Cara Rahasia Menjaga Tubuh dan Kulit Tetap Awet Muda

0
gambar via: Mawar Skin Care by dr. Myrna

Siapa yang tidak ingin awet muda di usianya yang sebenarnya sudah tidak muda lagi? Namun kebanyakan mengalami kesulitan untuk menjaga tubuh ataupun kulit tetap awet muda. Tak perlu khawatir, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap awet muda.

Cara Agar Tetap Awet Muda

gambar via: Mawar Skin Care by dr. Myrna
gambar via: Mawar Skin Care by dr. Myrna

1. Pertahankan Sikap Positif

Sejak 1986, peneliti yang datang dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon mempelajari 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khususnya apa yang berlangsung pada otak seiring dengan bertambahnya umur. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil mendapatkan beberapa cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan bertambahnya umur. Salah satu penemuannya yaitu keadaan emosi positif pada usia dini akan membantu menyingkirkan rasa cemas serta bisa memperpanjang umur. Faktanya, ada sebuah riset yang menunjukkan hubungan pada sikap seseorang dengan kesehatan fisik serta mentalnya.

2. Berolahraga

James M. Rippe, M. D adalah seorang penulis terkenal, cardiolog terkemuka, serta pendiri Rippe Lifestyle Institute. Ia menerangkan bahwa bila Anda melihat seluruh hal berisiko tinggi yang mengakibatkan kematian, satu hal yang paling mudah diperkirakan yaitu kesehatan Anda. Sebagai tambahan, seorang berumur lanjut yang mempunyai kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibanding dengan seorang yang berusia muda tetapi tak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik Anda, Anda dapat memutar kembali jam biologis Anda.

3. Mengatur Stress

Riset menunjukkan kalau antara 60 sampai 90% kunjungan ke psikiatris terkait dengan stress. Stress terkait dengan segala hal dari mulai flu sampai kanker. Masalah jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, masalah seksual serta kesuburan, dan diabetes semuanya dikarenakan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama Anda harus mengurangi kemungkinan Anda untuk sakit, dan itu bermakna Anda harus mengurangi tingkat stress Anda.

4. Meditasi

Deepak Chopra, M. D., adalah ahli dalam menemukan hubungan pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyebutkan kalau riset orang-orang yang melakukan meditasi bisa mempunyai umur biologis 5 sampai 12 tahun lebih muda dibanding dengan umur kronologis mereka. Orang –orang yang melakukan meditasi mempunyai tingkat hormon stress seperti cortisol serta adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme penyesuaian mereka cenderung lebih kuat dibanding orang kebanyakan.

5. Pertahankan Kesehatan Kulit

Panduan ini tidak akan membantu Anda untuk hidup lebih lama, tetapi selama Anda berupaya untuk memperpanjang umur hidup Anda, tak ada salahnya bila Anda berupaya untuk tampil sebaik mungkin. Amy Wechsler, ahli gigi, psikiater, serta penulis The Mind-Beauty Connection : 9 Days to Reverse Stress Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin, menerangkan kalau retinoids bisa mengurangi keriput Anda.

Beberapa krim kecantikan memiliki kandungan retinoids, tetapi retinoids dapat juga ditemukan pada makanan, seperti wortel. Mengkonsumsi wortel bisa membantu Anda menjaga kesimbangan pH permukaan kulit, sedikit meningkatkan keasaman kulit Anda. Serta keasaman kulit Anda akan membantu untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai info tambahan, coklat bisa membantu memperbaiki tekstur, ketebalan, kandungan air, serta aliran darah pada kulit.

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Dr. Mehmet C. Oz, M. D., salah satu penulis buku Staying Young : The Owner’s Manual for Extending Your Warranty membuktikan bahwa anti-oksidan adalah makanan anti penuaan, serta salah satu makanan sumber anti-oksidan yang paling ia gemari yaitu blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap mempunyai sejenis zat antisoksidan yang bisa melindungi Anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, serta acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang kerap ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia merekomendasikan Anda mengkonsumsi 5 jenis makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan setiap harinya.

7. Konsumsi Banyak Serat

Salah satu kunci untuk awet muda yaitu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serta untuk menjaganya Anda membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan melindungi seluruh nutrisi yang Anda makan dalam tubuh serta melepaskan nutrisi itu bila diperlukan. Serat bisa ditemukan dalam buah-buahan, sayuran serta makanan yang gandum.

8. Cukup Tidur

Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago mendapatkan kalau mempersingkat durasi tidur Anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kandungan glukosa serta fungsi endokrin Anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan terlihat seperti tahap awal bila Anda terserang diabetes. Beberapa peneliti juga menyimpulkan kalau kekurangan tidur tidak hanya mengakibatkan Anda mempunyai awal yang kurang prima setiap harinya, tetapi Anda akan jadi rawan pada beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas serta hilang ingatan.

9. Berhenti Merokok

Dr. Rippe, juga menyebutkan bahwa bila Anda berumur 50 dan merokok, maka Anda memotong 7 tahun umur Anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit Anda jadi keriput serta membuat Anda tampak lebih tua.

10. Hindari Kosmetik Yang Berlebihan

Hindari penggunaan kosmetik yang terlalu berlebih, terutama kosmetik yang berbahan Kimia. Sangat banyak kosmetik yang berbahan kimia dijual secara bebas di online shop atau toko kosmetik serta kecantikan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dulu tentang bahan apa saja yang ada di dalam kosmetik itu.

Bila 100% bahan yang di pakai merupakan bahan alami, Anda dapat mencoba untuk menggunakannya. Tetapi bila ada salah satu zat yang diduga mengandung bahan kimia sebaiknya Anda menghindarinya.

Selain itu, makanan-makanan di bawah ini juga bisa membantu Anda untuk menjadi awet muda.

Makanan Untuk Awet Muda

gambar via: Penuaan Dini
gambar via: Penuaan Dini
  • Kaldu Tulang

Anda dapat memakai jenis tulang sapi atau tulang ayam kampung. Kaldu memiliki kandungan banyak kolagen yang dapat membuat penampilan kulit Anda jadi lebih cantik. Kaldu tulang yang dimasak dalam waktu yang lama juga menghasilkan zat gelatin yang dapat membuat pencernaan Anda jadi lebih baik. Dengan langkah tersebut maka Anda juga bisa memelihara kecantikan kulit dari luar serta dalam. Kolagen yaitu bahan alami yang akan terbentuk dalam tubuh serta dapat mengurangi kemungkinan peradangan yang sering mengakibatkan efek penuaan dini.

  • Kale

Kale juga sayuran yang mempunyai rasa lezat serta dapat membuat Anda selalu tampak awet muda. Kale memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang dapat membuat tubuh Anda melawan radikal bebas serta mempertahankan kolagen. Kale memiliki kandungan beberapa nutrisi yang dapat mencegah radikal bebas seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, magnesium serta tembaga. Kalium akan membantu tubuh memperoleh detak jantung yang normal sehingga peredaran darah serta oksigen berjalan dengan lancar. Hal ini juga dapat membuat tubuh Anda makin sehat serta kulit menjadi lembut.

  • Bayam

Sayur bayam yang hijau memiliki kandungan banyak zat klorofil ternyata juga sangat baik untuk memelihara kesehatan serta penampilan kulit. Bayam juga memiliki kandungan zat besi yang membantu produksi sel darah merah berjalan dengan baik. Tubuh Anda akan mempunyai cukup darah serta oksigen yang membantu perawatan kolagen alami dalam tubuh. Selain itu bayam kaya dengan fitonutrisi yang dapat menberikan perlindungan untuk kulit akibat terlalu sering terserang paparan sinar matahari. Bahkan juga bayam juga dapat melindungi gen tertentu yang dapat mencegah kolagen bertahan serta terhindar dari kanker kulit.

  • Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan banyak zat warna alami yakni likopen. Likopen sangat berguna untuk meningkatkan kolagen alami pada tubuh. Selain itu likopen juga memberi perlindungan kerusakan kulit akibat terlalu sering terserang paparan cahaya matahari. Vitamin C dalam paprika merah memberi perlindungan yang tinggi sebagai bahan anti-oksidan. Bahan anti-oksidan ini akan beredar ke seluruh bagian tubuh serta dapat meningkatkan penyerapan protein pada jaringan tubuh termasuk juga kulit. Jadi Anda dapat memasukkan paprika dalam beberapa menu makanan atau mencampurkannya dalam salad sayuran serta buah-buahan.

  • Bit

Bit adalah buah sehat berwarna merah yang dapat memberi perlindungan penting untuk kulit Anda. Pigmen warna pada buah bit yang banyak mengandung betasianin akan membantu tubuh melawan pembentukan kanker kulit. Selain itu kandungan bahan ini juga dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari. Bit dapat diolah menjadi jus yang digabung dengan jenis sayuran atau buah yang lain. Bit akan membantu Anda tampak lebih muda karena mempunyai sistem peredaran darah yang sehat karena jantung yang sehat juga. Maka bit akan jadi buah super untuk memelihara penampilan kulit.

  • Tomat

Tomat akan memberi manfaat kesehatan tubuh yang sangat lengkap, termasuk juga untuk kulit Anda. Tomat memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang sangat banyak seperti likopen. Likopen adalah salah satu zat anti-oksidan yang dapat melawan semua radikal bebas dalam tubuh. Bahkan juga likopen bukan hanya melawan efek radikal bebas untuk kulit namun juga semua bagian organ tubuh Anda. Tomat mempunyai manfaat yang begitu besar untuk mencegah semua dampak akibat terkena panas matahari. Bahkan juga tomat akan membantu menyingkirkan semua dampak penuaan dini. Langkah paling baik untuk memperoleh manfaat tomat yaitu dengan membuat jus tomat tanpa penambahan gula.

  • Jeruk

Jeruk dapat juga menjadi buah yang akan membuat Anda mempunyai kulit sehat serta bercahaya. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan bekerja untuk mencegah radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C akan membantu tubuh untuk mengelola kolagen yang dapat mencegah semua dampak penuaan dini. Bahkan juga vitamin C juga penting untuk membuat sel-sel kulit Anda selalu memperbarui serta tumbuh menjadi jaringan baru yang lebih sehat. Selain itu jeruk akan membantu mengeluarkan seluruh racun di dalam tubuh hingga kulit Anda juga tampak sangat halus serta lembut.

  • Wortel

Wortel yaitu sayuran manis yang menyegarkan. Tampilan wortel dengan warna orange atau kuning kemerahan memang sangat cantik. Wortel memiliki kandungan bahan anti-oksidan yang dapat membantu tubuh mengeluarkan seluruh racun pada tubuh. Zat beta karoten dalam wortel dapat membuat Anda lebih awet muda karena membantu melakukan perbaikan sel kulit yang rusak. Selain itu wortel memang dapat membuat kulit jadi lebih mulus karena meningkatkan manfaat kolagen yang akan melindungi kulit. Bahkan juga Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari wortel seperti mata yang lebih sehat serta terlindungi dari penyakit degenerasi makula.

  • Ubi

Ubi memang makanan yang bukan hanya lezat namun dapat juga membuat tampilan Anda jadi lebih awet muda. Ubi memiliki kandungan beberapa nutrisi yang sangat perlu untuk kulit seperti beta karoten, vitamin C, vitamin B, serta zat besi. Beta karoten akan membantu tubuh dalam menjaga kolagen yang normal serta vitamin C akan melawan radikal bebas. Vitamin C juga sangat penting untuk melindungi kulit dari rusaknya sel yang sering mengakibatkan bintik hitam serta tanda penuaan dini lain. Serat yang terdapat dalam ubi dapat juga membuat tubuh mempertahankan air sehingga sel-sel kulit Anda selalu sehat.

  • Ikan Makarel

Ikan makarel memang ikan lezat yang mendatangkan keuntungan yang banyak. Ikan makarel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu memelihara sel kulit. Ikan ini juga tak memiliki kandungan lemak berlebihan maka tidak akan meninggalkan kolesterol di tubuh. Kandungan asam amino esensial dalam ikan makarel dapat membantu tubuh untuk mencegah semua dampak peradangan. Hal ini berarti makarel akan memelihara kesehatan kulit dari dalam tubuh.

  • Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan protein ini sering menjadi peptida saat dimasak lewat cara dipanaskan. Peptida akan membantu tubuh untuk memperoleh bahan anti-oksidan serta dapat melindungi membran sel termasuk juga untuk sel kulit. Jadi ikan tuna benar-benar akan membuat tubuh Anda jadi lebih sehat. Selain itu ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu kulit tubuh dalam memperoleh nutrisi serta menjaga kolagen. Bahkan juga ikan tuna akan membuat penampilan jadi awet muda karena mendukung sistem peredaran darah yang sehat.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan super yang dapat membuat penampilan kulit Anda jadi lebih cantik. Ikan salmon memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat penting untuk kulit seperti asam lemak omega 3, selenium, serta vitamin D. nutrisi ini akan membantu tubuh dalam mengatur penyerapan gula dari makanan. Lalu asam lemak omega 3 akan membantu membersihkan darah Anda dari lemak serta kolesterol. Asam lemak omega 3 akan membantu melakukan perbaikan penampilan kulit, mencegah jerawat serta kerutan di sekitar mata dan hidung akanberkurang. Ikan salmon dapat memberi penampilan yang berbeda karena kandungan bahan anti-oksidan yang sangat tinggi.

  • Blueberi

Blueberi bukan hanya buah yang manis serta segar namun dapat juga memberi perlindungan untuk kulit. Ini termasuk sebagai salah satu buah kecil yang mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Blueberi memiliki kandungan bahan vitamin E dan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat membantu tubuh dalam menjaga kolagen. Sementara vitamin E penting untuk mengatur keseimbangan kerja sel dalam tubuh. Jadi buah kecil ini memiliki kandungan dua jenis vitamin yang bertindak sebagai bahan anti-oksidan. Selain itu blueberri dapat juga menurunkan kolesterol yang akan membuat plak serta menghalangi proses regenerasi kulit.

  • Stroberi

Strobery merupakan buah yang kaya akan vitamin C. vitamin ini dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Selain itu vitamin C juga bertindak untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga tubuh Anda dapat melawan beragam jenis penyakit. Sementara vitamin C dalam strobery dapat juga membantu tubuh Anda memelihara sel kulit dengan cara alami dari dalam. Satu mangkuk strobery dapat mencegah semua kerusakan kulit akibat terus menerus terkena cahaya matahari. Bahan anti-oksidan dalam strobery akan memberi perlindungan untuk kolagen yang sering mengalami kerusakan akibat penuaan dini serta efek cahaya matahari. Jadi strobery akan membantu produksi sel – sel tubuh yang lebih cepat serta sehat.

  • Blackberry

Blackberry adalah jenis buah yang dapat memberi manfaat yang melimpah untuk kulit Anda. Buah ini memiliki kandungan berbagai jenis senyawa anti-oksidan seperti flavonoid, flavonol serta fenolik yang dapat melawan radikal bebas. Dan blackberry juga memiliki kandungan senyawa antosianin yang dapat membuat sel-sel kulit memperbarui dengan cepat serta lebih sehat. Buah ini akan membantu kerusakan kulit yang disebabkan reaksi oksidatif akibat terus menerus mengkonsumsi lemak serta kolesterol yang masuk ke tubuh. Kandungan vitamin C serta vitamin E dari buah blackberry ini dapat memelihara kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari serta menopang pembentukan kolagen dalam tubuh.

