Basmi Masuk Angin Dengan Ketahui Cirinya dan Cara Mengatasinya

0
gambar: Hansa Center for Optimum Health

Sering mengalami masuk angin? Masuk angin memang suatu penyakit yang seringkali menyerang tubuh kita. Apalagi ketika cuaca sedang tidak menentu dan lebih sering hujan. Ketika masuk angin, tubuh akan merasa tidak enak dan akan malah menggangu aktivitas keseharian kita. Untuk itu, coba ketahui dulu yuk ciri-ciri orang masuk angin dan juga cara mengatasinya.

Ciri-ciri Masuk Angin

gambar: Hansa Center for Optimum Health
gambar: Hansa Center for Optimum Health

1. Tubuh Merasa Kedinginan

Tubuh merasa kedinginan merupakan salah satu ciri dari orang yang masuk angin. Dengan sering terkenanya tubuh dengan udara dingin akan mengakibatkan udara dingin itu masuk ke dalam tubuh, mengakibatkan tubuh kita menggigil seperti berada dalam ruangan yang dingin. Umumnya ciri tubuh menggigil sangat mudah dirasa untuk penderita masuk angin.

2. Perut Merasa Kembung

Orang yang terserang masuk angin umumnya akan mengalami perut terasa kembung. Hal semacam ini bisa berlangsung karena udara yang masuk ke dalam tubuh kita terlalu berlebih serta berdampak pada perut. Lambung yang mengandung banyak udara akan mengakibatkan perut terasa kembung akibat udara yang masuk ke dalam tubuh kita.

3. Mual Juga Mulas

Mual juga mulas adalah ciri yang dihadapi oleh orang yang masuk angin. Mual serta mulas ini dapat berawal dari perut yang merasa kembung lalu lama kelamaan akan berdampak pada terjadinya mual serta mulas. Saat mual serta mulas ini seseorang akan sulit untuk mengkonsumsi makanan karena ada rasa tak enak pada perut.

4. Tubuh Terasa Sangat Lelah

Masuk angin memang bukan hal yang sepele karena dampak dari masuk angin ini akan sangat kita rasakan dalam keseharian kita. Tubuh yang merasa lelah juga jadi ciri orang yang tengah masuk angin. Dengan tubuh yang mudah lelah pasti kita tidak bisa menjalankan semua kegiatan kita dengan baik serta bisa mengganggu semua kegiatan yang kita kerjakan. Jika tubuh sudah merasa lelah, sebaiknya istirahatkan tubuh dengan porsi yang pas, agar tubuh kembali fit dan bisa beraktivitas kembali.

5. Sering Mengantuk

Sering mengantuk juga menjadi satu diantara ciri dari orang yang sedang terkena gejala masuk angin. Saat tubuh kita mengalami penurunan pasti akan beresiko pada performa dalam tubuh. Dengan performa yang menurun akan mengakibatkan semua kegiatan jadi terganggu serta akan mudah lelah. Orang yang mudah lelah umumnya akan sering mengantuk karena tubuh butuh untuk memperbarui performanya supaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Istirahatkan tubuh secara teratur, agar terhindar dari mengantuk dan juga masuk angin.

6. Nafsu Makan Berkurang

Dengan tubuh yang sakit pasti nafsu makan kita akan menyusut. Bila hal semacam ini sering berlangsung maka tubuh tidak akan memperoleh asupan gizi dalam tubuh kita. Memang orang yang masuk angin akan mengalami penurunan nafsu makan. Tetapi tubuh juga butuh memperoleh asupan, terlebih orang yang tengah sakit pasti asupan yang diperlukan semakin lebih banyak dari orang yang sehat.

7. Sulit Buang Gas

Orang yang tengah masuk angin akan mengalami sulitnya buang gas. Hal ini bisa terjadi karena perut orang yang sedang masuk angin umumnya akan mengalami permasalahan serta lambung akan sulit untuk melakukan kinerjanya hingga akan mengalami kesulitan mengelurkan gas. Tetapi bila gas itu telah mudah keluar, maka tandanya pencernaan mulai berkerja dengan baik.

8. Keringat Dingin

Keringat dingin adalah ciri awal seseorang mengalami yang namanya masuk angin. Keringat dingin sebagai pertanda seseorang tengah dalam proses penurunan daya tahan tubuh. Dalam menanggapi tubuh yang akan terkena penyakit, tubuh akan mengalami beberapa respon spesifik salah satunya adalah dengan keluarnya keringat dingin dari dalam tubuh.

9. Tubuh Terasa Tidak Enak

Umumnya tubuh yang akan mulai terkena penyakit akan mengakibatkan tidak enak badan, begitu juga yang terjadi pada orang yang masuk angin, akan mengalami tidak enak badan. Saat kita mengalami tidak enak badan pasti akan menurunkan semua performa kita dalam menjalankan semua kegiatan, baik akan mengganggu kegiatan kita ataupun akan menurunkan hasil kerja kita. Serta tidak enak badan ini seringkali dirasakan bagi orang yang akan masuk angin.

10. Pilek

Untuk orang yang sedang masuk angin, organ hidungnya akan menerima dampak dari masuk angin ini salah satunya adalah pilek. Pilek memang sering terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin. Pilek akan sangat merepotkan karena organ yang berperan sebagai alat bantu dalam pernafasan akan terganggu dengan hadirnya pilek sehingga proses pernafasan dalam tubuh jadi terganggu. Selain itu juga pilek akan membuat makanan apapun yang kita makan tidak akan terasa enak, dan terasa hambar.

11. Pusing Kepala

Pusing adalah salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Untuk orang yang mengalami masuk angin pasti membuat kegiatan yang dilakukan akan terganggu karena akan mengakibatkan konsentrasi kita jadi tidak baik lagi. Pusing juga bukan hanya tanda dari masuk angin, maka dari itu ketika kepala merasa pusing lebih baik ketahui apa penyebabnya.

12. Batuk-batuk

Orang yang mengalami masuk angin umumnya akan mengalami batuk-batuk. Batuk-batuk ini adalah gejala awal ketahanan tubuh yang menurun. Saat ketahanan tubuh kita menurun, akan mengakibatkan semua kegiatan yang kita kerjakan sehari-hari akan terganggu. Batuk-batuk memang sangat merepotkan. Apalagi ketika kita sedang banyak aktivitas yang dilakukan, batuk-batuk akan sangat mengganggu keseharian kita.

13. Sakit Perut

Sakit perut akan menyebabkan rasa tak nyaman untuk tubuh kita. Dengan sakit perut yang kita alami maka makanan yang kita konsumsi akan terasa tak enak. Sakit perut ini akan menganggu kita dalam mengkonsumsi makanan yang kita makan. Saat masuk ke dalam lambung bukan rasa nyaman yang kita rasakan sesudah mengkonsumsi makanan. Lama kelamaanakan menyebabkan rasa yang tidak enak saat kita mengkonsumsi makanan.

14. Muntah-muntah

Sakit merupakan salah satu tanda seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Ciri seseorang yang tengah sakit sangat beragam, seperti muntah. Muntah-muntah adalah ciri yang dialami oleh seseorang yang sedang masuk angin. Saat seseorang mual hingga terjadi muntah-muntah dan pada akhirnya menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh kita. Muntah-muntah ini akan mengakibatkan asupan yang masuk ke dalam perut kita akan keluar lagi sehingga kita tak memperoleh asupan sama sekali. Tubuh pun akan merasa lemas ketika sering muntah-muntah, karena asupan yang berkurang di dalam tubuh.

15. Sesak Napas

Tubuh sangat membutuhkan sirkulasi udara dalam tubuh kita. Kandungan oksigen yang ada dalam udara lah yang dibutuhkan dalam tubuh untuk membantu metabolisme dalam tubuh kita. Sesak nafas yang merupakan ciri dari seseorang yang masuk angin akan menganggu sirkulasi udara dalam tubuh sehingga akan menurunkan kemampuan pernafasan. Sesak nafas yang berkelanjutan akan membuat dada terasa sakit karena sulitnya sistem pernafasan yang berlangsung dalam tubuh.

16. Panas Tinggi

Masuk angin memang memiliki tanda-tanda yang banyak yang dirasa tiba-tiba ataupun yang dialami berangsur-angsur. Panas tinggi yang berlangsung waktu masuk angin umumnya tidak akan bertahan lama saat seseorang istirahat yang cukup. Panas tinggi ini berlangsung karena ada respon tubuh dalam menolak penyakit yang menyerang tubuh. Karenanya ada panas yang tinggi yang diharapkan akan membangkitkan ketahanan tubuh kita yang mengalami penurunan akibat penyakit yang menyerang.

17. Diare

Diare adalah penyakit yang sangat berbahaya untuk kita, tetapi ada banyak orang yang menyepelekan penyakit tersebut . Penyakit diare ini bahkan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kematian jika diare yang dihadapi telah sangat parah. Seseorang yang mengalami diare dapat pula dikatakan seseorang itu mengalami masuk angin. hal semacam ini dapat terjadi lantaran umumnya orang yang mengalami masuk angin akan mengalami masalah pencernaan yang bahkan juga pada akhirnya akan mengakibatkan tanda-tanda diare.

18. Tubuh dan Persendian Terasa Sakit

Kegiatan yang kita alami kadang-kadang banyak membuat kita lupa akan kesehatan kita sendiri. Terkadang rasa lelah yang kita rasakan juga selalu kita abaikan sehingga membuat tubuh sakit. Tubuh dan persendian merasa sakit adalah salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Hal semacam ini terjadi karena tubuh mengalami kelelahan akibat kegiatan yang dilakukan terlalu berlebih. Dengan kegiatan yang terlalu berlebih pasti akan mengakibatkan dampak yang sangat buruk untuk tubuh kita.

19. Sering Bersendawa

Sendawa adalah hal yang lumrah serta sering dilakukan orang-orang. Ternyata sering sendawa juga adalah salah satu diantara ciri dari orang yang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi lantaran tubuh sangat banyak mengandung udara hingga terjadinya sendawa sebagai pengeluaran udara yang terlalu berlebih pada tubuh. Tetapi perlu diketahui, dengan sendawa yang terlalu berlebih akan menjadi sinyal kalau kita akan mengalami masuk angin, jadi supaya masuk anginnya tidak berkelanjutan, ada baiknya butuh diantisipasi sejak dini untuk melindungi kesehatan tubuh.

20. Pegal-pegal

Pegal-pegal adalah dampak dari tubuh yang mengalami kelelahan akibat kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari. Ternyata pegal-pegal juga menjadi ciri dari seseorang mengalami masuk angin. Hal semacam ini berlangsung karena tubuh yang membutuhkan istirahat juga memerlukan waktu untuk memperbarui performa tubuh akibat keseharian yang dilakukan oleh tubuh kita. Pegal-pegal ini sangat mudah dihilangkan dengan mengistirahatkan tubuh, dan juga dengan cara pemijatan yang cocok.

21. Mata Berkunang-kunang

Mata berkunang-kunang juga adalah salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Hal itu berlangsung karena mata sebagai organ utama tak mampu untuk menahan rasa lelah dari tubuh dengan beragam kegiatan yang terlalu berlebih. Bila terjadi mata yang berkunang-kunang, upayakan untuk segera mengkondisikan tubuh untuk istirahat segera agar tak terjadi hal yang tak dikehendaki.

22. Tenggorokan terasa tak enak

Efek dari orang yang sedang mengalami masuk angin yaitu tenggorokan yang terasa tak enak. Hal ini berlangsung lantaran saat ketahanan tubuh kita mengalami penurunan maka akan menyebabkan kemampuan organ-organ pada tubuh jadi menurun, salah satunya adalah dengan berkurangnya fungsi dari organ tenggorokan sebagai penyalur makanan yang masuk ke dalam tubuh. bila tenggorokan sebagai penyalur makanan telah terganggu maka umumnya nafsu makan akan menurun. Biasanya juga tenggorokan tidak hanya terasa tak enak dalam mengkonsumsi makanan, tetapi juga tenggorokan mengalami rasa sakit waktu ada makanan yang dikonsumsi.

23. Bawaan Tidur

Bawaan tidur yaitu salah satu dari ciri orang yang sedang mengalami masuk angin. Hal ini berlangsung lantaran tubuh kita tidak dapat lagi menahan rasa lelah karena kegiatan yang kita kerjakan terlalu berlebih, dan juga tubuh yang harusnya diistirahatkan. Bawaan tidur ini dapat adalah hal yang lumrah jika seseorang tengah mengalami masuk angin, tandanya tubuh betul-betul perlu untuk diperbarui performanya lewat istirahat yang cukup juga saat tidur yang sesuai.

Cara Mengatasi Masuk Angin

gambar via: Immunophen
gambar via: Immunophen

1. Jangan Konsumsi Makanan serta Minuman Dingin

Saat tubuh masuk angin, upayakan untuk menghindari serta tak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin. Karena akan malah memperburuk sakit yang dialami oleh orang yang masuk angin. Konsumsi makanan serta minuman yang dingin sebenarnya tak baik untuk tubuh kita terlebih yang mengkonsumsi itu adalah orang yang tengah sakit pasti akan memperparah penyakit yang dideritanya. Konsumsilah makanan dan minuman yang hangat, yang juga bisa menghangatkan tubuh kita. Jadi tubuh akan lebih cepat pulih dari masuk angin.

2. Makan Teratur

Saat seseorang sedang sakit, tubuhnya juga butuh asupan yang lebih baik dari biasanya. Maka orang yang tengah sakit harus selalu menjaga makanan yang akan di konsumsi. Makan secara teratur merupakan salah satu contoh dari menjaga asupan yang kita makan. Meskipun terkadang orang yang sedang sakit nafsu makannya akan mengalami penurunan, tetapi tubuh tetaplah membutuhkan adanya asupan. Jadi, ketika tubuh terasa sakit, lebih baik paksakan untuk tetap makan secara teratur, agar tubuh tetap mendapatkan asupan yang baik, dan bisa cepat pulih dari sakit yang dirasakan.

3. Memakai Pakaian Hangat

Pakaian hangat bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menangani masuk angin. Dengan pakaian hangat maka meriang serta demam yang dialami oleh tubuh dapat hilang dengan kehangatan pakaian hangat yang digunakan. Selain itu, udara dingin juga tidak akan bertambah masuk ke dalam tubuh yang memang sudah masuk angin.

4. Minum Air Jahe

Jahe merupakan tanaman yang sangat berguna untuk tubuh. Jahe juga memiliki manfaat yang begitu banyak untuk tubuh. Tidak hanya sebagai minuman yang enak tetapi juga punya pengaruh pada tubuh. minum air jahe sangat dianjurkan untuk orang yang sedang masuk angin lantaran akan memberi rasa hangat pada tubuh sesudah mengkonsumsi air jahe ini. Kandungan yang ada dalam jahe juga akan membuat tubuh jadi lebih sehat. Ini karena kandungan dalam jahe bisa meningkatkan ketahanan tubuh kita hingga tubuh kita lebih kebal pada penyakit.

5. Istirahat

Salah satu yang terpenting saat sakit yaitu istirahat yang cukup serta teratur. Istirahat juga sangat penting untuk tubuh kita karena akan menaikkan ketahanan tubuh kita, dapat juga membantu metabolisme tubuh menjadi lancar dengan begitu tubuh akan jadi lebih sehat. Tubuh juga akan terhindar dari lelah dan sering mengantuk. Selain itu dengan istirahat yang cukup, tubuh akan terjaga dari terserang masuk angin yang bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi terganggu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masuk angin. Dengan mengetahui cara mengatasinya, kita akan lebih bisa menangani tubuh kita saat terjadi masuk angin. Tak perlu pusing lagi untuk mengira-ngira apakah yang kita rasakan tersebut adalah masuk angin atau bukan, karena di atas sudah dijelaskan mengenai ciri-ciri orang yang terkena masuk angin.

Jagalah selalu kesehatan tubuh kita, agar kita tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Baca juga: Yum… Ini Nih 16 Makanan Berbahan Dasar Nasi Yang Harus Kamu Coba

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY