Cara Merawat Rambut yang Benar dan Bijak

0
363
Perawatan Rambut

Rambut merupakan salah satu bagian penting. Kebersihan dan keindahan rambut selalu diperhatikan, terutama mereka para wanita yang selalu menganggap rambut sebagai sesuatu yang penting.

Rambut yang sehat dan indah selalu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Bahkan dianggap, perawatan rambut harus memiliki uang yang banyak karena harus keluar masuk salon mahal. Padahal hal itu tidak benar. Anda tetap bisa mendapatkan rambut indah dengan murah dengan bahan-bahan alami.

1. Jauhi mencuci rambut setiap hari

Membersihkan rambut setiap hari bisa menyingkirkan minyak yang sudah dibuat oleh folikel rambut. Minyak ini sesungguhnya berperan untuk memberi kelembutan rambut serta bikin rambut jadi bercahaya. Minyak yang dibuat oleh folikel rambut ini walau berguna, tetapi keberadaannya yang terlalu berlebih juga tak baik untuk kesehatan rambut. Hingga rambut tetaplah perlu buat dicuci. Membersihkan rambut baiknya dikerjakan 2 – 3 hari sekali.

2. Jauhi produk pemanas rambut

Alat-alat ini umpamanya hair dryer, alat catok rambut, serta alat pengeriting rambut. Alat-alat ini bisa bikin rambut terbakar serta bercabang. Diluar itu, rambut akan jadi kering, rapuh, serta rusak. Hingga rambut jadi terlihat mati serta kusam. Coba untuk tidaklah terlalu kerap memakai alat pemanas rambut ini, supaya kesehatan rambut bisa terbangun.

3. Potong ujung rambut yang bercabang

Untuk anda yang mempunyai rambut bercabang, utama untuk anda untuk teratur lakukan pemotongan pada ujung rambut yang bercabang. Rambut bercabang yang tidak dipotong bakal bikin rambut terlihat kering serta rusak. Baiknya ujung rambut dipotong dengan cara teratur tiap-tiap 3 – 4 bulan sekali.

4. Jauhi memberikan warna pada rambut

Pewarnaan pada rambut bisa bikin helaian rambut jadi lemah serta mengakibatkan kerusakan folikel pada rambut. Diluar itu, terus-terusan memberi warna rambut bisa bikin rambut jadi kering, kusam, serta tak sehat. Ditambah lagi pewarnaan pada rambut kerapkali memakai bahan kimia. Hal semacam ini sudah pasti lama kelamaan bakal mengakibatkan kerusakan rambut.

5. Mengkonsumsi suplemen vitamin

Rambut membutuhkan nutrisi yang cukup supaya pertumbuhannya jadi baik. Satu diantara cara yang bisa dikerjakan terkecuali konsumsi makanan bergizi, anda dapat juga bertambahnya dengan konsumsi vitamin rambut. Vitamin yang bisa anda pakai umpamanya, minyak omega 3, fosfolipid telur ikan, serta vitamin E. Vitamin-vitamin itu bakal menolong melakukan perbaikan perkembangan rambut serta bikin rambut jadi lebih bercahaya.

6. Pola Makan

Menjaga rambut tidak cukup cuma dikerjakan dari luar saja, anda harus juga lakukan perawatan dari dalam. Satu diantaranya dapat anda kerjakan dengan konsumsi makanan memiliki nutrisi tinggi.

Terdapat beberapa kok makanan memiliki nutrisi yang baik untuk rambut. Tetapi upayakan pastikan makanan yang banyak terkandung vitamin E, vitamin B kompleks, serta vitamin C.

Kandungan nutrisi yang ada pada makanan di atas begitu bermanfaat untuk menjaga rambut dari dalam. Baik itu menangani rambut rontok, kering, kusam, bercabang, serta bahkan juga ampuh menyingkirkan kutu rambut. Janganlah lupa memperbanyak minum air putih minimum dua liter satu hari, lalu jauhi makanan/minuman yang kurang baik untuk kesehatan.

7. Menyisir Rambut Dalam Kondisi Basah

Hal semacam ini tak disarankan lantaran bakal mengakibatkan kerontokan apabila disisir dalam kondisi basah. Seandainya memanglah sangat terpaksa mesti menyisir, manfaatkanlah sisir bergigi tidak sering untuk kurangi kemungkinan kerontokan. Tambah baik anda mendiamkan rambut sampai kering terlebih dulu, sebelumnya anda menyisirnya.

8. Memakai Hair Dryer Bersuhu Tinggi

Memakai hair dryer bersuhu sangat tinggi lalu menarik memakai sisir bulat saat lakukan blow. Janganlah dikerjakan lantaran hal semacam ini bakal membuatnya gampang jadi rapuh, kering lalu rusak. Awalilah hentikan hal itu lantaran ini bukanlah cara menjaga rambut yang baik serta benar. Apabila menginginkan lakukan blow baiknya tundukkan kepala terlebih dulu, lalu keringkan memakai hair dryer cukup hanya suhu rendah saja.

