29 Berbagai Persiapan yang Harus Dipersiapkan Sebelum dan Sesudah Menikah

0
Pernikahan

Pernikahan merupakan satu momen yang cukup sakral bagi setiap pasangan. Sebelum menikah wajib setiap pasangan memiliki komitmen dan persiapan, agar pernikahan yang akan mereka jalani bisa langgeng dan abadi hingga mereka memasuki usia kakek-nenek.

Jika ketika ingin menikah tidak ada persiapan dan komitmen antara kedua pasangan, ditakuti pernikahan mereka tidak akan berlangsung lama. Untuk itu sudah sewajarnya diantara kamu dan dia sudah memiliki komitmen sebelum melakukan pernikahan.

Karena pernikahan bukan sebuah status saja. Tetapi lebih dari itu, bahkan pernikahan jika dalam Islam adalah memenuhi separuh agama. Maka pernikahan juga dimaksud sebagai ibadah, maka agar pernikahan itu menjadi berkah harus ada persiapan, baik persiapan fisik maupun persiapan psikis.

Persiapan Lamaran yang Biasa Dilupakan oleh Banyak Orang

1. Pengecekan Kesehatan (pre-marital check-up) sebagai Modal

Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah
Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah

Maksud pengecekan kesehatan ini bukanlah untuk menakut-nakuti, tetapi malah demikian sebaliknya. Hasil pengecekan kesehatan ini jadi mendasar untuk memutuskan buat beberapa ide ke depan sesudah menikah.

Seperti cerita seseorang yang merencanakan untuk segera mempunyai anak sesudah menikah. Sesudah lakukan check-up, nyatanya diketemukan kista di rahim. Segera, ia mengambil keputusan untuk melakukan terapi serta tindakan untuk menyingkirkan kista itu. Setahun sesudah saya menghadiri resepsi pernikahan mereka, saya berjumpa lagi dengan pasangan itu serta bayi mereka yang baru berumur kurang dari 2 bulan.

Di beberapa komunitas diskusi pernikahan juga banyak dibicarakan keuntungan dari pre-marital check-up, tes apa sajakah yang butuh dikerjakan, referensi tempat untuk lakukan pre-marital check up, serta berapakah biaya yang dibutuhkan. Silahkan teliti satu diantara diskusinya di komunitas ini.

2. Financial check up sebagai Investasi

Financial Check Up Sebelum Menikah
Financial Check Up Sebelum Menikah

Jauh saat sebelum mengambil keputusan menikah dengan pasangan, kita mempunyai kehidupan masing-masing. Dua orang dengan sifat, tradisi serta pola hidup yang berlainan. Nah, sesudah menikah, dua orang ini bakal tinggal dalam satu atap, pastinya dengan harapan untuk hidup bahagia berbarengan selama-lamanya, selama sisa hidup begitulah, kita bakal berbagi waktu, berbagi kesenangan serta perasaan sedih, berbagi permasalahan serta kekecewaan, sharing pendapatan serta rejeki, dan sebagainya.

Yakin atau tidak, nyatanya diskusi mengenai keuangan kerapkali diabaikan oleh pasangan yang akan menikah. Rata-rata terasa segan, gengsi atau jadi takut menyinggung perasaan pasangan. Tidak mau kan, terkaget-kaget nanti lantaran pasangan nyatanya mempunyai utang yang cukup besar? Atau nyatanya dia mesti memikul biaya hidup keluarganya? Atau yang nampaknya simpel, apakah calon suami kamu tahu, kalau biaya perawatan kecantikan serta penampilanmu dapat menggunakan biaya jutaan rupiah per bulannya? Bila sesudah menikah, sang istri mengambil keputusan (atau mungkin saja jadi diminta oleh suami) untuk tidak lagi bekerja, bagaimana dengan keperluan gaya hidupnya?

Di sinilah kompromi diperlukan. Bicarakan baik-baik serta sejelas-jelasnya saat sebelum menikah. Rencanakan bersama-sama penyesuaian kebiasaan hidup sesudah menikah, termasuk juga arah finansial bersama-sama. Apakah mau langsung miliki anak atau konsentrasi pada karier? Bagaimana caranya melunasi utang atau memberi pertolongan pada keluarga? Apakah butuh mengambil angsuran tempat tinggal atau mobil baru? Semua dapat direncanakan dengan baik, kok. Buang jauh-jauh perasaan tidak enak, malu terlebih gengsi. Mencari informasi serta rujukan sebanyak-banyaknya, dapat lewat rekan, saudara, maupun artikel di internet. Supaya diskusi dapat jalan lebih objektif serta netral, memakai layanan independent financial planner dapat jadi pilihan.

Lewat financial check up, kita bakal lihat fakta sebenarnya dari keadaan keuangan kita serta pasangan. Berubahnya status dari lajang jadi menikah mengharuskan kita tidak lagi cuma pikirkan sendiri, tetapi juga mengenai pasangan serta maksud berbarengan yang mau diraih di masa-masa depan Yakin deh, terbuka mengenai keadaan finansial saat sebelum menikah bakal meminimalisir permasalahan di lantas hari. Anggap saja seperti investasi untuk kebahagiaan pernikahan nanti.

3. Kesepakatan Pranikah (prenuptial agreement) sebagai Antisipasi

Persiapan Pra Nikah
Persiapan Pra Nikah

Nah, ini mungkin saja yaitu poin yang tidak sangat populer. Beberapa orang menyampaikan, mempunyai kesepakatan pranikah seakan-akan bersiap untuk peluang tidak baik, yakni perpisahan.

Walau sebenarnya, kesepakatan pranikah (prenuptial agreement) malah semakin banyak kemanfaatannya, lho! Kesepakatan pranikah menghadapi bermacam hal di masa-masa depan yang memanglah tidak kita harapkan. Perpisahan mungkin saja satu diantaranya. Namun banyak peluang lain, umpamanya jika pasangan kita berwirausaha, lantas terserang musibah serta perusahaannya mesti menanggung utang. Silahkan baca selanjutnya mengenai khasiat kesepakatan pranikah, satu diantaranya di artikel ini.

Buka wawasan serta pikiran untuk kebaikan berbarengan, serta pakai kesepakatan pranikah sebagai antisipasi serta jalan keluar untuk peluang terjadinya beberapa hal yang tidak kita kehendaki, tetapi tidak dapat kita kontrol.

Pernikahan yaitu satu perjalanan untuk menyesuaikan dengan pasangan, seumur hidup kita. Bahkan juga lamanya saat pacaran juga bukanlah jaminan satu pernikahan bakal jalan dengan mulus serta adem-adem saja. Sebagai newbie dalam dunia persuami-istrian, jelas saja saya tidak dapat memberi anjuran supaya pasangan tetap abadi serta bahagia selama-lamanya. bahwa fase penyesuaian udah mesti diawali bahkan juga saat sebelum hari pernikahan. Beruntung, setiap pasangan yang memiliki berpikiran sama, hingga tidak beberapa curiga untuk melaksanakan ketiganya.

Persiapan Pernikahan yang Wajib Disepakati Secara Bersama

Proses Lamaran Sebelum Pernikahan

Melamar kekasih
Proses Lamaran

Mungkin saja, bila kamu simak di beberapa film drama romantis hollywood, proses lamaran yang dikerjakan cuma bermodalkan satu cincin serta situasi romantis yang diperlengkapi dengan perkataan “Will you marry me?”. Janganlah berharap kamu bakal dapat semudah itu di Indonesia! Tidak hanya mempertemukan 2 keluarga, banyak ritual yang perlu kamu cermati!

Jadi persiapkan lamaran kamu secara baik. Di Indonesia sangat penting saat lamaran untuk mempertemukan kedua keluarga mempelai. Proses ini cukup penting, agar kedua keluarga bisa saling mengenal satu sama lain.

Memperhitungkan Biaya Pernikahan!

Biaya pernikahan
Biaya pernikahan

Apa pun latar belakang pendidikan kamu serta pasangan, bila udah menyangkut biaya pernikahan, pastikan dulu kalian langsung mempunyai skill akuntansi yang mumpuni! Pikirkanlah dengan baik jumlah yang tepat untuk menabung serta alokasi dana yang dibutuhkan!

Pikirkan Ide konsep Pernikahan

Konsep Pernikahan
Konsep Pernikahan

Kadang-kadang, ide konsep pernikahan tidak sangat di perhatikan. Tetapi, sesungguhnya perihal ini pula yang paling penting. Cocokkan biaya yang kamu punyai dengan ide konsep yang menjadi idaman kalian. Janganlah memaksakan ide konsep yang ekstrim di ketika budget yang dipunyai tidak mencukupi.

Janganlah Lupakan Berkas-Berkas Pernikahan

Berkas yang harus Dipersiapkan untuk pernikahan
Berkas yang harus Dipersiapkan untuk pernikahan

Pengurusan surat pengantar serta berkas yang lain memanglah terdengar gampang dikerjakan, tetapi nyatanya sangat banyak berkas yang perlu kamu persiapkan sendiri! Kamu mesti pastikan dulu seluruh berkas diperlengkapi saat sebelum dapat ajukan kriteria ke KUA paling dekat.

Hal yang paling perlu yaitu mengurusi surat-surat nikah lantaran menikah juga butuh didaftarkan menurut agama serta hukum. Apabila kamu menikah tanpa ada surat, pernikahan dianggap tak sah. Hal yang perlu di perhatikan terlebih dulu yaitu menyiapkan kelengkapan dokumen berbentuk KTP, KK, pas foto, surat pengantar dari RT, surat penyataan masihlah lajang, serta beberapa dokumen yang lain. Sedikit susah dalam mengurusi surat nikah tetapi apabila sudah usai mengerjakannya, kamu bakal merasakan kenikmatan sendiri serta udah lebih dekat menuju hari H.

Bandingkan dan Pesan Dari Awal Untuk Segala Jasa Di Pernikahan

Jasa Pernikahan yang Harus Dipesan Sejak Awal
Jasa Pernikahan yang Harus Dipesan Sejak Awal

Di Indonesia, kamu mesti mempunyai langkah memikirkan cepat serta tepat. Lantaran, dalam menyiapkan pernikahan, kamu bakal menjumpai sangat banyak pilihan dalam beragam hal. Diantaranya, pilihan vendor catering, pilihan tempat resepsi, pilihan layanan wedding organizer, serta ada banyak lagi. Bandingkan mana yang paling cocok dengan keperluan serta janganlah lupa untuk pesan jasa mereka jauh saat sebelum hari bahagiamu!

Menentukan Tanggal Pernikahan

Tentukan tanggal pernikahan
Tentukan tanggal pernikahan

Sesungguhnya seluruh hari baik serta tidak ada hari yang jelek maupun membawa sial. Tetapi beberapa orang tua masihlah tetap memegang teguh kebiasaan beberapa leluhur kalau cuma ada beberapa hari tertentu saja yang dikira pas untuk mengadakan acara pernikahan. Tidak cuma berlaku di pulau Jawa saja, bahkan juga nyaris seluruh orang di semua Indonesia mempunyai adatnya sendiri dalam memastikan tanggal pernikahan.

Dua keluarga mesti dipertemukan lantaran pernikahan melibatkan keluarga yang tidak sama. Jangan pernah salah satu pihak yang mengambil keputusan tanggalnya begitu saja tanpa memikirkan pihak lain. Umumnya pernikahan di gelar pada akhir pekan hingga tidak bentrok dengan orang lain yang bekerja.

Apabila kebiasaan Jawa, kerapkali mengambil keputusan tanggal pernikahan bersumber pada primbon serta memandang weton pasangan. Tidak hanya itu, neptu juga masihlah dipegang teguh beberapa orang dengan mengkalkulasi jumlah huruf dari nama calon pengantin dengan tanggal, bulan serta tahun lahir.

Memastikan Tempat pernikahan

Tentukan Tempat Pernikahan
Tentukan Tempat Pernikahan

Sesudah tanggal pernikahan sudah diputuskan, langkah selanjutnya yaitu memastikan tempat atau gedung sebagai tempat pagelaran resepsi pernikahan. Tetapi kembali pada kalau kedua keluarga mesti berembuk untuk memastikan tempat.

Baiknya pastikan gedung yang dekat dengan tempat tinggal hingga dapat datang dengan cepat serta tepat waktu. Apabila pilih gedung yang jauh, kamu hanya membuang waktu saat lebih lama di perjalanan serta belum jelas bila jalanan lengang. Siapa tahu terjadi kemacetan di sepanjang perjalanan yang mungkin saja bakal menghalangi jalannya acara pernikahan kamu. Cocokkan tempat dengan biaya yang ada karena keperluan yang lain untuk pernikahan ada banyak.

Bila kamu merencanakan nikah di gedung, umumnya bakal memastikan vendor yang lain seperti catering, fotografer, dekorasi, dan lain-lain. Umumnya gedung-gedung mempunyai vendor yang udah bekerja sama. Kamu tinggal tentukan ingin yang mana. Sesungguhnya enak sih, kamu jadi tidak butuh ngiter-ngiter mencari vendor lagi. Namun kamu tidak dapat gunakan vendor luar yang mungkin saja kamu sukai. Konsekuensinya, bila kamu ingin gunakan vendor luar namun bukanlah relasi gedung, kamu bakal terkena charge pelengkap.

Pemilihan tempat pernikahan bakal amat begitu menentukan biaya yang kamu keluarkan. Tentunya biaya pernikahan di rumah dapat tidak sama dengan di gedung atau sejenisnya. Pemilihan tempat pernikahan dapat juga memastikan vendor-vendor berikutnya yang bakal kamu pakai (juga keperluan yang lain).

Bila kamu merencanakan dirumah, memiliki arti kamu dapat nentuin catering atau tukang masak mana saja yang ingin digunakan. Hati-hati terkadang senang ada tetangga yang oportunis serta agak sedikit maksa agar mungkin saja satu diantara orang yang membantu dalam pernikahan kamu. Kudu beberapa cara untukmencari argumen ya, bila kamu tidak ingin gunakan mereka yang memaksa.

Tidak hanya itu, bila dirumah kamu juga harus lakukan persiapan akses jalan (adakah jalan yang bakal ditutup atau tidak, pengalihan jalannya bagaimana), serta menyiapkan izin RT/RW setempat untuk tutup jalan, juga membayar hansip.

 

Jumlah Undangan Pernikahan

Tentukan Jumlah Undangan
Tentukan Jumlah Undangan

Maksudnya seandainya sesuai kamu mencari gedung atau mengambil keputusan nikah dirumah kan cuma perkiraan muat nih bila undang demikian orang. Nah, di tahap kedua kamu mesti benar-benar pastikan dulu berapakah jumlah hadirin yang bakal kamu undang. Ini bakal memastikan jumlah jumlah makan, jumlah undangan, souvenir, dan lain-lain.

Tetapkan lebih awal siapapun yang bakal kamu undang. Hal semacam ini perlu untuk mengetahui jumlah undangan serta beberapa orang yang perlu yang penting kamu undang dalam acara pernikahan anda.

Pisahkan pada orang yang harus kamu undang seumpama kerabat, sanak famili, kolega, sahabat, rekan sekantor, rekan sekolah serta kuliah serta lain sebagainya. Ingat juga, mereka yang tidak satu kota dengan anda. Janganlah lupa untuk mengundang mereka.

Alternatifnya, untuk rekan-rekan kamu yang jauh. Kamu dapat mengundang mereka lewat media sosial. Undang mereka melalui situs pertemanan facebook atau email. Sertakan foto dari undangan anda. Ini dapat menghemat biaya pembuatan undangan. Sekalian memberitahu mereka tentang acara anda.

Seserahan Pernikahan

Seserahan Pernikahan
Seserahan Pernikahan

Seserahan ini dapat masuk kelompok persiapan yang enjoy. Mengapa? Dikarenakan kamu dapat nyiapin H-3 acara meskipun serta banyak anggota keluarga yang dapat bantu atau menyumbang. Bila kamu tidak ingin repot dihias-hias, saat ini banyak kok kotak seserahan dengan penutup transparan yang cantik. Jadi tinggal disusun serta direkatkan dengan double tape atau jarum pentul agar tidak gampang berantakan ketika dibawa.

Dokumentasi Pernikahan

Dokumentasi Pernikahan
Dokumentasi Pernikahan

Kalau ini biasanya banyak teman atau sodara yang merekomendasikan (temannya atau dirinya sendiri). Maklum lah, sekarang fotografi sudah menjadi lifestyle, jadi semakin banyak orang yang pinter foto. Alhamdulillah lagi kalau kamu bisa dapat foto yang gratisan. Hehehe… Ini bisa dikatakan persiapan yang last minutes sih, tetapi gak ada salahnya juga kamu mempersiapkan jauh-jauh hari kalau kamu dan pasangan emang naksir sama hasil fotonya. Mungkin bisa sekalian pre-wedding, tapi kalau saya sih bukan penganut nikah pakai pre-wedding.

Sebagai alternatif, jika anda punya teman yang hobi fotografi. Cobalah untuk menghubungi mereka.

Teman-teman kuliah anda yang biasa berkecimpung di unit kegiatan mahasiswa fotografi anda bisa kontak. Hasil fotografi mereka pasti tidak akan kalah kok dengan fotografer-fotografer profesional.

Seandainya ini kebanyakan banyak rekan atau sodara yang mereferensikan (rekannya atau dirinya sendiri). Maklum lah, saat ini fotografi udah jadi lifestyle, jadi makin beberapa orang yang pinter foto. Alhamdulillah lagi bila kamu dapat bisa foto yang gratisan. Ini bisa dapat dikatakan persiapan yang last minutes sih, namun tidak ada kelirunya juga kamu menyiapkan jauh-jauh hari bila kamu serta pasangan memang naksir sama hasil fotonya. Mungkin saja dapat sekalian pre-wedding.

Sebagai alternatif, bila kamu miliki rekan yang kesukaan fotografi. Coba untuk menghubungi mereka. Rekan-rekan kuliah kamu yang umum menekuni di unit kegiatan mahasiswa fotografi kamu bisa kontak. Hasil fotografi mereka tentu tidak bakal kalah kok dengan fotografer-fotografer profesional.

Prosesi Pernikahan Satu Hari Saja

Prosesi Pernikahan
Prosesi Pernikahan

Kamu dapat melaksanakan prosesi pernikahan dalam sehari saja. Misalnya yang pernah dikerjakan oleh beberapa orang. Ia menyelenggarakan acara pernikahan di area pernikahan masjid. Acara pernikahan dijalankan mulai dari jam 08.00 hingga 11. 30 (Mendekati dzuhur). Pada jam-jam awal, dikerjakan acara akad pernikahan. Kemudian, dengarkan khutbah pernikahan. Selebihnya, resepsi serta walimahan pernikahan hingga jam 11.30. Seluruh dikerjakan dalam sehari itu.

Keunggulannya bila kamu lakukan hal demikian, kamu dapat hindari biaya tidak terduga.

Buat Daftar Harga serta Anggaran Biaya supaya pernikahan kamu dapat jalan dengan baik, jelas butuh pencatatan yang baik. Pencatatan yang baik dapat memerlihatkan beban biaya serta porsirnya masing-masing.

Keunggulan lain sewaktu kamumembuat catatan daftar harga serta anggaran biaya pernikahan, kamu dapat memandang sisi mana yang disebut keperluan kudu dari pernikahan (esensi) serta mana yang disebut pelengkap saja.

Keperluan yang sifatnya esensi mutlak mesti kamu penuhi. Sedang yang sifatnya cuma pelengkap saja, tidak bisa kamu paksakan. Pelengkap umumnya keluar dari hasrat belaka.

Jamuan Makanan Saat Pernikahan

Jamuan Makanan Pernikahan
Jamuan Makanan Pernikahan

Jamuan makanan untuk tamu undangan (walimahan) mengonsumsi budget anggaran biaya pernikahan paling banyak.

Ketika mengkomunikasikan mengenai ide pernikahan pada keluarga, sanak famili atau sahabat, anda dapat memohon jalan keluar serta pertimbangan mereka tentang jamuan makanan yang pas dengan biaya yang kamu miliki.

Kamu dapat mengkomunikasikan apakah menggunakan jasa cathering atau masak sendiri. Bila jamuan makanan di masak sendiri oleh anggota keluarga pertimbangkan apakah tidak lebih murah atau mahal ketimbang menggunakan layanan cathering.

Komunikasikan dengan Keluarga, Sanak Famili serta Rekan

Mengabarkan pernikahan kepada kerabat
Mengabarkan pernikahan kepada kerabat

Ketika mengambil keputusan mau menyelenggarakan acara pernikahan, tidak ada kelirunya kamu mengemukakan hasrat anda untuk menyelenggarakan acara pernikahan kamu yang simpel.

Ini perlu, supaya semua keluarga, sanak famili, kolega maupun rekan kamu tahu keinginan untuk menikah. Sesudah mereka ketahui kemauan kamu untukmenikah, mereka pastinya akan mensupport keputusan mu.

Juga, tidak ada kelirunya bila kamu jujur pada mereka mengenai biaya pernikahan yang kamupunyai.

Siapa tahu ada dari anggota keluarga, sanak famili atau teman kamu dapat memberi beberapa jalan keluar lain pada kamu. Tak tahu itu persoalan makanan, ide konsep pernikahan yang simpel, langganan pembuat undangan yang murah serta bermutu serta lain sebagainya.

Prosesi Perlu Dalam Pernikahan yaitu ada Akad Nikah serta Mahar

Prosesi saat akad nikah
Prosesi saat akad nikah

Akad nikah berbentuk ijab kabul (qabul). Ijab artinya menyampaikan atau menyebutkan sebuah pengucapan. Qabul artinya terima. Jadi Ijab qabul itu artinya seorang menyebutkan suatu hal pada lawan bicaranya, lantas lawan bicaranya menyebutkan terima.

Penyerahan Mahar Pernikahan

Mahar Pernikahan
Mahar Pernikahan

Berikutnya mahar yaitu penyerahan mas kawin dari mempelai pria pada mempelai wanita. Supaya pernikahan dapat jalan dengan simpel, pemberian mahar tidak memiliki patokan baik nilai ataupun jumlahnya.

Persiapan Pernikahan Bagi Mempelai Menurut Islam

Persiapan Fisik Sebelum Pernikahan

Persiapan Fisik Sebelum Pernikahan
Persiapan Fisik Sebelum Pernikahan

Seseorang calon mempelai yang bakal menikah sebaiknya sudah siap secara fisik serta tubuhnya dengan kata lain, ia sudah meraih akil baligh serta sudah siap penuhi tugasnya sebagai seseorang istri ataupun sebagai seseorang suami. Saat sebelum menyelenggarakan pernikahan baiknya periksa kesehatan tubuh terlebih dulu terlebih yang menyangkut permasalahan reproduksi lantaran satu diantara maksud pernikahan yaitu nanti pasangan bakal mempunyai keturunah. Oleh karenanya, bila ada permasalahan pada fisik serta organ tubuh yang terkait dengan hal itu baiknya diatasi terlebih dulu.

Persiapan Mental Sebelum Pernikahan

Persiapan Mental Pernikahan
Persiapan Mental Pernikahan

Calon mempelai harusnya udah siap menyelenggarakan pernikahan serta sudah mengerti kalau ia bakal menikah serta mempunyai kehidupan yang baru. Supaya tidak stress atau mengalami permasalahan sesudah menikah baiknya mempelai menyiapkan mentalnya supaya ia dapat menerima semua tanggung jawab sebagai seseorang suami ataupun seseorang istri. Memaksakan diri untuk menikah ketika mental belum siap bisa mengakibatkan timbulnya permasalahan dikemudian hari.

Hal semacam ini umumnya terjadi pada mereka yang menikah muda serta belum mempunyai kesiapan mental untuk melakukan kehidupan berumah tangga. Bila saat sebelum menikah, seorang bebas melakukan apa saja serta mengatur hidupnya, sesudah menikah ia tidak cuma bertanggung jawab pada dirinya sendiri tetapi juga pada pasangannya.

Persiapan Spiritual Sebelum Pernikahan

Persiapan Spiritual Sebelum Pernikahan
Persiapan Spiritual Sebelum Pernikahan

Menikah tidak cuma sebuah hal yang memerlukan persiapan mental serta fisik saja tetapi dibutuhan juga kesiapan spiritual. Seorang yang menikah sebaiknya memohon panduan pada Allah SWT serta mendekatkan diri pada-Nya supaya pernikahan yang nanti ia jalani yaitu sesuai sama syariah yang didapatkan untuk umat Islam. Berikut kenapa seorang yang bakal menikah juga disarankan untuk lakukan shalat istikharah serta rajin melakukan beribadah yang lain seperti berpuasa supaya ia betul-betul terasa mantap untuk menikah.

Persiapan Ekonomi Sebelum Pernikahan

Persiapan Ekonomi Sebelum Menikah
Persiapan Ekonomi Sebelum Menikah

Pasangan yang bakal menikah pastinya harus pikirkan juga kehidupan mereka sesudah menikah, oleh karenanya baiknya saat sebelum melakukan pernikahan baik pria serta wanita sudah mempunyai kesiapan materiil terlebih untuk pihak mempelai pria yang nanti bakal mencari nafkah untuk keluarganya.

Dengan hal tersebut, saat sebelum menikah baiknya seorang sudah mempunyai pekerjaan yang nanti bisa mensupport kehidupan berumah tangga walau hal semacam ini tidak jadi sebuah patojkan lantaran Allah sendiri berjanji bakal memadukan rizki serta melimpahkannya untuk mereka yang bakal menikah.

Persiapan Sosial Setelah Menikah

Persiapan Sosial Setelah Menikah
Persiapan Sosial Setelah Menikah

Persiapan sosial yang disebut yaitu segalanya yang menyangkut kedudukan seorang di orang-orang, dalam soal ini seorang yang bakal menikah baiknya memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang terlebih ditempat nanti pasangan yang bakal menikah itu tinggal. Pernikahan nanti tidak cuma menyangkut mempelai saja tetapi juga melibatkan partisipasi orang-orang di sekelilingnya.

Sebelum Menikah pun Harus Ada Persiapan yang Wajib Kalian Diskusikan

Dana Pernikahan

diskusikan dana pernikahan
diskusikan dana pernikahan

Pernikahan yang elegan pastinya jadi yang di cita-citakan untuk tiap orang, terlebih biasanya pernikahan dikerjakan sekali seumur hidup. Oleh karenanya, beberapa orang berupaya membuat pernikahannya jadi hal yang tidak terlupakan.Tetapi kadang-kadang ada saja permasalahan dalam soal keuangan, seperti pihak mana yang bisa peroleh uang semakin banyak dari amplop pernikahan.

