Rahasia Dan Tata Cara Puasa Daud

0
354
gambar via: Santrigaul

Biasanya puasa sunnah yang sering dilakukan oleh para umat muslim adalah puasa senin kamis. Namun ternyata ada puasa sunnah lain yang bisa Anda kerjakan. Dan juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk diri kita, namanya adalah puasa daud.

Melakukan amalan puasa Daud artinya sehari berpuasa, keesokan harinya tak berpuasa, serta berpuasa lagi besoknya. Ini merupakan sebaik-baik puasa serta derajat puasa yang tertinggi. Dalam pelaksanaan puasanya sendiri, puasa Daud tak dapat digabungkan dengan puasa sunah yang lain. Sebab, puasa Daud adalah puasa yang semaksimalnya puasa. Puasa Daud yaitu puasa yang paling disenangi oleh Allah.

Rahasia Puasa Daud

Rahasia puasa Nabi Daud yang pertama yaitu terbebas dari maksiat. Sejatinya, puasa memanglah menahan diri dari semua hawa nafsu. Tetapi, dengan berpuasa Daud maka secara otomatis diri kita akan menolak hal-hal yang berbau maksiat. Orang yang berpuasa daud karena Allah Ta’ala selalu akan terjaga, baik jasmani serta rohaninya. Hal ini seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah serta sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan serta ridha Allah Swt. Bila orang yang berpuasa daud akan berbuat jahat, Allah akan menjaganya dengan menumbuhkan rasa iba sehingga orang itu urung melakukannya. gambar via: Santrigaul

Puasa yang dilakukan sehari puasa dan sehai tidak ini ternyata memiliki rahasia di baliknya. Berikut ini adalah rahasia dari puasa daud yang akan Anda dapatkan kalau Anda menjalankannya.

1. Terhindar dari Maksiat

Rahasia puasa Nabi Daud yang pertama yaitu terbebas dari maksiat. Sejatinya, puasa memanglah menahan diri dari semua hawa nafsu. Tetapi, dengan berpuasa Daud maka secara otomatis diri kita akan menolak hal-hal yang berbau maksiat. Orang yang berpuasa daud karena Allah Ta’ala selalu akan terjaga, baik jasmani serta rohaninya. Hal ini seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah serta sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan serta ridha Allah Swt. Bila orang yang berpuasa daud akan berbuat jahat, Allah akan menjaganya dengan menumbuhkan rasa iba sehingga orang itu urung melakukannya.

2. Mempunyai Kontrol Emosi yang Baik

Rahasia puasa Daud yang kedua yaitu mempunyai kontrol emosi yang baik. Allah akan mengaruniakan orang yang istiqomah berpuasa Daud suatu rasa mengontrol emosi yang baik. Pada dasarnya, orang yang akan melakukan puasa Daud sudah harus siap dengan bersabar. Mengenai langkah mencegah marah itu, yakni dengan berwudhu, merubah posisi, serta mencari kesibukan.

3. Menjadi Pribadi yang Berakhlak serta Berwibawa

Rahasia puasa Daud selanjutnya yaitu orang yang istiqomah berpuasa Daud akan menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur serta berwibawa. Orang itu akan bertutur kata selalu santun, sabar, rendah hati, suka mengalah, tak egois, serta suka berteman sehingga orang lain memandangnya menarik serta penuh kesan. Hal-hal seperti ini akan menyebabkan kewibawaan sendiri untuk yang melakukan puasa daud secara istiqomah.

4. Menyehatkan Tubuh

Rahasia puasa Daud yang satu ini dapat sangat istimewa. Dalam beberapa riset sudah dibuktikan kalau puasa Daud bisa menyehatkan tubuh karena meningkatkan sistem imun. Selain itu, puasa Daud bisa melindungi diri dari diabetes, memperbaiki kesehatan jantung, serta membuat tekanan darah lebih rendah walau selalu berhadapan dengan kondisi stress.

5. Jadi Awet Muda

Selain menjaga tubuh tetaplah sehat, puasa Daud dapat juga menjadikan seseorang lebih awet muda, tidak pikun, serta terlepas dari segala penyakit. Pada riset yang dipublikasikan oleh Mark Mattson, Ph. D, seorang direktur penelitian ilmu syaraf di National Institute of Aging USA. Pada riset ini, ditemukan kalau puasa selang-seling (berpuasa hari ini serta besok tak puasa) atau dalam Islam di kenal dengan puasa Nabi Daud memilik rahasia puasa yang bermanfaat. Puasa ini menyebabkan produksi protein yang membantu sel otak bertahan hidup dari kerusakan karena oksidasi serta merangsang perkembangan sel syaraf. Sebagai hasilnya, mengurangi resiko gangguan otak seperti penyakit stroke, alzheimer, huntington, serta parkinson.

6. Dimudahkan Segala urusan

Rahasia puasa Daud selanjutnya yaitu Allah Swt. akan mempermudah segala urusan orang yang istiqomah berpuasa Daud. Selain itu, melakukan puasa Daud secara istiqomah akan mempermudah rejeki untuk orang yang menjalankannya.

7. Menentramkan Jiwa

Orang yang menjalankan puasa Daud, jiwanya akan terasa tentram. Sebab, ia merasa dekat dengan Allah. Allah Swt. akan selalu membantu serta menolong setiap hamba-Nya yang membutuhkan pertolongan. Ketentraman jiwa pada orang yang istiqomah berpuasa Daud dapat dirasakan di mana saja serta setiap saat. Sebab, sebenarnya ketentraman jiwa yang diperoleh oleh orang yang melaksanakan puasa Daud tak terikat oleh ruang serta waktu.

Tata Cara Puasa Daud

Puasa Daud dilaksanakan lewat cara selang-seling, satu hari puasa satu hari tidak dan bisa dilakukan sepanjang tahun, selama tak dilakukan pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa. Hari-hari yang dilarang untuk berpuasa diantaranya yaitu 2 hari raya (Idul Firi serta Idul Adha) serta hari Tasrik. Sedangkan hari jum’at, tak ada halangan, selama puasa pada dari ini termasuk juga bagian dalam puasa Daud, jadi bukanlah puasa khusus pada hari Jum’at saja, maka hal semacam ini tak diperbolehkan. Puasa Daud sebaiknya dilakukan jika kita sudah terbiasa berpuasa hari Senin-Kamis, sehingga tak ada kesulitan bagi kita untuk melakukannya. gambar via: Cerita Medan

Puasa Daud dilaksanakan lewat cara selang-seling, satu hari puasa satu hari tidak dan bisa dilakukan sepanjang tahun, selama tak dilakukan pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa. Hari-hari yang dilarang untuk berpuasa diantaranya yaitu 2 hari raya (Idul Firi serta Idul Adha) serta hari Tasrik. Sedangkan hari jum’at, tak ada halangan, selama puasa pada dari ini termasuk juga bagian dalam puasa Daud, jadi bukanlah puasa khusus pada hari Jum’at saja. Sedangkan bila puasa hanya pada hari Jum’at saja, maka hal semacam ini tak diperbolehkan. Puasa Daud sebaiknya dilakukan jika kita sudah terbiasa berpuasa hari Senin-Kamis, sehingga tak ada kesulitan bagi kita untuk melakukannya.

Beberapa ulama menyebutkan kalau sebaiknya tidak melakukan puasa Senin-Kamis bila sedang melakukan puasa Daud. Pendapat ini banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Tetapi ada pula ulama yang mengatakan tidak jadi masalah melakukannya juga. Selain waktunya, tata cara pelaksanaan puasa Daud ini sama dengan puasa yang lain.

Sebelum berpuasa, kita diwajibkan untuk berniat. Selain itu, harus juga dapat mengendalikan diri dari segala perbuatan yang bisa membatalkan ataupun mengurangi pahala puasa kita. Dengan melakukan puasa Daud, maka diharapkan ada peningkatan ibadah kita pada Allah SWT. Selain itu, puasa Daud juga dapat membentengi diri dari segala nafsu duniawi yang sering dimiliki oleh manusia. Serta yang lebih penting lagi, puasa Daud yaitu puasa yang di cintai oleh Allah SWT.

Niat puasa daud yaitu NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA. Walaupun niat puasa hanya dengan bahasa Indonesia atau bahasa Anda sendiri, tak pakai bahasa Arab, tidak jadi masalah dan tetap niat puasanya tersebut adalah sah, karena niat yang terpenting ada di dalam hati.

Baca juga: Segarnya 5 Minuman Untuk Berbuka Puasa

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY