Daftar 8 Orang Terkaya Di Dunia, Beserta Alasan Mereka Bisa Menjadi Miliarder Dunia

0
457
Orang Terkaya di dunia

Orang-orang terkaya di dunia baru ini dikejutkan dengan sebuah analisis baru menemukan sesuatu yang mengejutkan bagi warga dunia. Hal yang mengejutkan tersebut, yaitu harta kedelapan orang terkaya di dunia ini masih lebih besar dibandingkan separuh penduduk bumi.

Jumlah kekayaan dari delapan orang terkaya ini mencapai angka 426 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 5668 triliun. Padahal jika harta dari separuh penduduk 3,6 miliar orang di dunia hanya mendapatkan hasil 409 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 5465 triliun.

Gambaran ini tentu mengejutkan para analisis ekonomi. Mereka melihat, ketimpangan antara si kaya dan si miskin sangat jauh. Dimana jurang pemisah antara si kaya dan si miskin semakin lebar. Data-data ini pun sudah di publikasikan dalam para elite politik bisnis di Davo, Swiss.

Laporan ini pun menunjukan kalau selama 1988 hingga 2011 pendapatan 10 persen dari penduduk miskin dunia hanya meningkat sebesar 65 dollar AS. Sedangkan satu persen orang terkaya di dunia bisa mendapatkan peningkatan hingga 11800 dollar AS, terlihat berbeda hingga 182 kali lipat.

Siapa saja orang terkaya di dunia tersebut. Berikut kedelapan orang terkaya tersebut dan darimana mereka mendapatkan kekayaannya, hingga bisa melebihi kekayaan dari separuh warga bumi ini.

Bill Gates

Bill Gates

Sepanjang bertahun-tahun ia bertengger di urutan pertama dalam daftar orang paling kaya didunia. Walau ia di Drop Out dari kampusnya tetapi ia adalah bos serta pendiri dari Microsoft sebuah perusahaan piranti Lunak paling besar di dunia. Bernama komplit William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington.

Bill Gates yaitu adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates yaitu seseorang pengacara perusahaan yang miliki banyak rekanan di kota. Sedang ibunya Mary Maxwell seseorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell serta anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill seseorang anak yang cerdas, namun dia sangat penuh semangat serta condong kerap alami kesulitan di sekolah. Saat dia berusia sebelas tahun, orang tuanya mengambil keputusan untuk membuat perubahan pada dirinya serta mengirimnya ke Lakeside School, satu sekolah dasar yang bergengsi khusus untuk anak lelaki. Di Lakeside begitulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya dikenalkan dengan dunia komputer, berbentuk mesin teletype yang dikaitkan dengan telepon ke satu komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat kuasai BASIC, satu bahasa pemograman komputer, serta berbarengan dengan beberapa hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melupakan saat ber-jam-jam menulis program, melaksanakan permainan, serta secara umum mendalami beberapa hal mengenai komputer. “Dia yaitu seseorang eksentrik,” seperti salah seseorang guru memberi Gates julukan itu.

Bill Gates meniti kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Disana ia berjumpa dengan Paul Allen pada saat sekolah berbarengan. Berbarengan Paul Allen, Bill Gates selalu meningkatkan talentanya di bagian pemograman komputer. Tetapi, Bill gates mengambil keputusan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

Lewat kerja kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation jadi berhasil serta Bill Gates melambung jadi seseorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates berhasil melaunching system operasi yang amat berhasil di market dunia. Tetapi, Bill Gates juga memperoleh reputasi yang tidak baik dalam kariernya.

Tidak cuma satu kali, bahkan juga Bill Gates lakukan beberapa kali kekeliruan dalam usaha piranti lunaknya. Di tahun 1990 Bill Gates memperoleh tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates sudah lakukan monopoli pada perusahaan-perusahaan kecil. Serta sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang usaha Amerika Serikat pada tahun 1999.

Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif serta ia pilih kembali pada profesi lamanya yang ia cintai yakni Kepala Riset serta Pengembangan Piranti Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp. Serta pada awal tahun 2008, Bill Gates mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft serta mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan lewat yayasan sosial yang didirikannya, yakni Bill serta Melinda Gates Foundation.

Kedermawanan Bill Gates

Bill Gates yang menikah dengan sang istri Melinda French pada tahun 1994 itu, perlahan-lahan udah mendapat hasil dari perjuangannya sampai kini. Kekayaan yang mengalir dari keberhasilan besar Microsoft kenyataannya jadikan ia sebagai orang paling kaya no 1 sedunia sepanjang beberapa tahun. Terdaftar dari “The World’s Richest People” versus Forbes, ia selalu menempati posisi puncak mulai sejak tahun 1995 sampai tahun 2007. Selepas itu walau tidak senantiasa memuncaki tangga, tetapi Bill Gates masihlah tetap masuk pada deretan orang paling kaya di dunia.

Yang menjadikan Bill sebagai sosok yang sangat dikenal, bukanlah saja lantaran kekayaan tetapi juga kedermawanannya. Lewat organisasai induk amal binaannya, Bill & Melinda Gates Foundation, udah tidak terhitung lagi berapakah banyak uang pribadinya yang ia berikanlah dalam banyak bagian serta dibanyak negara.

Sampai akhir tahun 2009 saja, organisasi yang juga bikin jaringan di setiap negara itu sudah sukses mengucurkan dana tidak kurang dari $ 33 miliar dolar AS dalam bagian kesehatan, pendidikan, kebudayaan sampai kemanusiaan. Di Indonesia sendiri, sebagai kelompok dari Bill & Melinda Gates Foundation yaitu satu instansi amal Tahir Foundation yang didirikan oleh pebisnis Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir.

Amancio Ortega

Amancio Ortega

Amancio Ortega memanglah tidak demikian populer dibanding pebisnis dunia yang sukses yang lain. Namun lewat brand Zara ia dapat menempati posisi orang paling kaya ke dua. Lantas, bagaimana cerita suksesnya dapat meraih hal itu?

Amancio Ortega sukses membangun kerajaan usaha fashionnya lewat brand Zara yang mencapai melebihi dari 80 negara. Kekayaannya diprediksikan meraih $ 67 miliar. Kalkulasi sendiri berapakah bila dirupiahkan jika harga satu dollar Rp 13500.

Namun siapa kira, keberhasilan yang mengagumkan itu rupanya seperti bumi serta langit bila dibanding dengan masa-masa lalunya. Ya, nyatanya ia datang dari keluarga yang sangat miskin. Ia lahir di Busdongo de Arbas, satu dusun berpopulasi 60 orang di Spanyol. Ayahnya bekerja sebagai pekerja kereta api, lalu ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Tempat tinggalnya hanya satu tempat tinggal petak yang bersebelahan dengan rel kereta api.

Kemiskinan itu juga yang membuatnya mesti berhenti sekolah di umur 13 tahun. Tidak ada alternatif lain baginya ketika itu tidak hanya berhenti sekolah serta bekerja untuk mengurangi beban hidup orang tuanya.

Selepas berhenti sekolah, ia juga bekerja di satu produsen baju mewah. Ia bertugas mengantarkan pesanan baju. Selang beberapa saat, ia diakui jadi asisten penjahit. Dia juga mulai belajar menjahit baju. Dari pengalaman bekerja di perusahaan itu ia dapat pelajari bagaimana baju di produksi sampai didistribusikan secara langsung ke konsumen.

Sesudah bekerja di perusahaan fashion itu, lantas ia berbarengan saudaranya bekerja di satu toko pakaian sebagai salesman. Lantas diawal tahun 1960-an Ortega jadi manajer di toko baju lokal. Lantas sesudah bekerja di produsen baju serta toko baju, ia juga berbarengan Rosalia Mera yang lantas jadi istrinya, serta berbarengan kedua saudara kandungnya, menghasilkan pakain-pakaian yang di jual dengan harga terjangkau.

Ortega bersama-sama istrinya mulai menjahit baju sendiri di ruangan tamu tempat tinggalnya. Lantas dia mulai mempekerjakan orang lain untuk menjahit semua desainnya serta membangun toko pertamanya di tahun 1975. Toko itu diberi nama Zara serta didirikan di depan toko perbelanjaan paling penting di Spanyol. Dia tetap menjualnya dengan harga lebih murah tetapi dengan kualitas yang elegan.

Tempat toko pertamanya berdiri adalah tempat yang strategis. Bisnisnya juga makin maju. Sepuluh tahun kemudian Ortega membangun perusahaan induk, Inditex, serta membuka gerai internasional pertamanya di Portugal, yang biaya sumber daya manusianya lebih murah ketimbang Spanyol. Pada 1989, Ortega terdaftar sudah buka nyaris 100 toko Zara di Spanyol. Serta saat ini, ada 46 toko Zara di Amerika Serikat, 347 di Cina, serta 1.938 di Spanyol.

Kaya, tetapi tampak sederhana

Dengan kekayaan yang dicapainya, ia dapat membeli pencakar langit paling tinggi di Madrid, Spanyol, yakni Torre Picasso. Bangunan itu mempunyai tinggi 515 kaki, serta dibeli seharga US$ 536 juta. Dia juga mempunyai The Epic Residences & Hotel di Miami, Florida yang disebut satu diantara hotel paling baik di Amerika Serikat (AS). Tidak hanya itu dia mempunyai pesawat jet pribadi The Global Express BD-700 yang didesain Bombardier, satu diantara perusahaan yang menghasilkan pesawat jet elegan paling unggul. Pesawat itu dibeli seharga US$ 45 juta.

Namun di segi lain penampilannya sangat sederhana. Ortega senantiasa kenakan pakaian amat simpel. Dia senantiasa kenakan blazer biru, baju putih serta celana abu-abu. Sebagai bos dia memanglah populer amat ramah. Dia kerap mendekati serta bicara dengan karyawannya. Dia menyimak bahkan juga untuk masalah hal paling kecil di kantornya.

Yang mengherankan, Ortega tidak pernah mempunyai kantor. Bahkan juga saat ini, orang ketiga paling kaya di dunia itu duduk di meja di ujung ruangan kerja terbuka dibagian baju wanita. Ortega lebih pilih kain untuk disentuh dari pada memo untuk dibaca.

Jenis kerja Ortega serta kemampuannya untuk tersambung dengan tiap karyawan, bahkan juga karyawan tingkat rendah menambah pertanyaan yang menarik : Apakah model eksekutifnya semakin lebih hirarkis serta konvensional bila ia datang dari satu keluarga istimewa serta dengan gelar MBA, tidak dari kemiskinan serta sedikit pendidikan?

“Kemiskinan terang membuat siapa dia, ” kata Blanco, penulis biografi tidak resmi itu. “Ada rasa lapar bakal keberhasilan disana. Perlihatkan tiap petinju hebat yang tidak datang dari latar belakang sejenis ini. ”

Semi pensiun, Ortega saat ini tinggal tempat tinggal lima lantai menghadap di laut di daerah La Coruña, di jalanan kota yang repot, dengan keamanan yang pasti sedikit. Dia makan sarapan tiap pagi (telur serta kentang goreng) dengan kenalannya di klub pebisnis La Coruña, serta beristirahat di akhir minggu ke tempat tinggal keluarga besarnya, dimana dia mengguling kambing serta ayam bakar serta menyatukan anak-anaknya yang udah dewasa. Seperti satu rutinitas, Ortega bakal mencurahkan saat satu minggu dalam satu tahun untuk mendaki rute ke Galicia.

Nah, Sahabat Bangun Ide, begitulah cerita berhasil seseorang Amancio Ortega. Siapa kira, seseorang yang semula miskin, putus sekolah, serta mengawali usaha dari ruangan tamu, nyatanya dapat berhasil jadi satu diantara orang paling kaya di dunia. Tetapi jelas seluruh itu tidak dicapai dengan gampang. Perlu perjuangan, disiplin, serta memberi service yang paling baik pada konsumen.

Prinsipnya yaitu berikanlah pelanggan apa yang mereka kehendaki, serta berikanlah lebih cepat dari pada orang lain. tidak heran ia serta semua karyawannya dituntut untuk dapat bekerja cepat serta efektif.

Warren Buffet

Warren Buffet

Warren Edward Buffet lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Warren Edward Buffet sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Beliau adalah anak dari Howard Buffet serta Leila. Ayahnya adalah politisi bisnis yang handal ungkapan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya seperti melukiskan kehidupan Warren Buffet tidak merasa aneh bila Warren Edward Buffet mewarisi kekuatan melakukan bisnis dari ayahnya.

Buffet bersekolah di Rose Hill Elementary School pada tahun 1942 di Omaha. Kemudian meneruskan studinya di Alice Deal Junior High School. Kemudian berlanjut di Woodrow Wilson High School serta sukses lulus dari University of Pensylvenia serta University of Nebraska Lincoln Columbia University. ia lantas meneruskan pendidikannya di Benjamin Grahamdi Columbia University sesudah ia paham kalau Benjamin Graham serta David Dodd yang disebut analis keuangan terpenting saat itu mengajar disana. Buffett lulus dari Columbia University pada tahun 1951 dengan mencapai gelar Master of Science di bagian ekonomi.

Buffet mengakhiri masa-masa lajangnya dengan menikah dengan Susie Thompson pada 19 April 1952. Dari hasil perkawinan itu beliau memiliki 3 orang anak yakni Susan Buffet, Howard Graham Buffet, serta Peter Buffet.

Bisnis serta Perusahaan

Kemampuan bisnis serta ketrampilan Buffett dalam berinvestasi juga diwarisinya dari sang bapak. Bakat usaha memanglah mengalir di darah pria kelahiran 1930 itu. Buktinya, mulai sejak kecil, Buffett udah memerlihatkan ketertarikannya pada dunia usaha dengan turut bekerja di toko grosir punya sang kakek, Ernest Platt Buffett.

Kemampuannya membuat nilai lebih ini udah terlihat mulai sejak kecil. Mulai sejak kecil Warren Buffet udah menekuni dunia entepreneur. Saat berusia 11 tahun, ia hanya seseorang penjual koran. Namun ia memakai waktunya untuk keliling lapangan golf, mencari bola golf yang hilang, serta menjualnya dengan harga terjangkau ke pemain golf di kurang lebih lapangan golf itu.

Pada usia 14 tahun, ketika Warren Buffet masihlah duduk di banku SMA, dia mengawali bekerja hingga mempunyai uang sebesar $ 1,200 untuk beli 40 ha tanah pertanian yang pada akhirnya dia sewakan pada petani lokal. Dari sini ia udah membuat passive income dari sewa tempat. Perusahaan yang dibelinya senantiasa diperbaiki sebaik-baiknya, fundamental bisnisnya ditingkatkan hingga kemampuan keuanganya mengkilat.

Beliau mengawali kariernya dalam dunia usaha yakni pada tahun 1951 di perusahaan ayahnya Buffet falk & Co. Di Omaha dari tahun 1951 sampai 1954. Pada ketika itu beliau menjabat sebagai Sales Investasi. Lantas ia pindah ke Graham Newman Corp sebagai Security Analyst sepanjang dua tahun (1954–1956). Lantas pada tahun 1956–1969 geser lagi ke Buffet Partnership, Ltd., sebagai General Partner. Pada tahun 1970 pada akhirnya beliau menjabat sebagai CEO di perusahaan Nerkshei Hathaway Inc.

Langkah awal Buffett diawali ketika ia membeli saham perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada 1962. Ia sukses jadi pemegang saham paling besar tiga tahun kemudian. Ia secara cerdik menginvestasikan uang nganggur perusahaan. Ia umpamanya beli perusahaan asuransi, perusahaan permata, utilitas, serta makanan lewat Berkshire. Melalui perusahaan ini juga ia kuasai beberapa perusahaan kelas dunia seperti Coca Cola, WellsFargo serta Kraft Food. Langkah paling barunya, Desember lalu ia mengakuisisi perusahaan manufaktur serta layanan Momon Holding sebesar US$ 4,5 miliar.

Beberapa langkah bisnisnya demikian menakjubkan serta cerdik hingga ia senantiasa jadi buruan beberapa jurnalis bisnis. Demikian banyak juga media yang udah menuliskan profilnya. Hampir, tiap langkah Buffet yaitu langkah investasi, dengan beli saham perusahaan.

Lantaran kemahirannya dalam melakukan bisnis Warren Edward Bullet mempunyai julukan yakni Oracle of Omaha.

Kekayaan

Karena usahanya yang tidak mudah menyerah pada tahun 1962 beliau jadi seseorang jutawan. Pada tahun 1998, Buffet beli saham Coca-Cola. Bisnisnya selalu berkembang cepat serta selanjutnya tahun 1990 beliau sukses jadi seseorang milyader. Pada tahun 2002 beliau masuk daftar sebagai orang paling kaya didunia.

Pendapatannya pada tahun 2002 sukses menembus angka 11 Milyar Dollar serta pada tahun 2008 beliau jadi orang paling kaya didunia serta menggeser posisi Bill Gates. Kekayaannya pada tahun 2008 meraih angka 62 Milyar Dollar.

Nasehat Mengenai Kekayaan menurut Warren Buffet
– ia beli saham pertamanya pada usia 11 tahun serta ia saat ini menyesal lantaran tidak mengawalinya dari masihlah muda. Pesan : Sarankan anak anda untuk berinvestasi Encourage your children to invest

– Ia beli satu kebun yang kecil pada usia 14 tahun dengan uang tabungan yang didapatinya dari hasil mengirimkan surat kabar. Pesan : Dorong Anak Anda untuk mulai belajar melakukan bisnis Encourage your children to start some kind of business

– Ia masihlah hidup di satu tempat tinggal dengan 3 kamar memiliki ukuran kecil di pusat kota Ohama, yang ia beli sesudah ia menikah 50 tahun yang lalu. Ia berkata kalau ia memiliki semua yang ia perlukan dalam tempat tinggal itu. Walau tempat tinggal itu tidak ada pagarnya. Pesan : Janganlah beli apa yang tidak diperlukan, serta dorong Anak Anda berbuat yang sama. Don’t buy more than what you ” really need ” and encourage your children to do and think the same

– Ia senantiasa mengemudikan mobilnya seseorang diri bila akan melancong serta ia tidak memiliki seseorang supir maupun keamanan pribadi. Pesan : Jadilah apa yang ada. You are what you are

– Ia tidak pernah melancong dengan pesawat jet pribadi, meskipun ia mempunyai perusahaan pembuat pesawat jet paling besar di dunia. Pesan : Berhematlah (Always think how you can accomplish things economically)
Berkshire Hathaway, perusahaan kepunyaannya, mempunyai 63 anak perusahaan. Ia cuma menuliskan satu pucuk surat tiap tahunnya pada beberapa CEO dalam perusahaannya, mengemukakan tujuan yang perlu dicapai untuk tahun itu.

– Ia tidak pernah mengadakan rapat atau menelpon mereka secara reguler. Pesan : Tugaskan pekerjaan pada orang yang pas Assign the right people to the right jobs

– Ia cuma memberi 2 ketentuan pada beberapa CEOnya. Peraturan nomor nya ialah : Jangan sampai meskipun menggunakan uang para pemilik saham. Ketentuan nomor dua : Janganlah melupakan ketentuan nomor satu. Pesan : Untuk Arah yang pasti serta optimis mereka untuk konsentrasi ke tujuan. Set goals and make sure people focus on them

– Ia tidak bersosialisasi dengan orang-orang kelompok kelas atas. Saat luangnya di rumah ia butuhkan dengan melihat televisi sembari makan pop corn. Pesan : Janganlah Pamer, Jadilah sendiri & nikmati apa yang anda kerjakan Don’t try to show off, just be your self and do what you enjoy doing.

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu. Di tahun 2013 dirinya disebut dengan sebagai orang paling kaya di dunia versi majalah Forbes menaklukkan Bill Gates serta Waren Buffet. Pria Meksiko ini dilahirkan tanggal 28 Januari 1940. Ia seseorang usahawan Meksiko kelahiran Arab Libanon. Kekayaan Slim sendiri dilaporkan sebesar $73 Milyar termasuk juga holding company yang dipunyainya.

Carlos kaya dari keinginan orang terkait serta bicara dengan sesamanya. Dari telekomunikasilah, sampai sekarang Carlos sudah menyatukan sekurang-kurangnya US$ 73 miliar atau Rp 693 triliun per Maret 2013 sebagai kekayaannya. Dialah juga yang mengatur tiga perusahaan telekomunikasi besar, yaitu Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel serta America M¢vil. Ketangguhan Slim dalam melakukan bisnis banyak dipengaruhi sang bapak, Yusef Salim Haddad.

Sang ayah inilah yang bangun toko barang keperluan, yang diberinya nama La Estrella del Oriente (Bintang Timur). Sebuah hari, dia berspekulasi beli beberapa real estat paling utama di pusat kota. Pilihan Yusef yang pas itu selekasnya merubah kehidupan ekonomi keluarganya. Dia di kenal sebagai orang nomor satu yang memengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko serta nyaris di semua Amerika Latin.

Dia memegang kendali atas perusahaan Teléfonos de México (Telmex), Telcel serta América Móvil. Slim juga melibatkan ketiga anaknya yakni Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit serta Patrick Slim Domit sebagai pimpinan perusahaan. Bapak Slim, Julian Slim geser ke Meksiko dari Libanon ketika berusia 14 tahun. Julian menikah serta dikaruniai enam orang anak serta Carlos adalah anak bungsu mereka.

Nama Slim di ambil dari nama tengah Julian Slim, yakni Julian Slim Haddad. Nama Haddad sendiri di ambil dari nama tengah ibu Julian Slim sesuai sama rutinitas penamaan di Spanyol.

“Dia mengajarkan keberanian. Dia sampaikan, tidak peduli seberapa buruk krisis yang terjadi, Meksiko tidak bakal hilang. Apabila saya meyakini negara ini, investasi yang jeli pada akhirnya bakal membayar, ” tutur Carlos, memberikan pujian pada sang bapak.

Sayang, pada tahun 1952, Yusef wafat. Carlos yang menyandang gelar insinyur tehnik sipil dari National Autonomous University of Mexico pada 1961 itu juga sempat mengajar Aljabar serta Linear Programming. Tidak hanya itu, dia sempat juga mengajar di instansi internasional, Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC). Carlos nyatanya seberani sang bapak.

Jadi Raja Telekomunikasi

Pada tahun 1990 dia beli Telmex dari pemerintah, dengan menggandeng Southwestern Bell Corp serta France Telecom. Ketika itu keadaan Telmex amat morat-marit. Tanpa gentar, Carlos merubah perusahaan yang merugi itu jadi pencetak uang. Pernah ia dikritik sudah menaikan tarif telepon di negaranya.

Tetapi, dengan kemauan bulat untuk melakukan perbaikan pelayanan telepon di Mexico, berbentuk tawaran sambungan lokal, interlokal, selular, internet serta direktori telepon, pada akhirnya usaha kerasnya berbuah manis.

Kerajaan telekomunikasinya dapat meraih penjualan tahunan sampai 16 miliar dolar AS. Saat ini Telmex menjelma perusahaan telekomunikasi paling besar di Mexico. Tidak cuma itu, beberapa waktu terakhir Telmex American terdaftar sebagai satu diantara perusahaan disegani di New York Stock Exchange. Kerajaan usaha Carlos selalu berkembang. Ia juga yang memiliki Prodigy Inc — perusahaan layanan internet ketiga di AS. Tidak cuma itu, Carlos juga saat ini mengatur perusahaan keuangan Grupo Financiero Inbursa, serta industri retail, Grupo Carso.

Carlos Slim adalah wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stok Exchange dan
Advertisement

Presiden Komisaris pada perusahaan broker Mexican Association of Brokerage Houses. Dia juga adalah Presiden pertama pada perusahaan New York Stock Exchange Administration Council yang bekerja pada tahun 1996-1998. Dia termasuk juga deretan pengurus paling utama dari Grup Altria (dahulu bernama Philip Morris) -mengundurkan diri pada bulan April 1996- serta Alcatel.

Semula dia juga adalah termasuk juga deretan pengurus dari SBC Communications sampai bulan Juli 2004 yang beberapa waktunya di habiskan untuk program World Education & Development Fund, yang fokus pada proyek infrastruktur, kesehatan serta pendidikan dunia. Dia juga mempunyai saham sebagian besar menurut Majority Shareholder of CompUSA. Pada tahun 1997, banyak perusahaan yang belum mengetahui jaringan iMac, serta pada ketika begitulah Slim beli 3% saham perusahaan komputer Apple, yang nilainya selalu membumbung tinggi dalam beberapa tahun berikutnya.

Slim dikenal juga sebagai orang dibalik mengembangnya industri keuangan di Meksiko, yang diberi nama Group Carso, selain perusahaan yang lain yakni jaringan usaha ritel CompUSA. Pada umurnya yang ke-28 ia dinobatkan sebagai Entrepreneur Paling baik di Meksiko.

Tidak hanya itu, dia juga mengepalai beberapa perusahaan terpenting seperti Teléfonos de Mexico, América Móvil, serta Group Financiero Inbursa. Tahun 2000, dia membangun Fundación del Centro Histórico de la Ciudad de México A. C (Mexico City Historic Downtown Foundation) yang mempunyai maksud merevitalisasi serta menyelamatkan pusat kota Meksiko yang mempunyai nilai sejarah tinggi hingga sekalian sangat mungkin beberapa orang mempunyai peluang hidup yang lebih baik dan akses hiburan yang lebih mencukupi di daerah bersejarah ini.

Pelengkap yang lain, Slim juga membangun proyek Latin America Development Fund. Proyek ini sendiri mempunyai dana sampai meraih 10 Milyar Dollar untuk tahun depan. Bill Clinton pernah menyampaikan : ” Carlos Slim adalah filantropis (beberapa orang yang suka beramal) terutama dunia yang tidak pernah di kenal orang rata-rata.”

