Momies, Wajib Tahu Aturan Sehat Menyeruput Kopi

0

Seruni.id – Hobi ngopi? Moms, apakah merupakan salah satu penggemar kopi?

Jika penggemar kopi, ada yang sangat perlu diperhatikan saat memutuskan untuk meminum kopi. Agar tidak hanya sekedar mendapatkan kenikmatan saat meminum kopi, tapi juga bisa bermanfaat bagi tubuh serta kesehatan.

Untuk sebagian besar orang, minum kopi di pagi hari sudah menjadi sebuah kebiasaan. Setiap pagi banyak orang yang rutin menyeduh lalu menikmati sesapan kopi. Namun, ternyata kebiasaan ini tidak baik. Kebiasaan ini juga membawa dampak buruk pada kesehatan.

Lalu, kapan waktu yang tepat dan terbaik untuk meminum kopi?

dr. Annisa Malovenny, Sp.PD menyarankan untuk kita agar tidak meminum kopi dalam keadaan perut kosong. Sebaiknya minum kopi dilakukan satu hingga dua jam setelah makan. Hal ini dikarenakan kopi dapat meningkatkan asam lambung.

“Kopi meningkatkan produksi asam lambung sehingga disarankan jangan dikonsumsi saat perut kosong. Konsumsi kopi sebaiknya satu atau dua jam setelah makan,” kata dr. Annisa di Jakarta.

Bagi kita yang mengonsumsi suplemen, ada aturan minum kopi yang sangat perlu diketahui dan dilakukan. Sangat tidak disarankan untuk langsung mengonsumsi kopi setelah meminum suplemen. Meminumkopi yang berdekatan waktunya setelah meminum suplemen membuat penyerapan suplemen terseebut di tubuh menjadi terganggu. Jangan langsung minum kopi setelah meminum suplemen agar penyerapan suplemen lebih maksimal di dalam tubuh.

“Saat minum kopi dan minum vitamin apapun atau penambah zat besi atau tambah darah beri jarak minimal satu jam, kalau tidak penyerapan suplemen hanya sekitar 30 persen, sisanya terbuang,” papar dr. Annisa.

 

Arum Afriani Dewi

Sumber: Viva

LEAVE A REPLY