9. Paparan Cahaya UV

Sia-sia apabila sudah menjaga rambut dengan beragam product untuk menjaga rambut apabila tak disertai dengan pemakaian bahan yang bisa kurangi efek jelek paparan oleh cahaya UV di luar ruang. Menjaga rambut memanglah serupa seperti menjaga kulit. Jadi cari product perlindungan dari paparan cahaya UV.

10. Salah Saat Mengelap Rambut Dengan Handuk

Orang orang umumnya sesudah usai mandi lantas menggosokannya handuk ke rambutnya yang sudah dikeramasi terlebih dulu, hal semacam ini tak baik. Cara yang benar yaitu cukup tekan tekan lembut atau mengusapnya dengan cara perlahan-lahan tapa menggosoknya dengan cara lebay supaya tak rontok.

11. Teknik Menyisir Rambut yang Benar

Menyisir rambut yaitu hal yang senantiasa dilakuan sehari-hari. Namun untuk menyisir rambut sesungguhnya ada teknik sendiri supaya rambut tak kusut atau rontok. Ketika menyisir kerjakan gerakan menyisir dari sisi bawah rambut terlebih dulu lantas sisi atas, hal semacam ini bermanfaat untuk meminimalkan terjadinya kerontokan akibat rambut kusut. Tahukan anda? sisir yang terbuat berbahan plastik bisa menghantarkan listrik statis? hal semacam ini bakal bikin rambut anda rusak. Oleh karena itu, jauhi memakai sisir bergigi memiliki bahan plastik.

Terkecuali ke lima hal itu. Anda dapat juga menjaga rambut dengan memakai sebagian minyak yang cukup baik untuk rambut anda.

Minyak Biji Wortel

Minyak biji wortel ini bermanfaat untuk melakukan perbaikan keadaan keseluruhnya kulit kering. Pakai minyak itu lantas pijat ke kulit kepala untuk melembabkan, tingkatkan perkembangan serta melakukan perbaikan rusaknya pada rambut seperti pecah-pecah dari akar sampai ke ujung.

Minyak Basil (Kemangi)

Minyak basil (kemangi) menolong Anda mempunyai perkembangan rambut yang stabil. Jika minyak kemangi ini dipakai dengan teratur, akhirnya bisa melakukan perbaikan keadaan keseluruhnya kulit kepala hingga jadi lebih sehat serta seimbang untuk perkembangan rambut yang maksimal.

Minyak Jojoba

Minyak ini adalah satu diantara bahan yang kerap diketemukan pada product perawatan rambut. Minyak ini bermanfaat untuk menghindar hilangnya kelembapan alami dari folikel rambut. Minyak itu dapat juga kurangi kekusutan dan menghindar rambut bercabang.

Minyak Lavender

Minyak lavender adalah satu diantara minyak alami terbaik untuk rambut. Terkecuali wangi, minyak ini dapat juga bikin kita jadi lebih tenang serta santai. Minyak alami itu pas dipakai untuk semuanya jenis rambut. Manfaat minyak lavender dapat untuk menghindar rambut rontok serta bekerja untuk melawan minyak berlebihan. Cara menerapkan minyak lavender ini dengan memoleskannya ke kepala serta pijat kulit kepala dengan cara perlahan-lahan.

Minyak Rosemary

Satu diantara perawatan rambut alami yang begitu berguna yakni dengan memakai minyak rosemary. Terkecuali wangi, minyak ini dapat mempunyai antibakteri, anti jamur serta anti virus untuk semuanya keadaan kulit. Minyak itu juga menolong rambut tidak tebal memperoleh kembali volume rambut yang alami.

Minyak Kastor

Minyak kastor pada intinya adalah minyak nabati yang datang dari biji kastor. Manfaat minyak ini bisa pelihara rambut hingga lebih bercahaya serta lebih kuat. Tidak cuma itu saja, minyak kastor berguna juga untuk perkembangan rambut, kuku serta bulu mata. Untuk perkembangan rambut, cara menerapkannya yakni dengan memoleskan minyak kastor ke kulit kepala lalu pijat dengan cara perlahan-lahan.

Minyak Sage

Untuk yang menginginkan tutup rambut beruban lewat cara alami manfaatkanlah minyak sage. Minyak ini bisa merubah warna rambut jadi gelap. Minyak sage ini dapat populer dengan karakter anti-jamur, antibakteri serta menentramkan dan dapat bikin rambut tumbuh dengan alami. Rambut juga jadi lebih bercahaya serta sehat. Untuk hasil yang optimal, campur minyak sage dengan minyak lain untuk membuat perawatan rambut alami.

