Mengetahui Lebih Dalam Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi

0
Komputer saat ini

Sejarah komputer memang wajib diketahui oleh banyak orang. Bagaimana tidak benda yang saat ini menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap manusia di dunia. Komputer seakan-akan menjadi salah satu barang primer, hampir setiap rumah memiliki komputer. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana sejarah singkat komputer.

Perkembangan komputer dari masa ke masa memang cukup signifikan. Benda elektronik yang saat ini menjadi salah satu barang penting dalam setiap aktivitas manusia di dunia. Mulai dari berbobot ratusan gram hingga kini sudah mulai lebih ringan. Sejarah komputer memang belum banyak yang mengetahui. Untuk itu kita akan membahas sejarah komputer secara singkat.

Ada yang mengatakan jika kata komputer sendiri sudah digunakan sejak tahun 1622. Dimana pada saat itu, komputer digunakan sebagai alat hitung seperti kalkulator.

Pada tahun 1822, Charles Babbage mempunyai tujuan serta mulai meningkatkan Difference Engine, dianggap sebagai mesin pertama komputasi otomatis yang dapat mengkalkulasi sebagian set angka serta membuat hasil berbentuk hard copy. Charles Babbage akhirnya hingga saat ini dianggap sebagai penemu komputer pertama kali.

Sayangnya, lantaran terbatasnya dana yang ia punyai, ia tak dapat untuk merampungkan versi fungsional skala penuh dari mesin ini. Pada bulan Juni 1991, Museum Sains London merampungkan Difference Engine No. 2 sebagai tahun dua abad kelahiran Babbage serta kemudian merampungkan mekanisme pencetakan pada tahun 2000.

Lalu, pada tahun 1837 Charles Babbage mengusulkan komputer pertama, yakni komputer mekanik umum, Analytical Engine. Analitik Mesin berisi satu Arithmetic Logic Unit (ALU), kontrol aliran mendasar, serta memori yang terintegrasi serta menjadi yang pertama kalinya ide konsep komputer di buat untuk umum (general-purpose).

Sayangnya, lantaran permasalahan pendanaan komputer ini sempat juga di bangun waktu Charles Babbage masih hidup. Pada tahun 1910, Henry Babbage, putra bungsu Charles Babbage dapat merampungkan beberapa dari mesin ini serta dapat lakukan perhitungan mendasar.

Sejarah Perkembangan Generasi Pertama Komputer

Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Pertama

Sebetulnya pada tahun 1937 Dr. John V Atanasoff serta Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Atanasoff adalah seseorang profesor muda dari Lowa State University. Waktu itu ia memikirkan untuk membuat satu alat kalkulasi yang lebih baik dari alat kalkulasi yang sudah ada sebelumnya.

Alat kalkulasi itu dipakai Atanasoff supaya dapat menangani kesusahan yang ia alami sepanjang mengajar kalkulasi kuantum dalam pengetahuan fisika. Atanasoff adalah seseorang fisikawan yang cukup populer.

Pada 1936, Atanasoff sukses bikin kalkulator analog. Alat ini dibuatnya sesudah mempelajari langkah kerja kalkulator mekanik Monroe serta mengkanibalnya dan menggabungkannya dengan tabung IBM dan alat hitung analog ini bisa bekerja baik. Terbatasnya sistem mekanik serta analog bikin Atanasoff memikirkan untuk memakai pendekatan digital. Salah nya ialah matematika binari serta logika Boolean.

Pemecahan itu dia anggap cocok untuk komputer digital yang tengah dirancangnya.
Pada September 1939, Atanasoff memperoleh suntikan dana sebesar 650 dolar AS. Tidak hanya itu, ia juga memperoleh pertolongan tenaga serta pikiran dari Clifford Berry, salah satu mahasiswanya yang sama-sama menemui akan jalan keluar digital.

Atanasoff serta Berry segera wujudkan komputer yang diimpikan mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka bikin ternyata bisa bekerja dengan baik. Atanasoff menamakan mesin kalkulasi digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer. Melebihi dari sebatas bisa bekerja, ABC juga nyatanya lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada waktu itu.

Ini dibuktikannya dengan dapat merampungkan 29 persamaan linear secara berbarengan. Diperlukan waktu yang lebih singkat untuk mendapat penyelesaiannya dari ABC di banding mesin hitung lain. ABC tidak dilengkapi dengan CPU (central processing unit), cuma memanfaatkan tabung hampa (vacuum tube) untuk mempercepat proses hitung. Satu diantara hal dari ABC yang tetap diaplikasikan pada komputer modern yaitu pemisahan memori dari sisi komputasi.

Pada Desember 1940, dalam satu pertemuan ilmiah di Philadelphia, Atanasoff berkenalan dengan John Mauchly salah seseorang pembicara yang tampak untuk mendemonstrasikan kalkulator analog penganalisis data cuaca. Pada perkenalannya itu Atanasoff menceritakan penemuan mesin ABC-nya serta mengundang Mauchly untuk mengunjunginya di Lowa.

Usai pertemuan, Atanasoff berbarengan Berry singgah di Washington untuk berkunjung ke kantor paten. Mereka coba memberikan keyakinan kantor paten kalau ide konsep yang diaplikasikan pada ABC betul-betul yang pertama tetapi keduanya tidak segera mematenkan ABC.

Walau ABC sudah dapat dibuktikan menjadi solusi alternatif untuk mengambil alih kalkulator, tetapi Atanasoff tidak pernah sempat menyempurnakannya. Panggilan negara yang memerlukan tenaganya kala Perang Dunia mengharuskannya meninggalkan Lowa.

Mesin ABC yang berbobot ratusan kilogram tidak mungkin saja digotong ke tempat kerjanya yang baru di Washington. Pengurusan paten ABC juga dipercayakannya pada pegawai administrasi di universitas Lowa namun nampaknya hal semacam ini tidak pernah dikerjakan oleh sang pegawai. Mauchly makin kerap berkunjung ke Atanasoff mulai sejak 1941 serta Mauchly memperoleh peluang melihat ABC serta memperoleh banyak inspirasi dari Atanasoff.

Atanasoff jelas suka mendiskusikan beragam hal pada Mauchly serta tidak pernah curiga membuka beragam ide konsep brilian yang dipunyainya. Tetapi sepanjang kunjungannya itu Mauchly tidak pernah mengatakan bila ia tengah mengerjakan sebuah projek komputer raksasa untuk Angkatan Darat AS yakni ENIAC.

Mauchly tidak pernah menyebutkan Atanasoff sebagai sumber inspirasinya walau fakta kalau Mauchly menyerap banyak pengetahuan dari Atanasoff. Selanjutnya orang-orang jadi lebih mengetahui ENIAC sebagai komputer digital pertama di banding bukannya ABC. Tetapi kepeloporan Atanasoff terungkap waktu terjadi sengketa hak paten ENIAC pada Honeywell Inc. serta Sperry Rand yang beli hak paten atas ENIAC dari Mauchly pada 1951 serta masalahnya baru selesai pada 19 Oktober 1973. Tetapi ABC tetap tidak banyak di kenal sampai Atanasoff tutup umur pada 15 Juni 1995.

Ada yang mengatakan juga bahwa generasi komputer pertama datang pada tahun 1941 yang diciptakan oleh ilmuwan asal Jerman. Komputer yang digunakan oleh Ilmuwan asal Jerman tersebut digunakan untuk industri penerbangan pesawat terbang.

Tahun 1941, seseorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse bikin satu komputer, yang disebut dengan Z3, untuk mendesain pesawat terbang bersama juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini bisa dikarakteristikan dengan kenyataan kalau instruksi operasi di buat secara khusus untuk pekerjaan spesifik. Tiap komputer memiliki program kode biner yang tidak sama yang dimaksud dengan ” bahasa mesin ” dalam bahasa inggrisnya yaitu “machine language”.

