25 Bahan Dari Alam untuk Mengobati Radang Tenggorokan

0
obat radang tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis (bahasa Latin : pharyngitis) yaitu masalah penyakit peradangan di bagian tenggorokan maupun faring (hulu tenggorokan) yang kemungkinan menjadi tanda ada permasalahan pada saluran pernafasan. Keadaan ini bakal bikin pasien alami iritasi, suara serak, batuk, tenggorokan gatal serta saat menelan bakal merasa sakit ketika melalui tenggorokan.

Penyebab serta Tanda-Tanda Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan yaitu keadaan peradangan pada pita suara. Hal semacam ini umumnya dikarenakan oleh kerja/beban yang yang berlebih pada pita suara. Umumnya keadaan ini terjadi lantaran anda kerap berteriak, bicara sepanjang hari penuh, bernyanyi tanpa istirahat, sangat banyak makanan pedas atau amat manis.

Tanda-tanda radang tenggorokan yakni nada serak atau lemah. Terkadang orang tidak dapat bicara sekalipun. Hal semacam ini kerap dibarengi dengan sakit tenggorokan serta batuk kering.

Penyebabnya radang tenggorokan umumnya diakibatkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri bentuk ini menular lewat udara saat seseorang pasien batuk ataupun bersin. hati-hatilah untuk anda yang berada di kurang lebih rekan yang tengah menderita sakit tenggorokan.

Tidak cuma itu bakteri streptococcus dapat juga menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang sudah terinfeksi oleh bakteri ini. Penyebabnya lain dari radang tenggorokan diantaranya : alergi, udara kering, serta polusi udara, dan beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air serta sesak napas.

Tanda-tanda yang umum dihadapi oleh beberapa pasien radang tenggorokan yakni :

– Merasa sakit pada tenggorokan.
– Pembengkakan pada amandel serta jadi merah.
– Ada bintik merah kecil melebihi dari satu di belakang atap mulut.
– Sulit bila menelan.
– Pembengkakan pada gelenjar getah bening leher.
– Dibarengi demam, sakit kepala, serta tubuh merasa capek.

Obat Alami untuk Radang Tenggorokan

1. Daun Ki Tolod untuk Obat Radang Tenggorokan

Daun ki tolod sebagai obat radang tenggorokan
Daun ki tolod sebagai obat radang tenggorokan

Bahan : 3 lembar daun ki tolod serta 2 gelas air bersih.
Cara membuat : Bersihkan daun ki tolod memakai air jernih (dialiri), lantas rebus dalam 2 gelas air bersih hingga mendidih serta upayakan supaya air tersisa 1 gelas. Bila udah dingin, saring airnya lantas minum obat sakit tenggorokan ini satu hari 2 kali (pagi serta sore) hingga mereda.

2. Tanaman Baru Cina Sebagai Obat Radang Tenggorokan

Tanaman baru cina untuk meredakan radang tenggorokan
Tanaman baru cina untuk meredakan radang tenggorokan

Bahan : Tanaman baru cina segar seperlunya.
Cara membuat : Leburkan tanaman baru cina segar lewat cara ditumbuk hingga agak halus. Peras daun hingga air yang di keluarkan mencapai 1/2 cangkir ukuran tengah. Minum air perasan hingga habis. Saat yang disarankan untuk melakukan penyembuhan yaitu 2 kali satu hari dengan dosis yang sama sampai radang tenggorokan pulih.

3. Belimbing Sebagai Obat Radang Tenggorokan

Belimbing Sebagai obat radang tenggorokan
Belimbing Sebagai obat radang tenggorokan

Bahan : 100 – 120 gr belimbing manis segar.
Langkah pemrosesan : Jus seluruh buah belimbing hingga halus, pakai kain untuk menyaring, tampung air dalam gelas. Lantas minum air perasan yang disebut obat radang tenggorokan tradisional ini hingga habis.

Buah belimbing berbentuk anti-radang yang efisien untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Haluskan 100 gram buah belimbing manis kedalam jus diisi air masak. Minum juice belimbing pada pagi serta sore hari.

4. Tanaman Ciplukan untuk Obat Alami Radang Tenggorokan

Daun Ciplukan sebagai obat radang tenggorokan
Daun Ciplukan sebagai obat radang tenggorokan

Bahan : 10 – 15 gram tanaman ciplukan serta 4 cangkir air.
Langkah peracikan : Rebus tanaman ciplukan dalam tempat diisi 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Tunggulah agak dingin, lantas minum satu hari 2 kali masing-masing 1 gelas.

