Para Istri! Lakukan 32 Tips Ini Untuk Membahagiakan Suami

0
382
Membahagiakan suami

Membahagiakan suami merupakan tugas dari seorang istri. Sebagai istri yang baik, sudah selayaknya anda bisa membahagiakan suami anda, bukan sekedar urusan berhubungan suami istri, tetapi dari semua sisi. Dengan membahagiakan suami, maka anda pun sudah seharusnya menjadi seorang istri yang sholeha.

Tidak banyak seorang istri bisa membahagiakan suami mereka. Sebagian besar dari para istri tidak mengetahui bagaimana cara membahagiakan suami. Mereka hanya mengetahui tugas dari seorang istri, tanpa berpikir apakah suami bahagia atau tidak.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai seorang istri agar suami anda bahagia dan tidak menyesal menjadikan anda sebagai istrinya. Bukan hanya menjadi istri yang suka memarahi suami. Anda juga harus bisa menjadi seorang istri yang bijak dan menjadi panutan untuk anak-anak anda. Beberapa cara ini dapat membantu anda untuk membahagiakan suami:

1. Sambutan yang manis

Sekembalinya suami dari bekerja, dinas luar kota, melancong, atau kemana juga dia pergi, sambutlah dia dengan baik. Jumpai dia dengan muka riang senang. Bersolek serta pakailah wewangian.

Kabarilah dia dengan beberapa berita baik yang menggembirakan. Tahan diri Anda untuk mengemukakan berita-berita buruk, sekurang-kurangnya hingga dia sudah beristirahat dengan cukup. Berupaya keraslah untuk menghidangkan beberapa makanan yang sangat disukai oleh suami, serta sajikanlah senantiasa tepat waktu.

2. Percantiklah dirimu serta rendahkan suaramu

Upayakan supaya Anda senantiasa nampak cantik serta merendahkan suara dihadapannya. Kerjakanlah hal semacam itu hanya untuk suami Anda, serta janganlah memperlihatkan kecantikan Anda dihadapan lelaki yang bukanlah mahram (lelaki yang layak untuk engkau nikahi bila engkau belum menikah).

3. Selalu terlihat mewangi serta selalu cantik

Rawatlah dengan baik badan serta kesehatan jasmani Anda. Pakailah beberapa baju yang menarik serta gunakanlah minyak wangi yang aromanya disenangi suami Anda. Mandilah dengan teratur. Jika sudah bersih dari haid, bersihkanlah tiap-tiap berkas darah atau bau tidak enak.

Manfaatkanlah jenis minyak wangi, beberapa warna, serta baju yang disukai suami Anda. Gantilah jenis rambut, minyak wangi, serta yang lain dari waktu ke waktu untuk menjauhkan kejenuhan.

Bagaimanapun, segalanya diatas mesti dikerjakan dengan tak berlebih-lebihan, serta sudah pasti, janganlah mengerjakannya dihadapan lelaki serta wanita yang bukanlah mahram.

4. Saat melakukan hubungan intim.

Bergegaslah untuk memainkan peran hubungan intim saat suami Anda terasa begitu berhasrat untuk mengerjakannya. Jagalah kebersihan badan serta selalu tampak harum semaksimal mungkin saat ingin berhubungan.

Lantas demikian, janganlah lupa untuk bersihkan tiap-tiap cairan yang keluar selama berhubungan intim. Lontarkan ungkapan-ungkapan cinta yang mesra pada suami Anda.

Biarlah suami Anda untuk memuaskan gairahnya. Pilihkan saat yang sesuai serta kesempatan yang baik untuk memuaskan suami. Berikan dia stimulus untuk terkait intim sepulangnya dia dari perjalanan jauh yang memakan waktu lama.

5. Merasa senang dengan apa yang sudah Allah berikanlah melalui suami.

Anda jangan pernah merasa depresi hanya lantaran suami Anda miskin atau mempunyai pekerjaan serta karier yang beberapa biasa saja. Sepanjang Anda serta suami dekat Allah –Sang Pemberi rejeki—, jadi Dia juga bakal menggelontorkan rejeki serta karunianya.

