18 Tips Mengusir Rasa Sepi Untuk Hidup yang Lebih Bahagia

0
802
Mengusir Rasa Sepi

Mengusir rasa kesepian terkadang menjadi salah satu hal yang sangat sulit dilakukan. Banyak orang yang merasa dirinya sulit untuk menghilangkan rasa kesepian. Padahal rasa kesepian bisa kita hilangkan dengan berbagai cara yang cukup mudah.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa sepi terhadap diri sendiri. Hal terpenting ketika anda merasa kesepian, jangan hanya selalu berada didalam rumah atau menyendiri, cobalah untuk keluar dan mencari sekedar hiburan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

1. Membedakan antara kesendirian serta kesepian

Adakah ketidaksamaan pada kesendirian serta kesepian? sudah pasti. Beberapa orang yang sekarang ini menikah namun merasakan ‘kesepian’ dalam jalinan mereka bahkan juga saat duduk di samping orang yang mereka cintai.

Berbarengan tidak selamanya bisa menyingkirkan kesepian serta sendiri tak berarti kalau kita kesepian. Sebenarnya, beberapa orang yang terasa bahagia, lantaran mereka bisa menyeimbang emosional mereka dengan menggunakan sekian waktu sendirian seperti membaca, bermeditasi serta olahraga.

Kita butuh mengklarifikasi apakah kita cuma sendirian atau terasa kesepian. Sesudah kita mengidentifikasi penyebabnya perasaan kita, kita bisa dengan cara pro aktif mengatasinya. Bila kita alami kesusahan yang berat, jadi mungkin saja bijaksana untuk memohon pertolongan seseorang konselor atau terapis berpengalaman untuk membantu setiap masalah kalian.

2. Jangan sampai menutup rumah Anda

Tidak menutup rumah di sini, bukanlah bermakna Anda membiarkan demikian saja pintu terbuka atau tak mengunci jendela. Dengan Tak menutup tempat tinggal bermakna Anda butuh membuka tirai selebar-lebarnya. Biarlah cahaya masuk.

Kerjakan aktivitas diluar rumah, umpamanya berkebun. Aktivitas ini bukan sekedar bikin tempat tinggal lebih asri, tetapi juga menjadikan Anda mempunyai peluang untuk menegur tetangga yang lewat di depan tempat tinggal. Sehingga proses sosialisasi akan berlangsung secara tidak langsung.

Sekali-kali, cobalah untuk mengundang tetangga sekitar untuk sekedar mengobrol atau meminum bareng dengan tetangga anda di tempat tinggal anda. Hal itu bisa anda lakukan, apabila memang itu tidak pernah anda lakukan selama ini. Sehingga dengan cara mengundang tetangga, maka hal itu menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa kesepian yang selama ini anda hadapi.

Buka diri serta tempat tinggal Anda memberi perspektif baru serta mengingatkan kalau terkadang kita tak sendirian.

3. Konsentrasi pada kebahagiaan

Tingkat kebahagiaan terdapat di tangan Anda. Bila Anda terasa tak bahagia, Anda mesti mengambil aksi pro aktif untuk melakukan perbaikan kondisi ini jadi lebih bahagia. Konsentrasi pada hal positif serta aktivitas yang mengasyikkan. Menggunakan waktu dengan rekan serta keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa kesepian tersebut.

Perbanyak teman-teman dengan berhimpun serta berperan serta dalam beberapa kelompok sosial baru. Ikuti beragam pelatihan, aktivitas kerohanian atau pusat komunitas lokal. Sempatkan sedikit waktu untuk berperan serta dalam hobi atau aktivitas yang betul-betul Anda idamkan. Dengarkan musik favorit Anda suara yang kita gemari bisa segera memengaruhi situasi hati kita serta kondisi emosional.

Fokuslah pada beberapa hal yang bikin Anda bahagia, bukanlah pada beberapa hal, beberapa orang serta beberapa tempat yang tidak Anda sukai. Senantiasa ingat kalau Anda yang betul-betul bisa mengontrol tingkat kebahagiaan Anda sendiri.

4. Tetap bersyukur

Apakah Anda bersyukur untuk beberapa hal yang Anda punyai serta beberapa orang yang ada pada kehidupan Anda? Sempatkan diri sebagian waktu sehari-hari untuk konsentrasi pada rasa syukur.

Apa yang Anda syukuri hari ini? Tulislah sekurang-kurangnya satu hal sehari-hari dalam satu buku catatan atau jurnal. Dengan fokus pada apa yang Anda syukuri, Anda akan tidak peduli pada beberapa hal yang bikin hidup Anda tak bahagia. Sehingga hal itu bisa anda jadikan sebagai salah satu cara intropeksi diri anda untuk menjadi seorang yang lebih baik dan bisa mengusir rasa kesepian yang selama ini terjadi pada anda.

5. Cari kelas latihan yang Anda sukai

Bergabung di gym atau kelas latihan. Latihan bukan sekedar tingkatkan kesehatan fisik kita, namun kesehatan mental serta emosional kita juga. Endorfin yang dilepaskan sepanjang kesibukan fisik sudah dapat dibuktikan bisa tingkatkan situasi hati kita serta pikiran kita keseluruhannya.

Mencari serta join dengan kelompok orang-orang yang berpikiran sama. Dalam hampir tiap-tiap kota, Anda bakal temukan beberapa kelompok individu yang terorganisir yang berjumpa untuk berbagi ketertarikan, hoby serta aktivitas. Apakah Anda suka pada komik, buku, video game, seni, kerajinan, koleksi atau berolahraga, Anda bisa temukan komune lain di sekitaran tempat tinggal Anda serta berhimpun dengan mereka untuk berbagi beberapa kebutuhan yang sama.

Bila Anda tinggal di pedesaan, Anda dapat tersambung dengan cara online serta bergabung dengan kelompok diskusi dengan beberapa orang yang mempunyai ketertarikan yang sama juga dengan Anda. Anda dapat juga berhimpun dengan komunitas keagamaan serta berperan serta dalam aktivitas keagamaan local seperti remaja masjid, karang taruna serta organisasi keagamaan yang lain.

6. Menolong Sesama

Ini yaitu satu diantara langkah paling baik untuk mengusir kesepian. Berperan serta dengan cara suka-rela dengan organisasi yang utama untuk Anda. Menolong serta memberi dukungan orang lain membuat kita terasa bermanfaat serta diperlukan. Anda bahkan juga mungkin saja temukan jati diri Anda serta merajut jalinan seumur hidup lewat partisipasi Anda dalam group atau organisasi yang Anda tentukan.

7. Hewan atau tanaman

Hewan serta tanaman membawa kesenangan sendiri dalam kehidupan pemiliknya. Bila Anda senang ada diluar ruangan Anda bisa memproses sayuran atau taman buah, atau menjaga tanaman yang susah umpamanya anggrek.

Konsentrasi pada belajar mengenai serta pelihara suatu hal terkecuali sendiri, serta nikmati hasil kerja Anda dengan lihat mereka tumbuh serta berkembang. Bergabunglah dengan juga beberapa orang yang juga sharing ketertarikan dengan Anda.

Bila Anda mempunyai sarana serta terasa siap untuk menjaga hewan, pertimbangkanlah untuk menjaga kucing atau anjing atau hewan peliharaan yang lain. Hewan bisa membawa rasa kenikmatan dalam kehidupan seorang serta memberi persahabatan yang indah juga.

8. Jadi seperti rock star

Saat rasa kesepian menempa, anggap diri Anda yaitu seseorang bintang rock star. Mengeluarkan sisi ‘liar’ Anda. Berpakaianlah seperti bintang rock, nyanyikan keras-keras lagu kegemaran Anda. Janganlah cemas, tidak ada orang yang dengarkan Anda kok.

9. Memanjakan diri

Satu diantara langkah paling baik untuk mengusir rasa sepi yaitu dengan memanjakan diri Anda. Pergilah ke salon untuk potong rambut atau untuk sekedar memperoleh body massage. manjakan diri Anda supaya tubuh Anda terasa tambah baik.

10. Baca buku

Bila Anda suka membaca buku, pastikan buku favorit Anda serta biarlah diri Anda terbenam dalam alur narasi buku. Ambillah satu diantara peran favorit Anda serta tenggelamkan diri Anda dalam dunia tokoh favorit Anda itu. Buku bisa menjadi satu cara untuk menghilangkan rasa kesepian yang selama ini mungkin anda sedang rasakan.

11. Masak untuk diri sendiri

Tak ada cara paling baik yang dapat membunuh rasa sepi ketimbang makanan. Cobalah cek buku resep atau pencarian resep di internet. Masakkan suatu hal untuk diri Anda serta nikmatilah. Dijamin kondisi hati Anda semakin lebih baik.

Jika tidak, cobalah anda mencoba membuat kreasi masakan yang membuat anda semakin nyaman dalam hidup. Sehingga hal ini bisa menjadi suatu cara untuk menghindari rasa sepi yang anda alami selama ini.

12. Hidupkan kembali kegemaran Anda

Sertakan diri Anda dalam satu aktivitas yang dapat menghidupkan gairah hidup Anda. Fotografi, menjahit, melukis, atau apa pun yang bikin Anda bahagia kerjakanlah.

Apakah perasaan kesepian Anda baru atau lama, Anda mempunyai kemampuan untuk lakukan pergantian dalam kehidupan Anda. Dengan sedikit keberanian serta konsentrasi, Anda bisa mengambil kembali kendali hidup Anda serta kurangi perasaan kesepian.

13. Hubungan tanpa ada emosi

Teknologi seolah telah menukar hasrat beberapa orang untuk sama-sama berjumpa serta terlibat percakapan. Beberapa orang terasa telah cukup berkomunikasi cuma dengan kirim SMS atau chatting serta malas untuk berjumpa langsung. Tetapi, hubungan komunikasi yang tanpa ada emosi itu malah dapat bikin Anda makin kesepian.

14. Berpindah-pindah rumah

Krisis ekonomi sudah memaksa beberapa orang untuk pindah rumah akibat pindah pekerjaan. Lantaran pindah pekerjaan, mereka sangat terpaksa mesti meninggalkan sekolah, tetangga, teman dekat, serta bahkan juga keluarga mereka.

Kondisi lebih kronis mesti dirasa mereka yang geser ke tempat yang tidak sama bahasa, budaya, serta iklim. Kerapkali mereka susah beradaptasi serta tak miliki rekan akrab.

15. Kematian orang yang dicintai

Kematian seseorang teman hidup meninggalkan luka serta perasaan hampa yang mendalam untuk pasangan hidupnya, terutama jika mereka telah hidup berbarengan untuk saat yang lama. Perasaan kesepian yang kuat bakal kerap muncul.

Ada baiknya, anda mencoba untuk mencari hal yang baru untuk mengusir rasa sepi akibat ditinggal oleh orang yang anda cintai. Anda juga bisa mencoba untuk kembali dekat kepada orang-orang yang selama ini anda jauhkan.

16. Kelajangan yang terpaksa

Rasa kesepian kadang waktu dihadapi oleh mereka yang belum menikah lantaran belum temukan pasangan yang pas. Perasaaan kesepian dapat makin kuat saat ada yang ajukan pertanyaan yang kedengarannya menyakitkan, umpamanya “kenapa anda belum menikah juga? ”

17. Usia muda

Tidak sedikit anak remaja yang mengakui terasa kesepian. Banyak dari mereka yang ketagihan hiburan yang dapat dikerjakan sendirian, umpamanya bermain game elektronik, menggunakan berjam-jam untuk surfing di internet, atau melihat TV. Lantaran keseringan menggunakan saat sendirian, mereka tak miliki rekan akrab serta sering terasa kesepian.

