Mari Kenalkan Permainan Sunda Manda Pada Anak

0

Seruni.id – Pernahkah anda bermain sunda manda? Sunda Manda adalah permainan yang berasal dari Belanda yaitu Zondag Maandag. Jika anda berada di Jawa maka permainan ini dikenal dengan nama Engklek, Betawi Deprok dan Bali Dengkleng Teprok (setiap daerah memiliki nama yang berbeda). Permainan ini biasanya dilakukan oleh 2 orang anak atau lebih.

Pada permainan ini setiap anak akan membawa pecahan genting atau biasa disebut dengan gacuk atau kereweng sebagai salah satu alat dalam permainan ini. Gacuk/ kreweng ini akan ditempatkan di salah sau petak yang tergambar di atas tanah atau jalan dengan cara dilempar. Dibutuhkan lahan yang cukup luas untuk menggambar pola ini karena biasanya terdapat 8 buah petak dengan gambar gunung diatasnya.

Cara bermainnya, anda akan melompat menggunakan satu kaki disetiap petak – petak yang telah digambar dan petak yang ada gacuk atau kereweng tidak boleh diinjak oleh setiap pemain.

Untuk anda mungkin permainan ini sudah sedikit sulit dimainkan namun untuk anak anda Permainan sunda manda ini sangat baik untuk pertumbuhan anak karena anak akan aktif bergerak dan berusaha untuk menjaga keseimbangan saat melompat.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY