Sudah Kenal Dengan Orkes Hamba Allah? Kenalan Dulu Yuuuk…

0
gambar via: Twitter

Selalu ada yang baru di industri musik saat ini. Bukan hanya lagu-lagunya, namun juga band yang turut ikut serta meramaikan belantika musik tanah air. Salah satunya adalah Hamba Allah. Loh, apaan tuh Hamba Allah? Pasti banyak yang bertanya-tanya siapa itu Hamba Allah, apa musik yang mereka bawakan saat tampil, dan bagaimana penampilan mereka saat tampil di panggung? Namanya memang masih banyak yang baru mendengar, namun terbentuknya grup musikĀ ini sudah cukup lama lho. Makanya, biar lebih tau lagi tentang grup musik ini, yuk kita simak yang berikut ini.

1. Hamba Allah Sudah Berdiri Sejak Tahun 2008

gambar via: Twitter
Lahirnya Hamba Allah ini sudah sejak 14 April 2008. Tanggal itu juga yang menjadi tanggal dimana grup orkestra ini tampil perdana, di acara tahunan terbesar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia yaitu FIB NYENI 2008. Hamba Allah yang beranggotakan Adan (Vokalis), Kumis (cuk), Putra (Gendang), Mbah (Cak,) Abul (Kecrek), Satria(Bass), Iyeb (Gitar), Memet (Gitar) dan Boim (Baking Vokal) ini dulunya hanya tampil di kampus UI dari satu fakultas ke fakultas lainnya. gambar via: Twitter

Lahirnya Hamba Allah ini sudah sejak 14 April 2008. Tanggal itu juga yang menjadi tanggal dimana grup orkestra ini tampil perdana, di acara tahunan terbesar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia yaitu FIB NYENI 2008. Hamba Allah yang beranggotakan Adan (Vokalis), Kumis (cuk), Putra (Gendang), Mbah (Cak,) Abul (Kecrek), Satria(Bass), Iyeb (Gitar), Memet (Gitar) dan Boim (Baking Vokal) ini dulunya hanya tampil di kampus UI dari satu fakultas ke fakultas lainnya. Namun namanya kini sudah banyak di kenal oleh masyarakat. Bahkan mereka juga sudah beberapa kali tampil satu panggung dengan band atau artis Indonesia papan atas.

Grup Musik Hamba Allah ini memang merupakan kumpulan para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Grup ini terkenal dengan musik-musiknya yang berkiblat ke budaya Indonesia.

2. Hamba Allah Selalu Memberikan Penampilan Yang Unik

gambar via: a nice place called... "home"
Tak seperti grup band lainnya, Hamba Allah memang menyajikan suatu penampilan yang sangat unik. Mulai dari kostum dan juga lagu-lagunya. Hamba Allah biasanya memakai kostum yang berbeda-beda tiap personel dan yang pastinya berbeda dari penampilan band umumnya. Lagu yang mereka bawakan juga sangat mendukung dengan aransemen musik yang sangat unik. Apalagi aksi mereka ketika tampil, mampu membuat para penontonnya menjadi tertawa. gambar via: a nice place called… “home”

Tak seperti grup band lainnya, Hamba Allah memang menyajikan suatu penampilan yang sangat unik. Mulai dari kostum dan juga lagu-lagunya. Hamba Allah biasanya memakai kostum yang berbeda-beda tiap personel dan yang pastinya berbeda dari penampilan band umumnya. Lagu yang mereka bawakan juga sangat mendukung dengan aransemen musik yang sangat unik. Apalagi aksi mereka ketika tampil, mampu membuat para penontonnya menjadi tertawa.

Yang menjadi ciri khas dari penampilan Hamba Allah adalah sebelum mereka tampil, mereka selalu mengajak para penontonnya untuk berdoa bersama, dan membuka lagu pertama dengan pantun terlebih dahulu. Lagu andalan Hamba Allah dan menjadi lagu yang terkenal adalah lagu berjudul “KMSJ” yang sangat kental dengan budaya Indonesia.

3. Makna Nama Hamba Allah

gambar via: Dailymotion
Ketika mendengar namanya sudah pasti banyak yang akan merasa aneh, bahkan tak menyangka bahwa nama ini adalah sebuah nama grup orkestra. Nama Hamba Allah sendiri muncul ketika mereka ditanya tentang apa nama dari grup musik mereka ketika pertama kali mereka tampil pada acara FIB UI tersebut. Seketika salah satu personel menyebutkan nama Hamba Allah. gambar via: Dailymotion

Ketika mendengar namanya sudah pasti banyak yang akan merasa aneh, bahkan tak menyangka bahwa nama ini adalah sebuah nama grup orkestra. Nama Hamba Allah sendiri muncul ketika mereka ditanya tentang apa nama dari grup musik mereka ketika pertama kali mereka tampil pada acara FIB UI tersebut. Seketika salah satu personel menyebutkan nama Hamba Allah. Mereka mengatakan bahwa inti dari nama grup mereka merupakan wujud anonim ketika beberapa orang yang bersedekah tidak ingin disebutkan namanya, dan disebut Hamba Allah. Maka ditarik filosofinya menandakan bahwa dalam bermusik, yang lebih menonjol haruslah harmonisasi musiknya, bukan personelnya.

4. Jenis Musik Yang Dipilih Oleh Hamba Allah

gambar via: www.bayusvara.com
Jika melihat pada alat musik yang digunakan grup ini saat tampil, Hamba Allah mengadopsi genre dangdut, namun bukan dangdut pada umumnya, tetapi bercampur dengan keroncong. Penampilannya juga sangat menghibur, karena selalu disuguhkan dengan bercandaan yang membuat tawa para penonton. gambar via: www.bayusvara.com

Jika melihat pada alat musik yang digunakan grup ini saat tampil, Hamba Allah mengadopsi genre dangdut, namun bukan dangdut pada umumnya, tetapi bercampur dengan keroncong. Penampilannya juga sangat menghibur, karena selalu disuguhkan dengan bercandaan yang membuat tawa para penonton.

Kalau kamu masih penasaran dengan grup musik unik satu ini, kamu bisa cek twitter mereka di @orkeshambaallah. Kamu bisa tahu tentang informasi penampilan mereka di akun twitter mereka tersebut.

LEAVE A REPLY