20 Panduan Melatih Percaya Diri, Salah Satu Langkah Menuju Sukses

0
Percaya diri

Percaya diri memang menjadi satu momok bagi kamu yang memiliki sifat pemalu. Meskipun percaya diri sebenarnya bisa dibentuk dari kebiasaan yang sering kamu lakukan. Sangat penting memiliki percaya diri yang tinggi.

Banyak orang yang tidak percaya diri, karena mereka tidak pernah melatih kepercayaan diri mereka secara baik. Jika kamu ingin percaya diri, maka kamu sudah seharusnya melatih kepercayaan diri kamu untuk bisa lebih maju dan berkembang.

Setiap orang berbeda-beda sifat. Ada sebagian orang yang periang, ada yang lebih waspada. Ada sebagian orang yang komunikatif, ada yang pemalu. Semuanya tidaklah hal
yang aneh, kita semuanya mempunyai bakat spesial lewat cara kita sendiri.

Lantas, kenapa kita memerlukan keberanian? Jadi berani mengajarkan kamu supaya tidak selamanya tergantung pada orang lain, mengerti keunggulan serta kekurangan kamu,
serta mengekspresikan semuanya kekuatan kamu. Keberanian serta kepercayaan diri yaitu dua kualitas kepemimpinan yang begitu utama.

Dalam kehidupan profesional, kedua mutu ini bakal senantiasa bekerja dalam memberi dukungan kamu. Mari berlatih untuk mempunyai pola pikir yang berani, supaya kamu jadi individu yang lebih percaya diri. Beberapa panduang ini mungkin akan membantu kamu meraih percaya diri yang tinggi.

Cara mendapatkan kepercayaan dalam diri Kamu

1. Tumbuhkan Percaya Diri Dengan Tindakan

Aksi yaitu hasil dari pemikiran. Apa yang kamu rasakan serta pikirkan, tersebut yang nanti kamu lakukan. Jadi, pertama-tama mulailah dengan merubah proses berpikir
kamu.

Katakan pada sendiri, kalau kamu cukup berani untuk meraih apa pun yang kamu kehendaki. Visualisasikan (imajinasikan) diri kamu melaksanakan beberapa pekerjaan sukar serta menantang. Pikirkan diri kamu sebagai pemenang, senantiasa. Langkah tersebut telah dibuktikan beberapa orang serta sukses.

2. Dapatkan Percaya Diri Dengan Memulai

Awalilah dengan beberapa hal yang kecil serta janganlah mempunyai ambisi berani. Jadi sangat ambisius dapat menggoyahkan rasa percaya diri kamu bila hadapi kegagalan.
Jadi, awalilah dengan beberapa hal kecil yang kamu takut untuk melaksanakan.

Dapat apa sajakah, dari mengemudi mobil hingga menegur seorang yang belum dikenal. Seiring berjalannya waktu rasa percaya diri kamu bakal terbangun, dengan cara bertahap kamu bisa mencoba beberapa hal yang lebih menantang seperti melancong ke luar kota
sendiri.

3. Tumbuhkan Percaya Diri Dengan Melakukan Sesuatu yang Tidak dapat di perkirakan

Lakukan suatu hal hal yang tidak disangka orang yaitu langkah terbaik untuk merasa baik perihal diri kamu. Orang lain bakal terperanjat waktu kamu melaksanakan suatu
hal yang umumnya tak pernah kamu kerjakan.

Kamu akan mengejutkan diri sendiri dalam sistem untuk memupuk keberanian. Gunakan suatu hal yang tidak sama, suatu hal yang tidak umumnya kamukerjakan. Umpamanya,
memanfaatkan suatu hal yang lebih berlainan dari umumnya.

Ketika orang memandang serta memberikan pujian pada kamu, kamu bakal merasa baik mengenai diri Anda serta tumbuh rasa yakin diri. Walau sekian, apa pun yang kamu kerjakan, yakinkan kamulakukan itu atas gagasan kamu sendiri, bukanlah untuk memuaskan orang lain.

4. Bangun Rasa Percaya Diri Dengan Komunikasi secara tegas

Janganlah salah menyamakan berlaku berani dengan berlaku agresif. Keagresifan kerapkali terkait dengan pemaksaan pandangan atau kehendak pada orang lain. Keberanian adalah kebalikan dari sikap beberapa keraguan, lebih terkait erat dengan bagaimana kamu menangani ketakutan serta mengambil tindakan.