Anda harus memandang beberapa orang sekitar yang miskin, sakit, cacat, serta yang lain. Lalu bandingkan dengan semuanya yang sudah Allah karuniai pada Anda serta keluarga.

Ingatlah senantiasa kalau kekayaan sejati terdapat pada tingginya keimanan serta keshalihan. Dua hal semacam itu adalah investasi paling baik untuk melakukan kehidupan yang abadi nantinya.

6. Janganlah pusing dengan beberapa hal keduniaan.

Janganlah jadikan beberapa hal duniawi sebagai harapan serta ketertarikan Anda. Anda tidak butuh banyak memohon pada suami Anda beberapa hal yang tidak utama.

Meski sekian, hidup zuhud bukanlah bermakna tak bisa menikmati beberapa hal yang baik serta dibolehkan syariat Islam. Tetapi tentunya, Anda mesti mengutamakan kehidupan akhirat nantinya, serta memakai semuanya fasilitas serta beberapa hal yang bisa memberi keuntungan di surga.

Doronglah suami Anda untuk meminimalisir pengeluaran untuk beberapa hal tak utama, serta doronglah dia untuk menabung supaya dapat berikan sedekah serta zakat pada beberapa orang miskin serta mereka yang memerlukan.

7. Bersukur serta memberi animo.

Berdasar pada sabda Rasulullah SAW, sebagian besar penghuni neraka yaitu wanita, karena mereka tak bersyukur. Hasil dari rasa bersyukur yaitu suami Anda semakin lebih menyukai Anda, serta dia bakal berusaha keras untuk membahagiakan Anda dengan bermacam langkah.

Sesaat dampak dari tak bersyukur yaitu suami Anda bakal kecewa, lalu mulai menanyakan, “Mengapa saya mesti berbuat baik pada istri saya, sesaat dia tak pernah bersyukur serta hormat?! ”

8. Kesetiaan serta ketaatan.

Berlaku setia terlebih saat suami diterpa musibah yang menimpa raga atau pekerjaannya, seumpama kecelakaan atau kebangkrutan. Dukunglah suami Anda dengan apapun yang Anda punyai (baik materi maupun non-materi).

9. Memenuhi keinginan suami.

Penuhilah keinginan suami serta patuhilah semuanya permintaan-permintaannya, bila memanglah tak menyelisihi Al-Qur’an serta Sunnah Rasulullah SAW. Dalam Islam, suami yaitu pemimpin keluarga, serta istri yaitu penyokong serta konsultan baginya.

10. Bila suami marah, bikinlah dirinya merasa lega.

Hindarkan serta jauhi beberapa hal yang dapat membuat marahnya berkesinambungan. Tetapi bila nyatanya marahnya berkesinambungan, serta Anda tak dapat ‘menjinakkannya’, jadi coba untuk menenangkannya dengan beberapa langkah tersebut :

– Bila Anda bersalah serta lakukan kesalahan, jadi mintalah maaf padanya.

– Tetapi bila dia yang lakukan kekeliruan, jadi Anda mesti tetaplah berlaku tenang, janganlah mengkritiknya dengan pedas, mendebat, menentang, atau bahkan juga berteriak. Tunggu hingga kemarahannya mereda, lantas diskusikan semua sesuatunya dengan cara damai.

– Lalu bila dia geram karena beberapa aspek eksternal, jadi sebaiknya Anda diam, hingga kemarahannya pupus. Lantas tanyakan padanya apa yang membuatnya geram; apakah kelelahan, masalah di kantor, ada orang yang mengejeknya, serta lain sebagainya.

Serta janganlah banyak ajukan pertanyaan, tetapi konsentrasi pada apa-apa yang membuatnya geram. Anda dapat ajukan pertanyaan padanya, “Kamu mesti memberitahukan kepadaku apa yang berlangsung? ”, “Aku mesti tahu apa yang membuat kamu geram? ”, atau “Kamu membunyikan suatu hal, serta saya miliki hak untuk tahu apa itu”.

11. Bila Anda bersalah serta melakukan kesalahan, maka mintalah maaf kepadanya

Tetapi bila dia yang lakukan kekeliruan, jadi Anda mesti tetaplah berlaku tenang, janganlah mengkritiknya dengan pedas, mendebat, menentang, atau bahkan juga berteriak. Tunggu hingga kemarahannya mereda, lantas diskusikan semua sesuatunya dengan cara damai.

Lalu bila dia marah karena beberapa aspek eksternal, jadi sebaiknya Anda diam, hingga kemarahannya sirna. Lantas tanyakan padanya apa yang membuatnya geram ; apakah kelelahan, masalah di kantor, ada orang yang mengejeknya, serta lain sebagainya. Serta janganlah banyak ajukan pertanyaan, tetapi konsentrasi pada apa-apa yang membuatnya marah.

Anda dapat ajukan pertanyaan padanya, “Kamu mesti memberitahukan kepadaku apa yang berlangsung? ”, “Aku mesti tahu apa yang membuat kamu geram? ”, atau “Kamu membunyikan suatu hal, serta saya miliki hak untuk tahu apa itu”.

11. Melindungi diri saat suami tidak ada.

Jaga diri Anda dari semua hubungan yang diharamkan. Jagalah setiap rahasia-rahasia keluarga, terlebih yang sehubungan dengan jalinan suami-istri.

Melindungi rumah serta menjaga anak-anak. Melindungi uang serta semua harta bendanya. Janganlah sekali-kali keluar rumah tanpa ada izin suami, serta tanpa ada kenakan hijab (jilbab) yang rapi.

Tolak hadirnya beberapa orang yang tidak disukai suami, janganlah dibiarkan mereka masuk kedalam rumah saat suami tak ada. Janganlah dibiarkan lelaki non-mahram berduaan dengan Anda dimana pun.

12. Perlihatkan rasa hormat pada keluarga serta beberapa rekannya

Anda mesti menyambut serta berlaku baik kerabat serta rekan-rekan suami Anda, terlebih kedua orang tuanya. Sebisa-bisanya Anda mesti hindari permasalahan dengan beberapa kerabatnya.

Anda mesti menjauhkan mendesak suami Anda ke posisi dimana dia mesti memilih antara ibu serta istrinya dengan cara dilematis.

Perlihatkan keramah tamahan Anda pada tamu-tamunya, lewat cara mempersiapkan tempat yang menggembirakan pada mereka untuk duduk, menghidangkan makanan yang terbaik, menyongsong istri-istri mereka, serta lain sebagainya.

Dorong suami Anda agar secara teratur bersilaturahim ke kerabat keluarganya, serta supaya mereka berkunjung ke tempat tinggal Anda. Telponlah orang tua suami Anda, kakak-kakak serta adik-adiknya ; kirimi mereka surat, berikan mereka hadiah, bantu mereka saat terserang musibah, serta yang lain.

13. Kecemburuan yang terpuji

Kecemburuan adalah tanda-tanda cinta serta sayangnya seseorang istri pada suaminya, namun masih tetap mesti dalam batas-batas koridor ajaran Islam. Dalam pengertian, Anda bisa saja cemburu, namun jangan pernah kecemburuan Anda diimbangi dengan caci-maki atau ghibah pada orang lain.

Janganlah ikuti atau membuat beberapa kecurigaan tak mendasar didalam diri Anda berkaitan suami Anda.

14. Kesabaran serta dukungan emosional

Bersabarlah saat Anda serta suami hadapi kemiskinan serta beberapa kondisi yang menegangkan. Bersabarlah saat musibah atau petaka menerpa Anda, suami, anak-anak, kerabat, atau harta benda Anda, baik musibah penyakit, kecelakaan, kematian, dan sebagainya.

Bersabarlah saat suami Anda terima tantangan serta halangan dalam berdakwah (seperti diintimidasi, disiksa, dipenjara, atau bahkan juga dibunuh). Dukung serta kuatkan senantiasa suami Anda supaya selalu ada diatas rel ketaatan pada Allah serta Rasul-Nya. Serta senantiasa ingatkan dia bakal surga yang dijanjikan Allah untuk beberapa orang bertauhid lurus.

Bila suami Anda memperlakukan Anda dengan cara tak baik, jadi bersabarlah serta balaslah perlakuan buruknya dengan perlakuan baik.

15. Memberi dukungan suami untuk patuh pada Allah, berdakwah, serta berjihad fi sabilillah

Bekerjasamalah dengan suami Anda serta ingatkan dia untuk melakukan beragam ibadah wajib serta sunnah. Dorong suami Anda supaya melakukan shalat tahajud.

Ajak dia untuk teratur membaca Al-Qur’an serta mendalami makna dan tafsirnya. Ajak suami Anda untuk dengarkan ceramah-ceramah keislaman. Ingatlah selalu Allah.

Tekunilah hukum-hukum serta ajaran Islam untuk muslimah. Dukunglah kesibukan suami dengan memberikannya beragam opini bijak, serta redakanlah rasa sakitnya.

Luangkanlah saat Anda untuk lakukan dakwah berbarengan suami.
Berikan motivasi suami Anda untuk pergi berjihad, bila memanglah diwajibkan serta keadaan sangat mungkin. Ingatkan dia kalau saat dia berjihad, jadi Anda serta anak-anak bakal dijaga oleh Allah.

16. Menjaga rumah dengan baik

Usahakan supaya tempat tinggal senantiasa bersih serta teratur dengan baik. Gantilah tata letak beberapa barang dirumah Anda dari waktu ke waktu untuk menjauhkan kebosanan.

Tekuni semuanya skill pemeliharaan rumah. Tekuni bagaimana menjaga anak-anak dengan cara baik berdasar pada ajaran Islam.

17. Mengatur keuangan keluarga

Janganlah membelanjakan uang suami Anda, bahkan juga untuk berderma meskipun, tanpa ada memohon izin darinya. Rawatlah rumah, kendaraan, serta beberapa barang pribadi suami, saat dia tak ada dirumah.

Usahakan supaya anak-anak selalu ada di dalam kondisi bersih, rapih, tertangani, berpendidikan, berakhlak baik, serta lain sebagainya. Sampaikan pada mereka prinsip-prinsip Islam yang mulia; katakan juga beberapa cerita para nabi, sahabat Rasul, dan beberapa orang shaleh terdahulu.

18. Taat pada suami

Tiap-tiap suami tentu mendambakan istri yang senantiasa mematuhi keingingannya. Bila hasratnya tidak cocok dengan hati anda, anda bisa kok mengungkapkannya. Tetapi, ungkapkan dengan pengucapan yang lemah lembut untuk melindungi perasaan suami. Kepatuhan adalah senjata wanita untuk bikin suami semakin sayang.

19. Perhatian pada suami

Perhatian anda bakal meluluhkan hati suami anda serta membuatnya makin menyayangi anda. Secangkir teh serta senyuman anda bakal singkirkan semua rasa lelahnya sesudah sepanjang hari bekerja. Ketahui pergantian raut wajah serta situasi hati suami. Waktu seperti berikut ia bakal begitu memerlukan uluran tangan anda.

Walau anda tak pintar memberi jalan keluar, sekurang-kurangnya anda sangatlah menopang dengan jadi pendengar setia. Janganlah lantaran telah lama menikah, anda jadi cuek pada suami. Tidak ingin kan bila suami di perhatikan wanita lain?

20. Memperbanyak Kebersamaan

Waktu cuti, anda bisa memakainya untuk pergi berlibur berdua. Menggunakan saat berdua bakal makin bikin jalinan anda berkualitas. Luapkan rasa cinta anda seperti waktu pacaran dahulu.

Pacaran sesudah menikah seperti ini butuh dikerjakan untuk membawa angin segar pada hubungan kasih anda. Kebersamaan bakal bikin anda mengingat kembali bebrapa saat indah dahulu.

Walau anda berdua telah bukanlah remaja lagi, tetapi, api cinta ini mesti tetaplah dijaga. Anda bisa lakukan napak tilas dengan berkunjung ke beberapa tempat yang dahulu kerap anda kunjungi berdua.

21. Pandai mengatur keuangan

Mengatur pengeluaran adalah pekerjaan paling utama seorang istri. Bijak dalam mempergunakan nafkah dari suami pastinya begitu penting. Tak ada suami yang bangga mempunyai istri yang boros serta sukai berfoya-foya. Sehingga anda harus bisa membagi setiap porsi dan menyisihkan sedikit dari nafkah suami untuk di tabung.

22. Memelihara penampilan serta perilaku

Pria begitu sukai dengan keindahan. So, langkah membahagiakan suami sudah pasti dengan tetaplah melindungi penampilan. Walau usia tidak lagi mudah, tetaplah berupaya tampak sebaik-baiknya di depannya. Anda tak mesti melakukan perawatan mahal untuk tampak menarik. Banyak alternatif yang lebih terjangkau yang bisa anda pikirkan. Bila bisa tetaplah cantik sembari berhemat, why not?

Terkecuali tampilan, perilaku anda diluar juga harus ada batasnya. Ingat kalau anda telah ada yang miliki. Apapun yang anda kerjakan diluar bakal membawa-bawa nama suami anda. Anda bisa mengharumkan serta mencoreng nama baik suami dengan tingkah laku anda.

23. Perlihatkan Ketertarikan Anda Dalam Kesukaannya

Ini bukanlah bermakna Anda mesti senantiasa bersamanya setiap saat dia bermain basket dengan beberapa rekannya atau senantiasa disisinya waktu dia main games kesayangannya. Beberapa hal kecil seperti mengerti beberapa hal apa yang dia sukai dapat membahagiakan suami.

Bila dia betul-betul sukai bermain sepak bola umpamanya, dapat memberikan ketertarikan Anda dengan membelikan jersey bola tim favoritnya mungkin saja. Jadi tertarik dengan kegemarannya bukanlah bermakna Anda mesti seutuhnya ikut serta segera. Suami bakal bahagia bila Anda menghormati serta memberi dukungan kesukaannya.

24. Beri Suami Kejutan Sesekali

Singgah ke toko kelontong atau toko kue pada perjalanan pulang serta membelikan suatu hal sebagai favoritnya. Akhir minggu pergi berbarengan. Berikan dia pijatan waktu ia pulang kerja.

Walau ini pekerjaan seseorang pria serta dia punya kebiasaan lakukan semua sendiri. Sebagai seseorang istri yang berdedikasi, Anda mesti berikan surprise pada suami Anda. Hal sejenis ini bakal mengingatkannya mengenai begitu bahagianya dia pilih serta jatuh cinta pada wanita seperti Anda.

25. Merawatnya

Saat suami Anda terasa kurang sehat, rawatlah dia dengan baik. Janganlah mengolok-olok dia lantaran dia bertingkah seperti bayi. Besar kemungkinan, ia bertingkah manja seperti bayi, namun biarlah dia paham Anda ada disana untuk dia.

Buatkanlah dia makanan favoritnya, pergi ke toko untuk membeilkannya obat, serta biarlah dia melihat acara TV favoritnya. Dalam soal yang sama, bila dia tengah alami hari yang jelek, berikan dia ruangan serta biarlah dia paham kalau Anda ada disana untuk dia bila dia memerlukan Anda.

26. Biarlah Saja

Bila ada suatu hal yang suami Anda pernah kerjakan di waktu lalu yang betul-betul bikin Anda marah, tetapi Anda menyampaikan kalau Anda sudah memaafkannya, jadi biarlah itu berlalu.

Tak tahu itu waktu dia lupa bakal hari lagi tahun Anda atau lagi tahun perkawinan serta kekeliruan yang lain. Bila Anda sudah menyampaikan bahwa Anda sudah memaafkannya, jadi berhenti mengungkitnya kembali. Ini mungkin saja jadi langkah mudah untuk menyerangnya waktu Anda beradu alasan dalam satu pertikaian, namun tahukah Anda kalau hal itu begitu merugikan jalinan Anda serta bakal senantiasa terjerat dengan kekeliruan saat lantas.

28. Kepercayaan

Percalah pada suami Anda, terkecuali suami Anda sudah memberi alasan yang pasti yang bikin Anda layak tidak untuk yakin kepadanya, walau siaga itu tetaplah utama.

Mungkin saja Anda alami trauma kalau dahulu pernah dikhianati bekas pacar Anda, namun janganlah dibiarkan itu terbawa Anda kedalam pernikahan Anda. Janganlah mengambil dengar serta mengintip waktu dia terima telephone, mengecek email-nya, atau memata-matai dia saat dia keluar dengan beberapa rekannya.

29. Memasaklah Untuk Suami Anda

Jelas, kita semuanya tak dapat jadi ibu rumah-tangga yang sempurna. Terlebih bila kita sendiri juga mempunyai karier. Namun, luangkanlah saat untuk memasak baginya dari saat ke saat. Bila Anda bukanlah seseorang istri yang pintar memasak, belajarlah memasak sebagian hidangan favoritnya saja serta coba untuk menghidangkannya untuk suami.

Gunakan internet untuk menemukannya beragam resep makanan serta bahkan juga untuk temukan sebagian kreasi baru yang bisa dihidangkan dengan cara cepat serta simpel. Usaha Anda tunjukkan kalau Anda perduli mengenainya serta apa sebagai favoritnya. Ini bisa membahagiakan suami.

30. Janganlah Mengharapkan Terlalu Banyak

Hidup tidaklah satu film cinta yang romantis. Pria tidak selamanya mempunyai hal yang paling diinginkan oleh istri. Janganlah mengharapkan sehari-hari Anda bakal senantiasa jadi seperti seseorang ratu.

Suami Anda bakal bikin kekacauan atau permasalahan, serta dia mungkin saja bakal banyak mengacaukan beberapa hal. Janganlah senantiasa mengharapkan sesudah pertikaian bakal memperoleh surat keinginan maaf atau selusin mawar. Pasti, itu bakal mengasyikkan sekali, namun sadarilah kalau pria tidak sama dari kita.

Apa yang kita pikirkan dalam kepala kita kalau ia mesti mengerjakannya tidak selamanya bakal pria kerjakan. Sadarilah kalau umumnya film-film cinta romantis itu besar kemungkinan ditulis oleh wanita dengan pojok pandangnya.

31. Meringankan

Ingat saat Anda serta suami pertama kalinya merajut cinta? Sebagai wanita senyuman Anda memuatnya tergoda? Stres dalam kehidupan betul-betul bisa memiliki masalah pada hubungan, serta terkadang kita lupa untuk tertawa, lupa dengan beberapa hal indah yang sudah dilalui berbarengan.

Bercumbulah serta bermain-main dengan suami Anda. Katakan lelucon bodoh. Kembali kenang beberapa hal lucu yang pernah berlangsung. Memanglah hidup tidak selamanya dapat bahagia cuma satu permainan, namun sekali-kali tak apa-apa lah.

32. Bila Suatu hal Yang Jelek Berlangsung, Coba Untuk Membuatnya Lebih Baik

Tidak pelak lagi, bakal ada waktunya jalinan Anda didera gelombang. Bila datang satu permasalahan dalam rumah tangga yang bikin Anda tidak paham ke mana mesti berpaling, yang bikin Anda susah untuk berbuat hal yang benar.

Ini janganlah bikin Anda putus harapan, move on! Bila perlu berkonsultasilah pada instansi konseling rumah tangga. Bila Anda betul-betul menyukai suami Anda serta menginginkan bikin hal yang benar, janganlah senantiasa menginginkan dia untuk bikin langkah pertama.

Sudah pasti, 32 langkah membahagiakan suami dalam postingan kesempatan ini mungkin saja tidak akan senantiasa membuat pernikahan yang sempurna serta rumah tangga bahagia. Kerjakan beberapa hal yang Anda ketahui yang bisa membahagiakan suami serta nikmatilah perjalanan rumah tangga Anda!

loading...

LEAVE A REPLY