Hal semacam ini jadikan komputer susah buat diprogram serta membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama yaitu penggunaan tube vakum (yang jadikan komputer pada masa-masa itu tampak memiliki ukuran sangat besar) serta silinder magnetik yang berfungi sebagai penyimpan data.

Ciri Komputer Generasi Pertama

– Memakai lampu tabung sebagai komponen utama
– Ukuran per unit komputer masihlah amat berat serta besar
– Cepat panas hingga memerlukan alat pendingin yang banyak
– Boros listrik
– Proses relatif masihlah lambat
– Ketepatan hasil proses masihlah rendah
– Kemampuan data masihlah kecil
– Program cuma dapat dipakai dengan bahasa mesin : Assembler
– Walau mempunyai ukuran yang besar, komputer generasi pertama mempunyai kemampuan penyimpanan yang amat kecil.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Kedua

Tahun 1948, penemuan transistor sangat punya pengaruh pada perubahan komputer masa-masa itu. Transistor menukar tube vakum di televisi, radio, serta komputer. hingga beresiko pada pergantian ukuran mesin-mesin elektrik yang awal mulanya mempunyai ukuran yang besar jadi ukuran yang lebih kecil.

Transistor mulai digunakan dalam teknologi komputer diawali pada tahun 1956. Penemuan lain yang berbentuk pengembangan memori inti-magnetik bantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, semakin dapat dihandalkan, serta lebih irit daya di banding beberapa pendahulu di awal. Mesin pertama yang bisa memakai teknologi baru ini yaitu superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, serta Sprery-Rand bikin komputer bernama LARC.

Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, bisa mengatasi beberapa data yang besar, satu kekuatan yang amat diperlukan oleh peneliti atom. Mesin komputer LARC itu amat mahal serta condong sangat kompleks untuk keperluan komputasi usaha, hingga kepopulerannya jadi terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang serta dipakai ; yakni satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, serta yang lain ada di US Navy Research and Development Center di Washington D. C. Komputer generasi kedua ini sudah menukar bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly yaitu bahasa yang memakai singkatan-singakatan untuk menukar kode biner.

Berikutnya pada awal tahun 1960-an, awalilah bermunculan komputer generasi kedua yang berhasil di bagian usaha, di kampus, serta di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini adalah komputer yang seutuhnya sudah memakai transistor. Mereka juga mempunyai komponen-komponen yang bisa diasumsikan dengan komputer pada sekarang : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, serta program.

Sebagai satu diantara contoh perlu komputer pada masa-masa ini yaitu IBM 1401 yang di terima secara luas di kelompok industri. Pada tahun 1965, nyaris semua beberapa usaha besar menggunakan computer generasi kedua sebagai alat untuk mengolah informasi keuangan perusahaan.

Program yang tersimpan didalam komputer serta bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberi fleksibilitas pada komputer. Fleksibilitas ini tingkatkan kemampuan komputer dengan harga yang layak untuk pemakaian computer untuk usaha. Dengan ide konsep ini, komputer bisa cetak faktur pembelian konsumen serta lalu menjalani design produk atau mengkalkulasi daftar upah. Sebagian bahasa pemrograman mulai bermunculan ketika itu.

Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL serta Formula Translator disingkat FORTRAN, sudah mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini menukar kode mesin yang rumit dengan kalimat, kalimat, serta formula matematika yang lebih gampang dipahami oleh manusia.

Hal semacam ini mempermudah seorang untuk memprogram serta mengatur komputer. lalu nampaklah Beragam jenis karier baru di bagian komputer seperti programmer, analisis, teknisi komputer dan sebagainya. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan serta berkembang pada generasi kedua komputer ini.

Ciri komputer Generasi kedua :

– Kemampuan memori paling utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
– Bertujuan pada usaha serta teknik.
– Tidaklah terlalu melebihi dari satu mengeluarkan panas.
– Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), misalnya FORTRAN, COBOL, ALGOL.
– Proses operasi sudah cepat, yakni bisa mengerjakan jutaan operasi per detik.
– Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
– Mulai dipakai disk storage (penyimpanan data)
– Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
– Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga ini berjalan sekitar tahun 1964 hingga 1970 yang mana pada generasi ketiga komputer ini di tandai dengan di temukannya IC atau Intergrated Circuit yang hingga saat ini masihlah di aplikasikan pada bebrapa komputer modern. IC sendiri dikembangkan oleh Jack Kilby, seseorang insinyur di Texas Instrument.

IC tersebut adalah satu komponen yang di buat berbentuk solid (SLT) atau hybrid atau SLT, serta monolithic MST. SLT tersebut adalah satu transistor yang di tempatkan pada satu tempat dengan diode. Karenanya ada penemuan ini pastinya bikin beberapa ilmuwan jadi giat dalam meningkatkan komputer generasi ketiga jadi lebih mutakhir serta modern. Hal semacam ini bisa dipandang dengan di temukannya temuan seperti MST.

Sedang MST tersebut adalah elemen-elemen yang terbagi dalam transistor, diode, serta resistor yang ditempatkan dalam satu chip. MST meskipun lebih kecil tetapi kekuatan yang di hasilkan pastinya bisa mengungguli SLT. Dengan di temukannya IC pada computer generasi ketiga oleh Texas Instrument serta Faichild Semiconductor tepatnya pada tahun 1959 yang ketika itu cuma terbagi dalam enam resistor tetapi bisa kita saksikan perubahan cepat komputer generasi ketiga yang kita saksikan saat ini di mana satu komputer bisa mempunyai jutaan bahkan juga beberapa puluh serta beberapa ratus juta transistor. Hal semacam ini pastinya merupakan satu perubahan yang sangat mengagumkan.

Ciri komputer generasi ketiga

Perubahan komputer generasi ketiga mempunyai sebagian ciri yang perlu anda pahami salah satunya yaitu ; yang pertama yaitu ada pemakaian IC. Dengan di temukannya IC pada masa-masa computer generasi ketiga, kemampuan computer bisa di tingkatkan dengan kecepatan yang lebih cepat serta pas yakni nyaris 10000 kali lebih cepat jika di banding dengan computer generasi pertama. Yang kedua, pada komputer generasi ketiga ada penambahan pada software, lalu kemampuan memori penyimpanan yang semakin besar bila di banding dengan masa-masa di awal.

Tidak hanya itu, pada masa-masa generasi ketiga komputer, komputer udah mulai memakai media menyimpanan luar atau yang lebih dikenal dengan sebutan external disk yang mempunyai karakter dalam pengaksesannya di kerjakan secara acak. Hal semacam ini adalah hal yang baik lantaran dengan mengembangnya beragam perkembangan bikin pemakaian komputer jadi lebih irit daya listrik. Dengan penemuan daya listrik ini pastinya bisa memberi keringanan pada manusia untuk memakai komputer lantaran lebih irit serta gampang untuk di operasikan.

sejarah dari komputer generasi ketiga yang sudah banyak mengalami modifikasi serta pengembangan pada setiap saat hingga jadi satu komputer yang amat mutakhir serta modern yang dapat kita gunakan sekarang. Perkembangan-perkembangan ini pastinya bakal senantiasa alami perkembangan di taun-taun yang akan datang yang bikin kehidupan manusia jadi amat mutakhir pada masa-masa mendatang. Lalu ciri Computer generasi ketiga pada kita saksikan yakni pada kekuatan computer yang multi tasking. (Baca juga teknologi yang lain : Tahu Komputer Generasi Kedua Lewat Sejarah).