Setiap saat kamu terasa ragu waktu berinteraksi dengan orang lain, atau waktu bikin keputusan untuk sendiri, belajarlah untuk melupakan perasaan takut atau gengsi, serta buat ketentuan dengan cara tegas. Jangan sampai takut salah, lantaran dari kekeliruan kita bakal belajar.

5. Percaya Diri Dengan Mengambil resiko serta ciptakan peluang untuk Kamu

Malas melakukan tindakan serta takut coba kerapkali jadi penyebabnya kehilangan beragam kesempatan dalam kehidupan. Kamu butuh hindari kedua hal itu. Maksud Kamu yaitu untuk membuat kesempatan paling baik untuk mencapai keberhasilan, bukanlah hindari beberapa kesempatan yang ada.

Orang yang berani sudah pelajari terlebih dulu tentang resiko dari tindakan yang bakal di ambil, mengambil keputusan untuk tetaplah bertindak itu serta telah siap untuk terima konsekuensi yang mungkin saja nampak bila aksi yang di ambil gagal.

6. Terimalah setiap hasil usaha Kamu dengan besar hati

Janganlah cemas jika kamu mengalami kegagalan. Kala mengalami kegagalan, coba tidak untuk terbawa emosi. Janganlah dibiarkan semuanya kegagalan menghancurkan
kepercayaan diri serta kekuatan kamu untuk tumbuh berkembang jadi sosok yang berani.

Kegagalan adalah hal utama dalam proses dalam mendapatkan satu tujuan. Tidak ada
resiko kegagalan, kamu akan tidak mempunyai kesempatan untuk mencapai keberhasilan.

7. Waktunya buktiin ke sendiri kalau Kamu merupakan sosok yang layak dipercaya.

“Lha, Bagaimana langkahnya ngasih bukti? Wong dari pertama saja gua telah tidak percaya diri sama kekuatan gue”

Sabar dulu bos, kepercayaan pada segala sesuatu itu tidak dibangun dalam waktu relatif cepat. Begitu halnya bukti yang dituntut oleh kepercayaan itu. Emangnya 10-15
tahun waktu lalu seseorang Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo telah percaya diri banget jika nantinya mereka bakal jadi salah satunya/dua pemain sepakbola paling baik
selama sejarah? Ya tidak dong, keyakinan diri mereka untuk dapat main bola sembari dilihatin sama jutaan pasang mata dari semua dunia itu tentu tidak hanya dateng gitu
saja dalam waktu relatif cepat.

Tentunya ada PROSES dalam diri mereka untuk selalu memberi bukti pada dirinya sendiri berbentuk pencapaian (achievement) kecil yang diapresiasi oleh orang lain.
Mungkin saja 10 tahun yang lalu pada saat Messi main bola di gank belakang sama anak-anak kompleks, dia mulai dapat ngerti langkah main bola, mulai dapat ngumpan,
mulai bikin gol pertama. Hingga nampak pujian dari tetangganya ” Eh Messi, nyatanya kekuatan main bola kamu oke juga yah! ”

Waktu Messi mulai bikin gol pertama kalinya atau pada saat ada afirmasi (pernyataan) oleh lingkungannya, tersebut waktu pertama dia diberikan bukti kalau dia itu
miliki kemampuan — serta lewat cara seperti itu jugalah waktu dimana kita jadi lebih percaya diri dibanding terlebih dulu! Sama saja seperti saat pertama kalinya
dipuji oleh Guru Seni Rupa saat kelas 3 SD mengenai kekuatan gambar atau suatu hal kecil yang membuat kamu lebih percaya diri.

Nah, dari pencapaian-pencapaian kecil yang memperoleh apresiasi, kepercayaan diri kita selalu berkembang untuk menyebabkan pencapaian-pencapaian selanjutnya yang
semakin besar. Sama saja mungkin saja saat Messi dapat masuk akademi sepak bola junior, selalu dapat memberikan keyakinan pelatih jika dia dapat masuk divisi paling utama, lalu masuk Barcelona FC, mulai dapat menyeimbangi pemain senior lain.

Selalu dipuji oleh komentator, hingga pada akhirnya dia dapat bawa timnya jadi juara Liga Spanyol, selalu menang Liga Champions, selalu jadi pemecah rekor gol paling banyak dalam satu tahun, selalu dipilih jadi pemain paling baik Eropa 4x, dan sebagainya. Itulah yang dimaksud dengan PROSES PEMBUKTIAN SECARA KONSISTEN pada sendiri, yang bikin kita dapat PEDE dengan kekuatan kita.

Nah, mungkin saja memang contoh itu agak ekstrim jika cerita masalah achievement Messi dalam sepak bola. Namun berdasar pada banyak social-research memanglah tampak begitu kuatnya dampak pada tingkat apresiasi dari lingkungan eksternal dengan tingkat kepercayaan diri seorang.

So, kunci pertama untuk dapat ngembangin rasa PEDE yaitu awalilah bangun beberapa kesuksesan kecil yang bertahap hingga kamu memperoleh apresiasi yang tulus dari orang lain.

8. Saatnya (lebih) bergaul sama beberapa orang yang memberi influence positif sama perubahan diri.

Dari kecil, kamu termasuk juga anak yang begitu bebrapa tentukan teman. Tujuannya, bukanlah bebrapa tentukan teman yang kaya-kaya, yang cakep/cantik, atau yang
pinter-pinter doang yah. Namun, memang condong milih teman yang nyaman di ajak buat keduanya sama maju. Tujuannya bagaimana?

Maksud disini yaitu, lebih sukai bergaul sama beberapa orang yang dapat memperlakukan kamu dengan fair. Jika kita dapat memberikan kalau kamu keren dalam satu hal, ya
mereka bakal afirmasi serta ngasih apresiasi hal semacam itu dengan cara wajar.

Demikian halnya jika kamu melaksanakan hal yang ngaco, mereka dapat juga ngasih kritik lewat cara yang pas. Yah, dasarnya yang ingin kita berikan sih, begitu
merekomendasikan kamu bergaul sama lingkungan yang dapat sama-sama berguna keduanya. Ini memang kesannya rada klise ala motivator banget, namun mesti disadari kalau ini yaitu prinsip yang bener.

Terus, apa hubungan sama tingkat kepercayaan diri? Gini, di point terlebih dulu telah sempat ulas diatas jika nyatanya tingkat kepercayaan diri itu berkaitan erat juga karenanya ada apresiasi positif dari lingkungan sekitar.

Nah, saat ini kamu bayangin saja, jika kamu sukses mencapai satu pencapaian kecil, katakanlah nilai ulangan fisika yang bagus, selalu kamu memperoleh dua
tanggapan seperti ini :

Tanggapan Rekan A : ” Eh tuturnya ulangan fisika lo tempo hari dapet 95? Wah, Gokil lo Gan.. eh bagaimana sih langkahnya? Ajarin gue dong! Gua kaga ngerti yang
langkahnya yang cocok pertanyaan nomor 1 selalu sampai pertanyaan paling akhir. Maklum gua dapet 0. Hehe.. ”

Respond Teman B : ” Eciee.. yang ulangannya dapet 95. Ciee… rajin belajar nih yee. Gua yang tidak belajar saja dapat dapet 70. Ngapain sih lo belajar sampai mati-
matian gitu, gan? Serius sangat belajar lo! Hehe.. ”

Nah, saat dahulu ketika sekolah, tentu ada saja nih teman di kelas yang miliki kebiasaan ngasih respond seperti si B. Ini kesannya memang remeh namun sebenarnya bahaya
banget lho.

Mengapa? Lantaran saat semestinya kamu mempunyai peluang untuk memperoleh animo dari hasil kerja keras kamu sendiri (dimana kamu memang sebenarnya layak mendapatkannya) eh kamu jadi dapet ejekan sinis dari teman kamu.

So, kita sih memang tidak mungkin saja dapat maksa kamu bikin ninggalin kawan-kawan yang sampai kini telah jadi teman kamu, but at least kamu sadar kalau tingkah laku
seperti itu kerap banget jadi beresiko negatif sama diri kamu.

Jadi jika anjuran yang realistis sih, cobalah mulai saat ini kamu lebih condong menggunakan saat dengan temen-temen yang dapat memperlakukan kamu dengan fair, jika kamu memang keren ya mereka tidak malu buat kasih animo yang sewajarnya.

Jika kamu lagi ngaco, mereka dapat juga ngasih kritik yang buat kamu sadar. Dengan kamu ada dalam pergaulan yang dapat sama-sama ngasih kegunaan keduanya, kamu juga semakin nyaman serta dapat dapet feedback yang bener dari sekitar lingkungan.

9. Waktunya Kamu optimalkan hal yang dapat buat Kamu percaya diri sekalian siasati juga hal yang buat kamu tidak percaya diri!

Saat SD, dapat disebut kamu termasuk juga anak yang rada kurang percaya diri, umpamanya. Aspek yang buat kamu kurang percaya diri itu agak banyak.

Nah, namun dari beberapa aspek yang telah mulai dapat menimbang-nimbang aspek apa saja sih yang seenggaknya buat kamu dapat lebih percaya diri, serta aspek yang buat
kamu tidak percaya diri. Sesudah kamu cobalah renungin lagi, aspek yang sampai kini cukup buat kamu percaya diri saat dahulu SD yaitu lantaran kamu jago satu pelajaran
serta prakarya. Sedang yang buat kamu tidak percaya diri itu, lantaran nilai akademis yang cukup mengenaskan.

Nah, buat setiap kamu mungkin saja kasusnya tidak sama juga dengan masalah yang dikisahkan di atas, namun pada prinsipnya sama saja. Umpamanya, jika aspek yang buat
kamu tidak percaya diri yaitu lantaran tampilan fisik kamu kurang oke (umpamanya kamu gemuk), ya bermakna kamu dapat cobalah siasati hal semacam itu lewat cara melindungi pola makan serta berolahraga. Atau, umpamanya tampilan kamu itu serupa gelandangan, ya kamu dapat siasati dengan mandi setiap hari, bernampilan yang layak,
dan sebagainya.

10. Waktunya kamu berani belajar dari pengalaman buruk

Dari pengalaman bercakap banyak orang yang condong tidak pedean, nyatanya banyak pula yang katakan jika penyebabnya mereka jadi tidak percaya diri itu lantaran dipicu
pengalaman jelek yang buat mereka kapok.

Umpamanya, cocok mereka sangat gugup saat pentas musik jadinya tampilan mereka kacau, atau saat mereka mesti bicara di depan umum itu gugup banget hingga diketawain
audience, atau cocok tidak diterima sama kecengannya lewat cara yang begitu memalukan, serta beberapa cerita ngenes semacamnya.

Mungkin saja diantara kamu yang baca artikel ini ada juga yang pernah alami hal sama? Nih ya, jika bisa kita kasih dikit masukan untuk kamu yang pernah ngalamin hal
memalukan selalu jadi ngaruh sama self-confidence kamu keseluruhannya : Guys! yang namanya kegagalan itu tidak butuh ditakutin, Gan. Mengapa? lantaran memang toh yang
namanya tidak berhasil itu tentu peristiwa ke setiap orang! Kagak ada orang di dunia ini yang tidak pernah tidak berhasil, terkecuali memang mereka yang tidak pernah
berani nyobain apa-apa.

Untuk rasa malu, pada prinsipnya kamu meyakini kebanyakan orang juga tidak ada yang sukai sama perasaan seperti gitu. Namun, janganlah sampai juga pengalaman kamu yang
sebenarnya hanya sebagian waktu itu, ngaruh ke banyak segi dalam kehidupan kamu. Lantaran sebenarnya, toh sebenarnya peristiwa itu telah berlalu, serta besar kemungkinan beberapa orang juga telah ngelupain peristiwa itu. Hanya, memang otak kita saja yang sukai bandel keterusan inget lagi sama hal yang sebenarnya telah tidak butuh buat diinget.

11. Mengerti Kekurangan Diri Anda, serta Atasilah Kekurangan Tersebut

Rasa yakin diri umumnya tidak berhasil nampak lantaran kecemasan anda pada beberapa hal didalam diri kamu yang menurut kamu kurang dibanding orang lain. Kekurangan ini
dapat berbentuk kekurangan fisik ataupun psikologis.

Nah, untuk tingkatkan rasa percaya diri, anda mesti terlebih dulu mengerti kekurangan diri kamu, serta cobalah untuk menangani beberapa hal itu dengan keunggulan kamu
yang lain. Umpamanya kamu terasa kurang percaya diri lantaran mempunyai tubuh yang pendek. Sadarilah kekurangan itu, serta coba untuk ” berdamai ” dengan diri kamu.
Manfaatkanlah keunggulan klamu yang lain, umpamanya kekuatan kamu untuk bikin orang lain tertawa, hingga kekurangan itu akan tidak bikin kamu terasa kurang percaya
diri.

12. Cermati Penampilan Kamu

Tampilan fisik begitu erat hubungan dengan rasa percaya diri. Kamu tak perlu untuk tampil glamor dengan pakaian serba mahal. Yang butuh kamu perhatikan yaitu
kebersihan dalam tampilan kamu dan pilihan baju yang sesuai dengan kondisi serta keadaan.Usahakanlah untuk tampil bersih, dengan pakaian disetrika serta bebas dari
noda. Perhatikan juga kebersihan kulit, kuku, serta rambut anda. Gunakan juga deodoran setiap saat kamu bakal melakukan aktivitas. Dengan tampilan fisik yang bersih
serta sempurna, jadi rasa yakin diri anda bakal bertambah dengan lebih gampang.

13. Perhatikan Postur Badan Kamu

Yakin atau tak, postur badan yang kamu tunjukkan otomatis memengaruhi kandungan keyakinan diri anda. Bila sampai kini kamu condong untuk berdiri dalam posisi
membungkuk, jadi hal semacam ini bakal bikin kamu mengekang diri anda sendiri untuk unjuk gigi dihadapan orang lain.

Senantiasa berdiri dengan postur tegap, jalan dengan mantap, serta pandangan lurus ke depan. Bahasa badan serta postur seperti ini dapat dibuktikan efisien untuk
tingkatkan rasa percaya diri anda.

14. Berkomunikasilah Dengan Orang-Orang Paling dekat Kamu

Janganlah ragu untuk mengungkapkan kekhawatiran serta ketakutan yang kamu alami dengan beberapa orang paling dekat kamu, contoh teman dekat, keluarga, atau kekasih.
Dengan lakukan hal semacam ini, kamu bukan sekedar bakal didukung moral dari beberapa orang tercinta, tetapi akan memperoleh masukan bermanfaat yang begitu ampuh untuk tingkatkan rasa percaya diri kamu,

15. Belajarlah Dari Kesalahan

Rasa yakin diri kamu mungkin saja tertutupi oleh ketakutan untuk mengulang kekeliruan yang pernah kamu kerjakan di saat lalu. Untuk menangani hal semacam ini, kamu
malah mesti pelajari lagi beberapa kekeliruan itu hingga akan tidak terulang lagi di hari esok. Ingat, tak ada orang yang sempurna di dunia ini, serta semuanya tentu
pernah lakukan kekeliruan. Yang butuh kamukerjakan yaitu merubah pengalaman jelek itu dari satu trauma menjadi sumber motivasi untuk memandang hari esok yang tambah
baik.

16. Sadari Sebagian Kelebihan serta Sukses yang Sudah Kamu Capai

Tidak hanya mengerti kekurangan-kekurangan fisik ataupun psikologis, kamu harus juga mengerti dengan tepat apa sajakah kelebihan diri kamu. Ingat-ingat juga beragam
keberhasilan yang telah kamu capai, lantaran beberapa hal berikut sebagai sumber kemampuan untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu.

17. Syukurlah Atas Semuanya yang Kamu Miliki

Baik itu fisik, non-fisik, material ataupun non-material, syukurilah semuanya yang kamu miliki. Berbahagialah dengan apa yang selama ini telah kamu dapatkan. Janganlah
senantiasa memandang punya orang lain, karenanya malah dapat menumbuhkan rasa iri hati serta bikin kamu terasa kurang percaya diri. Dengan mensyukuri semuanya milik
kamu, maka kamu semakin lebih gampang berdamai dengan diri sendiri serta meningkatkan rasa percaya diri.

18. Berpikir Positif Untuk Dapat Percaya Diri

Pikiran positif dapat menjadikan beberapa hal yang terlebih dulu tak sangka Coba selalu untuk lihat tiap-tiap yang kerjakan meskipun keadaan yang jelek meskipun
memikirkan otomatis bakal untuk sukses serta kesuksesanya itu utama yang dapat menambah yakin membawa anda ke beberapa hal baru yang terlebih dulu tak pernah anda sangka.

