Pesona Danau Maninjau

0

Seruni.id – Danau Maninjau adalah salah satu danau yang menjadi tempat wisata favorit di Sumatera Barat.

Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang berada tepat di jantung Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Terletak di ketinggian kurang lebih 460 meter di atas permukaan laut, danau ini membentang seluas 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Dengan luasnya tersebut, Maninjau menjadi danau terluas kesebelas di Indonesia.

Sebelum menuju ke danau ini, kita harus melewati jalanan yang berkelok-kelok terlebih dahulu yang disebut dengan nama Kelok 44. Jalan kecil dan berkelok-kelok membuat supir bis harus bergantian melewati jalan tersebut dan mendahulukan kendaraan yang akan naik terlebih dahulu.

Pemandangan sepanjang kelok sangat memanjakan mata dan membuat kita semua berdecak kagum dan menyebut asma Allah. Betapa tidak, danau yang membentang luas ini juga dihiasi dengan hamparan sawah yang hijau nan subur yang tidak akan mungkin kita lewatkan begitu saja.

Ingin berfoto dan menikmati spot Danau Maninjau ini tidak perlu harus menuruni Kelok 44 hingga ke kelok 1, dikarenakan medan yang cukup berbahaya terutama di kelok 5. Jadi, kita dapat berfoto dan menikmati danau cantik ini melalui Lawang Adventure Park.

Dari atas Lawang Park, kita bisa melihat danau ini juga hamparan rumput hijau yang pemandangannya mirip sekali dengan padang rumput yang ada di New Zealand sana.

Di atas Lawang Park juga terdapat beberapa spot foto seperti perahu gantung yang dikenakan biaya sewa Rp.5000 per orangnya  dan cukup memicu adrenaline pengunjung yang ingin mengabadikan foto di sana. Hasilnya? Masya Allah, sangat mengagumkan.

Di atas hamparan rumput juga kita bisa duduk-duduk santai melihat indahnya danau dari atas karena disediakan meja dan kursi kayu di sana.

Menurut sejarahnya, danau ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau yang terjadi kurang lebih 52.000 tahun yang lalu. Kaldera yang terbentuk sedemikian luas kemudian berkembang menjadi sebuah danau. Hal ini sama seperti yang terjadi pada Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Batur di Bali.

Nah, begitu indahnya negeri kita kan Moms? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup menjelajahi Indonesia, salah satunya Sumatera Barat ini dan nikmati segala pesona keindahan pemandangan dan budaya khasnya di sana. Happy holiday!

-Anggraini-

LEAVE A REPLY