Ciri-ciri Komputer generasi Ketiga

– Ditemukannya IC sampai jadi merombak arsitektur komputer secara keseluruhan
– Sudah menggunakan terminal visual display dan mampu mengeluarkan suara.
– Kinerja komputer menjadi lebih cepat bersama tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
– Peningkatan dari sisi software.
– Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
– Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
– Pemakaian listrik lebih hemat bersama lebih efisien.
– Kemampuan mengerjakan multiprocessing dan multitasking.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat
Komputer generasi keempat

Sesudah IC, tujuan pengembangan jadi lebih terang yakni memperkecil ukuran sirkuit serta komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) bisa berisi beberapa ratus komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) berisi beberapa ribu komponen dalam satu chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) tingkatkan jumlah itu jadi jutaan.

Kekuatan untuk menempatkan sedemikian banyak komponen dalam sebuah keping yang memiliki ukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga serta ukuran komputer. Hal itu juga tingkatkan daya kerja, efisiensi serta kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang di buat pada tahun 1971 membawa perkembangan pada IC dengan menempatkan semua komponen dari satu komputer (central processing unit, memori, serta kendali input/output) dalam satu chip yang amat kecil.

Di awal, IC di buat untuk kerjakan sebuah pekerjaan tertentu yang khusus. Saat ini, satu mikroprosesor bisa di produksi serta lalu diprogram untuk penuhi semua keperluan yang dikehendaki. Selang beberapa saat, tiap piranti rumah tangga seperti microwave oven, televisi, serta mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Seperti sudah di terangkan kalau komputer generasi ke empat adalah kelanjutan dari computer generasi ketigayang mana ketika itu perubahan computer di tandai karenanya ada penemuan IC. Namun pada komputer generasi ke empat ini, bisa dipandang kalau IC yang di dapatkan lebih kompleks serta terintegrasi di banding dengan generasi di awal. Tahun generasi ketiga ini ada dua perubahan komputer yakni karenanya ada pemakaian LSI atau yang di sebut sebagai bipolar large large scale.

LSI tersebut adalah penyatuan atau pemadatan dari banyak IC, yakni beribu-ribu IC yang di letakkan atau di padatkan pada suatu keeping yang di sebut sebagai chip. Arti chip ini adalah satu lempengan besi yang berupa persegi empat yang bisa berisi beragam banyak rangkaian terpadu IC.

Kemudian, IC lalu dikembangkan jadi VLSI atau very large scale integration yang bisa menyimpan rangkaian, beberapa puluh bahkan juga beberapa ribu IC. Kemudian, komputer generasi keempatterdapat perubahan mikroskoper serta semi kondukter yang di sebut computer mikro yang berupa chip yang memori internal yang memakai magnetic core storage.

Pada perubahan komputer generasi ke empat, lalu di temukannya, mikrokomputer 4 chip oleh Microprocessor perusahaan intel pada tahun 1971. Bentuk microcomputer ini memakai chip processor yang diberi nama 4004 yang di dalamnya ada 230 transistor dengan kecepatan 108 KHz yang bisa mengeksekusi 60000 perdetiknya. Lalu pada tahun 1974, intel kembali mengenalkan mikrokomputer 8008 dengan 8 bit. Bila di awal mikrokomputer 4004 di desain untuk untuk penuhi keperluan spesifik, tidak sama dengan mikro computer 8008 mempunyai kekuatan yang amat cepat serta mutakhir dengan set intruksi yang lebih kaya.

Dengan di dapatkan beragam penemuan pada computer generasi ke empat bakal amat beresiko pada penemuan-penemuan berikutnya. Hal semacam ini bisa diliat pada komputer-komputer yang senantiasa berkembang secara cepat seperti pada komputer generasi ke empat 4004 jadi 8008 hingga menimbulkan penemuan-penemuan baru yang amat cepat seperti yang kita rasakan saat ini. Tidak hanya itu, terdapat banyak hasil dari computer generasi keempat yang bisa jadi informasi buat anda lantaran meskipun bentuk computer ini udah tak di pakai pada sekarang tetapi bentuk computer generasi keempat juga memainkan fungsi yang amat perlu pada perubahan computer di masa-masa saat ini serta mendatang.