Cara Menjaga Rambut Dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya & Alpukat

Cara menjaga rambut yang pertama yaitu anda dapat bikin sampo anda sendiri berbahan alami. Seperti lidah buaya serta alpukat. Pada artikel terlebih dulu, kita telah memberi mengulas bagaimana caranya memakai lidah buaya serta alpukat untuk cara menangani rambut rontok, pada artikel ini kedua bahan itu dapat anda gunakan sebagai masker rambut anda.

Langkahnya sama dengan pada artikel terlebih dulu, yakni ambillah daging lidah buaya serta leburkan berbarengan dengan buah alpukat, lantas berikan ke rambut anda. Kerjakan seperti melalukan keramas umum. Untuk hasil yang optimal lakuan treatment ini sejumlah 2-3 minggu sekali.

2. Cuka Apel

Rambut anda lepek walaupun sesudah keramas? 2 bahan di atas dapat bikin rambut anda mengembang. Langkahnya campur cuka sari apel dengan air hangat anda dapat pakai perbandingan 1:1. Kombinasi bahan ini dipakai untuk membasahi rambut. Diamkan sepanjang 5 menit lantas basuh sampai bersih hingga bau dari cuka hilang dari rambut anda.

Nutrisi dalam cuka apel menolong dalam menjaga pH kulit kepala serta menolong dalam bersihkan beberapa sel kulit mati. Oleh karenanya, cuci rambut dengan teratur dengan cuka apel yang telah dicampurkan di air untuk tingkatkan volume serta kilau rambut. Untuk melindungi kesehatan rambut, anda dapat juga segera meminumnya lho, ladies! Langkahnya minum satu gelas air putih yang digabung dengan satu sendok makan cuka apel. Untuk kurangi rasa asam dapat ditambahkan madu. Apabila diminum dengan teratur bisa tingkatkan stamina badan serta untuk tingkatkan perkembangan serta menguatkan rambut.

3. Jus Almond

Rambut yang kering serta kusam bisa bikin rambut anda gampang rapuh. Karenanya cara mengatasinya anda dapat memakai minyak almond sebagai cara menjaga rambut kering serta kusam. Minyak Almond dapat anda gunakan sebagai vitamin rambut. Langkahnya begitu simpel, tuang minyak almond dalam mangkok kemudian panasi sepanjang lebih kurang 40 menit, lantas terapkan pada rambut anda dengan cara rata. Diamkan sepanjang 15-30 menit langkah setelah itu basuh rambut anda sampai dapat. Memakai sampo serta conditoner dapat anda kerjakan.

4. Baking Soda

Siapa katakan baking soda hanya dapat dipakai untuk bikin kue. Terkecuali untuk bikin kue. Baking soda dapat sebagai perawatan rambut anda dengan cara alami. Langkahnya larutkan baking soda sejumlah 3 sendok makan ke air lantas pakai kombinasi ini untuk mencuci rambut anda. Manfaat banking soda ini yaitu untuk kurangi kandung zat kimia yang ada di dalam sampo atau sisa dari product styling rambut yang anda kerjakan.

5. Juice Seledri

Daun seledri begitu bagus sebagai satu diantara cara menjaga rambut supaya lembut. Langkahnya juga cukup gampang, buat juice daun seledri lantas diamkan sepanjang semalam, anda dapat simpan juice daun seledri didalam botol. Esok paginya berikan juice itu ke rambut anda dengan cara rata serta diamkan sekitaran 10-15 menit setelah itu basuh sampai bersih. Langkah tersebut dapat anda kerjakan satu minggu 2 kali atau sesuai sama keperluan.

6. Juice Lemon

Mungkin saja beberapa dari anda sukai bikin atau beli juice lemon untuk di mengkonsumsi, namun tahukah anda? terkecuali baik untuk badan kita, juice lemon ini dapat begitu bagus untuk perawatan rambut kita. Juice lemon dapat anda gunakan untuk menangani rambut yang kusam. Langkahnya sesudah lakukan membilaskan paling akhir waktu keramas, aplikasi juice lemon pada rambut anda diamkan sekitaran 5-10 menit basuh kembali rambut anda sampai bersih. Tersebut cara menjaga rambut dengan juice lemon.

7. Juice Labu Botol

Ambillah sebagian potongan buah labu botol serta jus halus seperti juice. Kemudian berikan keseluruh sisi rambut anda dengan cara rata. Diamkan juice labu botol sepanjang lebih kurang 30 menit supaya ramuan juice labu ini meresap dalam kulit kepala. Sesudah 30 menit basuh rambut anda sampai bersih dengan air dapat pula anda memberikan sampo pada rambut anda.

loading...

LEAVE A REPLY