Usia Lanjut, 8 Cara ini Tepat untuk Bantu Anda Jaga Kesehatan

0

Seruni – Lansia (orang lanjut usia) merupakan waktu yang rentan terhadap masalah fisik. Ketika seseorang sudah berusia lanjut, maka tahan tubuh pun mulai menurun dan organ-organ mulai tidak bisa bekerja dengan maksimal. Beberapa tips berikut merupakan solusi untuk lansia agar tetap sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Tingkatkan Kemampuan Otak

Image result for main tts
beritahati.com

Kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ingin memiliki otak yang prima, coba belajarlah sesuatu yang baru untuk Anda, mengerjakan teka-teki silang, atau membaca koran dan majalah.

Olahraga

Image result for lansia yoga
balikpapan.prokal.co

Olahraga sangat baik untuk menghindari nyeri sendi akibat rematik. Olahraga yang disarankan untuk orang lansia antara lain berjalan kaki, yoga, berenang, dan olahraga ringan yang dilakukan rutin.

Karbohidrat Kompleks

Image result for karbohidrat kompleks
sehatfresh.com

Usia senja membutuhkan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandung, gula diet, pasta, dan kacang-kacangan.

Konsumsi Lemak Sehat

Image result for lemak sehat
hellosehat.com

Lemak sehat berguna untuk membentuk dinding sel yang sehat. Lemak sehat terkandung pada alpukat, minyak zaitun, dan minyak kedelai. Minyak yang harus dihindari adalah minyak goreng.

Minum Air yang Cukup

Image result for lansia minum air putih
lifestyle.okezone.com

Minum cukup air setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit. Tetapi akan lebih optimal untuk orang lansia adalah air tanpa mineral. Mineral anorganik pada air akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk membuang mineral yang tidak dibutuhkan tubuh.

Konsumsi Kedelai

Related image
invitehealthblog.com

Kedelai adalah penguat estrogen alami. Untuk orang lansia, menambahkan banyak kedelai untuk setiap makanannya dapat membuat lebih sehat.

Periksakan Darah

Related image
ibudanbalita.com

Lewat pemeriksaan darah, orang dengan usia senja akan terhindar dari permasalahan thyroid yang dialami pascamelahirkan dan masa premenopause.

Check Up Rutin

Related image
humani.ca

General check up dilakukan secara rutin terutama jika Anda memasuki usia 40 tahun ke atas. Periksa darah untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb), leukosit, trombosit, kolesterol, lemak dan gliserol, serta gula darah. Hal ini dilakukan karena timbulnya penyakit tidak muncul secara tiba-tiba.

Selain tips di atas, menjaga agar makanan selalu sehat dan bernutrisi juga sangat diperlukan. Jangan malas untuk periksa ke dokter jika terjadi hal-hal yang tidak biasa di tubuh Anda.

LEAVE A REPLY