32 Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

0
Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang amat sangat penting. Segala aktivitas tubuh selalu dipengaruhi oleh otak. Untuk itu otak juga harus kita jaga dengan baik dan selalu kita harus meningkatkan kecerdasan otak tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa cara berikut ini mungkin akan membantu anda dalam meningkatkan kecerdasan otak. Asalkan anda bisa selalu rutin dalam menjaga aktivitas untuk meningkatkan kecerdasan otak anda.

1. Memastikan Tujuan Saat sebelum Beraktivitas

Perlu untuk Anda saat sebelum beraktivitas memastikan maksud, karena Anda dapat memetakan keadaan serta situasi, lantas pikirkan kondisi saat ini dapat sesuai sama yang Anda kehendaki.

Ya itulah langkahnya, contoh : Saat ini Anda mendapat Nilai 80, Sedang yang Anda kehendaki yaitu nilai 100. Bagaimana Anda dapat mendapat nilai 100. Anda cukup lakukan langkah serta kiat untuk mendapat nilai 100 yang sesuai sama keinginan Anda. Hingga, Anda dapat berpikir untuk meningkatkan kecerdasan Anda.

Kekuatan menganalisa seperti berikut yang dapat tingkatkan kecerdasan otak Anda.

2. Berdiskusi serta Mengupas Definisi

Mungkin saja Anda pernah terasa ragu dengan kerjaan Anda. Hingga rekan-rekan Anda kadang-kadang menyindir serta menertawakan Anda lantaran Anda tidak dapat mempertanggung jawabkan yang Anda lakukan.

Hal semacam ini dikarenakan Anda tidak dapat menguraikan pengertian yang Anda lakukan contoh : Apa sih pengertian ‘semangat’? bila Anda menguraikan pengertian serta mendiskusiakannya Anda bakal dapat mengasah otak Anda, serta dapat memecahkan persoalan yang Anda hadapi.

Sehingga anda harus banyak belajar dan sering-sering melakukan diskusi untuk bisa meningkatkan otak anda. Dengan berdiskusi, maka otak anda akan semakin cerdas dan semakin berkembang dengan baik.

3. Senantiasa Membaca

Saat Anda tengah membaca otak senantiasa merespon serta terima informasi yang Anda baca, makin kerap Anda membaca makin banyak informasi yang disimpan oleh otak Anda langkah tersebut juga efisien sekali untuk tingkatkan kecerdasan otak Anda.

Rutinkanlah untuk membaca satu buku paling minimal selama satu bulan. Ada baiknya anda memiliki target berapa buku yang harus anda baca dalam satu bulan. Membaca juga bukan sekedar membaca buku, tetapi anda juga harus selalu membaca koran ataupun membaca berita-berita online. Karena otak juga sangat membutuhkan berbagai informasi terbaru.

4. Mengerti Ciri-Ciri Sesuatu

Senantiasa mencermati ciri sebuah benda atau makhluk dapat juga tingkatkan kecerdasan Anda, seperti saat Anda memahami dengan ciri ‘pelangi’, saat ada orang berkata : ‘pelangi’, yang ada pada benak Anda yaitu sinar melingkar dilangit yang berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, serta ungu. Informasi ciri ini di sampaikan oleh otak lantaran Anda sudah pelajari ciri sebuah benda, jadi saat Anda dengarkan kalimat itu Anda bakal dapat mendeskripsikan ciri-cirinya.

Sering-seringlah anda memahami sesuatu dan mencirikan sesuatu akan membuat otak anda semakin berkembang dan dapat meningkatkan kecerdasan otak menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

5. Biasakan Menghitung

Berhitung yaitu sebuah kekuatan yang jelas yang dimiliki oleh beberapa orang yang tingkat Kecerdasannya tinggi termasuk Anda. Maka dari itu orang seperti ini tidak susah untuk merampungkan tugasnya. Lantaran orang yang selalu berhitung dapat memetakan semua segi yang Di ketahui, Di tanya, Dianalisa serta Dijawab.

Orang yang pandai menghitung dapat dikatakan sebagai orang yang teliti. Mereka akan sangat teliti dengan berbagai pekerjaan yang dilakukannya karena analisa perhitungannya yang baik. Dengan hal tersebut lewat cara mengkalkulasi Anda juga dapat tingkatkan kecerdasan otak Anda.

6. Fokus ada satu Masalah

Bila Anda beli Laptop tentu ada buku panduan pemakaian, seperti menempatkan baterai, mencharger dan sebagainya. Demikian halnya benda yang lain tentu mempunyai ketentuan serta panduan pemanfaatan. Nah, bagaimana dengan otak kita?, Otak juga seperti itu, memiliki konsentrasi untuk memerhatikan satu hal dulu, bila udah kelar, baru geser ke masalah lain. Sehingga disini anda diminta untuk fokus pada satu masalah tertentu. Sehingga bisa membantu anda untuk menambah kecerdasan otak.