Di AS, Februari 2006 lantas Carlos mengincar CompUSA. Melalui perusahaannya, Groupo Sanborns, Carlos menawar CompUSA 800 juta dolar AS. Ia juga terdaftar sebagai anggota komisaris Philip Morris serta SBC. Jabatan Presiden New York Stock Exchange sempat juga diembannya.

Penghargaan Carlos Slim Helu

Sederet penghargaan mancanegara pernah dicapai Carlos. Tidak hanya Merit Medal of Honor dari Kadin Mexico, ia sempat juga dianugerahi Golden Plate Award oleh American Academy of Achievement, dan Leopold II Commander Medal dari Pemerintah Belgia. Taipan asal Meksiko itu sepanjang tiga tahun berturut-turut kembali menempati peringkat pertama orang kaya di dunia versi Forbes, dengan jumlah kekayaan sebesar 69 miliar dolar Amerika dari usaha pokoknya di bagian telekomunikasi.

Saat ini Carlos Slim Helu dianggap orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan mencapai 50 miliar dollar AS.

Jeff Bezos

Jeff Bezos, CEO Amazon.com

Jeff Bezos yaitu seseorang pebisnis serta pendiri situs toko online paling besar di dunia Amazon. com. Sekarang siapa yang tidak kenal dengan Amazon. com, situs yang memulai usaha dengan berjualan buku secara online itu saat ini udah berkembang jadi toko online bermacam rupa dengan pendapatan miliaran dolar.

Tidak cuma itu, Amazon saat ini sudah mempunyai jaringan sampai nyaris ke semua penjuru dunia. Serta keberhasilan besar itu kenyataannya saat ini membawa sang pendirinya, Jeff Bezos senantiasa menempati deretan orang paling kaya yang ada di dunia.

Cerita Hidup Jeff Bezos

Lahir dengan nama lengkap Jeffrey Preston Bezos, pendiri Amazon. com ini dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1964 di daerah Albuquerque, Kota New Mexico. Saat Jeff masihlah berumur 2 tahun, ke dua orang tuanya tidak lagi dapat menjaga rumah tangga nya serta mengambil keputusan untuk bercerai. Tetapi sesudah berselang 3 tahun, ibu nya yang bernama Jackie Bezos kembali menikah dengan seseorang insinyur bernama Miguel Bezos. Kemudian ia serta keluarga nya pindah ke Houston, Texas ikuti bapak tirinya bekerja.

Kehidupan masa-masa kecil Jeff terbilang cukup menarik. Di usianya yang masihlah amat kecil, ia udah memperlihatkan ketertarikan yang besar pada dunia teknik, hal semacam itu terlihat saat pada sebuah hari dirinya membedah tempat tidurnya sendiri dengan obeng. Seiring berjalannya waktu serta saat dirinya udah memiliki adik-adik, ketertarikannya juga berkembang dalam bagian sains serta elektro.

Saat dirinya masihlah duduk di sekolah mendasar, ia pernah bikin alarm listrik simpel yang dipasang di tempat tinggalnya sendiri. Dengan alarm itu ia dapat mengawasi adik-adiknya supaya tidak keluar tempat tinggal.

Bakat serta minatnya berlanjut sampai ia masuk bangku sekolah menengah atas. Pada saat itu ia pernah ikuti satu kursus sains yang diselenggarakan di Universitas Florida, serta karena prestasinya ia mendapat satu penghargaan yakni Silver Knight Award. Meneruskan studinya, pada akhirnya ia mengambil keputusan untuk mengambil jurusan Computer Science and Electrical Engineering di Princeton University. Ia juga memperlihatkan prestasi yang luas umum semasa di bangku kuliah. Hal semacam ini bikin ia cukup gampang mendapat pekerjaan selepas kuliah.

Karier pertamanya Ia mulai dengan masuk ke dunia kerja Wall Street. Dengan beragam capaian yang ia kerjakan, ia terdaftar pernah masuk ke beberapa perusahaan terkenal seperti perusahaan jaringan perdagangan internasional Fitel, perusahaan layanan keuangan Banker Trust serta yang paling akhir perusahaan finansial DE Shaw Company. Di perusahaan paling akhir tersebutlah hasrat nya untuk membangun usaha sendiri makin besar serta tidak terbendung lagi.

Jeff Bezos Membangun Amazon.com

Jeff mulai meningkatkan usaha nya sendiri pada tahun 1994. Pada saat itu dirinya melihat potensi pada usaha ritel buku di Amerika Serikat. Walau sudah cukup banyak perusahaan percetakan serta ritel buku, tetapi kekurangannya yaitu mereka tidak dapat memberi katalog komplit dari seluruh buku-buku yang mereka mempunyai. Promosi melalui e-mail yang cukup popular pada masa-masa itu juga belum dapat mengakomodir keperluan promosi beberapa produk buku beberapa pebisnis ritel.

Dari situ tercetuslah inspirasi untuk membuat situs di mana ia dapat mengenalkan seluruh produk buku dengan gampang serta praktis. Hal semacam ini pastinya diimbangi dengan perubahan dunia internet yang udah mulai besar pada saat itu. Jadilah ia mulai lakukan penelitian pasar serta banyak menjumpai produsen dan entrepreneur ritel buku yang ada di AS. Tidak cuma itu dirinya juga mencermati kepentingan konsumen dan langkah startegis bagaimana websitenya kelak dapat dengan cepat dikenal orang-orang luas.

Sesudah masa-masa pengembangan serta sudah memperoleh cukup banyak ketersediaan buku, pada akhirnya ia resmi buka situs yang ia daftarkan dengan nama Amazon. com pada tahun 1999. Tidak tanggung-tanggung orangtua Jeff juga turut mensupport usaha anaknya itu dengan memberi dana pensiunya sebesar US$ 300 ribu sebagai modal usaha.

Dari sini ia mulai meniti penjualan buku melalui Amazon. Serta benar saja, Amazon dapat dengan gampang di kenal banyaknya customer lantaran di pasarkan melalui jaringan internet. Cuma dalam beberapa tahun Amazon yang dulunya bermarkas di sisa garasi tempat tinggal Jeff saat ini sudah berkembang jadi beberapa gudang penyimpanan super besar plus kantor pusatnya yang ada di Seattle Washington.

Sesudah beberapa saat, Jeff juga meningkatkan produk jualan Amazon supaya lebih beragam. Saat ini Amazon jual beragam jenis barang, seperti produk elektronik, keperluan rumah tangga, serta layanan aplikasi penyimpanan data online. Walau demikian produk buku serta ilmu dan pengetahuan masihlah menguasai lokel Amazon.

Dengan pencapaian Amazon yang mengagumkan itu, saat ini Jeff yang disebut CEO dari Amazon Inc. sukses memperoleh kekayaan sampai melebihi dari US$ 10 miliyar pada tahun 2009. Kini kekayaan Jeff diprediksi mencapai 45,2 miliar dollar AS. Bahkan juga dirinya pernah masuk ke deretan orang paling kaya di dunia dengan rekor paling tinggi yakni peringkat 19 pada tahun 1999.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Umurnya masihlah muda tetapi ia di kenal sebagai pemuda paling kaya di dunia karena Facebook. Ia di kenal sebagai penemu atau pendiri dari Facebook yag populer. Beberapa orang di dunia yang mencari serta mau tahu tentang profil serta Biografi Mark Zuckerberg serta kehidupannya, Bernama komplit Mark Elliot Zuckerberg lahir di lokasi bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York. Anak dari Edward serta Karen Zuckerberg. Ia yaitu anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi – ­psikiater. Mulai sejak kecil Zuckerberg sukai mengu­takatik komputer, mencoba beragam program komputer serta belajar membuatnya.

Ayahnya sendiri membelikannya komputer mulai sejak ia beru­sia delapan tahun. Ketika di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, ia serta rekannya, D’Angelo, bikin plug-in untuk MP3 player Winamp. Plug-in yaitu program komputer yang dapat berhubungan dengan aplikasi host seperti situs browser atau e-mail untuk kepentingan khusus. Zuckerberg serta D’Angelo bikin plug-in untuk mengumpulkan kegemaran orang pada bermacam bentuk lagu serta lantas bikin play­list-nya sesuai sama selera mereka.

Mereka kirim program itu ke beragam perusahaan termasuk juga ke AOL (American Online) serta Microsoft. Pada tahun terakhirya di Phillips ia diambil oleh Microsoft serta AOL untuk sebuah proyek. Ketika meneruskan sekolah ke perguruan ting­gi keduanya mesti berpisah. D’Angelo masuk Caltech sedang Zuckerberg masuk Harvard.

Di Harvard berikut Zuckerberg temukan inspirasi bikin buku direktori mahasiswa online lantaran universitasnya tidak membagikan facebook (buku mahasiswa yang memuat photo serta jati diri mahasiswa di kampus itu) pada mahasiswa baru sebagai arena pertemanan diantara mereka. Tetapi tiap kali ia tawarkan diri bikin direktori itu, Harvard menampiknya. ” Mereka menyampaikan mempunyai alasan untuk tidak menyatukan informasi (mahasiswa) ini, ” tutur Zuckerberg kemudian.

Walau tidak diterima ia senantiasa mencari langkah untuk mewujudkannya. ” Saya mau memperlihatkan bila hal semacam itu dapat dilakukan, ” lanjutnya masalah kengototannya bikin direktori itu. Proyek pertamanya yaitu CourseMatch (www.coursematch.com) yang sangat mungkin teman-teman sekelasnya berkomunikasi keduanya di situs itu.

Sebuah malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard serta memasukkannya kedalam situs yang ia buat bernama Facemash. Beberapa foto rekanan mahasiswanya terpampang di situ. Tidak lupa ia membubuhkan kalimat yang memohon pengun­jungnya memastikan mana dari beberapa foto ini yang paling “hot”.

Pancingannya mengena. Dalam tempo empat jam mulai sejak ia meluncurkan webiste itu terdaftar 450 orang berkunjung ke Facemash serta sejumlah 22.000 foto mereka buka. Pihak Harvard tahu serta sambungan internet juga diputus. Zuckerberg diperkarakan lantaran dikira mengambil data. Anak muda memiliki rambut keriting ini juga mohon maaf pada beberapa kawan yang fotonya masuk di Facemash. Namun ia tidak menyesali tinda­kannya. ” Saya sangka informasi seperti itu mesti ada (online), ” ujamya.

Alih-alih kapok ia jadi bikin situs baru dengan nama Facebook (www. thefacebook. com). Situs ini ia luncurkan pada Februari 2004. Facebook adalah penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam keterangan di website-nya saat ini dijelaskan kalau Facebook yaitu sebuah alat sosial untuk bantu orang berko­munikasi lebih efektif dengan rekanan, keluarga, atau rekanan kerjanya.

Facebook menawarkan navigasi yang gampang untuk beberapa pemakainya. Tiap yang memiliki akun miliki ruangan untuk memajang fotonya, beberapa rekannya, network, serta lakukan hal yang lain seperti dapat mengirim pesan serta lain sebagainya.

Banyak aplikasi yang dapat dipakai oleh anggotanya bikin Facebook digan­drungi beberapa orang. Konon sampai sekarang udah melebihi dari 20.000 aplikasi dimasukkan kedalam Facebook yang dapat dipakai beberapa anggotanya. Sekurang-kurangnya 140 aplikasi baru ditambahkan ke Facebook tiap harinya serta 95% yang memiliki akun Facebook sudah menggu­nakan minimum satu aplikasi.

Penyertaan banyak aplikasi ini bikin Facebook tidak sama dengan situs media sosial terdahulu seperti MySpace. Lantas orang bersama-sama berkunjung ke website­nya serta mendaftar jadi anggotanya. Kurun waktu dua minggu sesudah di luncurkan, separuh mahasiswa Harvard udah mempunyai akun di Facebook. Nyatanya tidak cuma mahasiswa Harvard yang tertarik, beberapa universitas di sekitar Harvard juga memohon dimasukkan dalam jejaring Facebook.

Ini bikin Zuckerberg kewalahan. Ia lantas memohon pertolongan dua rekannya untuk turut mengem­bangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook udah dapat menjaring 30 universitas. Sampai akhir 2004 jumlah pemakai Facebook udah meraih satu juta.

Pemakai Facebook selalu bertambah. Jadi ada beberapa orang yang tidak lagi jadi mahasiswa atau yang masihlah di sekolah mau bergabung. Tingginya tekanan ini bikin Zuckerberg serta kawan-kawan mengambil keputusan Facebook buka jaringan untuk beberapa siswa sekolah menengah (disini SMU) pada September 2005. Tidak lama lantas mereka juga buka jejaring beberapa pekerja kantoran. Aktivitas yang mengagumkan ini bikin Zuckerberg mesti mengambil keputusan keluar dari Harvard.

Zuckerberg serta kawan-kawan lantas meningkatkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook buka pendaftaran untuk jejaring umum dengan prasyarat mempunyai e-mail. Mulai sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.

Sekarang jumlah anggota aktifnya meraih 70 juta di semua dunia. Jejaring yang dihim­punnya meraih enam juta jaringan (ke­lompok pertemanan) mencakup 55.000 jaringan bersumber pada demografi, pekerjaan, sekolah, kolegial, dan seterusnya. Tiap harinya ada 14 juta foto di-upload (dimasukkan ke Facebook). Serta dalam soal jumlah trafik pengakses Facebook jadi situs teraktif ke-6 di dunia serta jadi situs media sosial kedua paling besar versus camScore.

Jual Saham Facebook serta Jadi Pemuda Paling kaya Di Dunia

Jumlah anggota Facebook yang jutaan or­ang itu jadi tambang emas yang menggiurkan. Zuckerberg serta kawan-kawan juga menangkap kesempatan usaha yang besar. Karenanya saat jumlah user-nya melebihi satu juta mereka menggandeng Accel Part­ners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya.

Modal yang ditanamkan yaitu US$ 12,7 juta. Ini yaitu investasi kedua yang masuk ke Facebook sesudah di awal (Juni 2004) men­dapatkan serta dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000.

Pembenahan pertama dengan pelengkap modal itu yaitu dengan meng­ganti domain-nya dari www. thefacebook.com jadi www.facebook.com pada Agustus 2005. Kemudian jangkauan keanggotaannya diperluas jadi internasional. Sampai Desember 2005 jumlah anggotanya udah meraih 5,5 juta.

Walau jumlah user-nya bertambah tajam pada tahun 2005 dijelaskan Facebook menga­lami kerugian hingga US$ 3,63 juta. Facebook lantas mendapat dana sebesar US$ 25 juta dari Greylock Partners serta Meritech Capi­tal Partners. Dana itu dipakai untuk meluncurkan versus mobile-nya.

Pada September 2007 Microsoft lakukan pendekatan serta menawarinya beli 5% saham sejumlah kurang lebih US$ 300 juta sampai US$ 500 juta. Bila nilai itu di setujui nilai kapitalisasi Facebook udah meraih US$ 6 miliar sampai US$ 10 miliar atau kurang lebih Rp 54 triliun sampai Rp 90 triliun. Tetapi Microsoft pada akhirnya menginformasikan cuma beli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. Transaksi ini memperlihatkan nilai kapitalisasi Facebook nyatanya lebih tinggi yakni kurang lebih US$ 15 miliar (kurang lebih US$ 135 triliun).

Kemudian beberapa tawaran mengepung Facebook. Li Ka-shing disebut-sebut turut menginvestasinya kurang lebih US$ 60 juta pada November 2007. Lantas ada berita yang mengatakan Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya juga turut menawar untuk membeli Facebook. Selama ini Zuckerberg me­ngatakan Facebook tidak bakal di jual. Melesatnya usaha Facebook bikin Zuckerberg menampuk kekayaan yang mengagumkan.

Majalah Forbes mengatakan kekayaan Zuckerberg sendiri meraih US$ 1,5 miliar atau kurang lebih Rp 13,5 triliun di awal masuknya facebook ke pasar saham. Jangankan untuk anak seusia Zuckerberg, untuk orang dewasa juga harta sejumlah itu jelas jumlah yang mengagumkan besar. wajar bila majalah itu menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.

Prestasi yang dicapai Zuckerberg tidak benar­-benar mulus. Beberapa perkara ia peroleh berkenaan dengan Facebook. Termasuk juga dari rekannya di Harvard yang mengatakan rancangan Facebook sesungguhnya tiruan dari ConnectU. Tetapi Zackerberg tetap bergeming kalau Facebook adalah hasil karyanya. Walau ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini mendaftarkan tuntutan baru pada Maret 2008.

Kontroversi juga datang dari negara-negara seperti Myanmar, Bhutan, Syria, Arab Saudi, Iran dan seterusnya yang mengatakan bila Facebook mempromosikan serangan pada otoritas pemerintahannya hingga akses pada Facebook di negara itu ditutup.

Di dalam beberapa kontroversi itu, nama Facebook serta Mark Zuckerberg tetap digan­drungi beberapa orang. Zuckerberg sendiri di dalam kepopuleran namanya serta jumlah kekayaan yang dipunyainya, ia tetap simpel. Ia masihlah tinggal di apartemen sewaan serta di kamarnya cuma ada satu meja serta kursi. Kasurnya ditempatkan di lantai. Saat datang ke kantornya di Palo Alto, Zuckerberg sering jalan kaki atau mengendarai sepeda. Tidak terlihat sebagai miliuner (dalam US$ dol­lar, pastinya) atau triliuner (dalam rupiah).

Lary Ellison

Larry Ellison, CEO Oracle

Larry Ellison yaitu tokoh di bagian teknologi yang populer. Beliau yaitu pimpinan sekalian pendiri Oracle, perusahaan perangkat lunak terkenal di dunia. Beliau saat ini termasuk juga satu diantara tokoh teknologi yang mempunyai kekayaan yang mengagumkan.

Walau sebenarnya dulunya, beliau yaitu seseorang yang datang dari keluarga simpel. Pencapaiannya sampai saat ini yaitu buah perjuangan yang cukup mengagumkan. Dapat disebut, perjuangannya jadi seperti saat ini serupa dengan cerita Steve Jobs, Bill Gates, ataupun Mark Zuckerberg.

Larry Ellison dilahirkan di Amerika pada 17 Agustus 1944. Masa-masa kecil Larry bisa disebut tidak demikian mengasyikkan. Mulai sejak umur 9 bulan, Larry Ellison sudah divonis pneumonia atau radang paru-paru. Lantaran kondisinya berikut, ia lantas diadopsi oleh paman serta bibinya yang bertempat di Chicago. Berbarengan kedua orang tua angkat berikut, Larry Ellison melakukan masa-masa kecilnya. Kehidupan mereka cukup tenteram.

Larry Ellison lantas masuk sekolah tingkat mendasar di Eugene Field Elementary School. Ia lantas meneruskan sekolah ke Sullivan High School serta pindah ke South Shore. Sepanjang di sekolah, Larry dikenal sebagai murid pandai serta cerdas. Nilainya cukup bagus, terlebih nilai matematikanya. Sayangnya, Larry yang dikenal cerdas serta aktif mulai berubah tingkah sesudah tahu kalau kedua orang tua yang mengasuhnya ini bukanlah orang tua kandungnya.

Sikapnya yang berubah tidak punya pengaruh pada prestasinya di sekolah. Ia lulus dengan baik serta meneruskan pendidikan ke Fakultas Fisika Kampus Illinois, Urbana-Champaign. Sayangnya, ia mesti berhenti kuliah lantaran ibu angkatnya yang sampai kini membiayai beliau meninggal dunia. Ia juga lantas mencari kerja serabutan untuk bertahan hidup berbarengan sang bapak.

Larry Ellison kembali mencicipi kuliah di Kampus Chicago. Tetapi, lagi-lagi ia tidak bertahan lama. Dikarenakan permasalahan biaya, ia juga cuma bertahan sepanjang enam bulan di universitas ini.

Awal Karier

Lantaran terpacu untuk selalu hidup, Larry Ellison lantas ikuti pelatihan komputer. Dengan modal pelatihan, ia juga melamar ke beragam perusahaan. Sayangnya, banyak perusahaan yang ia lamar tidak membuahkan hasil. Namun usahanya tidak percuma. Larry pada akhirnya di terima di perusahaan Investasi Fireman’s Fund sebagai teknisi Komputer. Ditempat ini, Larry kerap melakukan perbaikan piranti keras yang kerap rusak. Ia juga mengatasi beragam permasalahan berkaitan piranti lunak. Kariernya di perusahaan berikut yang lantas membawa beliau hingga saat ini.

Larry lantas mengambil keputusan pindah kerja ke Bank Wells Fargo. Ditempat ini masihlah jadi seseorang teknisi. Ditempat berikut Larry di kenal sebagai pegawai yang cekatan. Sayangnya, ia tidak sering mendapat penghargaan. Ia juga lantas pindah kerja ke Ampex sebagai seseorang Programmer.

Di Ampex, Larry Ellison mendapatkan satu tulisan mengenai teori Database relasional yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Lantaran tulisan itu, ia temukan inspirasi untuk bangun satu usaha yang mengusung ide konsep “Structured Query Language”, seperti apa yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Ia juga menerapkan ide konsep yang lantas di kenal sebagai SQL itu kedalam Sistem Database Server. Ia menamakan proyek ini dengan nama Oracle.

Bangun Perusahaan Oracle

Proyek Oracle yang digagas oleh Larry Ellison kemudian berlanjut dengan berdirinya perusahaan Software Development Labs. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Ellison, rekan Larry, Ed Qates serta bos Larry di Ampez yaitu Robert Miner. Dengan modal US$ 2.000, perusahaan yang lantas berubah lagi jadi Oracle ini mendapat klien pertamanya yang mengagumkan. Tidak tanggung-tanggung, klien perusahaan Oracle yaitu Dinas Intelijen Amerika Serikat, CIA. Sesudah CIA, Oracle juga mengatasi tubuh atau perusahaan yang lain, termasuk juga Wright Patterson Air Force Base serta IBM.

Produk Oracle

Pada perubahannya Oracle membuat banyak produk-produk berbasis Non Database-Server. Tahun 1990-an, perusahaan ini keluarkan produk berbentuk Application Server (Situs DB, OAS), Development Tool (Oracle Developer, Oracle Designer), serta Application Suite (Oracle Apps). Perusahaan ini jadi tenar. Walau pernah mencicipi permasalahan finansial, perusahaan ini tetap bertahan. Hal semacam ini jelas karena tangan dingin pimpinan Oracle yaitu Larry Ellison. Oracle juga lantas menguasai pasar Database Relasional.

Karena usaha serta kegigihannya, Oracle juga lantas di kenal sebagai perusahaan piranti lunak kedua paling besar sesudah Microsoft. Pastinya hal semacam ini berimbas pada kekayaan Larry Ellison. Bersumber pada data pada tahun 2010, Larry diprediksikan mempunyai kekayaan sampai US$ 36 miliar. Kini harta Larry mencapai US$ 43,6 miliar. Jelas pencapaian ini adalah hasil usaha keras dari seseorang anak yang dulunya cuma seseorang anak dari keluarga umum saja.

Michael Bloomberg

New York City Mayor Michael Bloomberg speaks at a gun violence summit at Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health in Baltimore, Monday, Jan. 14, 2013, where he outlined his proposals for federal gun control reforms. Bloomberg urged President Barack Obama and Congress to increase background check requirements for firearms purchases, and also said the federal government needs to get tougher on gun trafficking. (AP Photo/Patrick Semansky)

Bernama komplit Michael Rubens Bloomberg, ia lahir pada tanggal 14 Februari 1942. Pada tahun 1964 ia mengenyam pendidikan Tehnik Elektro di Johns Hopkins University lantas pada tahun 1966 ia belajar di Kampus Harvard serta mencapai gelar Master of Business Administration di kampus itu.

Sesudah lulus dari kampus, Bloomberg lantas bekerja di Salomon Brothers. Ia juga mencermati seluruh perdagangan saham Salomon, penjualan dan sistem infonya, Tetapi saat perusahaan itu merger di tahun 1981, Bloomberg juga dipecat.

Mengawali usaha dari uang pesangon

Bloomberg menerima uang pesangon sebesar US$ 10 juta sebagai kompensasi atas pemecatan dirinya. Uang itu lantas ia pakai untuk mengawali usaha di bagian data keuangan serta komunikasi yang dinamakan Bloomberg LP. Perusahaan itu menjual informasi keuangan pada perusahaan-perusahaan di Wall Street.

Perusahaan yang didirikannya itu berkembang cepat. Sampai lantas Bloomberg LP mempunyai melebihi dari 165.000 pelanggan di semua dunia. Keberhasilan perusahaan itu juga melahirkan anak perusahaan yang lain di bagian media seperti pelayanan berita, serta lantas radio, televisi, internet, serta penerbitan. Usaha baru itu di luncurkan pada tahun 1990.

Ia juga meluncurkan Bloomberg Financial Markets yang disebut distributor global berbasiskan multimedia service informasi, dengan memadukan berita, data, serta analisa untuk pasar keuangan global serta usaha.

Makin berhasil, jadi dermawan, serta jadi walikota

Perusahaan Bloomberg selalu alami perkembangan sampai ia juga jadi satu diantara orang paling kaya di dunia, tepatnya sekarang ia ada di peringkat ke 8. Sesudah berhasil dengan bisnisnya, Bloomberg lantas juga mendedikasikan waktunya untuk filantropi atau aktivitas kemanusiaan. Ia mau tingkatkan pendidikan, riset medis serta akses ke seni bertambah.

Pada tahun 1997 Bloomberg juga menerbitkan buku otobiografinya. Seluruh royalti dari penjualan buku itu disumbangkan pada Committee to Protect Journalists atau Komite Perlindungan Wartawan.

Pada 2001, Michael Bloomberg lantas juga masuk ke dunia politik. Ia juga dipilih jadi walikota New York. Bloomberg juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina untuk Johns Hopkins University hingga Mei 2002. Saat ini kekayaan Michael Bloomberg mencapai US$ 40 miliar.

loading...

LEAVE A REPLY