Coba selalu untuk melihat nilai positif dari setiap hal yang kamu kerjakan, meskipun dalam keadaan yang paling jelek sekalipun. Dengan berpikir positif, otomatis kamu bakal mensugesti diri kamu untuk berhasil, serta kesuksesan yaitu poin utama yang dapat menambah rasa percaya diri.

19. Bantulah Orang Lain

Dengan menolong orang lain,kamu bukan sekedar memupuk relasi serta jalinan baik, tetapi dapat juga tingkatkan rasa percaya diri. Perkataan terima kasih yang kamu
terima dari orang lain dapat jadi sumber energi yang membuat kamu lebih sangat percaya akan diri kamu sendiri.

Ingat, pertolongan tak mesti berbentuk materi atau uang, tetapi dapat pula berbentuk yang paling sederhana, umpamanya memberi simpati serta jadi pendengar yang baik untuk kawan yang tengah sedih.

20. Sadari Konsep Ini : “Tidak Ada Hal Yang Sempurna “

Jangan sampai jadi orang yang sempurna, lantaran memanglah tidak ada yang sempurna di dunia ini. Janganlah cemas bila kamu mempunyai beragam kekurangan dan pernah
melakukan beragam kesalahan.

Hasrat untuk jadi sempurna malah dapat membuat diri kamu sendiri tertekan, stress, serta menyebabkan pada turunnya rasa percaya diri. Coba
untuk menerima diri kamu apa yang ada, sadari kekurangan serta kelebihan kamu, jadi kamu semakin lebih mudah dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Cara Menaikkan Rasa Percaya Diri Secara Cepat

Tersenyumlah

Waktu terasa minder atau kurang percaya diri, mengeluarkan senyum manis kamu! Kamu bukan sekedar dapat tersenyum waktu terasa bahagia tetapi dapat juga membuat
perasaan lebih nyaman dengan tersenyum. Menarik sudut bibir ke arah samping pasti bukanlah hal yang sulit dikerjakan terlebih senyuman mengisyaratkan bila kamu tengah
memikirkan positif.

Lakukan kontak mata

Sesudah tersenyum pada lawan bicara, tatap mata orang itu serta rasa percaya diri kamu bakal bertambah dalam waktu cepat. Janganlah melihat ke arah sepatu atau sisi
badan yang lain, ini bakal memberi kesan kamu tak memiliki rasa percaya diri pada lawan bicara. Kontak mata bukanlah bermakna melotot, lakukan pandangan mata yang
normal serta lumrah.

Bekerja sama dengan hati kecil

Katakan pada hati kecil kalau kamu bisa, sanggup serta bakal melaksanakan yang paling baik supaya rasa percaya diri bertambah. Menghilangkan pengucapan negatif seperti
saya tak siap, saya buruk, saya gemuk dan sebagainya.

Janganlah memperbandingkan diri Sendiri

Satu aspek yang mengakibatkan krisis percaya diri yaitu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu terasa lebih jelek, lebih gemuk atau lebih rendah dari orang
lain. Menghilangkan pikiran itu lantaran kamu memiliki standar serta kekuatan tersendiri.

Cermati penampilan

Menyiapkan penampilan sebaik-baiknya saat sebelum berjumpa dengan orang lain yaitu langkah tingkatkan rasa percaya diri yang perlu dilaksanakan. Bila mempunyai 1
menit, gunakan untuk membereskan rambut, melakukan perbaikan make up atau sebatas membersihkan muka.

Janganlah lupa berdoa

Memohon pertolongan pada tuhan supaya di beri ketenangan hati serta pikiran dapat dikerjakan dalam hati. Kamu dapat juga melakukan meditasi singkat untuk menyingkirkan
rasa grogi atau kurang percaya diri.

Bicara perlahan

Satu panduan gampang untuk jadi lebih percaya diri yaitu bicara dengan cara perlahan. Bicara perlahan-lahan berikan kesempatan untuk memikirkan mengenai apa yang bakal
kamu katakan setelah itu. Jeda diakhir kalimat bakal menolong lawan bicara mengerti apa yang kamu katakan.

loading...

LEAVE A REPLY