7. Tidur yang berkualitas

Otak juga butuh istirahat, serta lakukan regenarasi sel. Lantaran dengan tidur yang berkualitas tubuh Anda dapat menyingkirkan sebagian toksin saat siang hari serta lakukan regenarasi beberapa sel. Perhatikanlah waktu tidur anda, manfaatkan waktu tidur untuk beristirahat. Upayakan dalam satu hari anda memiliki waktu tidur 7 hingga 8 jam.

8. Menulislah

Menulis, Mengapa tidak? Ya, menulis aktivitas atau kesibukan untuk bikin Anda berpikir hingga kecerdasan juga bertambah. Terlebih di masa digital, Anda bakal makin terapcu untuk menulis seperti : blog pribadi, laman facebook dan sebagainya, Jelas semakin bagus bila tulisan Anda dapat memecahkan sebuah permasalahan atau sebatas membarikan ide untuk Pembaca.

Dengan menulis anda juga akan lebih banyak berpikir dan selalu mencari tahu jawaban yang ingin anda tuliskan. Dengan selalu menulis, otak anda akan semakin berkembang dan menjadi lebih baik.

9. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan Omega-3, Vitamin E, oksigen serta yang lain, ternyata dapat tingkatkan kecerdasan otak. Otak juga perlu yang namanya makanan agar berperan secara maksimal. Nah, Anda mesti mengusahakan mengonsumsi makanan yang baik untuk otak seperti : ikan salmon, tomat, bayam, brokoli, serta sebaganya.

10. Berpikir Positif

Stres yang yang berlebih serta kuatir bisa mengganggu neuron otak Anda, bahkan juga dapat menghancurkannya, dengan memikirkan positif Anda bakal dapat memaksimalkan serta tingkatkan kecerdasan otak Anda.

Berpikir positiflah dalam segala hal. Dengan berpikir positif anda bisa berpikir jernih, serta dapat menyelesaikan segala masalah dengan lebih baik dan bisa menyelesaikan masalah dengan benar.

11. Tarif Nafas Dalam-dalam

Dengan bernafas lewat hidung anda dapat tingkatkan manfaat otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberi konsumsi oksigen semakin banyak pada darah anda, serta pastinya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda bakal kurangi manfaat otak anda. Bila anda tertarik, anda dapat coba lakukan berolahraga pernapasan.

12. Buatlah Jurnal

Catharine M. Cox, seseorang penulis buku, pernah pelajari rutinitas 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, serta Thomas Jefferson – serta temukan kalau seluruh orang jenius itu adalah penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah kalau Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, serta pemikiran pribadinya dalam beberapa ratus jurnal pribadi selama hidupnya.

13. Belajarlah Sebanyak Mungkin.

Saat kita pelajari beberapa hal baru, kita membuat sisi aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” yaitu seorang yang mempunyai aliran arus semakin banyak dibanding dengan orang lain. Otak manusia bakal membuat aliran arus syaraf dengan pelajari beberapa hal baru ; serta makin bermacam hal yang dipelajari, makin “pintar” juga otak kita.

Seringlah untuk mengasah kemampuan baru dalam segala hal yang belum dapat kita lakukan. Mengasah kemampuan baru sangat bermanfaat bagi otak untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

14. Belajarlah Membaca Cepat

Photo Reading adalah teknik yang amat gampang dipelajari yang bakal bantu anda mengolah informasi tercatat dalam jumlah besar lebih cepat serta bantu anda mengingat informasi itu tambah baik dibanding dengan cara tradisional yang di ajarkan di sekolah.

Walau rata-rata teknik membaca cepat mengajarkan anda langkah untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam tiap halaman yang anda baca, Foto Reading adalah system membaca yang mengajarakan anda untuk memakai pikiran sadar serta bawah sadar anda saat membaca.

Pada intinya, Foto Reading bisa dikerjakan dengan memakai beberapa bahan bacaan yang gampang di baca dengan mengaplikasikan beberapa teknik yang tidak sama tiap saat. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda serta memakai cara lain untuk tingkatkan daya ingat anda serta mengerti materi.

15. Ambillah Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

Belajarlah sepanjang 20 menit lantas ambillah saat untuk beristirahat secara singkat. Cara ini efisien lantaran beberapa hal yang anda tekuni pada awal serta akhir pada sesi belajar anda bakal bertahan lebih lama dalam ingatan anda.

Saat belajar cobalah anda pasangkan alarm pada smartphone anda. Sehingga alarm akan mengingatkan anda untuk beristirahat dan merefresh otak menjadi lebih baik. Cukupkan beristirahat sebanyak 5 sampai sepuluh menit saja.

