Siapa Bilang Bertambahnya Usia Bikin Kita Lemah? Coba 5 Tips ini Biar Tulang Tetap Sehat

0

Seruni – Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang menjadi salah satu hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Karena pada tahap awal tulang-tulang mulai mengalami penuaan, banyak orang yang seringkali tidak memperhatikan gejalanya. 60% dari Anda mungkin tidak menyadari penyakit diam osteoporosis ini. Penyakit diam ini berarti bahwa penderitanya tidak merasakan hadirnya penyakit ini dalam tubuh mereka. Satu-satunya perubahan yang mereka rasakan adalah kehilangan tinggi dan postur tubuh yang mulai membungkuk.

Image result for makan sehat
hellosehat.com

Jika Anda merasakan kehilangan tinggi badan yang signifikan (lebih dari dua sentimeter), ini mungkin mengindikasikan ada yang tidak beres pada tulang belakang Anda. Anda perlu menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut (misalnya, melakukan foto rontgen tulang belakang).

Wanita dan Tulang Keropos

Related image
tipssehatonline.web.id

Semua wanita akan mengalami pelapukan tulang (keropos) selama masa transisi ke menopause akibat penurunan kadar esterogen dalam tubuh. Wanita pada usia lanjut, terutama setelah usia 65, mengalami berkurangnya masa tulang dari waktu ke waktu, serta melemahnya kekuatan tulang yang meningkatkan risiko tulang patah.

Simak 5 tips hidup sehat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah patah tulang yang disebabkan oleh osteoporosis.

  • Makan sehat, seimbangi dengan diet dan konsumsi kalsium yang cukup (sekitar 1000 sampai 1200 miligram per hari, sebaiknya kalsium ini bersumber dari makanan bukan hanya dari suplemen).
  • Asupan Vitamin D, kebanyakan warga di Amerika Utara mengonsumsi sekitar 800 sampai 1000 unit per hari.
  • Olahraga yang menggabungkan latihan untuk membentuk kekuatan otot setidaknya dua kali seminggu, aktivitas aerobik lebih dari 150 menit dalam seminggu, serta menjaga keseimbangan dan postur tubuh.
  • Mempelajari dan melakukan peregangan tulang belakang, untuk menghindari patah tulang belakang.
  • Hindari merokok dan mengurangi konsumsi alkohol.

LEAVE A REPLY