Membawa Nama Harum Indonesia Ke Ajang Gothia Cup 2016

0
gambar via: kemlu.go.id

Tim Nasional RI ASIOP Appacinti yang dilatih Barry Siddiq dan memperoleh julukan ‘Mutiara Senayan’, berhasil mencapai juara pertama di ajang Gothia Cup 2016.

Bermain di level Boys U15, ASIOP Apacinti berhasil mengikuti jejak Topskor Indonesia dan menyamakan catatan prestasi mereka di Gothia Cup tiga tahun silam yaitu dengan tampil di partai puncak Gothia Cup (21/7). Sayangnya Topskor pada hari Jum’at 21 Juli 2016 dijegal oleh Mexico dengan memberikan 0-1 ketika paruh waktu kedua.

Kekesalan Indonesia hari Sabtu 23 Juli 2016 terobati dengan permainan cantik ASIOP Apacinti. Lewat beragam taktik yang berliku-liku, lawannya yaitu Timnas tuan rumah Elfsbrog bisa ditaklukkan dengan kedudukan 3-1. Gol dari Apacinti diukir oleh Imam Zakiri, Reyhan Syaviano, serta Egy Maulana Vikri, sementara gol balasan Elfsborg dibukukan Aleksandar Ceganjac.

gambar via: kemlu.go.id
gambar via: kemlu.go.id

Apacinti pernah memperoleh peluang untuk unggul pada menit keempat. Tetapi, Firdas Hilmi belum dapat menuntaskan peluang tersebut dengan maksimal. Berselang empat menit kemudian, tim asal Indonesia ini sukses unggul 1-0 atas gol dari Imam Zakiri.

Mendekati turun minum, Apacinti makin memupuskan harapan tuan rumah usai Reyhan Syaviano mencatatkan namanya di papan skor. Apacinti memimpin 2-0. Pada awal babak kedua, Egy Maulana Vikri memperbesar keunggulan Apacinti jadi 3-0.

Tersentak dengan gol cepat tim tamu, Elfsborg berupaya lebih keras untuk mengembalikan tempo permainan. Sesudah 40 menit berjibaku pada babak kedua, gol yang dinanti-nantikan Elfsborg pun terwujud atas lesakan Aleksandar Ceganjac.

“Ini mengagumkan, fantastis. Anak-anak bermain begitu hebat di sepanjang turnamen ini,” tutur manajer Apacinti, Ade Wellington, seusai pertandingan.

Dubes RI untuk Swedia Bagas Hapsoro sudah mengontak langsung pengurus serta official committee ASIOP Apacinti, “Sampaikan rasa salut serta hormat saya pada semua anggota Timnas. ASIOP Apacinti tidak hanya sukses membawa harum nama kelompoknya, namun juga bangsa serta negara Indonesia. Hormat kami untuk ASIOP Apacinti U15 yang sudah memenangkan Piala Gothia 2016”

Gothia Cup merupakan turnamen sepakbola usia muda terakbar di dunia saat ini. Setiap tahun, turnamen ini diselenggarakan di bulan Juli di kota Gothenburg, Swedia. Sekurangnya 1.600 tim dari 80 negara serta 5 benua bertarung di ajang ini. Mulai sejak diawali di tahun 1975, hampir 1 juta pemain bola usia muda sudah bertanding di Gothia Cup, the World Youth Cup.

Sumber: kemlu.go.id, GNFI

Baca juga: Mahasiswa UNY Berhasil Menjuarai World Invention Creativity Contest di Seoul

LEAVE A REPLY