Contoh-contoh komputer generasi keempat

Mengenai untuk contoh-contoh komputer generasi ke empat salah satunya yaitu IBM 370 apple I serta apple II serta Vizicalc altair yang sudah mengaplikasikan processor 8080 dengan memakai control program for microprocessor dengan memakai bahasa basic pemrograman Microsoft basic (beginner allpurpose symbolic instruction code).

Hal semacam ini pastinya bisa membedakan pada komputer generasi ketiga dengan computer generasi ke empat serta hal semacam ini adalah satu catatan kalau komputer generasi ke empat tak mempunyai standard personal PC seperti generasi di awal mempunyai standar.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

Komputer Generasi kelima
Komputer Generasi kelima

Akhir tahun 1980, IBM mengambil keputusan untuk membangun satu komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 jadi satu standar komputer PC, serta selanjutnya sampai sekarang PC di kenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang dipakai yaitu 8088/8086 sebagai standar komputer sekarang, memakai basis proses 16 bit persatuan saat. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama juga dengan Microsoft untuk meningkatkan software di dalamnya. Sampai sekarang Microsoft menguasai keperluan software di dunia PC.

Pada perubahan berikutnya pergantian besar terjadi kalau mulai sejak IBM-PC dikenalkan serta bukanlah jadi hanya satu manufaktur PC-compatible, standar baru dalam dunia industri PC lebih diperkembang oleh perusahaan lain seperti Intel serta Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates sebagai pionir standar hardware serta software dunia.

Pada generasi kelima ini, sudah dikerjakan pengembangan dengan apa yang diberi nama Josephson Junction, teknologi yang bakal menukar chip yang memiliki kekuatan mengolah trilyunan operasi perdetik lalu teknologi chip cuma dapat mengolah miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan menerjemahkan bhs manusia, manusia bisa langsung terlibat percakapan dengan komputer dan ada penghematan daya komputer. Karakter mengagumkan ini dikatakan sebagai “Artificial Intelligence”, tidak hanya itu juga berbasiskan Graphic User Interface (GUI), multimedia, serta multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasiskan x86, seperti chip 286 yang dikenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, lalu chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedang chip 486 dikenalkan tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor. Berikutnya pada tahun 1993 Intel mengenalkan keluarga processor 586 yang dimaksud Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Lalu dilanjutkan pada generasi selanjutnya yakni Pentium 2, 3, serta 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel mengenalkan Pentium 4, yang disebut prosesor paling akhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel menginformasikan prosesor Itanium yang disebut prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.

Itanium adalah prosesor pertama punya Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit serta bakal menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi serta aplikasi, lalu masihlah menjaga backward compatibility dengan software 32 bit. Butuh di ketahui kalau sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per unit saat dalam mengeksekusi informasi sampai Pentium 4. Sampai saat ini komputer yang dipakai umumnya masihlah yang berbasiskan 32 bit.

Pada generasi pentium, tidak hanya ciri khas pada penambahan kecepatan akses datanya juga penampilan gambar udah beresolusi (kualitas gambar) bagus serta berwarna dan multimedia, serta yang lebih perlu yaitu manfaat komputer jadi lebih cerdas. Walau komputer pada generasi ini ukuran fisiknya jadi lebih kecil serta simpel tetapi mempunyai kekuatan yang makin mutakhir.

Itulah sejarah komputer dari awal mulanya. Kini, di era modern dan era internet. Komputer makin canggih. Bahkan sekarang dapat dikatakan tablet adalah komputer. Karena dengan ukuran kecil, tanpa CPU sudah bisa memiliki kegunaan seperti komputer pada umumnya.

Kita mungkin akan disuguhkan komputer lebih canggih dalam waktu tiga hingga lima tahun kedepan. Bisa saja komputer di masa mendatang akan memiliki ketebalan seperti kertas bahkan ketika meja di restoran sudah tampak seperti komputer. Kamu bisa langsung memesan makanan langsung dari komputer yang juga berfungsi sebagai meja.

LEAVE A REPLY