Tempat Tinggal Setelah Menikah

Tempat Tinggal Setelah Menikah
Tempat Tinggal Setelah Menikah

Kalau kalian belum demikian mapan untuk membeli rumah dengan pasangan, sebaiknya hal semacam ini di bicarakan. Apakah pasangan bersedia tinggal berbarengan dirumah Orang tua maupun tidak. Jika tidak, bagaimana pemecahannya? Menyewa tempat tinggal atau mencari jalan keluar lain.

Persiapan Memiliki Anak

Persiapan Memiliki Anak
Persiapan Memiliki Anak

Tiap orang yang menikah tentu mengidamkan anak dalam pernikahannya. Tetapi tidak tiap orang langsung mau memiliki anak, ada beberapa yang mau nikmati indahnya pernikahan cuma berdua dengan pasangan. Namun tidak hanya mengulas saat yang pas kapan mempunyai anak. Sebaiknya juga mengulas bagaimana apabila kamu tidak dapat memberi keturunan untuk pasangan anda.

Pekerjaan

Persiapan Pekerjaan
Persiapan Pekerjaan

Di masa sekarang, tidak cuma pria yang ingin bekerja. Beberapa wanita yang merampungkan sarjana untuk dapat mendapat pekerjaan bergengsi. Tetapi banyak dari suami yang mau istri jadi Ibu Rumah Tangga yang baik, serta tidak butuh bersusah payah mencari uang. Serta hal semacam ini dapat menyebabkan permasalahan ketika menikah kelak. Di karenakan tidak seluruh istri ingin cuma jadi Ibu Tempat tinggal Tangga serta ada dirumah tiap saat.

Keluarga Pasangan

Keluarga Pasangan
Keluarga Pasangan

Tidak seluruh hal dapat jalan sesuai sama yang di rencanakan. Kadang-kadang berbuat baik seperti apa pun, jika seorang tidak suka pada diri kamu. tidak ada yang dapat dikerjakan untuk peroleh rasa senang dari keluarga.

Namun bagaimana seandainya ini merupakan keluarga pasangan mu? Saat sebelum menikah, sebaiknya bicarakan hal semacam ini dengan pasangan. Bagaimana mencari jalan keluar, supaya tetap dapat meneruskan pernikahan. Seperti, tinggal di kota tidak sama dengan keluarga.

Harta

Harta dalam Pernikahan
Harta dalam Pernikahan

Meskipun berkesan tidak etis mengulas harta “gono-gini” dengan pasangan, tetapi ini yaitu hal yang perlu di bicarakan mulai sejak di awal. Untuk menghadapi satu diantara pihak punya niat untuk berpisah, hingga pasangan yang ditinggalkan dapat mendapat hak yang layak.

Masa-masa Depan dalam Pernikahanmu

Masa Depan Pernikahan
Masa Depan Pernikahan

Meskipun tidak bakal dihadapi kurun waktu dekat, masa-masa depan pernikahan harus dibicarakan saat sebelum terikat status suami istri. Tidak cuma untuk kamu serta pasangan, namun untuk anak mu. Seperti dana untuk melahirkan, sekolah anak, serta semua keperluan primer serta sekunder yang harus tercukupi.

Untuk kalian yang bakal selekasnya menyelenggarakan pernikahan, janganlah takut mengulas beberapa hal diatas dengan pasangan kamu. Hingga dapat memiliki komitmen serta terlepas dari pertikaian yang membahayakan pernikahanmu.

Banyak asumsi kalau kehidupan sesudah menikah bakal berubah mencolok, hal semacam itu benar ada. Tidak cuma lantaran kamu bakal hidup berdua, begitu halnya lingkungan sekelilingmu. Banyak keperluan serta kepentingan mendatang hampiri, rumuskan biaya pernikahanmu sebaik-baiknya, lantaran hidup yang sebenarnya menunggu sesudah acara pernikahanmu!

loading...

LEAVE A REPLY