19 Hal yang Harus Dipikirkan Ketika Membangun Start Up

0
188
Membangun Start Up

Membangun start up bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak orang yang bingung ketika mereka memulai dalam membangun start up. Sehingga sebuah start up bisa mendatangkan keuntungan yang cukup baik bagi si founder.

Memang membangun start up itu tidaklah mudah, harus banyak hal yang harus dipikirkan dan memikirkan  secara panjang untuk mendapatkan investor dan keuntungan yang cukup melimpah. Karena start up membutuhkan cukup banyak modal dan tim untuk membangun perusahaan start up yang benar.

Memang banyak para founder yang gagal dalam membangun start up. Tapi tidak semua founder akan berhasil dalam waktu singkat dalam membangun start up.

1. Mempersiapkan Gagasan Inovatif

Sebelumnya anda mengambil keputusan untuk terjun ke dunia startup, hal mendasar yang harus anda sediakan yaitu mempunyai ide atau inspirasi inovatif yang bakal jadi jalan keluar untuk persoalan yang dihadapi banyaknya orang. Inspirasi serta ide itu adalah kunci awal untuk dapat menarik orang lain supaya ingin berhimpun jadi sisi dari tim startup anda.

2. Membuat Tim yang Handal

Satu tim serta partner yang kompak adalah segi paling utama dari satu perusahaan startup. Tim adalah aset awal yang dipunyai oleh satu startup. Di mata investor, tim jadi satu diantara segi yang diperhitungkan serta jadi penentu apakah pihak investor bersedia atau tak menanamkan modalnya. Ini yaitu step begitu krusial yang bakal memastikan kemampuan perusahaan startup.

3. Menciptakan Produk

Sesudah anda sukses membuat tim startup, jadi langkah setelah itu yaitu mewujudkan bebrapa inspirasi pada suatu product yang siap gunakan serta siap diterapkan. Cara yang cukup popular dalam pengembangan product yaitu ” lean startup jenis “, yaitu satu pendekatan pengembangan usaha yang didasarkan pada prinsip produksi ramping serta lihat product dari pojok pandang customer.

4. Membuat perlindungan Aset Kekayaan Intelektual Perusahaan

Dengan Paten Sesudah berhasil membuat product inovatif, jadi langkah selanjutnya yaitu melindunginya lewat hak paten. Hak kekayaan intelektual jadi sisi utama bersamaan perubahan usaha anda. Ini bakal jadi penghambat untuk beberapa pesaing yang menginginkan mengikuti product anda.

5. Pasarkan Produk

Sesudah product anda terproteksi oleh paten, jadi langkah setelah itu yaitu lakukan bagian pemasaran, dari mulai mempersiapkan product, memperoleh lisensi, sampai pencitraan produk. Anda mesti memakai kiat pemasaran yang tidak sama untuk tahap siklus startup yang tidak sama juga.

6. Meningkatkan Kiat Pembiayaan

Sebagai satu perusahaan, pasti diperlukan cost. Anda butuh kreatif menggali dana supaya nyawa startup tetaplah hidup. Ada bermacam sumber pendanaan yang dapat jadi pilihan, dari mulai kantong pribadi sebagai modal awal, pendapatan dari product yang di ciptakan perusahaan, sampai penggalian dana ke pihak investor.

7. Memastikan Strategi Exit

Ini yaitu tahap akhir yang bakal jadikan perusahaan anda keluar dari status startup. Saat perusahaan anda sudah sukses mempunyai product brand terkenal serta diincar oleh beberapa investor, jadi bersiap-siaplah untuk memperoleh keuntungan serta jadikan diri anda sebagai jutawan baru. Pada umumnya, ada dua kiat exit bagian startup, yaitu Initial Public Offerings (IPO) atau jual saham ke lantai bursa, serta Marger serta Akuisisi (M&A). Walau hal semacam ini yaitu step akhir, tetapi banyak perusahaan perintis di Silicon Valley yang sudah membuat kiat exit mulai sejak awal pendirian startup.

8. Aspek Bisnis

Saat kita miliki inspirasi serta produk, jadi setelah itu yaitu mengkomersialkan product tadi. Dari paparan pembicara di Indigoincubator, ada 3 langkah yang paling umum di kerjakan beberapa technopreneur yaitu

– Iklan, ini yaitu bentuk paling dasar dari usaha. produk atau layanan ini umumnya berformat Situs atau Game.

– Bayar. Jenis seperti ini yaitu dengan memohon user membayar aplikasi atau layanan itu. Jenis seperti ini telah mulai ditinggalkan tetapi masihlah cocok untuk di indonesia.

– Subscribe, ini yang lagi trend. User disuruh berlangganan dengan biaya murah serta biaya dapat dibayarkan perbulan atau pertahun. Jenis seperti ini tengah ramai ramainya. Jenis ini sesungguhnya juga bukanlah jenis baru, contoh usaha seperti ini yaitu Webhosting.

Bila keuntungan menginginkan maksimal gabungkan 3 cara tersebut, menggabungkan langkah di atas itu kerap dimaksud dengan Freemium. Ada yang free namun layanan/produk terebut beriklan atau jenis subsribe yang tanpa ada iklan.

9. Inspirasi Yang Dapat Membuahkan Uang

Tujuan Kamu bangun startup apa? Apa pun startupnya maksud paling utama adalah membuahkan uang. Ya mungkin saja beberapa startup tujuannya untuk aktivitas sosial. Namun uang tetaplah jadi prioritas utama. Pendapatan dari startup untuk membiayai keperluan pengembangan, karyawan serta yang lain.

Masihlah muda duduk dibangku kuliah serta miliki startup sendiri tentu keren. Namun startup bukanlah untuk sekedar bangga-banggan. Tetapi dapat mengasilkan uang yang dapat menghidupi startup tersebut. So, bila memperoleh satu inspirasi untuk start up yakinkan kalau nantinya inspirasi itu dapat membuahkan uang.

Banyak startup nampak lantas hilang lantaran inspirasi belum masak. Di buat lantaran ego beberapa pendirinya. Startup lebih dari sebatas ide menarik tetapi dapat juga untuk kebun uang. Inspirasi menarik tidak dapat membuahkan duit itu akan tidak bertahan lama.

Bila Anda memperoleh satu inspirasi menarik, pikirkan apakah pengguna ke depannya ikhlas keluarkan uang mereka karenanya. Atau paling tidak uang banyak yang ingin gunakan serta Anda dapat peroleh uang dari iklan. So, pikirkan lagi idemu itu guys!

10. Miliki Tim yang solid

Untuk membangun startup usaha Anda tak dapat sendirian. Anda mesti mempunyai tim yang solid dengan maksud yang sama. Dapat diawali dengan beberapa rekanmu atau mungkin dengan karyawan. Semuanya bergantung kemampuanmu untuk wujudkan startupmu.

Mempunyai tim yang solid dapat jadi modal awal sesudah mempunyai inspirasi yang menarik. Dengan mempunyai satu tim, bangun stratup semakin lebih gampang. Anda tidak mungkin saja membangun startup sendirian. Anda akan memerlukan beberapa orang disekelilingmu untuk berikan motivasi diri.

Bila menginginkan bikin tambah baik dari beberapa orang paling dekat sepeti rekanmu. Yakinkan kalau rekanmu mempunyai visi yang sama. Keuntungan mempunyai tim rekan sendiri adalah Kamu dapat tak terbebani dengan upah karyawan. Dengan visi yang sama Anda serta rekanmu dapat jadi founder yang berjuang.

Tim solid dibutuhkan pada startup. Terlebih diawal-awal membutuhka prinsip dari semuanya founder. Jangan pernah visi yang disetujui berantakan serta timmu jadi tak stabil. So, awalilah mencari rekanmu yang seumpamanya mempunyai passion serta visi yang sama, guys!

11. Miliki Cukup Modal

Dalam membangun startup kamu tidak cuma perlu skill. Anda pasti akan memerlukan modal uang. Ya meskipun Kamu berkemauan mencari investor yang tertarik. Tetap harus Anda mesti mempunyai modal untuk pertama kalinya wujudkan startupmu.

Kabutuhan modal tiap-tiap startup juga tidak sama. Ada yang dengan modal jor-joran ada dengan juga modal apa yang ada. Anda dapat sesuaikan dengan keperluan dalam pengembangan. Tidak mesti dengan modal yang besar kok. Asal cukup penuhi keperluan telah bagus.

Nantinaya bila memanglah startupmu tunjukkan tren positif, Anda dapat mulai mencari pendanaan dari investor. Mencari investor juga tidak semudah yang dipikirkan. Anda mesti memberikan keyakinan kalau startupmu dapat untungkan serta membuahkan uang.

Untuk pertama kalinya pendanan startup mu dapat dengan patungan dari dalam tim atau masing-masing founder. Itulah gunanya satu tim, terkecuali pelaksanaannya lebih gampang juga modal dapat lebih merasa enteng. So, sebelumnya membangun startup yakinkan kantong mu tersisi! Ya meskipun uang bukan hal yang mutlak.

14. Mesti Fokus

Umumnya sebagai permasalahan pertama kalinya membangun startup adalah kurangnya konsentrasi beberapa foundernya. Membangun startup tidak gampang serta cepat membuahkan uang. Tergiur dengan memandang startup-startup yang gampang membuahkan duit. Mengakibatkan menginginkan bangun kembali startup yang sama juga dengan kompetitor.

Pemula tentu banyak maunya. ingin gampang serta cepat mengahsilkan. Membangun startup yang berhasil diperlukan kesabaran serta konsentrasi dari pendirinya. Janganlah memikirkan diluar startupmu bila milikimu tiu belum ada dizona aman.

Startup sama seperti dengan beberapa usaha yang lain. Ada masa-mas susah serta ada mas yang mengasyikkan. Bila Kamu terasa startup mu telah seperti yang Anda berharap. Janganlah coba berpaling dengan membangun startup baru. Karenanya bakal membuat kamu tak konsentrasi.

Membangun Startup atau apa pun itu diperlukan konsentrasi dari beberapa foundernya. Tambah baik mempunyai startup satu yang besar daripada banyak tetapi kecil-kecil. Serta butuh jadi catatan untuk Anda yang masihlah kuliah serta menginginkan membangun startup. Anda bakal alami kesusahan bila melakukan keduanya. Ingin miliki startup? Baiknya lulus kuliah dahulu.

15. Bermula dari inspirasi sederhana

Apabila anda masihlah bingung untuk mengawali bikin startup apa. Anda bisa mengawalinya dengan mencari inspirasi simpel serta dekat dengan sekitarmu. Coba membaca permasalahan beberapa orang di sekitarmu dengan baik adalah inspirasi paling baik dalam membuka satu startup.

Bila anda masihlah belum temukan usaha startup apa yang menginginkan kamu bikin jadi yang perlu anda kerjakan yaitu berpikir lebih luas. Coba untuk mencari inspirasi startup yang belum beberapa orang yang membukanya. Atau bahkan juga bila anda memiliki inspirasi startup yang belum ada sekalipun orang membuatnya disitulah keuntungan anda.

Dari bebrapa inspirasi yang sudah anda peroleh, saat ini tinggal anda yang pilih startup apa yang menginginkan buat. Yakinkan juga untuk sekurang-kurangnya mempunyai pengetahuan yang terkait dengan startup yang menginginkan dibuat.

Jangan pernah cuma bermodalkan nekat saja tanpa ada mempunyai kekuatan serta pengetahuan mengenai startup yang di buat. Atau sekurang-kurangnya anda mempunyai rekanan atau kenalan yang terkait dengan startup yang anda bangun. Hingga anda bisa memohon baik pertolongan ataupun anjuran darinya.

16. Percaya Diri

Sesudah memastikan jenis startup apa yang menginginkan kamu bikin. tahap selanjutnya yaitu anda mesti terasa yakin diri. Yakin dirilah kalau startup yang bakal kamu bikin nanti bakal berkembang dengan cepat lalu bisa bertahan lama.

Yakin dirilah dengan startup anda lantaran pasti yang anda tentukan itu yaitu berdasar pada sebagian argumen yang anda pertimbangan. Jadikanlah argumen serta pertimbangan itu jadi pemacu untuk tetaplah yakin diri dengan startup rintisan mu. Saat anda sudah yakin diri pasti bakal begitu enteng dalam menjalankannya nantinya.

Tetapi apabila anda belum yakin diri itu juga adalah satu kewajaran. Dengan adanya banyak startup saat ini sudah nampak pasti sedikit memengaruhi semangat. Untuk mengatasinya coba untuk mengingat kemauan awal anda waktu menginginkan bangun startup ini.

17. Berani Tidak sama

Modal untuk berkompetisi ditengah banyak startup yang nampak yakni anda mesti memiki startup yang unik. Be different, beranilah untuk tidak sama dengan umumnya startup yang lain. Bukanlah dengan berani tidak sama anda lalu berasumsi kiat usaha startup yang lain tak pas. Malah anda mesti belajar bebrapa kiat usaha startup dari yang telah ada.

Dengan belajar kiat dari startup-startup yang lain anda bakal tahu kelebihan serta kekurangan semasing. Hingga dengan itu anda bisa bikin kiat yang mempunyai banyak kelebihan serta minim dari kekuarangan. Dengan pengetahuan bakal startup yang lain anda semakin lebih gampang untuk jadikan startup milikmu jadi unik serta tidak sama.

Saat sudah temukan style anda sendiri jadi startup anda bakal jadi lebih gampang di ingat orang-orang. Orang-orang bakal mulai mengetahui serta jadikan startup anda jadi prioritas mereka. Pastinya saat startup anda jadi prioritas usaha startup milikmu bakal berkembang dengan cepat.

18. Janganlah Khawatir Persoalan Modal

Nyaris sama juga dengan kemungkinan rugi satu diantara aspek terpenting yang meruntuhkan kemauan untuk mengawali startup yaitu modal. Banyak dari orang yang mempunyai segudang inspirasi untuk mulai bangun usaha startup. Tetapi lantaran minimnya modal yang dipunyai jadikan bebrapa inspirasi itu tidak pernah diwujudkan.

Dalam usaha pasti modal bukanlah jadi aspek terpenting penentu lancarnya satu usaha. Tetapi karenanya ada modal usaha bakal jadi lebih gampang untuk dikembangan. Lantas bagaimana beberapa pelaku bisnis pemula yang kekurangan modal untuk mengembangan bisnisnya. Satu diantara jalan keluar yang bisa dikerjakan yaitu dengan mencari investor.

Dengan investor jadi anda tak perlu lagi pusing pikirkan bagaimana startup anda bakal memperoleh dana nanti. Anda cuma butuh konsentrasi pada startup milikmu serta saat sudah untung anda tinggal membagi keuntungan itu dengan investor. Tetapi bukanlah bermakna dengan mencari investor bermakna anda jual startup anda pada pemberi modal. Beberapa investor cuma bakal meminjamkan modal pada anda untuk bangun startup.

19. Memberi Pelayanan yang Memuaskan

Langkah terutama selajutnya dalam bangun usaha startup yaitu dengan memberi pelayanan yang sempurna pada konsumen. Untuk bikin konsumen senantiasa mengingat serta mempriotitaskan kita yaitu dengan memberi pelayanan yang memuaskan. Dengan service yang memuasakan ditambah dengan kualitas yang baik pasti konsumen bakal setia pada product atau layanan punya kita.

Pelayanan pada pelanggan juga adalah aspek utama suksesnya satu startup. Bila anda memberi service yang baik pasti startup milikmu bakal cepat berkembang. Tetapi seandainya pelayanan yang anda berikanlah kurang memuaskan customer jadi apabila tak ada perbaikan tinggal tunggulah saat untuk bisnismu gulung tikar.

Walau umumnya dalam usaha startup service yang didapatkan berbasiskan on-line seutuhnya. Tetapi dengan system online anda juga butuh untuk memberi pelayanan sempurna.

Itu tadi 19 hal yang perlu Anda tau sebelumnya bangun startup. Bangun startup bukanlah pelampiasanmu untuk tidak mau berkerja di perusahaan orang lain. Miliki usaha sendiri memang bagus, namun Anda juga perlu pengalaman serta pengetahuan bila tidak mau tidak berhasil.

Tersebut diatas adalah beberapa tips yang bisa anda aplikasikan untuk mengawali bangun usaha startup. Pastinya beberapa tips diatas belum seutuhnya bakal jadikan startup milikmu jadi cepat berkembang. Tetapi sekurang-kurangnya anda semakin lebih gampang untuk coba bangun satu startup.

loading...

LEAVE A REPLY