Suka Jalan-Jalan? Inilah 11 Profesi Yang Cocok Untuk Para Traveler

0
350

Berjalan-jalan memang sudah menjadi suatu hal yang sering dilakukan pada era sekarang ini. Selain bisa mengunjungi tempat yang baru, berjalan-jalan juga bisa menghilangkan stress di pikiran karena pekerjaan yang menumpuk. Lalu bagaimanakah rasanya jika memiliki pekerjaan yang bisa sekaligus jalan-jalan?

Pekerjaan yang sekaligus jalan-jalan pasti menjadi pekerjaan yang sangat diinginkan oleh semua orang. Bagaimana tidak, kalau kita bisa bekerja, mendapatkan gaji, dan juga mendapatkan jalan-jalan secara gratis. Berikut ini adalah beberapa profesi traveler bagi Anda yang suka jalan-jalan:

1. Tour Guide

Tour guide atau pemandu wisata merupakan jenis pekerjaan paling realistis buat mereka yang menyukai traveling. Alasannya jelas karena pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk ikut berjalan-jalan mendampingi client sambil menerangkan mengenai tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Satu hal yang perlu dicatat bila memilih pekerjaan ini yaitu mengenai kemampuan komunikasi. gambar via: PRWeb

Tour guide atau pemandu wisata merupakan jenis pekerjaan paling realistis buat mereka yang menyukai traveling. Alasannya jelas karena pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk ikut berjalan-jalan mendampingi client sambil menerangkan mengenai tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Satu hal yang perlu dicatat bila memilih pekerjaan ini yaitu mengenai kemampuan komunikasi. Karna tugasnya yaitu mendampingi client berkunjung ke obyek wisata tertentu dan menerangkan mengenai hal-hal yang terkait dengan tempat itu, maka kita harus menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dipahami. Kualifikasi yang perlu dipenuhi seorang tour guide umumnya yaitu mempunyai kemampuan Bahasa Inggris dan wawasan yang luas.

2. Travel Fotografer

Hampir semua orang yang melakukan traveling tentu membawa kamera. Entah itu kamera handphone, kamera poket atau bahkan juga kamera DSLR. Satu hal yang dapat digarisbawahi dari fenomena ini yaitu tak semua dari mereka memiliki cita-cita untuk jadi seorang travel fotografer. Umumnya, mereka hanya mengambil gambar untuk kepentingan dokumentasi pribadi dan untuk eksis di sosial media. gambar via: Adorama

Hampir semua orang yang melakukan traveling tentu membawa kamera. Entah itu kamera handphone, kamera poket atau bahkan juga kamera DSLR. Satu hal yang dapat digarisbawahi dari fenomena ini yaitu tak semua dari mereka memiliki cita-cita untuk jadi seorang travel fotografer. Umumnya, mereka hanya mengambil gambar untuk kepentingan dokumentasi pribadi dan untuk eksis di sosial media.

Perjalanan untuk dapat menjadi seorang travel fotografer professional juga tak mudah. Kita harus sering traveling berkunjung ke beberapa tempat baru agar memiliki referensi yang lebih banyak. Travel fotografer juga memungkinkan seseorang untuk berjalan-jalan keliling Indonesia, bahkan juga dunia secara gratis.

3. Travel Blogger

Era internet ikut menimbulkan jenis pekerjaan baru untuk mereka yang senang menulis: menjadi blogger. Nah, untuk Anda yang senang menulis sekaligus juga pecinta traveling, ada jenis profesi yang dapat Anda pilih agar dapat tetap berjalan-jalan yaitu menjadi travel blogger. Sebagaimana profesi pada umumnya, untukmenjadi seorang travel blogger professional juga perlu perjuangan yang cukup panjang. Bila sudah menjadi seorang travel blogger professional, umumnya akan banyak perusahaan-perusahaan di sektor pariwisata yang meng-hire kita. gambar via: COTTON TALES

Era internet ikut menimbulkan jenis pekerjaan baru untuk mereka yang senang menulis: menjadi blogger. Nah, untuk Anda yang senang menulis sekaligus juga pecinta traveling, ada jenis profesi yang dapat Anda pilih agar dapat tetap berjalan-jalan yaitu menjadi travel blogger.

Sebagaimana profesi pada umumnya, untukmenjadi seorang travel blogger professional juga perlu perjuangan yang cukup panjang. Bila sudah menjadi seorang travel blogger professional, umumnya akan banyak perusahaan-perusahaan di sektor pariwisata yang meng-hire kita.

4. Travel Writer

Walau keduanya sama menulis, travel writer dan travel blogger memiliki sedikit perbedaan. Bila travel blogger menulis pengalaman liburannya di internet memakai basis blog tertentu, travel writer menuliskan cerita perjalanan mereka ke dalam media konvensional yaitu buku. Menulis buku pasti sedikit lebih sulit dari pada menulis blog karena butuh waktu yang lebih lama dan perlu ketekunan. gambar via: Inspired Traveller

Walau keduanya sama menulis, travel writer dan travel blogger memiliki sedikit perbedaan. Bila travel blogger menulis pengalaman liburannya di internet memakai basis blog tertentu, travel writer menuliskan cerita perjalanan mereka ke dalam media konvensional yaitu buku. Menulis buku pasti sedikit lebih sulit dari pada menulis blog karena butuh waktu yang lebih lama dan perlu ketekunan.

5. Pekerja Sosial

Bila Anda memiliki jiwa sosial tinggi, menjadi seorang pekerja sosial dapat juga membawamu untuk berkeliling Indonesia bahkan juga dunia. Terdapat banyak organisasi non profit kelas dunia yang dapat Anda coba seperti Green Peace, WWF sampai UNICEF. Organisasi-organisasi itu umumnya memerlukan seorang yang mempunyai kemampuan khusus di bidang pertaninan, kesehatan, pendidikan sampai pertanian. Selain join ke perusahaan kelas dunia itu, kita dapat juga mengikuti beberapa campaign dari perusahaan-perusahaan nasional yang mengadakan kegiatan sosial di beberapa wilayah Indonesia. gambar via: Boys & Girls Clubs of Mason Valley

Bila Anda memiliki jiwa sosial tinggi, menjadi seorang pekerja sosial dapat juga membawamu untuk berkeliling Indonesia bahkan juga dunia. Terdapat banyak organisasi non profit kelas dunia yang dapat Anda coba seperti Green Peace, WWF sampai UNICEF.

Organisasi-organisasi itu umumnya memerlukan seorang yang mempunyai kemampuan khusus di bidang pertaninan, kesehatan, pendidikan sampai pertanian. Selain join ke perusahaan kelas dunia itu, kita dapat juga mengikuti beberapa campaign dari perusahaan-perusahaan nasional yang mengadakan kegiatan sosial di beberapa wilayah Indonesia.

6. Arkeolog

Arkeolog mungkin termasuk pekerjaan yang asing di telinga kita. Walau sebenarnya pekerjaan ini sejatinya sangat bermakna. Pekerjaan seorang arkeolog umumnya adalah mempelajari tempat atau situs yang mempunyai nilai sejarah tinggi. Hasil riset itu lalu dijadikan arsip untuk kepentingan pendidikan. Profesi arkeolog ini sangat pas untuk Anda yang suka dengan wisata sejarah serta sering berkunjung ke tempat-tempat wisata bertema sejarah seperti museum atau sebuah situs tertentu. gambar via: ARKEOLOGLAR DERNEGİ

Arkeolog mungkin termasuk pekerjaan yang asing di telinga kita. Walau sebenarnya pekerjaan ini sejatinya sangat bermakna. Pekerjaan seorang arkeolog umumnya adalah mempelajari tempat atau situs yang mempunyai nilai sejarah tinggi. Hasil riset itu lalu dijadikan arsip untuk kepentingan pendidikan.

Profesi arkeolog ini sangat pas untuk Anda yang suka dengan wisata sejarah serta sering berkunjung ke tempat-tempat wisata bertema sejarah seperti museum atau sebuah situs tertentu.

7. Presenter Acara Jalan-jalan

Walau tak mudah, tak ada salahnya untuk coba mencari pekerjaan sebagai seorang pembawa acara di acara jalan-jalan. Akan sangat banyak kompensasi yang akan diperoleh. Selain dapat jalan-jalan gratis kita akan dikenal oleh masyarakat luas. Sekarang ini semakin banyak saja acara-acara traveling di tv nasional. Sebenarnya bukan hanya di tv, ada pula acara traveling berbasis video yang disiarkan di channel lain, misalnya YouTube. gambar via: BBC

Walau tak mudah, tak ada salahnya untuk coba mencari pekerjaan sebagai seorang pembawa acara di acara jalan-jalan. Akan sangat banyak kompensasi yang akan diperoleh. Selain dapat jalan-jalan gratis kita akan dikenal oleh masyarakat luas. Sekarang ini semakin banyak saja acara-acara traveling di tv nasional. Sebenarnya bukan hanya di tv, ada pula acara traveling berbasis video yang disiarkan di channel lain, misalnya YouTube.

8. Peneliti

Menjadi peneliti juga memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan gratis keliling Indonesia. Tetapi memang jalan untuk jadi seorang peneliti juga tak mudah. Peneliti disini maksudnya yaitu peneliti di bidang ilmu pengetahuan. Salah satu peluang yang dapat diambil yaitu menjadi peneliti di bidang kehutanan dan botani. Peneliti-peneliti di bidang itu berpeluang untuk berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia untuk mempelajari tanaman-tanaman baru untuk dijadikan arsip nasional. gambar via: Gunung Palung Orangutan Project

Menjadi peneliti juga memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan gratis keliling Indonesia. Tetapi memang jalan untuk jadi seorang peneliti juga tak mudah. Peneliti disini maksudnya yaitu peneliti di bidang ilmu pengetahuan.

Salah satu peluang yang dapat diambil yaitu menjadi peneliti di bidang kehutanan dan botani. Peneliti-peneliti di bidang itu berpeluang untuk berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia untuk mempelajari tanaman-tanaman baru untuk dijadikan arsip nasional.

9. Karyawan Kapal Pesiar

Untuk Anda yang menyukai laut serta berlayar, cobalah bekerja di kapal pesiar, misalnya di Karibia. Anda bisa mengelilingi lautan yang biru serta cantik di berbagai belahan dunia, melihat matahari tenggelam di lautan, dan merasakan kemewahan berlayar dengan kapal pesiar. Untuk menjadi pekerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Anda harus memiliki paspor yang sah serta memenuhi syarat untuk bekerja di negara di mana kapal terdaftar. gambar via: Indonesia Pesiar

Untuk Anda yang menyukai laut serta berlayar, cobalah bekerja di kapal pesiar, misalnya di Karibia. Anda bisa mengelilingi lautan yang biru serta cantik di berbagai belahan dunia, melihat matahari tenggelam di lautan, dan merasakan kemewahan berlayar dengan kapal pesiar. Untuk menjadi pekerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Anda harus memiliki paspor yang sah serta memenuhi syarat untuk bekerja di negara di mana kapal terdaftar. Kemudian, Anda dapat menentukan beragam jenis pekerjaan di kapal pesiar, seperti fotografer, resepsionis, kasir, insinyur, tukang pipa, petugas hotel, pelayan kabin, penyedia perawatan anak, staf medis, serta masih banyak lagi.

10. Auditor

Bekerja sebagai seorang auditor akan membuat Anda mempunyai banyak kesempatan dalam suatu perjalanan besar. Mungkin Anda tidak selalu dapat melihat tempat yang eksotis, tetapi profesi ini sering menggunakan waktu sampai berminggu-minggu atau lebih di tempat yang berbeda-beda. Sehingga Anda dapat mempunyai waktu untuk menjelajahi beberapa tempat baru yang belum pernah dikunjungi. gambar via: Zuckerman Law

Bekerja sebagai seorang auditor akan membuat Anda mempunyai banyak kesempatan dalam suatu perjalanan besar. Mungkin Anda tidak selalu dapat melihat tempat yang eksotis, tetapi profesi ini sering menggunakan waktu sampai berminggu-minggu atau lebih di tempat yang berbeda-beda. Sehingga Anda dapat mempunyai waktu untuk menjelajahi beberapa tempat baru yang belum pernah dikunjungi.

11. Departemen Luar Negeri

Profesi pengabdian pada negara sekaligus bisa traveling gratis, bisa Anda nikmati apabila Anda bekerja di Kementrian Departemen Luar Negri. Departemen Luar Negeri mempunyai ratusan peluang kerja yang terdaftar di website resmi mereka. Lebih dari 250 kedutaan besar di seluruh dunia, mempunyai banyak peluang untuk melakukan perjalanan. gambar via: The Baylor Lariat

Profesi pengabdian pada negara sekaligus bisa traveling gratis, bisa Anda nikmati apabila Anda bekerja di Kementrian Departemen Luar Negri. Departemen Luar Negeri mempunyai ratusan peluang kerja yang terdaftar di website resmi mereka. Lebih dari 250 kedutaan besar di seluruh dunia, mempunyai banyak peluang untuk melakukan perjalanan.

Baca juga: 9 Pilihan Moodbooster Untuk Membuat Suasana Hatimu Menjadi Lebih Baik

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY