8 Quotes Novel Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer

0
729

Oleh Hasan Aspahani

NOVEL yang hebat selain alur kisahnya mengguncangkan kesadaran pembacanya, juga bertaburan kalimat cemerlang di sepanjang ceritanya. Begitu pula dengan novel mahakarya Pramoedya Ananta Toer “Bumi Manusia”. Berikut ini delapan petikan menarik yang penuh kandungan motivasi dari novel dengan latar belakang bangkitnya kesadaran berbangsa di nusantara ini.

1. BERBAHAGIALAH dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri – Tokoh Nyai Ontosoroh kepada Minke.

2, “…kasihan hanya perasaan orang berkemauan baik yang tidak mampu berbuat. Kasihan hanya satu kemewahan, atau satu kelemahan. Yang terpuji memang dia yang mampu melakukan kemauan baiknya… – Tokoh Jean Marais kepada Minke.

3. MEMERINTAH pekerja pun kau tak bisa karena kau tak bisa memerintah dirimu sendiri. Memerintah diri sendiri kau tak bisa karena ku tak tahu bekerja – Tokoh Annelies Mellema kepada Robert Mellema.

4. SEKALI dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa-apa – Tokoh Nyai Ontosoroh kepada Minke.

5. DUNIAKU bukan jabatan, pangkat, gaji dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya – Tokoh Minke kepada Ayahandanya.

6. KALAU orang tak tahu batas, Tuhan akan memaksanya tahu dengan cara-Nya sendiri – Tokoh Bunda dalam percakapan dengan Minke.

7. KAU akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua – Tokoh Nenenda yang ucapannya dikenang oleh Minke.

8. KALIAN boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai – tokoh Magda Peters, guru Minke.

loading...

LEAVE A REPLY