  • Bawang Putih

Bawang putih umumnya menjadi bumbu masakan yang tidak pernah ditinggalkan. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang sangat baik untuk melindungi kesehatan kulit. Selain itu bawang putih memiliki kandungan suatu senyawa yang disebut dengan taurin serta lipoic yang dapat membantu kembali pembentukan kolagen. Kedua senyawa ini akan bekerjasama dengan untuk menghasilkan kolagen. Jadi bawang putih dapat membuat penampilan Anda jadi lebih muda. Anda dapat mencampurkan bawang putih ke berbagai jenis masakan.

  • Mangga

Buah yang mempunyai rasa manis ini ternyata sangat bermanfat untuk melindungi kesehatan serta elastisitas kulit. Mangga memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang ditunjukkan dengan pigmen warna kuning serta vitamin C yang cukup tinggi. Beta karoten dalam mangga dapat berguna untuk membuat kolagen selalu bertahan dalam kulit hingga kulit Anda lebih elastis serta bercahaya. Selain itu mangga dapat juga membantu membuat pigmen kulit jadi lebih cerah. Bahkan mangga dapat juga membantu mengobati jerawat serta semua dampak penuaan dini lewat cara membantu membuka pori-pori yang terhalang oleh bakteri ataupun kotoran lain. Untuk memperoleh manfaat ini maka Anda dapat makan buah mangga setiap pagi.

  • Labu

Labu adalah sayuran yang kaya akan vitamin C serta magnesium. Kedua jenis nutrisi ini sangat penting sebagai zat pelawan radikal bebas di tubuh. Labu dapat membantu membersihkan seluruh radikal bebas yang umumnya mengakibatkan berbagai jenis tanda penuaaan dini. Bahkan juga labu mendukung sistem metabolisme tubuh yang baik hingga seluruh aliran darah serta nutrisi untuk organ tubuh lain juga tercukupi. Labu dapat menjadi makanan untuk awet muda yang akan menjaga kolagen karena membantu membersihkan seluruh penghalang kolagen. Jadi labu akan membuat sel-sel tubuh Anda mempunyai usia yang lebih panjang serta terbebas dari kerusakan.

  • Paprika Kuning

Paprika kuning mempunyai rasa asam, manis serta sedikit pedas. Ini merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Vitamin C yang ditemukan dalam paprika akan membantu tubuh Anda dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta melindungi jaringan kulit serta organ lain supaya selalu sehat. Bahkan juga vitamin C yang memang menjadi sumber bahan anti-oksidan dapat juga membantu memberi perlindungan pada sel-sel tubuh serta jaringan kulit untuk melawan seluruh efek penuaan dini. Jadi makan paprika akan membuat tampilan Anda bercahaya serta jauh dari kesan tua. Selain itu paprika sangat baik untuk melindungi tubuh dari penyakit seperti kanker serta serangan jantung.

  • Peterseli

Sayuran peterseli sering menjadi bahan tambahan untuk hiasan menu makanan. Tetapi selain untuk membuat cantik tampilan makanan, peterseli juga baik untuk kesehatan Anda. Sayuran ini dapat memberi efek yang sangat kuat untuk melawan peradangan yang terjadi pada organ tubuh serta jaringan kulit. Peterseli juga begitu baik untuk membuang racun dari hati sehingga memberi dampak detoksifikasi. Sayuran ini dapat membuat Anda tambah lebih awet muda karena tubuh yang sehat serta bersih dari racun. Kandungan beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, niasin, serta folat sangat baik untuk melawan beragam sumber penyakit. Selain itu peterseli memiliki kandungan klorofil yang berguna untuk mencegah infeksi karena bakteri atau jamur.

Baca juga: 27 Makanan Yang Merupakan Sumber Karbohidrat Untuk Tubuh

LEAVE A REPLY