjadi pada tubuh, terlebih di bagian tubuh yang sangat rentan. Vitamin B3 bisa mengembalikan pembengkakan menjadi sembuh kembali.

Membantu pencernaan

Selain menyembuhkan diare, vitamin ini dapat untuk menjaga pencernaan agar pencernaan bisa berfungsi dengan normal. Dengan adanya vitamin B3 dalam tubuh bisa membantu tubuh untuk mengontrol serta mengawasi benda asing yang masuk serta melawannya karena ia mempunyai fungsi mengebalkan metabolisme pada tubuh.

Menurunkan kolesterol

B3 bisa menurunkan kolesterol pada darah dengan mengkonsumsi B3 setiap harinya. Maksud dari kolesterol ini yaitu kolesterol buruk yang dibunuhnya serta dapat meningkatkan kolesterol baik. Karena kolesterol baik dapat berguna untuk tubuh. Menurut riset vitamin B dalam ukuran 1100 gram yang dikonsumsi sehari-harinya sudah efektif untuk membunuh kolesterol buruk serta mengembalikan kolesterol baik. Bukan hanya itu vitamin B3 ini bisa mencegah terjadinya penebalan plak pada dinding arteri.

Mengobati pelaga

Pelaga atau kelemahan pada otot ini bisa diatasi dengan mudah memakai vitamin B3. Hal semacam ini biasa disebabkan karena terjadinya defisiensi vitamin B3 yang sangat parah. Oleh karenanya membutuhkan banyak vitamin B3 untuk mengembalikan agar tak terjadi pelaga nantinya. Selain itu seorang yang menderita pellagra ini memang memerlukan suplemen vitamin B3 untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat sesuai untuk diet.

Mengobati rasa nyeri

Selain berfungsi untuk meredakan pembengkakan, vitamin ini bisa menyembuhkan rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap orang. Sama halnya karena obat ini membantu menstabilkan metabolisme tubuh.

Perawatan kecantikan

Saat ini telah banyak kosmetik serta alat kecantikan yang memberikan kandungan vitamin B3 di dalam produk mereka. Karenanya apabila ingin yang alami serta mengkonsumsi B3 yang alami bisa konsumsi makanan yang mengandung B3. Tentu untuk kecantikan bukan hanya vitamin B3 saja namun memerlukan vitamin yang lain seperti vitamin A, vitamin C serta vitamin E.

Pengobatan diabetes

Vitamin B3 ini juga baik dipakai untuk menyembuhkan gula darah tinggi atau sering disebut diabetes. Penderita diabetes bisa memakai manfaat vitamin B3 ini untuk mengontrol kandungan gula darah sehingga kandungan gula darah tidak terlalu tinggi serta akan mudah untuk sembuh.

Mengobati jantung

Selain baik untuk mencegah diabetes serta menyembuhkan diabetes, vitamin B3 ini juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung terutama pada mereka yang mempunyai lemah jantung. Mengkonsumsi vitamin B3 secara teratur bisa menolong serta menyembuhkan. Tentu dengan penggunaan yang rutin serta teratur.

Mencegah katarak

Sama seperti dengan vitamin Aedes Aegepty, vitamin B3 ini juga memiliki manfaat yang hampir sama juga dengan vitamin A. Ia akan dapat menyembuhkan katarak. Walau vitamin B3 hanya bekerja untuk membantu sistem penyembuhan luka yang terjadi karena katarak yang ada di mata.

Meningkatkan kekuatan pada sel otak

Vitamin B3 bukan hanya diformulasikan untuk kecantikan kesehatan tubuh saja, ternyata vitamin ini banyak dipakai untuk menambah kecerdasan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Pada umur ini anak sangat memerlukan formulasi yang menambah kecerdasan serta keaktifan dalam beraktivitas. Karena itu kenapa vitamin B3 in sangat disarankan untuk menambah kecerdasan selain vitamin-vitamin yang lain.

Meningkatkan fleksibilitas pada sendi

Sendi memerlukan fleksibilitas dalam bergerak agar dalam pergerakan sendi tak terjadi kram atau kesemutan. Karena sangat beresiko kram atau kesemutan itu bila dibiarkan begitu saja.

Masalah tidur

Masalah tidur umum berlangsung pada mereka yg tidak menjaga kesehatannya. Karenanya makanlah vitamin B3 supaya kesehatan tertangani serta tak berlangsung masalah pada tidur supaya badan senantiasa sehat.

Kesehatan Kulit, Rambut, serta Kuku

Karena sangat banyak wanita modern yang mementingkan kesehatan penampilannya seperti kulit, rambut, serta kuku, maka vitamin B3 ini tepat untuk dikonsumsi. Untuk sirkulasi kesehatan kulit vitamin B3 juga tepat untuk dikonsumsi. Bahkan juga kulit dapat terlihat lebih cerah, proses penuaan yang lebih lama, dan penundaan uban pada rambut. Kesehatan kulit, rambut serta kuku ini jelas sangat tergantung pada sintesis RNA serta DNA. Dimana sintesis itu dibantu oleh vitamin B3 ini. Sehingga kuku juga dapat panjang teratur atau lebih cepat, demikian juga rambut tergantung dari konsumsi harian vitamin B3.

Menghasilkan Hormon Seks

Hormon seks yang ada pada tubuh kita juga dipicu produksinya dengan vitamin. Salah satunya adalah vitamin B3. Tubuh mempunyai kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon seks serta stress yang saling berkaitan. Bahkan juga vitamin B3 inilah yang merangsang kelenjar adrenal untuk bekerja lebih banyak menghasilkan hormon. Tentu sangat terkait dengan kesuburan alat baik pria ataupun wanita. Sehingga vitamin B3 ini lebih banyak dikonsumsi untuk mereka sedang merencanakan kehamilan.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B3

Telur juga memiliki kandungan vitamin B3. Dibedakan menjadi dua, yakni kuning telur serta putih telur. Kuning telur memiliki kandungan vitamin B3 0,004 mcg dan untuk putih telur memiliki kandungan 0,035 vitamin B3. Dengan takaran yang sama yakni 1 butir telur. Telur sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Bahkan juga telur sendiri sangat baik untuk kesehatan jantung. Telur dapat disajikan dalam bentuk rebusan atau digoreng. Ada baiknya bila digoreng tidak terlalu lama sehingga kandungan vitamin B3 tidak sampai betul-betul hilang karena sangat lama dimasak. gambar via: Aneka Top 10

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B3 yang baik serta mudah ditemui:

Jamur

Jamur menjadi salah satu sumber vitamin B3 yang cukup. Setidaknya dalam 100 gr jamur memiliki kandungan 3.6 mcg vitamin B3 (niasin). Tetapi, tak semua jamur layak di konsumsi karena sebagian ada yang beracun dan beresiko bila di konsumsi.

Ikan Tuna

Ikan laut yang satu ini memiliki kandungan sekitaran 18.7 mcg vitamin B3 dari 3 ons ikan tuna. Kandungan ini dapat dirasakan bila mengolah ikan tuna dengan cara dibakar atau dipanggang. Angka normal kebutuhan gizi berbentuk vitamin B3 yaitu 14 – 16 mcg. Dengan begitu, secara otomatis tubuh dapat memenuhi standar keperluan vitamin B3 hanya dengan mengkonsumsi 3 ons ikan tuna.

Asparagus

Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini termasuk juga dalam sumber vitamin B3. Kandungan gizi berupa niasin dalam 1 cangkir asparagus yaitu 1.31 mcg, angka yang masih jauh dari standar kebutuhannya (14-16 mcg). Tetapi, tak ada salahnya bila Anda memperbanyak konsumsi asparagus setiap hari.

Kacang-kacangan serta biji-bijian

Vitamin B3 dapat juga ditemukan pada makanan berjenis kacang-kacangan serta biji-bijian seperti kacang tanah, kacang almond, biji mustard serta ada banyak lagi. Dalam kacang tanah, per onsnya memiliki kandungan sebanyak 3.8 mcg vitamin B3. Sedangkan kacang almond, per 3 onsnya menyimpan sekitaran 0.95 mcg. Untuk biji mustard, kurang lebih terdapat 0.9 mcg vitamin B3 dalam takaran satu sendok makan.

Susu

Susu menjadi sumber vitamin B3 yang cukup optimal serta baik untuk tubuh. Kandungan kalsiumnya juga membantu tubuh untuk menguatkan tulang serta mencegahnya dari kekeroposan atau osteoporosis. Biasakan setiap pagi untuk minum susu satu gelas.

Ikan Salmon

Salmon sendiri memiliki kandungan vitamin B3 sebesar 7,56 mcg untuk setiap 4 onsnya. Atau untuk takaran 3 ons memiliki kandungan vitamin B3 6 mcg. Dimana memenuhi 37% kebutuhan vitamin B3 harian. Salmon serupa seperti tuna, tak disemua perairan mudah ditemukan. Sehingga tak semua pasar ikan menjual ikan salmon. Anda dapat memperoleh ikan salmon di supermarket modern yang ada di kota anda. Bahkan juga sudah ada dalam bentuk kalengan atau sarden.

Dada Ayam

Ayam di Indonesia dibedakan menjadi ayam potong, ayam kampung, serta kalkun. Memang paling banyak ayam yang dijual di pasaran yaitu ayam potong. Untuk dada ayam tanpa ada kulit serta dibakar 150 gram memiliki kandungan vitamin B3 sejumlah 33 mcg. Sangat banyak untuk keperluan sehari vitamin B3 yang dianjurkan. Dengan kegemaran makan daging ayam ini, terutama dada ayam akan membuat anda tak perlu bingung memenuhi keperluan vitamin B3.

Daging Rusa

Daging Rusa yaitu daging yang cukup sulit diperoleh di Indonesia. Karena daging rusa tidak diternakkan seperti daging domba maupun sapi. Namun daging rusa memiliki kandungan banyak vitamin B3. Daging rusa sebanyak 4 ons memiliki kandungan vitamin B3 sebanyak 8,43 mcg. Menurut fakta data kalau vitamin B3 ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, terutama yang terdapat di dalam daging rusa (tentu juga ada faktor dari vitamin serta zat lain yang berguna untuk tubuh pada daging rusa).

Hati Domba

Hati domba sulit ditemui dari pada daging sapi, daging ayam serta daging kambing. Harganya pasti juga mahal, namun khasiatnya juga terjamin. Kandungan vitamin B3 per 100 gramnya yaitu 16, 7 mcg. Tepat memenuhi kebutuhan vitamin B3 pada orang dewasa. Bahkan vitamin B3 ini pada kedokteran modern telah dijadikan antibiotik. Sehingga mengkonsumsi hati domba dapat juga menyehatkan tubuh serta melindungi kinerja tubuh melawan penyakit.

Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan banyak vitamin B3. Untuk takaran daging sapi 4 ons memiliki kandungan 9,25 mcg. Untuk itu konsumsi daging sapi juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B3 anda meskipun tak langsung terpenuhi. Bahkan juga untuk takaran 3 ons saja hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin B3 sebanyak 3 mcg untuk tubuh. Tentu daging sapi menjadi pilihan kesekian kali karena harganya yang mahal serta kandungan vitamin B3nya yg tidak begitu tinggi. Namun masih tetap layak di konsumsi bila keuangan anda mencukupi, daging sapi dan juga lebih lezat dibanding daging ayam.

Telur

Telur juga memiliki kandungan vitamin B3. Dibedakan menjadi dua, yakni kuning telur serta putih telur. Kuning telur memiliki kandungan vitamin B3 0,004 mcg dan untuk putih telur memiliki kandungan 0,035 vitamin B3. Dengan takaran yang sama yakni 1 butir telur. Telur sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Bahkan juga telur sendiri sangat baik untuk kesehatan jantung. Telur dapat disajikan dalam bentuk rebusan atau digoreng. Ada baiknya bila digoreng tidak terlalu lama sehingga kandungan vitamin B3 tidak sampai betul-betul hilang karena sangat lama dimasak.

Buah Mangga

Jenis buah mangga paling banyak ditanam di Indonesia. Karena baik dari bentuk ataupun macamnya serta rasanya. Untuk buah mangga dengan ukuran sedang, satu buah mangga terdapat vitamin B3 sebanyak 1,5 mcg. Mangga ini banyak juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin A, vitamin C serta beta karoten. Konsumsi buah mangga termasuk juga memenuhi keperluan vitamin B3 anda sehari-hari secara alami.

Baca juga: Rahasia Dan Tata Cara Puasa Daud

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY