25 Hal yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membahagiakan Orang Tua

0
705

Membahagiakan orang tua merupakan tugas seorang anak untuk membalas budi orang tua. Orang tua tidak membutuhkan materi dari anaknya atas segala kasih sayang, perhatian, dan seluruh hartanya yang digunakan untuk membesarkan si anak. Orang tua tidak membutuhkan itu.

Namun, orang tua membutuhkan segala perhatian dan hal-hal yang membuat mereka bangga dan bahagia memiliki anak seperti anda. Meskipun harta mereka sudah habis untuk segala kebutuhan dan pendidikan anda, tetapi orang tua tidak akan pernah meminta hartanya kembali. Mereka hanya ingin melihat anaknya sukses dan memiliki masa depan yang baik, serta berguna bagi banyak orang bukan hanya berguna untuk keluarga saja.

Berikut sedikit hal yang bisa anda lakukan untuk membahagiakan kedua orang tua anda:

1. Buat Mereka Percaya Pada Anak-nya

Ayah serta ibu itu sensitif pada anak, hingga kadang-kadang bila kita berbohong sekali saja, jadi mereka akan tidak percaya lagi. Terlebih bila menyangkut uang serta harta. Mereka bakal begitu mudah sakit hati jika menyangkut hal itu. Nah, yang paling utama bila anak membahagiakan ayah/ibu atau orang tua kita, baiknya melindungi baik-baik keyakinan mereka.

2. Kerjakan Seluruh Tanggung Jawab Kalian Sebagai Anak

Tanggung jawab kita yaitu belajar serta sekolah. Orang tua mati-matian berupaya supaya kita sekolah yang tinggi. Oleh karenanya, mereka bakal bangga pada anaknya bila dapat merampungkan semuanya tanggung jawab kita. Terlebih dapat hingga sarjana. Pasti itu bisa bikin orang tua bangga pada kita sebagai anak.

3. Memberi sedikit rezeki kita pada orang tua

Tak perlu banyak-banyak. Kasih saja sedikit dari rezeki kita, bila kita belum mempunyai rezeki, kasih saja tabungan duit jajan kita pada orang tua, atau dapat pula membelikan mereka pulsa atau pakaian. Itu tentu bikin ibu ayah kita suka.

Orang tua suka pada anak bila anaknya itu berbakti serta baik, terlebih kita dapat membelikan suatu hal padanya, terang ini bikin hatinya suka.

4. Janganlah Melawan dengan Menyanggah

Yang tidak disenangi orang tua pada anak yaitu bila kita melawan. Mereka bakal berasumsi semuanya bantahan kita itu sebagai satu diantara perlawanan yang bisa menyakiti hati mereka. Walau perlawanan kita itu benar, namun lantaran kita menyanggah, terang ini adalah satu diantara aksi melawan yang mereka anggap tak benar.

5. Hargai Pendapat Orang Tua

Setiap orang tentu memiliki pendapat serta prinsip dalam melakukan kehidupan ini. Pendapat –pendapat apa pun itu yang terkait orang lain, agama sampai usaha. Pastinya, orang tua kita terasa kalau pendapat mereka benar serta mereka juga menginginkan anaknya ikuti jejak orang tuanya.

Dengan menghormati pendapat orang tua kita, bahkan juga ikuti pendapat kedua orang tua kita, ini yaitu hal yang baik. Tetapi perselisihan kadang-kadang tak dapat kita jauhi, kadang-kadang ada gagasannya yang tidak searah dengan kita, jangan pernah ketidaksamaan pendapat ini menyebabkan perselisihan. Hargai pendapat orangtua kita, apa pun itu. Seumpama kita tak sudi dengan pendapat itu, kita tak perlu mengajak orangtua kita berdebar, cukup diam saja serta upayakan janganlah mengungkit ketidaksamaan pendapat ini lagi.

6. Lakukan Suatu hal Tanpa ada Disuruh

Saat kita masihlah kecil, masihkan kita ingat saat ayah serta ibu kita memohon tolong pada kita untuk kerjakan suatu hal? Dari mulai memohon kita untuk belajar, hingga memohon pertolongan kita serta hal yang lain. Tak dapat disangkal, waktu itu masihlah ada rasa malas serta jengkel saat kita kerjakan perintah dari mereka. Tetapi, saat kita dewasa, kita baru sadar serta bersukur atas semuanya perintah mereka saat kita masihlah kecil.

Waktu kita kerjakan suatu hal tanpa ada disuruh, tanpa ada diperintah, disitulah orangtua kita terasa lega serta bahagia. Orangtua sesungguhnya, kadang-kadang terasa sedih saat beliau memerintahkan anaknya untuk kerjakan suatu hal yg tidak disenangi oleh anaknya. Namun, untuk kebaikan anak, orangtua ikhlas menahan rasa pedih itu.

7. Taat dan Patuh Kepada Orang Tua

Sikap patuh pada kedua orang tua kelihatannya gampang, tetapi sesungguhnya, begitu susah dari yang kita sangka. Tak perlu hal besar untuk bikin kedua orangtua kita bahagia. Cukup patuh pada perintah mereka, ketentuan mereka serta patuh pada nasehat mereka. Kadang-kadang tanpa ada kita sadari, kita kerap menyanggah perintah kedua orang tua. Nah, saat ini berlangsung, cobalah kita pikirkan dahulu sebelumnya kita menyanggah perintah mereka, lantaran apa yang mereka sarankan pada anaknya pasti hal hal baik untuk kita.

Berlaku patuh pada orang tua akan bikin diri kita selamat. Walau kadang-kadang tak suka dalam menjalaninya. Patuh pada orang tua kita akan bikin mereka suka, tenang serta jauh dari perasaan cemas.

8. Terima Kasih

Hal kecil yang lain yang dapat kita kerjakan tetapi kerap kita lupakan yaitu mengatakan terima kasih. Tetapi, kerapkali, hal semacam ini kita lupakan. Sejumlah apa pun kita berterimakasih pada orang tua kita, akan tidak dapat membalas kasih cinta yang telah mereka berikanlah pada kita. Oleh karenanya, mengatakan terimakasih adalah satu diantara hal utama dalam mengungkapan rasa kasih sayang kita.

kita dapat memberikan rasa terimakasih pada orang tua kita umpamanya dengan berikan perkataan selamat lagi tahun. Lalu menolong mereka serta dengan cara sederhan cukup katakan kata ‘terimakasih’ saat kita teringat bakal layanan dari orang tua kita.

9. Jauhi Berbohong

Orang tua tahu benar bagaimana kondisi anaknya, bahkan juga saat anak berbohong, orang tua dapat tahu. Tetapi, mereka tak menutupi hal itu supaya tak bikin hati anaknya sakit. Orang tua kadang-kadang lebih pilih untuk berpura-pura tidak paham kalau anaknya tengah tak jujur. Tentunya, ini bikin orang tua terasa cemas sekalian sakit hati lantaran anak yang disayanginya berbohong.

Oleh karenanya upayakanlah, jangan pernah berbohong pada orang tua kita. Berusahalah berkata jujur serta berlaku jujur, walau itu menyakitkan. Jujur tambah baik serta tak semakin lebih sakit dari pada tahu kebohongan anaknya sendiri. kita mesti meyakini kalau kedua orang tua kita senantiasa mengerti serta tahu kita.

10. Cobalah Hiburlah Orang Tua Kita

Walau dari luar, kedua orang tua kita tampak begitu kuat serta tegar, namun sadarlah kalau orang tua kita juga hanya seseorang manusia umum. Mereka juga rasakan perasan yang bikin mereka sedih. Tetapi untuk melindungi perasaan anaknya supaya tak sedih, mereka pilih untuk menaruh perasaan ini. Serta sewaktu seperti berikut kita mesti melakukan pekerjaan sebagai anak.

Saat kita mulai lihat berlangsung pergantian pada orang tua kita, kita lihat tkita-tkita kalau orang tua kita tengah bersedih, janganlah taku untuk coba menghiburnya. Dapat dengan mengajak mereka bercakap serta dengarkan curahan hati mereka. Berikanlah sentuhan seperti genggaman tangan serta peluk mereka. Aksi seperti ini walau sepintas tampak tak utama sangat bermakna untuk orang tua. Dapat juga bikin mereka lebih semangat.

11. Hargai prinsip yang dianut orang tua

Tiap-tiap orang tua tentu mempunyai prinsip, nilai-nilai, serta jalan hidup yang mereka anut. Prinsip itu dapat dalam soal terkait dengan orang lain, memiliki agama, melakukan bisnis, belajar, atau bekerja. Orang tua itu tentu terasa meyakini kalau prinsip itu benar, dapat membawa ke arah kehidupan yang tambah baik, serta menginginkan anaknya turut menganutnya.

Bila anda dapat ikuti serta mengaplikasikan prinsip-prinsip yang di ajarkan oleh orangtua, jadi hal semacam itu begitu bagus. Tetapi bila anda tak sepakat serta tak dapat menganutnya, jadi sekurang-kurangnya hargai. Janganlah menyerang dengan cara terang-terangan prinsip yang diyakini oleh orang tua, lantaran hal semacam itu dapat melukai hati mereka begitu dalam. Bila tak sepakat, cukup diam, lakoni apa yang anda yakini, serta coba jauhi pembicaraan mengenai hal semacam ini di depan orangtua.

12. Dengarkan nasihat mereka

Telah sewajarnya jika bapak serta ibu kita menginginkan didengarkan. Seringkali kita terasa kesal dengan beragam nasehat yang mereka katakan berkali-kali, atau beragam petuah mengenai hidup yang dikisahkan berulang-kali. Coba untuk menahan rasa jengkel serta kesal didalam hati, lantaran sesungguhnya dibalik tiap-tiap nasehat itu tersimpan doa serta harapan orang tua pada anaknya.

Tidak ada maksud lain dari orang tua saat memberi nasehat terkecuali untuk bikin anaknya jadi orang yang tambah baik. Meskipun sekarang ini merasa sedikit menjengkelkan, mungkin saja satu waktu di hari esok, anda bakal begitu merindukan beberapa nasehat dari bapak serta ibu.

13. Ingat mengenai keberadaan orang tua anda

Terlebih bila anda telah mempunyai kehidupan sendiri serta keluar dari tempat tinggal orang tua, jangalah sekali-kali melupakan mereka. Coba untuk menelepon serta memberi berita dengan cara teratur, hingga orang tua terasa tenang, tak cemas, serta terasa di perhatikan. Sempatkan juga beberapa saat spesifik untuk berjumpa serta menjenguk kedua orang tua anda.

Telepon singkat, atau bahkan juga pesan untuk mengatakan selamat ulang tahun pada orang tua dapat jadi begitu terkesan untuk mereka ; terlebih bila anda tengah jauh dari tempat tinggal. Tunjukkanlah pada orang tua kalau anda masihlah serta senantiasa mengaggap mereka sebagai orang yang utama didalam hidup.

14. Jadilah orang sukses

Tidak ada yang lebih dikehendaki oleh kedua orang tua anda terkecuali melihat anaknya jadi orang yang berhasil serta sukses dalam kehidupannya. Berhasil dapat bermakna dalam soal pendidikan, karier, kehidupan rumah tangga, ataupun kehidupan spiritual/agama. Oleh karenanya, berusahalah untuk mencapai prestasi semaksimal mungkin saja di tiap-tiap bagian yang anda lakoni, untuk kebahagiaan orang tua, serta untuk kehidupan anda sendiri.

15. Jadilah orang yang baik

Apa yang lebih diinginkan oleh orang tua terkecuali lihat anda jadi orang yang berhasil? Jawabannya yaitu lihat anda jadi orang yang baik. Yang dimaksud ” baik ” dalam soal ini yaitu individu yang dapat bermanfaat untuk orang-orang, patuh pada beragam ketentuan, etika sosial, ataupun ketentuan agama. ” Baik ” dapat juga bermakna jauh dari beberapa hal yang merugikan sendiri ataupun orang-orang, umpamanya jauh dari kriminalitas, narkoba, korupsi, serta beragam hal jelek yang lain.

Orang tua bakal terasa begitu bahagia jika anak yang di besarkannya dapat jadi orang baik-baik. Mereka dapat hidup tenang jika telah meyakini kalau anaknya dapat menjaga dianya. Oleh karenanya, setiap saat anda tergoda untuk lakukan beberapa hal jelek, ingatlah sosok kedua orang tua. Ingatlah kasih sayang serta pengorbanan yang telah mereka berikanlah untuk membesarkan anda, dengan harapan anda dapat jadi orang yang baik serta bermanfaat untuk sesama.

16. Bila ingin berpergian janganlah lupa selalu untuk cium tangan orang tua

Di Indonesia mencium tangan yaitu bentuk penghormatan orang yang lebih muda pada yang lebih tua. Hal seperti ini pastinya telah tak asing lagi bagimu. Tentunya anda sempat juga dong cium tangan, tak tahu itu pada orang tuamu sendiri maupun pada guru di sekolah.

Nah khusus untuk bapak serta ibu, peristiwa yang kerap dipakai untuk cium tangan mereka yaitu waktu bakal melancong. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk cium tangan bapak ibu waktu bakal meninggalkan tempat tinggal. Begitu mereka bakal terasa dihormati olehmu.

17. Orang tua juga sukai hadiah, tidak ada kelirunya berikan mereka kejutan yang disenangi

Sama dengan kita, orang tua juga sukai bakal surprise atau hadiah. Jadi tidak ada kelirunya untuk seseorang anak berikan hadiah pada bapak serta ibunya. Sekali-kali di balik dong, giliran anaknya yang berikan surprise, janganlah cuma orangtua saja yang senantiasa memberikanmu hadiah.

Tidak butuh beberapa barang elegan seperti berlian atau emas, cukup hal simpel saja yang mereka gemari. Misalnya bila bapak serta ibumu sukai makan masakan padang, cobalah deh anda belikan mereka makanan itu dengan uangmu sendiri. Eittss, namun berikan hadiahnya harus juga di waktu yang pas loh.

18. Mengerti seberapa sulit hidup mereka untuk mengurusiimu

Mengurusi anak memanglah tak mudah. Semua suatu hal yang diperlukan oleh anak, sebisa-bisanya diwujudkan oleh orang tua. Maka dari itu anda mesti mengerti kalau jadi orangtua itu juga tak mudah. Terkecuali pikirkan sendiri, mereka juga selalu pikirkanmu.

Umpamanya bapak yang banting tulang mencari rejeki mulai pagi hari hingga matahari tenggelam kembali. Sesaat ibu dirumah merawatmu mulai dari kecil hingga dewasa. Karenanya sebaiknya anda janganlah sangat menuntut banyak pada orang tua. Mengerti juga kalau untuk penuhi kebutuhanmu, mereka mesti usaha keras.

19. Bantu mereka walau cuma dengan beberapa hal kecil

Seperti yang telah tercatat diatas tadi kalau orang tua mempunyai pekerjaan yang banyak setiap harinya. Dari mulai mencari nafkah hingga mengurusi rumah tangga. Sebagai anak yang coba membahagiakan orang tua, janganlah lupa untuk menolong mereka.

Dengan menolong dalam taraf yang kecil saja telah mengurangi beban bapak serta ibu. Misalnya dengan menolong ibu memasak atau menjaga tempat tinggal. Itu semuanya makin bikin orang tua bangga jika anda mengerjakannya sepenuh hati tanpa ada diminta.

20. Rajin belajar serta jangan pernah lupa bakal kewajibanmu pada Sang Pencipta

Satu diantara nasehat yang senantiasa di sampaikan orang tua pada anaknya yaitu belajarlah dengan giat. Walau anda tidaklah anak yang pandai namun tak ada kelirunya untuk selalu belajar. Begitu, anda yang semula tak dapat saat ini jadi dapat.

Diluar itu jangan pernah melupakan kewajibanmu pada Tuhan. Seperti sholat lima saat, rajin mengaji, serta ada banyak lagi. Orang tua mana sih yang tidak bangga bila lihat anaknya rajin belajar serta patuh melaksanakan ibadah.

21. Hargai setiap usaha orang tua waktu membahagiakanmu

Sesungguhnya hampir sehari-hari orang tua senantiasa membahagiakan anaknya. Contoh sederhananya yaitu ibu yang sehari-hari memasak untuk keluarga. Mungkin saja ibumu tidaklah koki handal yang dapat memasak hidangan lezat. Namun itu semuanya bukanlah jadi argumen tidak untuk menghormati usaha orang tuamu.

Cuma dengan memberikan pujian pada hasil masakannya saja itu telah adalah bentuk penghargaan pada ibumu. Diluar itu jangan sampai berhenti bersukur serta berterima kasih setiap saat orang tua coba membahagiakanmu. Begitu waktu anda berbalik menginginkan mengasyikkan hati mereka, anda bakal memperoleh tanggapan yang sama.

Saat ini anda telah tahukan bagaimana langkahnya membahagiakan orangtua. Sesungguhnya tak susah, tinggal anda saja ingin apa tak. Tunggulah apa lagi, mari bahagiakan orang tuamu pada saat mereka masihlah ada di sampingmu.

22. Berteman dengan orang baik

Berteman dengan orang baik bakal jadikan kita turut baik. Ciri – ciri rekan yang baik serta tulus begitu utama kita kenali bila menginginkan merajut pertemanan dengan orang yang baru kita kenal. Lantaran rekan yaitu sisi dari cerminan diri kita. Rekan kita juga paham langkah memberi motivasi pada rekan waktu kita tengah alami kegagalan.

23. Berkata lemah lembut

Banyak anak yang tidak dapat berkata lembut pada orangtuanya. Waktu anak berkata kasa orang tua bakal terasa sedih. Mungkin saja rasa sedih itu tak dipertunjukkannya namun didalam hati orang tua rasa sedih itu ada. Jadi untuk membahagiakan orang tua tak perlu sulit – sulit dengan pengucapan lembut telah dapat bikin orang tua bahagia.

24. Hidup hemat

Bahaya hidup boros begitu memengaruhi dalam kehidupan satu hari – hari. Uang jajan yang di beri orang tua sepanjang satu bulan mungkin saja tak terpenuhi hingga satu bulan. Untuk hidup sikap hidup irit butuh di aplikasikan supaya hidup irit. Hidup irit jadikan anda memiliki tabungan yang dapat di pakai untuk hari esok.

25. Tetaplah berkunjung ke orang tua

Waktu sudah bekeluarga kelak, seseorang anak tetaplah harus untuk berkunjung ke orang tua. Jangan pernah tali silaturahim terputus jagalah senantiasa komunikasi dengan kedua orang tua. Bawakan juga beliau makanan bila menginginkan berkunjung ke beliau.

Tersebut tadi cara-cara membalas budi orang tua yang dapat kita kerjakan. Diluar itu ingatlah selalu kehadiran orang tua kita, rawat mereka saat umur mereka telah mulai tua. Jadi berhasil serta jadilah orang yang baik. Cara-cara ini dapat kita kerjakan walau akan tidak pernah dapat membalas kebaikan orang tua kita.

loading...

LEAVE A REPLY