18. Usia tua

Beberapa lanjut usia mungkin saja kerap kesepian, walau anggota keluarganya tak meremehkan mereka. Kerabat serta teman dekat mereka mungkin saja datang bertandang di beberapa saat tertentu, tetapi ada beberapa saat lain—adakalanya berhari-hari bahkan juga berminggu-minggu saat tak ada satupun yang mengunjunginya.

Bagaimana caranya mengusir rasa sepi. Mungkin saja rasa sepi hadir karena suatu penyebab dan membuat anda bingung. Tetapi banyak hal yang menyebabkan rasa sepi itu hadir pada dirikita. Mungkin beberapa cara ini terjadi akibat rasa sepi yang timbul pada diri anda:

– Perlukah Saya Merubah Sudut Pandang?

Kebanyakan orang dapat kesepian, serta itu wajar. Namun yang jadi permasalahan yaitu saat Anda terus-menerus terasa kesepian. Mungkin saja itu sinyal ada yang butuh disesuaikan dari langkah pandang Anda pada kehidupan.

Permasalahan dapat nampak dari langkah Anda berlaku waktu berbarengan orang lain. Ada yang seakan menyimpan pagar kawat berduri disekelilingnya hingga orang lain tidak ingin berteman.

Untuk mengatasinya, adakalanya cuma dibutuhkan membuat perubahan pojok pandang. Ada pengalaman dari Sabine yang berimigrasi ke Inggris. “Butuh saat supaya keyakinan tumbuh diantara kawan-kawan baru agar dapat nyaman serta yakin diri saat bergaul berbarengan. Coba bertanya latar belakang mereka. Kita dapat mencari suatu hal yang baik dari orang lain serta belajar kebudayaan mereka.”

– Apakah Saya Menarik Diri dari Orang Lain?

Tanyailah sendiri, “Apakah saya menjauhi orang lain? Mungkinkah orang lain jadi lebih ramah bila saya juga lebih ramah? ” Bila Anda terasa itu penyebabnya dijauhi orang, coba untuk lebih supel. Berinisiatiflah mengajak bicara orang lain yang nampaknya kesepian juga. Mungkin saja satu pertanyaan saja jadi awal dari persahabatan seumur hidup.

Beberapa orang yang kesepian berupaya mengatasinya dengan berlama-lama bermain video game, surfing internet, atau melihat TV. Tetapi malah bebrapa aktivitas mengasingkan diri ini bisa bikin mereka terasa kesepian lagi. Televisi serta game elektronik bisa bikin seorang jadi demikian kecanduan beberapa hingga tak tertarik lagi merajut pertemanan.

– Apakah Saya Kerap Berpikiran Negatif?

Pesimistis serta perasaan rendah diri kerapkali jadi penghambat terwujudnya satu persahabatan. Seseorang remaja 15 tahun asal Ghana, Abigail, menyampaikan, “Adakalanya pikiran negatif buat saya terasa kesepian. Saya jadi terasa tak bermanfaat serta tak disayangi.” Jadi, optimis diri kalau dengan berinisiatif mendekati serta menolong orang lain yang memerlukan, orang itu akan tidak berasumsi Anda tak berguna. Mungkin saja ia bakal membalasnya dengan menjadi teman dekat Anda.

Tak ada langkah kilat untuk menangani kesepian. Tetapi Anda dapat sukses mengatasinya dengan mengaplikasikan prinsip ini, “perlakukan orang lain seperti Anda menginginkan diperlakukan orang lain.”

Dekatilah beberapa orang yang dapat jadikan teman dekat untuk berbagi cerita serta melepas kesepian. Bila ingin orang lain ramah, Anda harus lebih dahulu ramah padanya. Bila menginginkan orang lain berteman dengan Anda, lebih dahulu jadilah rekan baginya

Langkah menangani kesepian lain yang praktis adalah dengan keluar dari tempat tinggal serta kerjakan suatu hal yang bermanfaat. Umpamanya dengan jalan-jalan ke taman atau ke luar kota, bila mungkin. Serta saat tiba waktunya sendirian dirumah, janganlah ratapi kesendirian Anda.

Demikian sebaliknya kerjakanlah pekerjaan yang kreatif, umpamanya menjahit, menggambar, melakukan perbaikan suatu hal, atau membaca. Dengan mengasah kreativitas serta bikin diri repot, Anda dapat menyingkirkan rasa kesepian yang kerap datang di saat sendirian.

– Ingatkan diri Anda mengenai bakat serta ciri karakter Anda yang bikin Anda bangga pada diri sendiri. Pikirkan diri Anda sebagai seorang yang menarik serta dibutuhkan. Beberapa orang lain biasanya tertarik pada seorang yang memiliki pandangan positif.

– Kerjakan aktivitas yang sampai kini Anda inginkan. Apakah belajar dansa, atau bermain musik, atau pelatihan bahasa asing, atau melaksanakan aktivitas sosial. Pandai dalam satu bagian bakal menghidupkan rasa yakin diri.

– Janganlah memperbandingkan sendiri dengan orang lain. Anda pastinya akan senantiasa temukan orang lain yang lebih langsing, lebih muda, lebih cerdas, atau lebih seksi. Diluar itu, untuk merajut persahabatan lestari serta sama-sama mengasihi, Anda tidak butuh mesti cantik atau tampan atau kaya.

– Berhimpun dengan kelompok yang mempunyai ketertarikan yang sama. Tekuni program yang di tawarkan tubuh pendidikan untuk orang dewasa. Dapat pula berhimpun dengan organisasi yang berbentuk keagamaan. Atau berhimpun dengan kelompok teater dan seterusnya, yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

– Sibukkan diri dengan pekerjaan suka-rela. Dengan aktivitas ini, Anda semakin lebih pikirkan apa yang dapat Anda berikanlah pada orang lain, dari pada pikirkan apa yang dapat Anda peroleh dari orang lain. Hal semacam ini bakal bikin Anda terasa suka pada sendiri.

– Kerjakan suatu hal yang bikin Anda terasa istimewa. Manjakan diri Anda dengan makanan lezat, tataan tempat tinggal/kamar yang menarik, atau aktivitas mengasyikkan yang lain. Dapatkan beberapa hal yang dapat mengasyikkan Anda.

– Rias diri Anda supaya berpenampilan menarik. Gunakan baju yang tengah ngetren yang sampai kini senantiasa Anda jauhi. Pergantian citra Anda dapat memengaruhi perasaan beberapa orang pada diri Anda.

– Janganlah sangat gawat pada orang lain. Bila Anda mengharap berjumpa dengan orang yang prima, Anda bakal menanti selama-lamanya.

– Senantiasa tersenyum. Katakan, ‘halo’ pada orang tidak dikenal di jalan. Bila hal semacam ini bikin Anda salah tingkah, cobalah mulai kerjakan pada sesama jenis. Atau pada orang yang lebih tua, atau anak-anak. Bila Anda telah yakin diri, Anda bakal temukan, bisa mendekati lawan jenis dengan lebih gampang.

– Berikan pujian. Beberapa orang haus pujian. Serta nyaris semuanya pujian dapat menghidupkan jawaban yang hangat.

– Bicarakan mengenai diri Anda, maksud serta ketertarikan Anda. Janganlah terasa pekerjaan serta kepribadian Anda tak menarik untuk orang lain. Tekuni sebanyak-banyaknya mengenai orang lain. Mereka bakal merespon lantaran Anda tertarik pada mereka.

Selamat coba panduan diatas ya, Ladies. Oh iya, Anda dapat juga lho keluar tempat tinggal barang sebentar untuk hirup hawa segar. Tarik napas dalam-dalam serta hembuskan. Sudah pasti hal semacam ini bakal bikin Anda lebih tenang.

loading...

LEAVE A REPLY