5. Getah Jeruk Nipis Sebagai Obat Alami Meredakan Radang Tenggorokan

Jeruk nipis untuk obat radang tenggorokan
Jeruk nipis untuk obat radang tenggorokan

Bahan : Getah bening jeruk nipis serta garam seperlunya.
Langkah meramu : Getah bening yang ada di wadah berikan dengan garam seperlunya, lantas aduk serta minum airnya hingga habis.

6. Makan Sup Ayam Sebagai Obat Alami

Sup ayam sebagai obat radang tenggorokan
Sup ayam sebagai obat radang tenggorokan

Radang tenggorokan bakal bikin Anda tersiksa untuk makan lantaran ketika menelan bakal merasa sakit. Namun tidak bila Anda mengkonsumsi sup ayam yang kuahnya hangat. Saat sakit tenggorokan hirup kuah sup hangat hingga habis, ini sama seperti dengan menyembuhkan sekalian memberikan nutrisi tubuh.

Banyak orang yang suka dengan sayur sup dan juga daging ayam. Sehingga bisa kamu jadikan obat untuk semua kalangan. Apa lagi bila buah hati Anda yang mengalami radang tenggorokan, pasti membuat ia suka.

7. Teh Jahe untuk Obat Radang Tenggorokan

Teh jahe sebagai obat radang tenggorokan
Teh jahe sebagai obat radang tenggorokan

Seduhlah teh jahe bila dirumah Anda ada warung yang menjualnya. Namun bila tidak ada atau masihlah amat tidak sering, buat sendiri saja. Langkahnya dengan menggepengkan satu inci potong jahe lantas rebus sepanjang dua menit. Tearkhir, campur teh tanpa rasa yang udah Anda bikin di awal.

Tentunya cara ini cukup mudah dan praktis bukan. Anda hanya memerlukan dua bahan. Ada baiknya teh jahe tanpa gula. Itu akan lebih nikmat, dan nikmatilah selagi masih panas.

8. Wedang Jahe Sebagai Obat Pereda Radang Tenggorokan

Wedang Jahe sebagai obat radang tenggorokan
Wedang Jahe sebagai obat radang tenggorokan

Selain teh jahe, Anda juga bisa langsung mengkonsumsi Teh Jahe adalah satu diantara rempah tradisional yang bisa menyebabkan sensasi hangat di tubuh. Ia mempunyai kandungan senyawa zingiberin yang bisa memperlancar aliran darah, menyingkirkan toksin (detoksifikasi), serta pastinya menangani peradangan.

– Sediakan rempah jahe segar sekedarnya saja serta air panas satu gelas
– Tumbuk rempah jahe tadi, lantas seduh dengan air panas
– Supaya rasa-rasanya makin nikmat, berikan beberapa sendok madu alami
– Minum wedang jahe itu sedikit untuk sedikit serta rasakan sensasi hangatnya di tenggorokan.

9. Jeruk Nipis serta Kecap untuk Obat Radang Tenggorokan

jeruk nipis dan kecap sebagai obat radang tenggorokan
jeruk nipis dan kecap sebagai obat radang tenggorokan

Sesungguhnya obat ini dapat pas untuk batuk, Anda cuma butuh menuangkan air perasan jeruk nipis seperlunya pada sendok makan serta berikan sedikit kecap. Aduk dengan sedotan, lantas minum. Mudah bukan?

10. Mengkonsumsi Bawang Putih untuk Obat Alami Radang Tenggorokan

bawang putih untuk radang tenggorokan
bawang putih untuk radang tenggorokan

Dengan kunyah bawang putih mentah bisa bantu memperingan peradangan serta mengobati secara perlahan-lahan. Pada bawang putih ada senyawa allicin yang berbentuk anti-inflamasi serta anti-bakteri, oleh karenanya rempah ini dapat pas jadikan obat tradisional penyembuh radang tenggorokan.

Meskipun ketika di konsumsi, agak tidak enak dan mulut akan terasa bau. Tetapi tidak apa untuk sementara.

11. Kunyit Obat Alami Radang Tenggorokan

Kunyit untuk obat radang tenggorokan
Kunyit untuk obat radang tenggorokan

Tidak hanya sebagai bumbu untuk para ibu memasak, kunyit dapat juga jadi satu diantara ramuan yang ampuh untuk menumpas rasa sakit di tenggorokan.
Bahan pelengkap untuk memproses kunyit jadi obat amat gampang di dapatkan.

