Ingin Melamar Kekasih? Coba Ketahui Dulu Langkah Melamar Agar Lamaranmu Diterima

0
Melamar kekasih

Melamar menjadi keinginan banyak orang ketika ia sudah ingin menikah. Lamaran menjadi satu tahapan bagi seseorang sebelum melanjutkan ke tahapan pernikahan, banyak orang yang ingin menikah dan menjalin hubungan lebih serius dengan melamar atau mengikat.

Kamu udah mendapatkan wanita yang cocok untuk menghabiskan sisa hidup kamu, cepatlah bergerak untuk meneruskan ke tahap seterusnya. Memanglah, salah satunya hal yang paling menegangkan dalam kehidupan seorang pria yaitu saat melamar wanita yang amat dikasihinya untuk menikah.

Pernikahan yaitu suatu hal yang sakral, karenanya kamu mesti mengawalinya dengan acara lamaran yang terkesan supaya senantiasa teringat diingatan wanita kesayangan kamu. Nah, lamaran seperti apa yang dapat jadi peristiwa paling romantis untuk calon istrimu ?

Saat sebelum Anda mau melamar seseorang wanita, pastinya mesti tahu beberapa hal supaya kamu tidak kaget mendengar jawaban pasangan yang mau kamu pinang. Pastinya ada beberapa langkah untuk melamar seseorang wanita.

1. Meyakinkan Dapat Jawaban Kekasih yang Sesuai Keinginan

Mendapatkan jawaban yang pasti dari kekasih saat dilamar
Mendapatkan jawaban yang pasti dari kekasih saat dilamar

Mungkin saja kamu udah merasa berhasil kalau dengan merajut hubungan asmara dengan dirinya, tentu nantinya sang kekasih bakal menerima lamaran kamu selanjutnya. Keadaan demikianlah tentulah bakal amat riskan. Komunikasi yang baik serta hubungan yang hangat akan tetapi, dalam komunikasi kamu itu kamu sekalipun tidak pernah menyinggung tentang hasrat, harapan, serta pencapaian hidup kamu bersama-sama selanjutnya jelas bikin kamu ada dalam keadaan 50:50.

Oleh karenanya, baiknya terlebih dahulu kamu bisa meyakinkan kalau hubungan kamu bersama sang kekasih udah sama-sama ada dalam keadaan yang meyakini pada hubungan asmara yang kamu jalin dengannya. Jelas dengan cara terlebih dahulu kamu bisa berkomunikasi dengan sama-sama mengandai-andai bersamanya.

Begitu, jelas kamu juga nanti bisa lihat dengan terang tanggapan dari sang kekasih. Saat ia juga bercerita pencapaian kehidupan bersamanya kelak, bisa di pastikan saat kamu melamarnya, ia juga akan dengan senang hati untuk menerimanya.

2. Memperlihatkan Sikap yang Santai Saat Ingin Melamar

Memiliki sifat santai saat melamar
Memiliki sifat santai saat melamar

Sesudah kamu bisa meyakinkan mengenai jawaban dari sang kekasih untuk melamarnya nanti, waktunya untuk tetap memperlihatkan sikap yang santai. Saat kamu udah berkemauan melamar sang kekasih, pastinya kamu tidak butuh memperlihatkan sikap maupun perlakuan yang istimewa tehadapnya.

Saat kamu memperlihatkan hal itu, jelas hanya akan bikin lamaran kamu tidak dapat menjadi sebuah hal yang ekslusif serta istimewa baginya. Berlaku santai serta wajar saat sebelum melamarnya jelas bakal bikin lamaran kamujadi sesuatu yang teristimewa dalam kehidupannya.

3. Belilah Cincin untuk Melamar Sesuai Dengan Kondisi Keuangan Anda

Membeli cincin lamaran yang sesuai budget
Membeli cincin lamaran yang sesuai budget

Melamar kekasih pastinya bakal amat identik dengan cincin sebagai lambang kalau kamu udah mempercayai kalau sang kekasih merupakan pasangan hidup yang baik untuk kehidupan kamu bersamanya kedepannya. Keadaan demikian, kadangkala membuat beberapa pria menjadi terbebani saat mereka berkemauan untuk memberi cincin yang mahal serta mewah ketika melamar kekasihnya.

Oleh karenanya, saat sebelum melamar kekasih, sebaiknya kamu bisa mencari serta membeli cincin sesuai dengan kemampuan finansial mu. Apalah artinya sebuah barang yang mahal bila cuma bakal bikin dirimu menjadi terbebani. Jelas sang kekasih juga akan tidak merasa bahagia saat cincin yang kamuberikan cuma membuat kamu terbebani.

4. Sudah Mengenal Keluarga Pasangan Sebelum Melamar

Sudah mengenal orang tua pasangan sebelum melamar
Sudah mengenal orang tua pasangan sebelum melamar

Melamar sang kekasih jelas akan menjadi tanda bahwa kamu udah terasa meyakini untuk menikah dengannya. Jelas saat kamu menikah, keluarga sang kekasihlah yang memiliki peran penting oleh karena dari orang tua kekasih lah restu mereka berasal.

Oleh karenanya, melamar memiliki arti mengharuskan kamu sudah bisa tahu keluarga terlebih orang tua pasangan dengan baik. Tidak cuma sekedar kenal tetapi keluarga ataupun orang tua sang kekasih udah mengetahui dengan baik, diiringin restu mereka pada keinginan kamu untuk eminang putrinya.

5. Carilah Tempat Sepi Untuk Melamar Sang Kekasih Jika Kamu Seorang Pemalu

Melamar wanita di taman
Melamar wanita di taman

Rasa gugup serta canggung saat kamu akan melamar sang kekasih tentulah menjadi sebuah perasaan yang bakal dialami. Jangan sampai pada kondisi ini, hasrat kamu untuk menikah dengannya tidak bisa tersampaikan dengan baik.

Saat kamu terasa gugup waktu harus melamarnya di tempat umum maupun pada tempat yang banyak dikunjungi orang. baiknya, kamu bisa mencari tempat yang sunyi tetapi tetap mempunyai suasanan yang romantis. Keadaan sekian jelas bisa bikin kamu menjadi lebih tenang agar bisa menyampaikan dengan baik atas kemauan kamu untuk melamarnya.

6. Memiliki rencana Lamaran Dengan Cara yang Unik

Melamar dengan cara unik
Melamar dengan cara unik

Bikin sebuah ide yang matang saat hendak melamar sang kekasih melalui langkah yang unik jelas bakal bikin hal itu menjadi sebuah keadaan yang tidak terlupakan olehnya nanti.

Umpamanya kamu bisa menyebutkan hal itu diatas gunung maupun di tempat pujaan kamu dan kekasihmu. Jelas sang kekasih tidak bakal pernah lupa dengan peristiwa mengharukan itu. Hingga lamaran kamu juga bakal jadi lebih terkesan serta tidak sama dengan prosesi lamaran yang dikerjakan pria pada umumnya.

7. Memahami Body Language Saat Hendak Melamar Kekasih

Mengetahui Body Language Saat Melamar
Mengetahui Body Language Saat Melamar

Berlutut sambil memberikannya cincin serta bunga saat melamar kekasih dan tentunya kemudian dengan diikuti dengan mengemukakan hasrat kamu untuk melamarnya adalah sebuah bentuk peraturan umum yang rata-rata dijalankan oleh kebanyakan pria saat melamar kekasih. Oleh karenanya, baiknya kamubisa mengetahui dengan baik body language yang nanti bisa kamu tampilkan didepan kekasih ketika melamarnya nanti.

Cara Melamar Wanita yang Anti Mainstream

MELAMAR MELALUI RADIO

Melamar di radio
Melamar di radio

Walau tidak se-hits dahulu, radio tetap memiliki banyak pendengar setianya. Bila kekasih kamu gemar dengerin radio, kamu dapat mensiasati kegemarannya ini bila tidak cukup yakin diri untuk menyampaikan lamaran secara langsung.

Cari info saat yang sesuai kapan waktu pasangan mu tengah dengerin radio lantas hubungi stasiun radio langganannya untuk memutar lagu romantis favoritnya selanjutnya sampaikan lamaran kamu. Janganlah lupa memberikan beberapa masa lalu romantis yang udah kalian lewati berdua untuk menaikkan mood kekasih kamu ketika mendengar lamaranmu di radio.

MELAMAR DENGAN PIKNIK DI TAMAN

Melamar di taman
Melamar di taman

Hamparan rumput yang membentang, pemandangan yang menyejukkan mata, serta situasi damai yang syahdu bakal menjadi kejadian yang sesuai untuk melakukan lamaran pada kekasih kamu. Tidak butuh menggunakan banyak biaya, cukup hanya dengan membawa alas piknik serta makanan untuk disantap berbarengan sembari mengobrol mesra dapat menambah mood baik antara kalian berdua. Serahkan kotak cincin yang dikemas dengan coklat lezat dibarengi buket bunga indah untuk mengambil hati wanita kesayangan kamu.

MELAMAR DI BIOSKOP

melamar di bioskop
melamar di bioskop

Bila sepanjang berpacaran kamu berdua senang menghabiskan waktu bersama untuk menyaksikan film di bioskop, menjadikan kesempatan ini untuk melamarnya.

Ajak pasangan kamu untuk menonton di bioskop lantas dirinya bakal terperanjat memandang pemutaran film yang ternyata berisi merupakan dokumentasi lamaran kamu.

Pada ketika itu berlututlah serta serahkan cincin lamaran untuk dirinya. Semakin lebih terkejut lagi bila nyata-nyatanya di dalam studio itu penuh dengan keluarga serta rekan-rekan terdekatnya. Mungkin saja langkah tersebut bakal menggunakan biaya yang tambah banyak serta perencanaan yang matang, tetapi hal semacam ini bakal menjadi momen yang tidak pernah dilupakan oleh kekasih kamu.

MELAMAR SAAT SPECIAL DAY

Melamar saat special day
Melamar saat special day

Pada hari lagi tahunnya atau ketika anniversary hubungan kamu serta pasangan dapat jadi waktu yang sesuai untuk melamarnya. Pada hari teristimewa ini mood pasangan kamu jelas tengah dalam keadaan yang terbaik serta kesempatan untuk mendapat jawaban “YA” sama besar dengan rasa cinta kamu untuk dia. Tidak cuma bahagia lantaran dilamar di hari yang khusus, namun lantaran semua keluarga serta teman dekat yang ada dapat jadi saksi peristiwa perlu ini.

MELAMAR DI TEMPAT ANDA DAN DIA PERTAMA KALI BERTEMU

Melamar di tempat pertama kali ketemu
Melamar di tempat pertama kali ketemu

Dimana kamu pertama kalinya berjumpa dengannya? Bawalah kekasih mu ke tempat itu, lantas jalan bergandengan tangan sembari bernostalgia kembali mengenang bagaimana kalian berjumpa untuk pertama kalinya. Di peristiwa yang romantis itu, kekasih mu bakal susah menampik saat mendadak kamu berlutut serta melamarnya. Manis sekali, bukan?

Sebelum Melamar Ketahui Dahulu Calon Mertua Kamu

Ini yang paling perlu, kamu mesti tau apakah calon mertua yang bakal kamu hadapi yaitu orang yang amat religius, ekstrim, garang, atau jadi gaul banget. Berikutnya yang perlu kamu pahami yaitu latar belakang pekerjaannya, jadi kamu dapat memprediksi apa saja pertanyaan yang bakal keluar.