16. Pakai Akronim untuk Mengingat Informasi.

Akronim adalah bentuk singkatan yang dibuat dari huruf awal tiap kata. Cara ingatan ini bakal bantu anda untuk pelajari informasi dalam jumlah besar kurun waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” adalah akronim yang kerap dipakai beberapa musisi untuk mengingat suara dalam kunci spesifik.

17. Sarapan Pagi

Sarapan sudah dapat dibuktikan bisa tingkatkan daya konsentrasi, kekuatan memecahkan permasalahan, kemampuan mental, daya ingat, serta mood. Sarapan adalah peluang pertama untuk tubuh untuk isi lagi level glukosa sesudah periode 8 sampai 12 jam tanpa makanan. Glukosa adalah sumber paling utama daya untuk tubuh anda.

18. Pakai Tubuh Anda untuk Bantu Anda Pelajari Suatu hal.

Gerakan tubuh adalah proses kunci dalam perubahan serta proses belajar. Brain Gym (Berolahraga Otak) adalah program berolahraga yang simpel, yang diperkembang sepanjang 25 tahun oleh beberapa spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym bisa bantu anda dalam beberapa hal sebagai berikut ini :

– Pemahaman
– Konsentrasi
– Memikirkan secara abstrak
– Daya ingat
– Keletihan mental
– Kekuatan merampungkan tugas
– Keseimbangan fisik serta koordinasi

Click di sini untuk temukan 3 latihan Brain Gym yang dapat anda kerjakan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”).

19. Meditasi

Neuropsychologist menyampaikan kalau meditasi bisa merubah susunan otak anda. Hasil scan MRI dari beberapa meditator memperlihatkan aktivitas otak semakin banyak dalam sirkuit otak anda terutama dalam memerhatikan suatu hal.

Saat beberapa nada mengganggu diperdengarkan pada beberapa meditator yang tengah lewat Scan MRI, beberapa nada itu cuma mempunyai dampak kecil pada daerah dalam otak mereka yang melibatkan emosi serta proses pengambilan ketentuan dibanding dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang memiliki pengalaman.

20. Jauhi Makanan yang Memiliki kandungan Gula.

Karbohidrat berbentuk apa pun – seperti pasta, roti putih serta keripik kentang – bisa bikin anda terasa capek serta malas. Dampak dari mengonsumsi makanan ini bakal bikin anda susah memikirkan jernih. Hal ini adalah hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk mencegah kandungan gula yang sangat tinggi.

21. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

Sepanjang bertahun-tahun umum memberi banyak penekanan pada segi kecerdasan, seperti kekuatan memikirkan logis, matematis, pemahaman ruangan, analogi, verbal, dan sebagainya. Tetapi, sepanjang beberapa tahun paling akhir, beberapa orang terasa mereka buang potensi yang mereka punyai dengan memikirkan, berlaku, serta berkomunikasi dalam beberapa cara yang menghalangi kesempatan mereka meraih keberhasilan.

Kecerdasan emosi disadari sebagai kekuatan meta fisik yang sangat mungkin anda untuk memakai kekuatan dan bakat yang anda punyai secara maksimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi.

22. Gunakan Tiap Waktu Anda.

Gunakan tiap saat, misalnya saat anda memakai transportasi umum atau mengantri, secara produktif. Kerjakan teka-teki silang atau Sudoku saat menanti di antrian serta dengarkan program audio saat memakai transportasi umum. Jadikanlah waktu anda untuk melakukan kegiatan produktif lainnya.

23. Jogging

Seseorang ahli menerangkan kalau anda dapat tingkatkan mood, menghindari hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, serta bekerja dengan tambah baik cuma dengan memproses detak jantung anda serta berkeringat. Bukti ilmiah memperlihatkan kalau berolahraga aerobic membuat kembali otak kita untuk meraih kemampuan maksimal. Jadi anda harus merutinkan untuk melakukan jogging.

24. Latih Seluruh Indra Anda.

Beberapa ilmuwan temukan kalau otak manusia belajar paling efisien lewat beberapa aktivitas yang melibatkan beragam indra. Anak-anak serta orang dewasa belajar amat baik saat mereka belajar lewat aktivitas yang melibatkan pandangan, nada, emosi, timbale balik, tujuan ruangan, serta bahkan juga indra pengecap serta perasa.

Mike Adams, seseorang penulis buku, menerangkan dalam bukunya kalau seseorang anak yang didapatkan pengertian “tanpa bobot” secara verbal peroleh informasi tentang kata itu lewat 1 dimensi : pendengaran.

Bila anda memperlihatkan pada seseorang anak film tentang seseorang astronot yang mengapung diluar angkasa saat anda mengatakan kata “tanpa bobot”, anda memberi informasi kata itu lewat 2 dimensi ; dimana si anak lihat serta mendengar kata itu. Apabila anda menyuruh si anak melompat-lompat memakai trampoline serta meneriakkan kata “tanpa bobot” saat si anak ada di udara, pengertian kata itu bakal makin tertanam lebih dalam di otaknya.

25. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.

Riset temukan kalau keadaan ideal untuk belajar yaitu saat otak tengah dalam keadaan enjoy, tetapi tetap konsentrasi serta terbangun. Dalam kondisi ini gelombang otak jalan kurang lebih 8 sampai 12 siklus per detik, yang di kenal dengan arti keadaan alpha.

26. Konsumsilah Antioksidan

Anti-oksidan membuat perlindungan beberapa sel tubuh anda, termasuk juga sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan anti-oksidan tinggi diantaranya : kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, serta raspberry.

27. Pakai Intuisi Anda

Belajarlah untuk memakai intuisi jadi satu proses menyatukan informasi. Dengan memercayakan intuisi anda, anda memperluas kewaspadaan serta mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk menyatukan informasi dari lingkungan kurang lebih anda.

28. Pakai Sistem Pembantu Memori

System pembantu memori, atau yg di kenal dengan arti sistem objek angka, adalah tehnik untuk mengingat daftar. Sistem ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan gampang bisa “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kalimat itu. (1-10, 1-100, dan sebagainya). Begitulah memori anda. Bila anda mesti mengingat satu daftar kurun waktu singkat, tiap benda dalam daftar itu bisa anda cocokkan dengan angka yang pas. Sesudah anda mengingat-ingat angka-angka itu, anda dapat memakai angka yang sama berkali-kali tiap kali anda butuh mengingat-ingat suatu hal.

29. Tekuni hobi

Bila anda memiliki hobi tekunilah hobi anda. Hobi yang ditelateni bakal membuat fikiran yang positif lantaran kita lakukan hal itu dengan hati yang suka. Dengan tekuni kegemaran otak kita bakal bekerja seimbang dengan fisik kita. Apalalagi bila hobi anda membaca bila ditelateni bakal makin memberi pengetahuan serta wawasan anda dalam soal pengetahuan. Hobi seorang umumnya juga tidak cuma satu saja namun mempunyai beberapa hoby

Tekunilah hobi yang bisa jadikan otak anda bekerja hingga semakin lebih tingkatkan kecerdasan otak. Bila anda memanglah dapat lakukan serta tekuni hoby anda yang banyak semakin lebih baik bila dikerjakan dengan seimbang namun mesti tetap ingat dengan kekuatan serta terbatasnya kemampuan fisik anda. Janganlah sangat dipaksakan bila fisik udah tidak kuat, istirahat dapat anda kerjakan bila udah capek.

30. Bernafas lewat hidung

Bernafas yang terbaik yakni dengan lewat hidung lantaran di dalam hidung ada rambut hudung yang berperan menyaring kotoran yang terdapat di dalam hawa hingga tidak turut masuk dalam tubuh kita. Bernafas dengan hidung serta keluarkanlah lewat mulut hal semacam ini bakal jadikan oksigen di dalam darah serta otak bakal bertambah hingga bakal memperjenih otak dalam memikirkan.

Hirup hawa dengan hidung dapat juga bantu mendinginkan otak yang tengah bekerja dengan panas hingga bakal tetap on dan konsentrasi. Otak juga memerlukan oksigen yang cukup untuk bantu konsentrasi anda tetap konsentrasi dan langkah tingkatkan kecerdasan otak.

31. Ingat serta cermat lagi pengeluaran harian

Sepanjang hari anda tentu lakukan sebuah aktivitas yang keluarkan duit, cermat serta kalkulasi kembali duit yang sudah anda mengeluarkan hari ini seberapa banyak.

Uang yang masihlah tersisa apakah jumlahnya sesuai sama bila dikurangkan dengan duit yang sudah digunakan. Beberapa hal itu bakal mengasah otak anda dalam tingkatkan daya ingat. Latihan itu bisa sangat mungkin sel otak tetap aktif hingga jaringan penghubung antar sel otak bakal makin rapat. Bila hal semacam ini terjadi kekuatan otak dalam mengingat bakal makin baik.

32. Mengingat perjalanan atau kegiatan pribadi

Saat sebelum anda istirahat atau tidur anda mengingat-ingat apa-apa atau beberapa hal yang sudah terjadi sepanjang hari dari pagi hingga bakal tidur, dan berencana apa yang bakal besok bakal dikerjakan dengan mengkoreksi beberapa hal yang terjadi pada hari ini, ada yang butuh untuk diperbaiki atau tidak supaya aktivitas serta kegiatan yang bakal jalan besok jadi tambah baik. Dengan aktivitas itu otak kita bakal punya kebiasaan untuk mengingat-ingat suatu hal hingga daya ingatan kita bakal tajam.

loading...

LEAVE A REPLY