Bahan yang perlu Anda sediakan seperti 2 ruas jari kunyit, 1 sdt garam. Langkahnya dengan, kupas kunyit sampai bersih, potong dengan halus, sediakan air 300 ml. Siapkan kompor, serta panci. Rebus kunyit berikan garam. Sesudah mendidih diamkan sampai air rebusan jadi hangat. Kumur dengan memakai air rebusan secara teratur 3 sampai 4 kali satu hari.

Kunyit memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati luka dalam. Sehingga sangat baik untuk pengobatan radang tenggorokan. Siapkan saja kunyit, meskipun rasanya tidak begitu enak, tetapi obat ini cukup ampuh untuk meredakan radang tenggorokan.

12. Madu Sebagai Obat Alami Radang Tenggorokan

madu untuk obat radang tenggorokan
madu untuk obat radang tenggorokan

Cairan manis ini adalah satu diantara bahan alami bermanfaat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit, baik bagi kecantikan dan sebagainya. Madu juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Campur 1 sendok makan madu dengan air hangat lantas minum saat pagi hari. Madu bisa mengobati iritasi pada tenggorokan secara alami.

Memang tidak mudah mendapatkan madu yang benar-benar alami. Tetapi hal tersebut jangan kamu jadikan alasan untuk tidak bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan madu. Anda bisa mencari madu asli dan jangan menggunakan madu kemasan. Karena biasanya kandungan dalam madu kemasan sudah berkurang.

Tidak hanya mempunyai karakter anti bakteri yang dapat bantu mempercepat pengobatan, madu juga melakukan tindakan sebagai osmotik hipertonik, yang dapat menarik air keluar dari jaringan yang meradang. Hal semacam ini kurangi pembengkakan serta ketidaknyamanan pada saluran tenggorokan. Tetapi, larutan air serta madu tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur dua tahun.

13. Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Lemon

lemon sebagai obat untuk menyembuhkan radang tenggorokan
lemon sebagai obat untuk menyembuhkan radang tenggorokan

Lemon yang kaya dengan kandungan vitamin C ini dapat dapat menangani sakit tenggorokan Anda. Ramuan alami ini cuma memerlukan pelengkap madu. Siapkan 1 sdm lemon, dan 1 sdm madu. Campur dengan pelengkap secangkir air hangat.

Minum ramuan ini secara teratur 3 kali satu hari. Tenggorokan juga bakal berangsung-angsur lebih baik. Apabila dirumah Anda tidak mempunyai ketersediaan lemon, Anda dapat juga memakai madu saja. Hal semacam ini karena, madu mempunyai zat antibiotik yang amat alami. Hingga luka pada tenggorokan juga bakal dapat berangsur pulih.

14. Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Tanaman Alang-Alang

Alang-alang sebagai obat radang tenggorokan
Alang-alang sebagai obat radang tenggorokan

Tanaman alang-alang udah di kenal mulai sejak lama sebagai tanaman herbal yang bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya memperlancar air seni, meredakan hipertensi sampai menangani keputihan. Termasuk juga menyembuhkan sakit tenggorokan. Langkahnya, bersihkan 1 genggam batang alang-alang lantas di rebus sampai mendidih. Air rebusan disaring lantas diminum sekali satu hari.

15. Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Air Garam

Garam untuk menyembuhkan radang tenggorokan
Garam untuk menyembuhkan radang tenggorokan

Garam, Anda tentu tidak asing dengan bumbu yang satu ini. Satu diantara bahan yang gampang di bisa ini nyatanya dapat mengobati sakit tenggorokan Anda. Anda dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dengan 2 langkah, yaitu berkumur dengan air garam atau meminum air garam.

Kenapa air garam di minum? Hal semacam ini karena ia dapat menyingkirkan panas saat Anda meminumnya. Panas dapat juga jadi satu diantara penyebabnya dari sakit tenggorokan. Garam mempunyai manfaat sebagai antiseptik yang alami. Ia dapat bersihkan lendir yang ada di tenggorokan dan menyingkirkan rasa sakitnya. Saat sebelum Anda memakai air garam untuk berkumur, Anda dapat meyakinkan suhu air normal, berikan sesendok teh garam, aduk sampai rata, kumur satu hari 3x.

16. Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Pisang

Pisang sebagai obat radang tenggorokan
Pisang sebagai obat radang tenggorokan

Buah pisang juga nyatanya dapat dipakai untuk meredakan penyakit radang pada tenggorokan. Langkahnya juga cukup gampang serta enak. Anda tinggal mengonsumsi buah pisang itu seperti umum. Kekuatan pisang dalam menangani sakit tenggorokan yaitu lantaran teksturnya yang lembut, gampang diolah, serta kaya kandungan antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk menyembuhkan peradangan.

17. Uap Panas Sebagai Obat Alami Menyembuhkan Radang Tenggorokan

menghirup uap air panas
menghirup uap air panas

Langkah alami yang lain yang dapat dipakai untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yaitu dengan memakai uap panas. Uap panas ini dapat diperoleh dari air yang baru mendidih. Langkah yang dapat anda kerjakan yaitu dengan meletakan air panas dalam baskom lantas input kepala anda dalam baskom itu sembari mengisap uap yang ada di dalamnya. ini tidak hanya bakal meredakan sakit tenggorokan juga bikin peredaran darah jadi lebih lancar serta pernapasan jadi lebih lega.

18. Telur Orak-Arik untuk Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Telur orak arik untuk obat radang tenggorokan
Telur orak arik untuk obat radang tenggorokan

Satu lagi makanan yang bisa bantu menangani radang tenggorokan, yakni telur orak-arik. Telur tidak cuma kaya protein serta beragam mineral perlu yang diperlukan tubuh, tetapi dapat juga meredakan pedih di tenggorokan serta meredakan radang di tenggorokan. Namun ingat, janganlah sangat banyak garam serta minyak ketika mengolahnya lantaran bisa jadi parah peradangan di tenggorokan.

19. Daun Kemangi Sebagai Obat Herbal Penyembuh Radang Tenggorokan

daun kemangi sebagai obat radang tenggorokan
daun kemangi sebagai obat radang tenggorokan

Kelihatannya untuk mendapat daun ini bukanlah perkara yang susah. Anda dapat memperolehnya dengan bebas di swalayan. Daun ini nyatanya ampuh untuk menumpas sakit radang tenggorokan. Langkahnya dengan merebus daun kemangi. Sesudah mendidih, Anda dapat meminum air rebusan dari daun. Tidak hanya meminum air rebusan daun, Anda dapat berkumur dengan air rebusan. Kumuran air rebusan ini bakal dapat kurangi sakit tenggorokan Anda.

20. Permen Pereda Tenggorokan

permen pereda tenggorokan
permen pereda tenggorokan

Untuk beberapa remaja serta orang dewasa yang alami sakit tenggorokan dapat memakai permen sebagai satu diantara langkah menangani sakit tenggorokan. Pastikan permen yang memiliki kandungan mint, jahe atau bahan yang lain yang dapat bikin tenggorokan jadi lebih lega.

Pada anak-anak baiknya untuk tidak mengonsumsi permen ini lantaran rasa-rasanya yang kuat umumnya tidak pas dengan lidah anak-anak. Sekarang udah ada banyak product permen pelega tenggorokan yang dapat anda peroleh dengan gampang di toko paling dekat.

21. Cuka Apel Sebagai Obat Radang Tenggorokan

cuka apel untuk radang tenggorokan
cuka apel untuk radang tenggorokan

Minum larutan cuka apel dapat juga Anda coba. Larutan cuka apel dapat bantu Anda meredakan radang tenggorokan. Langkahnya, campur 1 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka apel, serta 8 ons air hangat. Minum perlahan-lahan saat sebelum larutan itu dingin.

22. Memperbanyak Minum Air Putih Untuk Mengobati Radang Tenggorokan

air putih untuk radang tenggorokan
air putih untuk radang tenggorokan

Cara lainnya untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorkan amat perlu yaitu meyakinkan supaya tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup bakal bikin mukosa atau dinding tenggorokan Anda senantiasa lembap, mengencerkan dahak apabila ada dahak yang kental serta bantu tubuh melawan infeksi kuman.

Minumlah air hingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk melindungi supaya tidak jatuh kedalam kondisi dehidrasi, Anda tidak terus-terusan mesti minum air putih, tetapi juga bisa minum air teh, air dari makanan seperti sup atau susu, terserah Anda.

23. Minyak Kayu Putih Sebagai Obat Radang Tenggorokan

minyak kayu putih untuk meredakan radang tenggorokan
minyak kayu putih untuk meredakan radang tenggorokan

Tahukah anda dengan terapi steaming? Penyembuhan satu ini cukup popular di Jepang serta sekitarnya.

Steaming adalah penyembuhan yang dikerjakan dengan memakai uap untuk memperlancar aliran darah, memperingan sakit kepala, kurangi tanda-tanda peradangan, serta bahkan juga pembasmi stres.

Nah, satu diantara bahan yang dapat anda gunakan untuk penyembuhan ini yaitu minyak kayu putih.

Langkah menyembuhkan radang tenggorokan dengan minyak kayu putih :
– Sediakan satu baskom air panas yang masihlah menguap
– Tetesi air panas tadi dengan minyak kayu putih
– Hirup aroma hangat yang keluar dari baskom diisi air panas tadi
– Supaya uap hangat tidak kemana saja, tutup dengan handuk kering
– Kerjakan penghirupan uap panas berulang hingga peradangan lebih baik.

24. Memperbanyak istirahat (tidur cukup, kurangi kegiatan fisik, hindari lelah) untuk Menyembuhkan Radang Tenggorokan

istirahat cukup untuk meredakan radang tenggorokan
istirahat cukup untuk meredakan radang tenggorokan

Pada intinya radang tenggorokan bakal pulih sendiri seiringan dengan membaiknya system kekebalan tubuh. Untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh satu diantaranya anda dapat perbanyak istirahat.

Ingat, istirahat tidak cuma tidur saja. Anda harus juga kurangi kesibukan fisik seperti bekerja lembur serta berolahraga supaya tubuh tidak kecapekan. Lantaran bila tubuh kecapekan, system kekebalan bakal kembali drop hingga radang makin kronis.

25. Mengkonsumsi Makanan Memiliki nutrisi Tinggi untuk Meredakan Radang Tenggorokan

konsumsi makanan bernutrisi untuk mengobati radang tenggorokan
konsumsi makanan bernutrisi untuk mengobati radang tenggorokan

Yang paling akhir yaitu menjaga system kekebalan tubuh dengan mengonsumsi herbal serta nutrisi yang baik. Umpamanya lewat mengkonsumsi suplemen vitamin C serta E, mineral zinc serta magnesium. Tidak hanya itu juga berikan rempah-rempah peningkat imunitas seperti bawang putih, jahe, serta jamur pada hidangan Anda.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Pada Anak:

Penyembuhan Radang Tenggorokan Pada Anak

Untuk menangani radang tenggorokan yang umum, artinya radang yang tidak memerlukan pertolongan dari dokter, anda bisa memberi perawatan simpel pada si kecil dengan beberapa cara yang sederhana. Obat alaminya juga sama juga dengan obat-obatan pada orang dewasa. Hanya saja dicoba dengan mencampurkannya dengan bahan lainnya yang disenangi oleh anak-anak.

Berikut ini ini beberapa langkah yang bisa anda kerjakan untuk menangani sakit tenggorokan yang dihadapi si kecil.

1. Berkumur dengan Air Garam

Pastikan dulu anak anda udah cukup umur agar bisa berkumur-kumur dengan air asin. Berkumur dengan air asin adalah satu diantara langkah alami yang bisa dikerjakan untuk menangani sakit tenggorokan. Air garam bisa mengencerkan dahak serta bisa melegakan tenggorokan saat berkumur.

2. Teh Bunga Krisan

Bunga krisan dapat dibuktikan efisien untuk menangani sakit tenggorokan serta bisa tingkatkan ketahanan tubuh. Langkah tersebut bisa dikerjakan dengan memasukkan kelopak bunga krisan yang sudah dikeringkan dalam secangkir air panas lantas berikanlah pada anak anda pada saat hangat.

3. Makanan Dingin

Anak-anak tentu amat suka apabila diijinkan mengonsumsi es krim. Es cream tidak sama dengan minum smoothies atau es buah. Es krim mempunyai tekstur lembut serta rasa dingin yang tidak demikian menusuk tenggorokan. Tetapi anda cuma bisa memberi es krim bila sakit tenggorokan si kecil terkait dengan demam, panas dalam atau influenza. Bila tidak baiknya memanglah membatasi mengkonsumsi makanan dingin ya bun!

4. Jus Lemon serta Madu

Mulai sejak dahulu kala, madu sudah diakui bisa memberi beragam jenis manfaat kesehatan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Madu bisa melegakan batuk pada malam hari sedang lemon dapat memperingan dahak. Campur kedua bahan itu masing-masing satu sendok makan kedalam cangkir, berikan air hangat serta berikanlah pada anak anda.

5. Menghirup Uap Panas

Hal semacam ini adalah satu diantara langkah yang pernah diajarkan oleh orang tua sejak dahulu untuk menangani pilek serta sakit tenggorokan. Uap air panas bila dihirup bisa bikin melegakan saluran pernafasan. Air panas atau air putih hangat yang diminum dapat juga kurangi sakit pada tenggorokan serta kurangi rasa sakit yang menusuk tenggorokan.

6. Sup Ayam Hangat

Gabungan dari bermacam bentuk sayuran, kaldu, serta daging ayam nyatanya memiliki kandungan zat yang bisa memerangi virus penyebabnya sakit tenggorokan dalam tubuh. Kandungan asam amino dalam sup ayam bisa mengencerkan lendir serta kurangi rasa sakit pada tenggorokan.

7. Bawang Putih

Tidak bisa disangkal memanglah bila bawang putih mempunyai aroma yang tidak enak. Jangankan anak-anak anda sebagai orang tua juga mungkin saja tidak suka pada aroma pada bawang putih. Tetapi nyatanya hirup bawang putih serta mengisap seperti permen dapat dibuktikan bisa memperingan infeksi pada tenggorokan.

Bila anak Anda tidak sukai dengan mengonsumsi bawang putih sebagai obat untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa memberikannya dengan permen pereda radang tenggorokan. Tentunya tiap permen bakal disenangi oleh anak-anak.

8. Mengkonsumsi Permen Pereda Tenggorokan

Sekarang banyak di jual dipasaran permen yang bisa diberikan untuk meredakan sakit tenggorokan. Tetapi anda mesti memerhatikan umur anak ya bun apakah udah dapat makan permen atau belum. Permen itu bisa memberi rasa fresh pada tenggorokan serta bikin kerongkongan merasa enteng.

Makanan Yang Mesti Di Jauhi ketika Radang Tenggorokan :

Makanan Asam

Buah jeruk, jus lemon tanpa mencampurkan madu sebagai pemanis alami, permen karet yang memiliki kandungan asam manis bisa menyebabkan gatal saat Anda sakit tenggorokan. Janganlah juga Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan cuka atau vinegar, makanan bentuk itu bakal jadi parah rasa sakit dikerongkongan pada ketika menelan.

Makanan Pedas

Banyak yang beranggapan kalau makanan pedas bisa bantu singkirkan rasa gatal serta batuk yang dikarenakan sakit tenggorokan. Baiknya Anda berhenti lalu untuk konsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika serta rempah-rempah yang lain. Makanan pedas cuma jadi memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

Produk Susu

Bila ada kerabat yang merekomendasikan Anda untuk meminum satu gelas susu panas untuk mengobati nyeri pada tenggorokan, janganlah Anda minum. Beberapa orang yang belum tahu kalau susu bakal jadi memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Susu mengakibatkan penambahan produksi lendir didalam tubuh, yang menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan.

Makanan Kering

Umumnya makanan kering seperti biskuit, kacang-kacangan, gorengan, serta makanan paket yang lain lebih susah ditelan ketika nyeri pada tenggorokan. Supaya tenggorokan tidak sakit ketika Anda menelan makanan, pastikan makanan yang memiliki tekstur lembut ketika dikunyah ataupun ditelan, dan konsumsilah makanan yang banyak terkandung air.

Kafein

Secangkir kopi panas memanglah bisa kurangi rasa nyeri ketika sakit tenggorokan, namun cuma lalu. Sesudah beberapa saat, tenggorokan bakal jadi lebih gatal serta sakit. Jadi, baiknya jauhi minuman yang memiliki kandungan cafein. Anda dapat menukar kopi berkafein dengan meminum secangkir teh jahe herbal, tenggorokan lebih merasa nyaman serta menyusutnya rasa gatal.

Alkohol

Meminum satu gelas rum serta brandy bisa menghangatkan tubuh sewaktu musim hujan atau dingin. Sayangnya, minuman yang memiliki kandungan alkohol seperti itu cuma jadi memperburuk rasa sakit pada tenggorokan Anda. Oleh karenanya, untuk kesehatan Anda serta jauh dari sakit tenggorokan, jauhi minuman yang memiliki kandungan alkohol.

LEAVE A REPLY