Bila beliau mempunyai latar belakang pendidikan yang bagus, janganlah kaget bila kamu semakin lebih banyak di tanya masalah pendidikan. Bila beliau amat religius, mungkin saja baginya nomor satu adalah agama. Atau beliau seseorang wiraswasta kreatif yang cukup asik bila di ajak bicara, yang perlu kamu sediakan yaitu inovasi atau beberapa tujuan ke depan yang kamu punyai. Banyak-banyak membaca dan konsultasi dengan reka-rekan lainnya, agar kamu bisa menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh calon mertua mu.

Melamar Dengan First Impression is the key!

Kesan pertama yaitu kuncinya, waktu kesan pertama tidak bagus, perjuangan semakin lebih sulit. Baju jelas mesti rapi serta tidak berkesan cengengesan atau menyepelekan. Sediakan pakaian terbaikmu atau bahkan juga bela-belain membeli pakaian terbaik hanya untuk melamar calon istri.

Sesudah baju yang baik, janganlah lupa attitude atau perilaku yang sopan. Dari mulai langkah bicara, pandangan yang teduh, langkah duduk serta sikap menghormati. Perlakukan calon mertua seperti orang tua yang pada dasarnya mau dihormati, dihargai, serta tidak senang memandang anak yang tidak sopan. Bila juga kamu mempunyai tato, supaya tidak sangat kaget di awal, baiknya pakai baju yang dapat menutupi tatto tersebut. Untuk momen perlu ini, yang nomor satu adalah kesan pertama yang baik.

Baju serta sikap udah terselesaikan, bila kamu mempunyai kesan pertama yang baik, mungkin calon mertua tidak sangat ajukan pertanyaan mengenai, “Kamu miliki apa? ”

Saat attitude bagus, yang lain menjadi nomor sekian. Calon mertua bakal memikirkan, “Pekerjaannya memanglah belum mapan. Namun bagus, kok attitude-nya. ” Lain bila tampilan pertama kamu telah tidak sopan, tentu pertanyaan yang datang pertama yaitu, “Anak siapa kamu?

Sebelum Melamar Pahami Dirimu Lebih Dalam

Panduan melamar calon istri ketiga ini ada hubungannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang bakal keluar ketika melamar calon istri. Saat sebelum pada akhirnya berani memohon izin ke calon mertua, kamu mesti mengetahui dirimu lebih dalam. Dari siapa dirimu saat ini, bagaimana kondisi keluarga saat ini, gagasan pendek, serta gagasan ke depan.

Untuk langkah ini, amat diperbolehkan apabila kamu sangat berandai-andai waktu yang akan datang, lantaran sesungguhnya yang orang tua perlukan yaitu : pandangan anaknya dapat dibawa kemana. Calon mertua lebih mau make sure kalau anaknya bakal bersama-sama orang yang tepat. Namun mesti tetap dibuktikkan yang akan datang walau pelan-pelan ya?

Pertanyaan yang pastinya akan di tanyakan yaitu : 1) Kamu siapa, 2) Sibuk apa? 3) Kuliah di mana? serta 4) Latar belakang orang tua.

Jangan pernah saat calon mertua ajukan pertanyaan, “Rencana ke depan kamu apa? ” Lantas jawaban yang keluar yaitu, “Hehehe, saksikan nanti aja, Om.” Itu jawaban yang salah besar, it is a big no! Kamu bener-bener mesti tau siapa kamu saat ini, gagasan jangka pendek serta gagasan jangka panjang.

Bisa kamu berikan dengan, “Sekarang saya memanglah pegawai tetap di satu perusahaan ini, Om. Yah, memanglah upahnya belum seberapa. Namun saya yakin ini sisi dari usaha keras. Setahun lagi, saya bakal melakukan perbaikan kemampuan serta mempunyai tujuan untuk naik jabatan. Saya selalu bakal berupaya untuk melakukan perbaikan dari sisi finansial, religus saya pribadi juga, serta ciri-ciri saya pribadi. ”

Atau bila anda seseorang wiraswasta, “Saat ini saya mempunyai usaha mandiri, beroperasi di bagian otomotif. Belum sangat besar, lantaran memanglah amat awal. Namun setahun lagi, saat keyakinan dari customer udah terbangun, saya bakal memperluas jaringan ke beberapa tempat dengan sistem cabang didalam kota mapun diluar kota.”

Kekuatan bicara serta yakin dengan diri kamu yaitu yang paling perlu untuk memberikan keyakinan ke calon mertua kalau anaknya tidak ada di tangan yang salah.

Melamar Dalam Islam

1. Yang bisa Dilamar Oleh Laki-Laki Muslim

Perempuan yang bisa dipinang bilamana memenuhi dua syarat, yakni :

– Tidak ada rintangan hukum.

Pada saat dipinang tidak ada beberapa hambatan hukum yang melarang dilangsungkannya perkawinan. Umpamanya wanita itu tengah jadi istri seseorang. Atau wanita itu udah dicerai atau ditinggal mati suaminya, tetapi masih tetap dalam masa-masa `iddah. Tidak hanya itu wanita yang dilamar tidak termasuk juga dalam daftar beberapa orang yang masihlah menjadi mahram untuk seseorang laki-laki. didalam Islam tidak di kenal ada seseorang lelaki meminang adiknya sendiri, atau ibunya sendiri atau bibinya sendiri.

– Belum dipinang orang lain secara sah

Bila si wanita sudah dipinang lebih dahulu oleh orang lain, tidak bisa dipinang. Lantaran melamar wanita yang sudah dilamar Lelaki lain (walau belum memberi jawaban), itu berarti melamar secara resmi.

2. Melamar Bekas Isteri Orang yang Sedang Iddah

– Meminang bekas istri orang lain yang tengah iddah, haram hukumnya ; baik dikarenakan iddah kematian atau iddah karena cerai, baik cerai raj’iy atau cerai ba’in.

– Perempuan yang tengah iddah dikarenakan talak raj’iy, ia haram dipinang, sebab masih ada ikatan dengan bekas suaminya, serta suaminya juga masih punya hak untuk merujuknya sewaktu- waktu ia suka.

– Perempuan yang tengah iddah dikarenakan kematian suaminya, ia bisa dipinang secara sindiran di masa-masa iddahnya, namun diharamkan meminang secara terang-terangan.

– Yang disebut dengan wanita-wanita di sini yaitu perempuan yang tengah iddah lantaran kematian suaminya. Tengah yang disebut sindiran yaitu mengatakan kalimat tersuratnya berbeda dengan tersiratnya. Contoh kalimat sindiran : “Saya mau kawin, atau saya menginginkan sekali kiranya Allah bakal meringankan jalan bagi kau mendapatkan isteri yang shalehah, atau Sebenarnya Allah memberi padamu seseorang pengemudi yang lebih baik untuk kamu, ” Termasuk meminang dengan sindiran ini menghadiahkan pada perempuan yang tengah iddah. Bisa juga si lelaki memberikan pujian pada dirinya sendiri dengan mengatakan beberapa jasa seharusnya sebagai langkah meminang dengan sindiran.

3. Melamar Pinangan Orang Lain.

– Dalil larangan menyerobot pinangan orang lain.
Meminang pinangan saudaranya, memiliki arti ia menyerang hak serta menyakiti hati peminang pertama, memecah belah hubungan kekeluargaan serta mengganggu ketenteraman, hukumnya diharamkan.

Dari Uqbah bin ‘Amir, Rasulullah saw bersabda : “Orang mukmin satu dengan yang lain bersaudara, tidak bisa ia beli barang yang tengah dibeli saudaranya serta meminang pinangan saudaranya saat sebelum ia tinggalkan.” (HR. Ahmad serta Muslim).

Tirmidzi meriwayatkan dari Syafi’i mengenai arti hadits diatas, sebagai berikut. :
– Bilamana perempuan yang dipinang udah ridha serta bahagia, tidak seseorangpun bisa meminangnya lagi. Namun bila belum tahu ridha serta sukanya, tidaklah berdosa meminangnya.

– Apabila lelaki kedua meminang setelah lelaki pertama diterima, lantas menikah, hukumnya berdosa, namun perkawinannya tetap sah, sebab yang dilarang yaitu larangan mengenai meminang, serta meminang bukanlah satu diantara prasyarat sahnya nikah.

– Namun Imam Daud berkata : Perkawinannya dengan peminang kedua mesti dibatalkan baik udah persetubuhan maupun belum, wallaahu a’lam.

– Keutamaan merahasiakan pinangan.
Merahasiakan pelamarannya (tidak menginformasikan ke orang banyak) yaitu usaha penjagaan rasa malu serta harga diri masing-masing pihak pada saat di kemudian hari tidak berlanjut ke tahapan pernikahan. Dari Ummu Salamah r. a. berkata kalau Rasulullah SAW bersabda, ”Kumandangkanlah pernikahan serta rahasiakanlah peminangan”.

– Dibolehkan wanita melamar pria.
Wanita melamar lelaki Secara syar’i tidak masalah. ”Dari Tsabit, ia berkata, ”Kami duduk berbarengan dengan Anas bin Malik yang disampingnya ada seseorang anak perempuannya. Lantas Anas berkata,” datanglah seseorang perempuan pada Nabi SAW, lantas ia tawarkan dirinya pada beliau, lantas perempuan itu berkata, ”Wahai Rasulullah maukah tuan mengambil diriku? Lantas anak perempuan Anas menyeletuk, ”Betapa tidak malunya perempuan itu! ” Selanjutnya Anas menjawab, ”Perempuan itu tambah baik dari pada kamu”. Ia inginkan rasulullah, karena itu ia tawarkan dirinya pada beliau”. HR. Ibnu Majah).

Hal semacam ini memperlihatkan begitu hukum Islam amat menjunjung tinggi hak wanita. Mereka tidak cuma memiliki hak dilamar namun juga mempunyai hak untuk melamar lelaki yang disenanginya.

4. Petunjuk Memandang pinangan Terlebih Dahulu Setelah Melamar

Dalam Islam tidak di kenal arti setengah halal karena udah dikhitbah. Serta sangat besar kekeliruan kita saat melihat pemandangan pasangan yang sudah bertunangan atau udah berkhitbah, lantas berasumsi kalau mereka udah halal melaksanakan beberapa hal layaknya suami istri di depan mata, lalu diam serta membiarkan saja. Terlebih hingga menyampaikan, ” Ah biar saja, toh mereka udah bertunangan, jika terjadi apa-apa, udah terang siapa yang perlu bertanggung-jawab.”

Walau sebenarnya dalam kaca mata syariah, seluruh itu tetap terlarang untuk dikerjakan, bahkan juga walau udah bertunangan atau udah melamar, sampai hingga selesainya akad nikah. Serta cuma masyarakat yang sakit saja yang tega berlaku permisif seperti itu. Walau sebenarnya apa pun yang dikerjakan oleh sepasang tunangan, apabila tanpa ada ditemani oleh mahram, hal semacam itu tidak lain yaitu kemungkaran yang nyata. Haram hukumnya cuma mendiamkan saja, terlebih jadi berikan semangat pada keduanya untuk lakukan beberapa hal yang sudah diharamkan Allah.

Lihat calon/wanita. Melihat yang ditujukan di sini yaitu memandang diri wanita yang mau dinikahi dengan tetap berpanutan pada ketentuan syar’i.
Baiknya lelaki lebih dahulu menyaksikan perempuan yang bakal dipinangnya hingga bisa di ketahui kecantikannya yang mungkin saja satu elemen menggalakkan dia untuk mempersuntingnya, atau untuk tahu cacat-celanya yang mungkin saja yang memicu kegagalannya hingga berpindah mengambil orang lain.

loading...

LEAVE A REPLY