Mengenal Halima Aden, Wanita dan Model Berhijab yang Ngehits di Negeri Paman Sam

0
622

SEORANG remaja wanita bernama Halima Aden (19) sempat menjadi pusat pemberitaan karena menjadi wanita muslim berhijab pertama yang berhasil mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota.

Aden yang merupakan model pendatang baru di Amerika Serikat tampil memeragakan koleksi terbaru dari Kanye West, Yeezy Season 5, pada pekan mode New York.“Industri mode sangat baik dan menerima perbedaan,” ujar Aden dalam wawancara dengan Vogue.

Dia juga mengatakan bahwa dia belum menerima tekanan dan perlakuan kurang baik seperti yang dikatakan banyak orang soal industri mode. “Tidak ada orang yang memintaku menjadi orang lain selain diriku sendiri dan aku merasa bersyukur,” imbuhnya.

Aden yang sebelum beremigrasi ke Amerika Serikat tinggal di penampungan di Kenya telah menandatangani kontra kerjasama dengan agensi model, IMG Models. Dulu, saat mengikuti kontes kecantikan Minnesota dia mengatakan bahwa tujuannya berkompetisi adalah untuk mengubah pandangan Amerika mengenai islam yang sesungguhnya.

Remaja berhijab pertama yang ikuti Miss Mennesota

Sebagaimana diketahui, remaja berdarah Somalia-Amerika menjadi wanita berhijab pertama mengikuti kontes kecantikan Miss Mennesota Amerika Serikat. Saat kompetisi tersebut berlangsung, wanita ini terus menutup auratnya.

Aden juga mengenakan burkini yang menutup seluruh tubuh dan gaun malam tertutup untuk ronde-ronde berbeda dalam kontes tersebut. Aden merupakan satu dari 45 kontestan di kontes kecantikan yang bersaing untuk mewakili Minnesota di kontes Miss USA 2017.

Aden yang belum pernah berlaga di kontes sebelumnya, memutuskan untuk mengikuti kompetisi tahun ini untuk memecahkan stereotip negatif dan kesalahpahaman tentang muslim Amerika, Somalia-Amerika, dan wanita muslim pada umumnya.

Jadi Model Kanye West

Model yang memakai hijab ini baru saja bergabung dengan agensi model IMG Models, dan akan memulai debut pertama di catwalk dalam fashion show Yeezy Season 5 Kanye Westdi New York Fashion Week 2017.

IMG Models sebelumnya pernah merekrut model muslim. Menurut Presiden IMG Models Ivan Bart, komitmen Halima Aden dengan hijabnya adalah sebuah keunikan. “Saya pikir dia sangat berani untuk tetap berpegang pada apa yang benar-benar dia percayai, setelah mengikuti sebuah kontes kecantikan yang menjadi impian remaja Amerika,” kata Bart.

Dengan munculnya Halima Aden, Bart berharap banyak anak perempuan yang memakai hijab dapat merasakan pengalaman di dunia fashion dan tahu bahwa dia dapat melakukan hal yang sama. “Karena keragaman menjadi prioritas IMG Models,” ujar Bart.

Bagi Halima Aden, modeling adalah sesuatu yang tidak pernah ada dalam pikirannya. “Aku ingin menyebarkan pesan positif tentang keindahan dan keragaman,” ujar model yang lahir di kamp pengungsian di Kenya itu. “Dan untuk menunjukkan perempuan muda muslim lainnya bahwa ada ruang untuk mereka.”

Halima Aden juga akan tampil dalam CR Fashion Book edisi Maret. “Halima melanggar batas-batas keindahan dan persepsi dengan menjadi dirinya sendiri. Ini sangat inspiratif, dan saya tahu dia akan menjadi ikon,” kata Editor CR Fashion Book Carine Roitfeld. (DP)

loading...
SHARE
Suka nulis hal -hal unik seputar kehidupan sehari-hari, relationship, kuliner dan wisata.

LEAVE A REPLY